Jakarta Modest Fashion Week - All About Modest Fashion and Super Inspiring People !

Saya di hari ke-4 JMFW, mengenakan atasan dan bawahan dari #Markamarie .

Acara Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) baru saja berlalu, namun kesannya masih kuat tertinggal di hati para pecinta modest style. Acara yang berlangsung tanggal 26-29 Juli 2018 lalu di Gandaria City, Jakarta, ini meraih sukses dalam penyelenggaraannya. Banyak pengunjung yang hadir dan berpartisipasi dalam talkshow inspiratif serta rangkaian fashion show yang mengundang decak kagum.

What is Modest Fashion Week?
Sebelum saya bercerita lebih lanjut tentang JMFW, saya ingin berbagi mengenai sejarah Modest Fashion Week (MFW) terlebih dahulu. Jadi, MFW itu sendiri sudah ada sejak tahun 2016 dan diadakan untuk pertamakalinya di Istanbul, Turki. Para pendirinya adalah Franka Soeria, Ozlem Sahin, dan Ismail Semin. 

Modest Fashion Week sudah diadakan di beberapa kota di dunia, yang pertama di Istanbul pada bulan Mei 2016, lalu di London pada April 2017 dan Dubai di Desember 2017. Jakarta adalah kota keempat yang dipilih sebagai lokasi acara berskala internasional ini.

Para pendiri Modest Fashion Week: Ozlem, Franka, dan Ismail - photo by Jakarta Post.

What is Modest?
Mungkin masih banyak yang mengartikan modest sebagai fesyen muslim, padahal modest itu sendiri artinya sopan, tertutup, dan indah dilihat. Jadi, modest fashion adalah gaya busana yang tidak vulgar namun tetap enak dilihat dan menjadi milik siapa saja yang mempedulikan kesopanan dan keindahan, apapun agamanya, Islam, Kristen, Hindu, Budha, dst.

The Fashion Shows
Banyak perancang lokal dan internasional yang tampil di rangkaian peragaan busana selama JMFW berlangsung. 

Think Fashion dan Markamarie Creative sebagai penyelenggara mengajak banyak negara berpartisipasi baik sebagai perancang maupun pembeli di ajang ini. Ada Yordania, Kanada, Rusia, Turki, Kirgistan, Austria , Australia, Uni Emirat Arab, Jerman, Jepang, Oman, Singapura, serta Malaysia.

Menurut Franka, ada sekitar  21 negara yang ikut serta dalam pagelaran busana modest ini. Ada sekitar 18 perancang luar negeri serta 27 perancang dalam negeri yang turut meramaikan ajang ini. Ia berharap dengan Indonesia menjadi lokasi acara JMFW kemarin, hal ini akan menjadi gerbang bagi pecinta fesyen internasional untuk melihat keunggulan Indonesia.

Wardah Beauty Exclusive Show - photo by JMFW

Mas Sugeng Waskito dan rancangannya. - Photo by JMFW
Muna Jama for #Markamarie X METRO fashion show

Ada begitu banyak rancangan yang menarik perhatian saya, salah satunya adalah perancang tanah air, Sugeng Waskito dengan koleksinya Gee Batik. 

Saat karyanya digelar di peragaan busana di Atrium Gandaria City, saya langsung jatuh cinta dengan rancangannya yang elegan banget. Yes, saya penyuka busana yang 'beda' yang tidak pasaran tapi juga tidak lebay alias berlebihan.

Rancangan batik mas Sugeng 'Authentic Batik Turbans' terlihat beda dengan gaya kaftan dan turban instan yang saya yakin jika dipakai akan membuat orang menoleh kagum. Keren !

Ada juga rancangan Adrianna Yariqa dari Singapura yang menarik perhatian saya. Gaya busana muslimnya out of the box menurut saya. Rancangannya keren, maskulin, 'keras', namun kelihatannya nyaman dan cocok dipakai sehari-hari.

Salah satu fashion show terakhir yang sangat menghibur bagi saya adalah #MarkamarieXMETRO yang koleksinya lengkap menurut saya, elegna, unik, dan beda. Kebetulan saya sudah pernah memakai pakaian dari #Markamarie jadi saya percaya dengan kualitas serta pilihan modelnya yang sangat cocok buat pecinta modest style.

The Talkshows
Rangkaian talkshow bersama para pembicara ahli di bidangnya masing-masing membuat acara JMFW ini menjadi sangat ‘bergizi’.

Ada banyak talkshow yang mengulas A to Z soal modest fashion industry, soal  tips bisnis online, fashion photography, the power of emak-emak, dan seterusnya. Saya sangat merasakan bahwa JMFW bukan hanya sekedar 'memamerkan' karya para perancang lokal dan internasional, tapi juga memberi inspirasi positif lewat perbincangan-perbincangan soal bisnis dan kreatifitas yang bisa dihadiri oleh siapa saja secara gratis!
Saya dan Munajama, serta para influencers dan pengisi acara lainnya.
Saya, usai membawakan talkshow 'The Power of Emak-emak'

The Influencers
Di JMFW saya pun bertemu orang-orang yang inspiratif, bukan hanya para founder yaitu Franka, Ozlem, dan Ismail, namun juga sosok-sosok pendukung seperti Wardah Fajri, Maureen, Chiechie, dan timnya, serta para influencer yang memang terasa sekali aura 'influence'.

Beberapa influencer yang bicara di talkshow ‘Use your influence for good’ pun bikin saya merinding. Ada Muna Jama dari UK, Diana Damrawi dari UAE, serta Isra Chaker dari USA.

Talkshow with influencers - photo by Dandy Hendrata

Peserta talkshow dari dalam dan luar negeri.

Keseruan selama 4 hari pun berakhir dengan penuh kesan. Saya sebagai pecinta modest fashion pun mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara yang sudah memberikan hiburan serta inspirasi maksimal bagi pecinta fashion di tanah air dan dunia. Ditunggu Modest Fashion Week berikutnya, yaaa...

Penutupan acara JMFW tanggal 29 Juli 2018 lalu di Atrium Gandaria City.

*****

Posted By

2 comments

  1. mba zata cantiiik.... itu batiknya juga cakeep :)

    BalasHapus
  2. Wah semoga dunia lebih mengenal fesyen Indonesia dengan adanya acara tersebut, karena dilihat dari foto ada juga peserta talkshow dari luar negeri

    BalasHapus