Makin Nyaman dengan Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal

HUKI, narasumber serta influencers berfoto bersama di acara Mums Gathering kemarin.

Abang, kaka, dan si bungsu adalah pemakai dot HUKI saat mereka masih bayi, maka saya sangat senang saat tahu bahwa Baby HUKI juga punya minyak kayu putih dan minyak telon halal serta beberapa perlengkapan bayi dan anak lainnya, lengkap deh, jadi seperti one stop shopping buat anak-anak saya.

Nah, kemarin saya hadir di acara Mums Blogger Gathering yang diadakan oleh Baby HUKI. Bertempat di Hotel Ashley, acara yang bertema "Lebih Hangat dan Nyaman dengan yang Halal" ini dihadiri oleh sekitar 40 orang blogger dan tamu undangan.

Acara yang berlangsung hangat dan ceria ini dipandu oleh MC Yosh Aditya serta menghadirkan Risa Trisanti, Marketing Manager Baby HUKI; dr.Amendi Nasution, SpKFR (K), Dokter Spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari, serta Arina, Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari. Hadir juga saya dan Kania Safitri sebagai influencers.

Obrolan dimulai dengan repotnya sebagian mama yang berencana mudik, bahkan yang tidak mudik pun sama sibuknya apalagi saat asisten rumah tangga sedang cuti. Nah, tentu saja saat sedang menyiapkan kebutuhan mudik atau jalan2, kita kepikiran, dong, gimana caranya agar si kecil, nggak crancky atau rewel?

Menurut mba Risa, yang pertama harus dilakukan adalah packing keperluan anak untuk mudik, jauh jauh hari. Siapkan pakaian nyaman buat si kecil kakak-kakaknya sesuai kebutuhan. Masukkan semua ke dalam tas khusus, termasuk botol susu, dot serta obat-obatan penting. Oh ya, satu lagi yang harus diperhatikan, jangan lupa untuk memastikan makanan, minuman, dan peralatan yang dipakai si kecil sudah bersertifikat halal.

Minyak telon dan minyak kayu putih anak pun jangan lupa untuk selalu dimasukan ke dalam tas ya, supaya si kecil terhindar dari kembung dan masuk angin. Juga nyaman selama perjalanan yang biasanya macet dan melelahkan.



Meski saya pengguna minyak kayu putih serta minyak telon HUKI, kemarin saya  senang sekaligus penasaran dengan tagline 'halal' dari produk-produk ini. Ternyata menurut mba Risa, minyak telon dan minyak kayu putih Baby HUKI sejak dulu selalu aman dan halal, namun demi kenyamanan bersama, minyak telon serta minyak kayu putih Baby HUKI diurus sertifikasi halalnya hingga akhirnya tersertifikasi MUI dan terjamin kehigienisan serta kehalalannya, dari awal hingga proses akhir. Hmmm..makin merasa nyaman pakainya, deh...

Mba Risa juga menambahkan bahwa dalam minyak kayu putih, terdapat zat aktif yang bernama Sineol. Sineol ini yang membuat kayu putih dapat berfungsi untuk menghangatkan badan, mengatasi kembung, serta mencegah gigitan serangga. Kadar Sineol di dalam minyak kayu putih HUKI yang tinggi lebih besar dibanding produk lain. Sehingga efek yang ditimbulkan jauh lebih baik dibanding produk lain.

Aroma, tekstur dan kehangatan dari minyak kayu putih dan minyak telon baby HUKI didesain pas untuk kulit bayi. Untuk kulit bayi saja aman, terlebih lagi bagi orang dewasa. Yes, saya setuju karena memang sudah pakai juga sebelumnya.

Selain sudah tersertifikasi halal, Minyak Kayu Putih Baby HUKI memiliki kehangatan yang sudah disesuaikan dengan kulit anak serta memiliki kemasan yang praktis dengan flip cover-nya.

Untuk minyak kayu putih, sudah bisa dipakai oleh anak usia 3 tahun ke atas, sedangkan untuk yang masih bayi, Minyak Telon Baby HUKI lah yang paling pas.

