Perhiasan Nusantara Nan Indah dari The Palace Jeweler


Sebenarnya saya kurang suka pakai perhiasan emas karena jujur saja, kebanyakan model perhiasan emas yang saya temui bentuknya itu-itu saja, kurang greget dan kurang indah menurut saya. 

Tapi, saat minggu lalu diundang ke acara peluncuran Koleksi Perhiasan Nusantara by The Palace Jeweler yang menampilkan rancangan cantik dari Samuel Wattimena, saya pun langsung jatuh cinta melihat koleksi-koleksinya.

The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena ingin mengajak masyarakat Indonesia, terutama perempuan untuk lebih mengenal serta memakai perhiasan nasional sebagai bagian dari identitas bangsa Indonesia oleh karena itu, diluncurkanlah Koleksi Pehiasan Nusantara ini.

Koleksi Perhiasan Nusantara by The Palace Jeweler rancangan Samuel Wattimena ini terdiri atas tiga seri, yang pertama adalah seri NUSA, lalu seri ANTA, dan ketiga seri TARA. Semuanya terinspirasi dari keindahan perhiasan yang ada di Nusantara Indonesia, yaitu bagian barat, tengah dan timur.

Salah satu koleksi Nusantara
Cantik banget, ya...

Saya terpukau oleh semua serinya, tak hanya dari disainnya yang cantik dan mewah namun juga dari cerita di ballik tiap rancangan tersebut. Betapa Samuel Wattimena serta The Palace Jeweler benar-benar peduli akan budaya Indonesia dengan membuat disain yang mewakili tiap bagian Nusantara.

Misalnya untuk seri Nusa, Samuel terinspirasi dari pending, yaitu bentuk perhiasan yang mewakili Indonesia bagian barat. Di Indonesia bagian barat, biasanya perhiasan berbentuk pending ini digunakan untuk acara-acara penting seperti pesta dan perayaan besar lainnya. 

Mba Notty, seorang ahli antropologi Indonesia mengatakan bahwa pending yang berbentuk oval memanjang ke samping ini memiliki filosofi tersendiri, di mana pending melambangkan kemakmuran yang akan terus berputar. Di tengah perhiasan ini ada bentuk bulat seperti koin yang berisi harapan bahwa pemakainya juga akan dilimpahi rejeki dan kemakmuran.  

Kalung berbentuk pending rancangan Samuel Wattimena.

Ibu Puan Maharani dan Samuel Wattimena

Peluncuran Koleksi Perhiasan Nusantara ini dihadiri juga oleh ibu Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Puan mengatakan bahwa produk-produk budaya Indonesia sangat kaya dan tersebar di penjuru tanah air dan hal tersebut merupakan warisan budaya yang perlu kita lestarikan serta kita kelola dengan baik.

Puan juga sangat menghargai The Palace dan Samuel Wattimena yang membantu mengenalkan serta mempopulerkan perhiasan khas Indonesia. Ia berharap bahwa masyarakat Indonesia makin menyadari bahwa perhiasan Indonesia merupakan salah satu produk yang perlu kita jaga kelestariannya sama halnya dengan batik dan lainnya.

Bersama blogger lain yang hadir di acara peluncuran Koleksi Perhiasan Nusantara by The Palace.
*****

Posted By

5 comments

  1. Kalung2 nya mewah ya... cocok buat pesta. Kl cincin masih bisa buat harian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, bener banget mba Dwin, cantik2 dan mewah2 perhiasannya...

      Hapus
  2. Cantik-cantik banget koleksi jewelery nya, unik dengan karakteristik etnik gitu

    BalasHapus
  3. Cantik-cantik ya mba perhiasannya. Pengen punya yang beginian.

    BalasHapus
  4. menarik banget ya desain perhiasannya.

    BalasHapus