Masak Sehat Di Mana Saja Dengan Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031

Masak dadakan di ruang atas yang lagi direnovasi :)

(Berdendang) "Ingat beras, ingat Cosmos..."

Dari kecil saya sudah terbiasa dengan tagline tersebut karena mama memang pengguna Cosmos, tak hanya penyimpan beras, tapi juga rice cooker, kipas angin, dan lain-lain.

Saat sekarang sudah jadi mama-mama juga, ya saya masih cinta dan bangga menggunakan Cosmos karena memang terbukti awet dan sesuai dengan kebutuhan saya dan keluarga.

Traveling Bisa Tetap Masak dan Makan Sehat, dong ...

Nah, beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 29 Agustus 2018, saya datang ke acara Blogger Gathering bertema "Travel Hacks with Cosmos Mini Rice Cooker" yang diadakan di Seroeni Restaurant, Lippo Mall Puri, Jakarta Barat.

Dalam kesempatan tersebut juga diperkenalkan produk baru Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031. Tujuan blogger gathering ini adalah memperkenalkan dan meningkatkan engagement produk Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 langsung kepada para mom’s blogger & KOL sebagai representasi dari para ibu yang suka traveling bersama anaknya.

Kami para undangan dapat merasakan langsung pengalaman mencoba dan mengetahui lebih jelas mengenai produk Mini Digital Rice Cooker untuk traveling ini. Tak hanya itu, kami juga mendapat ilmu dan tips soal makanan sehat untuk kita dan anak-anak selama traveling dari nutritionist, mba Pafitri, SKM. RD.

Mba Fitri memberi banyak tips agar saat traveling pun kita nggak asal makan, namun juga tetap harus masak dan makan sehat. Di bawah ini sedikit rangkuman tips dari mba Fitri, yaaa...

  • Rencanakan makanan apa saja yang akan kita bawa saat traveling. 
  • Kelompokan makanan tersebut antara yang segar dan yang kering.
  • Bawa alat makan yang ringkas dan praktis.
  • Berkaitan dengan kondisi tubuh sebelum berangkat traveling, pastikan seluruh keluarga dalam keadaan fit dan segar.
  • Hindari stress selama perjalanan.
  • Jangan lupa untuk minum air putih selama perjalanan.
  • Bawa obat-obatan penting.

Mba Pafitri bicara soal makanan sehat selama traveling. (Photo by UnicorN)

Sekilas Tentang Cosmos

Nah, sekarang balik ngomongin soal Cosmos. Cosmos adalah salah satu merk elektronik rumah tangga Indonesia pertama yang memegang teguh komitmen terhadap standar tinggi dalam teknologi dan kualitas. Dibawah naungan PT. Star Cosmos , produk – produk Cosmos dirancang dan diproduksi untuk selalu menjadi inovator dan pelopor dalam industri produk perlengkapan rumah tangga sehingga selalu dicintai oleh konsumen Indonesia hingga kini.

PT. Star Cosmos didirikan oleh Bapak Ir. Alam Surjaputra dan perkembangannya dalam industri alat-alat rumah tangga terus mengalami kemajuan, terbukti dengan berbagai penghargaan yang diraih secara konsisten seperti Indonesia Good Design dan Top Brand Awards sejak tahun 2003 hingga di tahun 2017 kemarin. Cosmos juga membuktikan kualitas produknya sebagai produsen kipas angin pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan Sertifikat dari Standar Nasional Indonesia (SNI) .

Bisa dikatakan, produk Cosmos telah diakui oleh Pemerintah Indonesia sebagai produk yang memiliki standar kualitas dan standar keselamatan yang tinggi.

Cosmos bangga telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama 42 tahun dan selalu berinovasi menghadirkan produk yang memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat para keluarga Indonesia.  Salah satunya adalah dengan menghadirkan produk Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031, rice cooker yang sangat cocok untuk dibawa traveling. Mini Digital Rice Cooker dengan kapasitas 0,3 liter ini juga multifungsi 4in1 yaitu memasak cepat, memasak nasi, memasak mie instant, dan menghangatkan.

Pak Adi menjelaskan tentang kelebihan-kelebihan mini rice cooker ini.

Spesifikasi Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031

Okay, sekarang saya coba merangkum spesifikasi rice cooker mini ini, yaa..

  • Sangat cocok untuk dibawa traveling. 
  • Kapasitas mini yaitu 0,3 liter.
  • Multifungsi 4in1 yaitu  memasak cepat, memasak nasi, memasak mie instant, dan menghangatkan.
  • Memiliki tempat penyimpanan kabel di bagian bawah rice cooker sehingga lebih rapih, praktis dan aman. 
  • Ada panci anti lengket yang dilengkapi gelas pengukur, pengukus serbaguna, dan sendok nasi. 
  • Penggunaan daya listrik yang relatif rendah untuk ukuran rice cooker yaitu 180 watt.
  • Disainnya cantik dan kekinian banget, sesuai dengan lifestyle ibu masa kini.

