Tetap Fit dan Bebas Panas Dalam Menjelang Lebaran


Sebagai ibu dari 3 anak dan berasal dari keluarga besar yang hobi jalan-jalan, momen puasa dan Lebaran adalah momen yang sangat menyenangkan tapi juga melelahkan bagi kami sekeluarga.

Kadang, kami harus bepergian keluar kota untuk menemui sanak saudara yang lain, atau kalau pun tidak pergi keluar kota, selama satu sampai dua minggu kami menghabiskan waktu untuk jalan-jalan di Jakarta dan sekitarnya serta bersilaturahmi dengan keluarga dan teman di kota yang sama. 

Bulan puasa kali ini juga sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, saya dan suami tidak lagi bekerja kantoran, dan karena anak-anak sudah lumayan besar, kami pun tidak lagi menggunakan jasa pengasuh, hanya asisten rumah tangga biasa saja yang tiap hari pulang pergi di rumah kami. 

Perubahan tersebut membuat saya dan suami kadang harus membawa anak-anak ke lokasi pekerjaan kami, misalnya ke lokasi shooting saat suami sedang mengerjakan proyek program televisinya.

Anak-anak, sih, senang sekali, tapi sebagai ibu, saya khawatir mereka kecapekan dan makan dengan kurang benar. Saya takut mereka malah tidak fit menjelang Lebaran ini, padahal kan banyak kegiatan asyik menunggu mereka menjelang dan selama Lebaran nanti.

Untuk mencegah mereka tidak fit dan menghindar dari panas dalam, saya pun melakukan beberapa hal untuk mencegahnya. Antara lain dengan memastikan asupan makanan dan minuman mereka terjamin selama bulan puasa ini. Tidur cukup dan olahraga ringan juga kami lakukan dan salah satu yang penting juga dengan mengonsumsi Cap Kaki Tiga setiap sahur dan berbuka.

Saat sahur atau berbuka, saya selalu berusaha menyajikan makanan favorit anak-anak yang bisa mencukupi asupan gizi mereka.

GIZI MAKSIMAL SAAT SAHUR DAN BERBUKA
Anak-anak tentunya masih dalam masa pertumbuhan. Saya tidak ingin saat puasa asupan gizi mereka berkurang, jadi saya berusaha memberikan makanan yang cukup saat sahur maupun berbuka puasa. Kadang anak-anak juga meminta makanan yang tidak biasa kami konsumsi sehari-hari, seperti gorengan dan beragam es-esan. Namun karena bulan puasa dan karena mereka suka, ya sesekali mereka saya ijinkan mengonsumsi gorengan dan es.


TIDUR YANG CUKUP
Ini adalah masalah utama di bulan puasa, kurang tidur!. Yes, karena bulan puasa kali ini berbarengan dengan libur sekolah, ketiga anak saya pun sering ikut tidur malam. Kadang saya sering nggak tega untuk menyuruh mereka berhenti main dan tidur, karena saat saya kecil, yang saya ingat dari bulan puasa adalah kehangatan di rumah saat malam hari, tidur malam sekali, ngemil malam-malam, dan sahur ramai-ramai, ahhh seru banget. 

Saya ingin anak-anak juga tetap bisa merasakan sensasi yang sama dengan yang saya alami saat kecil, namun, demi kesehatan, saya tidak mengijinkan mereka tidur terlalu malam. Jam 11 sudah maksimal.

Olahraga menjelang berbuka, selesai bisa langsung minum deh ;p

OLAHRAGA RINGAN NAMUN TERATUR
Saat bulan puasa bawaannya pasti lemas ya, begitu pun saya, suami, dan anak-anak di rumah. Tapi kami berusaha melawan rasa lemas lewat beragam kegiatan, salah satunya dengan olahraga. 

Lho, kok, olahraga? Bukannya malah bikin tambah capek dan haus?. Dari pengalaman saya pribadi, olahraga ringan justru membuat kami lebih fit dan bersemangat. Pilihan olahraga yang saya sarankan selama bulan puasa adalah yoga, jalan santai, dan berenang.

