12 Manfaat Yoga bagi Remaja


Ketertarikan saya akan yoga membuat saya benar-benar mempelajarinya dengan serius, bukan hanya untuk kepentingan saya pribadi, namun juga bagi anak-anak saya serta orang lain. Menariknya, saya menemukan banyak literatur yang membahas mengenai manfaat yoga bagi anak dan remaja. Kebetulan sekali dua anak saya sedang beranjak remaja dan saya sangat merasa perlu untuk mendalami hal ini.

Selain menyarankan kaka dan abang untuk juga mempraktekan yoga, saya pun mempelajari manfaatnya bagi mereka.

Beberapa literatur menulis tentang penelitian yang  membuktikan bahwa yoga dapat membantu mengurangi stress serta membantu para remaja dalam proses transisi menuju usia dewasa. Yoga dan mindfulness memberikan remaja kemampuan untuk menghadapi tantangan serta membangun pondasi dasar yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran selama masa-masa remaja mereka.

Manajemen Stress
Remaja biasanya memiliki kegiatan yang padat serta tingkat stress yang cukup besar yang berkaitan dengan masalah pendidikan maupun pribadinya.

Lewat latihan pernafasasan dan awareness dalam yoga, diharapkan para remaja mampu mengatur dirinya serta caranya bereaksi terhadap stress dengan lebih tenang dan percaya diri.

Yoga sangat baik untuk mengurangi bahkan menghilangkan stress karena teknik pernafasan dalam yoga mampu mengatur energi dan mengatur stress hingga bisa diatur dengan lebih baik lagi.

Membangun Disiplin Pribadi
Yoga yang diajarkan dengan mindfulness memiliki manfaat yang signifikan terhadap aktivitas fisik serta terbukti mengurangi impulsif, meningkatkan kesabaran, dan meningkatkan kemampuan untuk mengatur perhatian.

Dengan kemampuan mengatur perhatian serta kesabaran, disiplin pribadi pun terbangun dengan baik.
Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatnya konsentrasi adalah salah satu manfaat yoga yang paling banyak diungkapkan oleh pecinta yoga. Latihan pernafasan dalam yoga meningkatkan konsentrasi serta mengajarkan remaja untuk fokus pada suatu pekerjaan atau aktivitas. 

Meningkatkan Performa di Sekolah
Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah salah satu kelainan developmental yang paling umum ditemui pada anak-anak dan dewasa dengan perbandingan 1 dalam 10 anak. 

Penelitian menemukan bahwa anak dan remaja yang memiliki ADHD yang berlatih yoga satu atau dua kali seminggu makin membaik performanya termasuk di sekolah. 

Menjaga Berat Badan
Stress bisa mmebuat anak dan remaja makan secara berlebihan yang tentu saja bisa menyebabkan kelebihan berta badan.

Perubahan hormon juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Berlatih yoga mampu mencegah kenaikan berat badan yang disebabkan oleh stress  dan perubahan hormon. 

Melatih Kekuatan
Mungkin sebagian orang melihat yoga sebagai aktivitas fisik yang pasif, tapi sebenarnya tidak. Yoga meningkatkan kekuatan jika dilakukan dengan baik dan benar. Ada banyak pose yoga yang bisa membantu kita membangun kekuatan tulang dan otot. 

Para pelajar yang berlatih yoga memperlihatkan hubungan yang kuat antara movement dan body awareness.  Pose-pose dalam yoga mampu meningkatkan koordinasi tubuh, keseimbangan, kekuatan, serta fleksibilitas. 
 
Yoga, melatih kekuatan dan membangun percaya diri.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Body Image Positif
Kadang remaja memiliki kepercayaan diri yang kurang akan tubuh mereka sendiri berkaitan dengan peer pressure, bullying, dan lainnya. Yoga di mana diajarkan mengenai prinsip ‘tidak menghakimi’ memungkinkan remaja untuk menerima dirinya dan memiliki self-awareness yang baik. Mereka bukan hanya bisa lebih percaya diri dan menerima dirinya, namun juga memiliki rasa respek terhadap orang lain. 

Melatih Pernafasan
Latihan yoga adalah gabungan dari latihan pernafasan dan postur yang membantu perkembangan fisik dan emosional. 

Yoga mengajarkan anak dan remaja untuk fokus pada pernafasan agar mampu bernafas dengan benar (nafas perut) untuk relaksasi serta mindfulness.

Meningkatkan Mood dan Fungsi Kognitif
Latihan yoga yang teratur meningkatkan mood dan cara remaja menangani stress, kecemasan, serta kelelahan.  Yoga juga membantu meningkatkan fungsi kognitif, terutama daya ingatan. Berlatih yoga selama 20 menit setiap hari dapat meningkatkan kinerja remaja dalam hal kecepatan dan keakuratan dalam tes.

Memancing Kreativitas
Yoga tidak hanya meningkatkan fleksibilitas tubuh saja namun juga pikiran hingga dapat memancing kreatifitas dan playfulness dalam diri siapa pun yang mempraktekannya.

Memperbaiki Postur Tubuh
Asana atau pose dalam yoga memungkinkan kita untuk mmeperbaiki postur rubuh kita. Anak-anak dan remaja yang sering membawa tas punggung yang berat kadang memiliki punggung yang sedikit bungkuk saat berdiri atau pun duduk. Pose-pose dalam yoga memungkinkan mereka untuk tetap tegak dan memiliki tulang punggung yang kuat.

Meningkatkan Konsentrasi
Latihan pernafasan dalam yoga meningkatkan konsentrasi sehingga mereka bisa lebih fokus melakukan kegiatan-kegiatannya termasuk dalam soal belajar.

Lebih Optimis
Penelitian memperlihatkan bahwa berlatih yoga dapat membangun rasa percaya diri pada anak dan remaja. Masa kecil dan masa remaja adalah masa di mana mereka memiliki cita-cita masa depan, yoga semakin menumbuhkan optimisme mereka akan harapan dan masa depan.

Perlu diingat bahwa yoga, selama ditekuni dengan baik, pastinya akan bermanfaat bagi semua orang, termasuk para remaja. Yuk, latihan yoga :)

*****

Posted By

2 comments