Minyak telon sangat berguna untuk menghangatkan badan, mencegah kembung dan masuk angin, sekaligus baik digunakan untuk pijat. Di dalam komposisi minyak telon, terdapat kandungan Oleum Cocos (minyak kelapa) yang berfungsi sebagai pelicin. Kandungan minyak kelapa minyak telon HUKI dibuat pas sehingga selain dapat menghangatkan badan bayi, teksturnya pas digunakan untuk pijat bayi. Wihh, dapet manfaat 2 in 1 dong ya, dapet kehangatan minyak telon serta kelembutan baby oil buat pijat.

Sama halnya dengan yang minyak kayu putih, minyak telon Baby hUKI juga sudaqh tersertifikasi halal, kehangatannya disesuaikan dengan kulit anak , teksturnya lebih pas untuk dioleskan di badan bayi/anak dan lebih pas ketika dipakai untuk memijat bayi. Dan tentu saja tutup model flip cover yang praktis. 

Mama Bloggers yang hadir serius memperhatikan mba Arina dan dr. Amendi saat sedang demo pijat bayi.

Mba Arina dari Brawijaya Hospital Antasari sedang mempraktekan pijat ala Baby HUKI.

Serunya lagi, dalam acara ini kami diajak belajar pijat dengan Teknik Pijat Baby HUKI. Whoaa, saya senang sekali karena kebetulan si bungsu suka sekali dipijat, apalagi saat sedang kecapekan saat usai main bola.

Demo serta obrolan soal pijat memijat ini dibawakan oleh dr. Amendi dari Brawijaya Hospital. Salah satu pelayanan unggulan di Brawijaya Hospital Antasari adalah Baby Massage atau Pijat Bayi yang didukung oleh dokter spesialis rehab medik anak dan terapis profesional. Pijat Bayi berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil melalui stimulasi sentuhan yang dapat merangsang semua sistem sensorik dan motorik untuk pertumbuhan otak, membentuk kecerdasan dan perkembangan fungsi pada si kecil sesuai tahapan usianya. 

Balik ke soal praktek pijat bayi. Jadi, ceritanya, dalam rangka hari pijat internasional yang jatuh pada tanggal 7 Juni 2017, baby HUKI memperkenalkan teknik pijat yang bisa kita lakukan di rumah, maupun diperjalanan saat kita dan si kecil sedang bepergian. Nah, para mama bloggers yang hadir langsung, deh, diajarin oleh mba Arina dan dr. Amendi tentang teknik ini.

Berikut langkah demi langkah yang diajarkan oleh mba Arina yang bisa dilihat di video youtube HUKI di bawah ini.


Nah, sampai di rumah, esoknya, saya langsung, dong praktek lagi sama si bungsu. Usai sahur dia tidak langsung tidur tapi sibuk main bola, lari-larian, dan sebagainya, jadi menjelang tidur siang ia merasa kecapekan dan pegal-pegal. Saat yang tepat untuk mempraktekan Teknik Pijat HUKI donggg..

Selama lebih kurang 15 menit saya memijat si bungsu dengan teknik ini, dengan menggunakan minyak telon Baby HUKI pastinya.

Yang saya suka dari minyak ini, selain hangat, ternyata enak juga buat pijat, nggak kering seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Si bungsu pun merasa sangat nyaman dan pulas sekali tidur siangnya.

Step by step pijat yang saya lakukan pada si bungsu sama persis dengan Teknik Pijat HUKI. Berikut ini langkah-langkahnya ...

BAGIAN DADA
Pertama-tama tuangkan 2-3 tetes minyak telon ke pergelangan tangan lalu buat gerakan yang namanya LOVE MOTION yaitu mengikuti gerakan membentuk seperti hati, dimulai dari ulu hati mengarah ke bahu atas lalu turun lagi ke ulu hati. Ulangi sebanyak 3 kali.

Lalu lanjutkan dengan gerakan kedua bernama CROSS. Dimulai dari bawah ke atas bahu, kemudian bersilangan di sisi lainnya. Lakukan berulang sebanyak 3 kali. Bermanfaat untuk membantu otot-otot pernafasan baby di bagian dada depan.

BAGIAN PERUT
Gerakan ke tiga ini berbentuk huruf  I LOVE U. Gerakan pijat membentuk huruf I, L, U. Dimulai dari bagian kiri baby. Lakukan sebanyak 3 kali. Ulangi untuk bagian sebelah kanan baby. Fungsinya untuk otot-otot perut apabila baby dalam keadaan kembung ataupun susah buang air besar.