Olahraga bisa dilakukan di pagi hari atau menjelang berbuka puasa. Kadang saya dan anak-anak jalan-jalan sore di dekat rumah dan kami sudah membawa bekal minuman agar saat selesai olahraga dan kami belum sampai rumah, kami bisa minum dulu.

MENGONSUMSI CAP KAKI TIGA SAAT SAHUR DAN BERBUKA
Memang, sih, saya sudah berusaha agar keluarga saya mendapat asupan yang cukup, tidur cukup, berolahraga cukup, namun kadang ada faktor lain yang membuat kami terlalu lelah. Belum lagi saat sesekali kalap makan gorengan yang memang enak banget jadi camilan saat berbuka.

Untuk mengatasinya, saya selalu sedia larutan Cap kaki Tiga untuk kami minum saat sahur dan berbuka puasa. Kenapa Cap Kaki Tiga?. Karena Cap Kaki Tiga Ahlinya Panas Dalam. Dari pengalaman saya mengonsumsi larutan ini selama beberapa tahun terakhir, Cap Kaki Tiga terbukti membantu saya dan keluarga terhindar dari panas dalam dan sakit tenggorokan.

Seingat saya, keluarga saya, terutama anak-anak jarang sekali mengalami sariawan dan sembelit.

Minuman tradisional ini mengandung mineral alami Gypsum Fibrosum dan Calcitum yang berkhasiat meredakan gejala panas dalam seperti sariawan, bibir kering dan sembelit. 

Saya juga merasa aman mengonsumsi Cap Kaki Tiga karena sudah tersertifikasi halal oleh MUI dan terdaftar di BPOM.

Saat sahur dan berbuka, Cap kaki Tiga selalu tersedia.

Nah, itu dia kiat sederhana dari saya dan keluarga, semoga bermanfaat, yaa…

********

Posted By

51 comments

  1. Larutan Cap Kaki Tiga memang minuman berkhasiat untuk segala suasana :)
    Leendaris pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener teh, entah udah sejak kapan aku konsumsi ini :)

      Hapus
  2. sama saya juga kalo panas dalem pasti minum Larutan Cap Kaki Tiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang, udah lengket di kepala yak :)

      Hapus
  3. Nah, aku pun selalu olah raga ringan, seringnya yoga aja. Baru kemaren, abis bukber makannya yg pedes2, kumat deh paginya gusi bengkak. Untung nyetok cap kaki tiga, alhamdulillah bisa meredam panas dalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahhh. .. Eiya yoga emang paling pas ya buat usia cantik kayak kita, hihihi. ..

      Hapus
  4. Andalan sekeluarga niy Larutan Cap Kaki Tiga ampun mencegah panas dalam anak-anak juga suka ini mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes sama, andelan juga nih di rumah Kan. .

      Hapus
  5. Larutan cap kaki tiga emang ok banget buat panas dalam, kak zataaa..apalagi puasa taun ini suhunha alhamdulillah bikin pakaian cepet kering.

    Yang aku suka dari cap laki tiga karena ada berbagai rasa buat nakanak. Jadi nakanak juga suka. Maklum biasanya mereka antiairputih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha iya bener Nes, yg khusus buat anak2 emang enak, gw aja doyan heheh

      Hapus
  6. Ampuh banget minum larutan cap kaki 3 pas panas dalam, terutama buat daku yang suka banget makan gorengan. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaa tuh, minumannya pecinta gorengan inih :p

      Hapus
  7. Keluargaku juga biasa minum cap kaki tiga kalau lagi perjalanan ke luar kota. Katanya mencegah sakit. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mba Etha, aku jg slalu sedia kalo jalan jauh. .

      Hapus
  8. Bener banget tidur yang cukup. Acapkali walaupun di Bulan Puasa, jam tidur masih tengah malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, saya jg jam tidur berantakan pas puasa, tp hrs diusahain cepet balik teratur lagi. .

      Hapus
  9. Larutan ini beken banget ya. Tapi aku termasuk bukan yang mengonsumsinya setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dikonsumsi pas lagi perlu aja dew :)

      Hapus
  10. Obat panas dalam yang melegenda banget di keluarga saya,,jadi kalau panas dalam atau sakit tenggorakan tinggal minum ini aja hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, di keluargaku jg udah lama minum larutan ini ..

      Hapus
  11. Istirahat cukup + minum cap kaki tiga.. Niscaya akan terhindar dari panas dalam..

    BalasHapus
  12. Nahh sariawan pas puasa itu bikin gak nyaman bgt. Mulai stok ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba wawa, nyetok aja barangkali perlu.. .

      Hapus
  13. Aku sebetulnya kepingin banget olahraga menjelang berbuka puasa. Katanya banyak manfaatnya untuk tubuh ya mbak. sayangnya aku jam-jam segitu masih mengajar. Jadi olahraganya naik turun tangga 3 lantai pakai heels deh (betis pun melebar ^.^).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi lumayan lah itu Ty, yg penting gerak :)

      Hapus
  14. Gorengan sm makanan pedes emang ga ada duanya deh buat buka puasa tapi kalo udah kena panas dalam duuh ga enak banget ya kak. Syukurlah anak anak suka larutan penyegar cap kaki tiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba, anak2ku juga suka minum ini. kalo diikutin mah maunya tiap hari mreka hihihi..

      Hapus
  15. Aku pernah nyoba olah raga menjelang buka puasa, tetep ajaa lemes. Hahahaha... padahal tracknya udah dikirangin beberapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan yang berat2 mbaaa.., yoga atau BL oke lah buat olahraga sebelum berbuka puasa. Kalo lari, aerobik, apalagi zumba, abisss nafas, ausnya maksimal pulak hihihi..

      Hapus
  16. Aku kemarin pas puasa sempat konsumsi ini waktu agak kurang sehat tenggorokanku alhamdulillah mendingan kemarin pas minum Larutan Cap Kaki Tiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, cepet ya reaksinya.. pas banget kalo lagi bulan pausa gini...

      Hapus
  17. Brand cap kaki tiga, sudah identik dengan panas dalam. Jadi pioner, untuk pengobatan panas dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, pas pertama kali kenal larutan2 gitu ya aku taunya cap kaki tiga ..

      Hapus
  18. cucok nih apalagi diminum dingin saat cuaca jakarta lagi panas-panasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Hon, biasanya nyetok naronya di kulkas jadi pas mau minum udah dingin :)

      Hapus
  19. Aku suka minum ini, terutama kalau cuaca lagi panas-hujan-panas-hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh pas cuaca lagi gak jelas gitu bawaannya kan badan gak enak yaa...

      Hapus
  20. minuman favorit kalau panas dalam nih.. bahkan kalau gak panas dalam pun suka minum juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya sama, lg gak panas dalam pun minum ini apalagi klo badan dah brasa gak enak..

      Hapus
  21. Minuman aku banget selama puasa dan selalu nyetok sampe hari ini.. larutan cap kaki tiga emang pilihan buat panas dalam

    BalasHapus
  22. Memang harus punya stok cap kaki tiga di rumah nih, jaga2 kalau panas dalam tiba2 menyerang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba, lebih baik mencegah daripada mengobati kaaannn.. ;p

      Hapus
  23. Simpel yaaa, tapi bisa ngebantu kita buat tetep fit... Thank you tipsnya, Zata! :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  24. Panas dalam memang kondisi paling ga nyaman ya mbak, makan dan nelen sakit banget kalau buat aku. Aku stok larutan cap kaki tiga juga nih mbak Zata untuk cegah panas dalam, terutama saat bulan puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul banget mba.. kebayang kan kalo yang panas dalam dan sakit tenggorokan itu anak2, lebih gak tega dan gak tenang jadinya, makanya aku juga nyetok buat anak2 dan keluarga lainnya di rumah.

      Hapus
  25. Sertifikat Halal itu penting banget, jadi tambah yakin dan tenang mengkonsumsi ini setiap hari.

    BalasHapus
  26. jadi ya mba, aku konsumsi Cap Kaki Tiga itu dari jaman SD. Trus makin sukaaa pas ada variasi kaleng dan ada rasanya.

    BalasHapus
  27. kalau lagi panas dalam, anak-anak mesti request minum cap kaki tiga, bahkan variannya milih sendiri :D

    BalasHapus