Gerakan ke empat namanya Walking Finger. Lakukan tap di bagian perut dengan 3 jari searah dengan usus besar dari bagian kanan ke bagian kiri perut baby. Fungsinya untuk mencegah kembung, kram otot perut, dan kolik pada perut anak.

Sabil keasikan dipijat :)
BAGIAN LENGAN TANGAN
Untuk bagian lengan, gunakan gerakan ke 5 yaitu Milking  atau Memerah. Gerakannya seperti memerah. Mulai dari bagian atas kearah bawah kemudian naik ke atas lagi. Ulangi sebanyak 3 kali. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot lengan pada baby ketika baby dalam posisi tengkurap. Lakukan gerakan yang sama untuk lengan bayi sebelah kiri.

Gerakan ke enam adalah Rolling / Memutar, caranya dengan melakukan gerakan memutar dengan 2 tangan kita, dari pangkal lengan sampai ke pergelangan tangan. Fungsinya untuk membantu menguatkan otot lengan menopang badan baby saat posisi tengkurap.

Gerakan ke  tujuh adalah Finger Shake. Gerakan memijat jari-jari baby satu per satu. Lakukan gerakan memutar dari pangkal jari ke ujung jari. Fungsinya untuk menguatkan motorik halus serta otot lengan dan jari agar baby bisa menggenggam sesuatu lebih kuat.

BAGIAN TUNGKAI KAKI
Khusus untuk bagian tungkai kita bisa menggunakan gerakan ke delapan yaitu Milking / Memerah. Dimulai dari atas ke arah pergelangan kaki, kemudian naik lagi ke arah pangkal paha. Fungsinya untuk  menguatkan otot-otot besar di tungkai kaki untuk menopang ketika baby berdiri sampai berjalan.

Selanjutnya adalah gerakan ke sembilan, Squeezing / Memeras. Gerakan memutar/sirkuler dengan satu tangan memutar dari pangkal paha ke arah pergelangan kaki. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar di tungkai.

Gerakan ke sepuluh adalah Finger Shake, yaitu gerakan memijat jari satu per satu dari pangkal jari ke ujung jari. Fungsinya ntuk menguatkan otot-otot jari baby.

BAGIAN PUNGGUNG
Bagian punggung dipijat dengan gerakan ke sebelas yaitu LOVE MOTION lagi. Gerakan membentuk hati dimulai dari bagian tengah punggung ke arah bahu kemudian kembali ke arah tengah punggung. Fungsi untuk menguatkan otot-otot pungung saat menopang ketika baby tengkurap maupun duduk.

Gerakan ke duabelas adalah Gerakan Spiral. Dari bawah leher dengan gerakan memutar sepanjang tulang belakang sampai ke arah bokong baby.Fungsinya untuk rileksasi punggung dan menguatkan otot-otot sepanjang punggung.

Gerakan terakhir yaitu yang ke tigabelas adalah gerakan Menggaruk. Dilakukan dari bawah leher turun sepanjang punggung,pinggang sampai ke arah bokong. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar punggung, pinggang, dan bokong baby.

Nggak, susah, kan?. Ini bikin bonding mama dan papa dengan anak makin erat, lho.. Selain itu anak juga pastinya makin nyaman dan sehat. 

A post shared by Indonesian Lifestyle Blogger (@zataligouw) on


Gimana mama? siap untuk memijat si kecil juga?. Kalau masih ingin tahu lebih lanjut, langsung aja meluncur ke website dan sosial media Baby HUKI di bawah ini, yaa...

www.babyhuki.co.id
Facebook: babyhukiofficial
Instagram: babyhukiofficial

**********

Posted By

4 comments

  1. Minyak kayu putih dan minyak telon memang andalan para ibu saat berpergian. Makin mantap lagi karena jadi tahu teknik-teknik pijat yang bisa diterapkan langsung pada anak-anak menggunakannya. Berpergian kemanapun lebih aman karena bosa menghindari masuk angin dan perut kembung.

    BalasHapus
  2. Wah seneng banget ya belajar pijat. Jangankan bayi/anak kecil, kayaknya kita-kita juga senang dipijat. Kalau ngga enak badan apalagi. Yes kan kak Zatta? 😅😅😅

    BalasHapus
  3. Seru ya belajar pijat sama HUKI, jadi keingetan pas punya bayi dulu

    BalasHapus
  4. Jadi pengen dipijat nih huhu

    BalasHapus