Saran penggunaannya sebagai berikut:

  • Kalau ada salah satu bagian rice cooker yang rusak, penggantian harus dilakukan oleh service center Cosmos yang resmi ya, agar bisa diperbaiki dengan benar dan aman.
  • Hati-hati soal kabel, jangan biarkan kabel menggantung di tepi meja atau counter apalagi sampai menyentuh permukaan panas.
  • Untuk memutuskan sambungan, cabut steker dari stopkontak.
  • Selalu pegang stekernya ya, jangan mencabut dengan menarik kabelnya saja.
  • Jika rice cooker ini sedang tidak dipakai, selalu cabut dari stopkontak, ya...
  • Jangan merendam alat, kabel atau steker. Yang bisa dicuci hanya panci anti lengketnya saja.
  • Pastikan penutup tertutup dengan baik saat memasak.
  • Jauhi dari jangkauan anak-anak kecuali anak yang sudah cukup besar (seperti abang dan kaka yang sudah bisa memasak sendiri).

Ada 4 Fungsi Panel dari Cosmos Mini ini,  yaitu:

  • Quick Cook - berfungsi untuk memasak cepat. Perkiraan masaknya sampai 40 menit.
  • Cook - Ini adalah fungsi untuk memasak normal, biasanya sampai 55 menit.
  • Instant Noodle - Untuk memasak mie instan dan sejenisnya, maksimal 20 menit.
  • Warm / Cancel - Fungsi ini untuk menghangatkan makanan, atau bisa juga untuk membatalkan semua fungsi lainnya. Waktu menghangatkan maksimal 12 jam.

"Mini Rice Cooker ini ternyata jadi penyelamat saya saat tengah malam kehabisan gas dan si bungsu minta susu. Saya memanaskan air untuk susu dengan alat ini. Lalu paginya, saat toko gas belum buka, saya buatkan anak-anak sarapan menggunakan mini rice cooker ini, abang dan kakak minta mie instan pakai telur, si bungsu minta sup hangat, dan beres!"

Setelah mencobanya sendiri di rumah, menurut saya Cosmos Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 ini fungsional sekali dan saya sangat suka!. Bukannya ngiklan, tapi beneran, deh, benda kecil ini ternyata bisa jadi penyelamat saya saat tengah malam kehabisan gas dan si bungsu minta dibuatkan susu. Saya memanaskan air untuk susu dengan mini rice cooker ini, lalu paginya, saat toko gas belum buka dan belum bisa delivery gas, saya membuatkan anak-anak sarapan menggunakan mini rice cooker ini, abang dan kakak minta mie instan pakai telur, si bungsu minta sup hangat, dan beres!

Makin penasaran, kan, jadinya sama Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 ini?. Iyes, ini memang solusi kebutuhan para ibu yang hobi traveling bersama anaknya atau solusi buat kasus seperti yang saya ceritakan di atas tadi. Jadi, sekarang kita tidak perlu kuatir lagi memikirkan makanan yang sehat dan aman untuk si kecil. Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 tersedia juga di www.belanjacosmos.com.

Eh, iya, kalau mau belanja Cosmos jangan lupa pakai kode voucher di bawah ini buat dapetin diskon yang lumayan bangettt..

COSMZATALIGOUWCRJ untuk dapetin diskon 20 % Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031.

COSMZATALIGOUW untuk pembelian produk Cosmos lainnya.

Kushandari Arfanidewi dan MC Jean Girsang
Ini dia hasil olahannya mba Ayi, nasi rempah ayam yang rasanya enak banget, serius...

Demo Masak Bareng @kelincitertidur

Selain itu, ada juga Cooking Demo membuat hidangan untuk anak-anak saat traveling menggunakan produk Cosmos oleh salah satu Mom Chef Selebgram, Kushandari Arfanidewi (Ayi) yang akun IG-nya bernama @kelincitertidur.

Mba Ayi mendemokan cara membuat Nasi Ayam Rempah yang ternyata mudah saja caranya. Rempah-rempah yang sudah disiapkan langsung dimasukan ke dalam rice cooker bersama dengan beras dan ayam mentah, diaduk-aduk, lalu masak seperti memasak nasi biasanya.

Saat nasi ayam rempah kreasi mba Ari matang, saya pun langsung ikut mencicipi, ternyata rasanya enak bahkan tanpa lauk sekalipun. Rempah dan rasa ayamnya meresap ke dalam nasi. Yes, saya  jadi terinspirasi untuk membuat hidangan ini saat bepergian jauh dengan anak-anak, misalnya saat road trip atau saat menginap di luar kota.

Menu lainnya yang dipraktekan oleh mba Ayi yang cocok banget buat bayi dan balita adalah nasi kuning brokoli. Wah, ini pas banget nih buat si bungsu yang kebetulan agak susah makan sayur. Kalau dibuatkan makanan model nasi kuning brokoli ini sih saya yakin dia pasti mau :).

Kreasi steamboat ala saya menggunakan mini digital rice cooker Cosmos :)

Steamboat Rumahan ala Saya

Sampai di rumah, saya pun penasaran ingin mencoba sendiri alat masak praktis dan keren ini. Kebetulan tadi sore saya dan keluarga sedang beberes balkon, kemudian saat lapar, saya pun mengajak anak-anak masak di sana. Meski balkon kami tidak besar namun karena alat masaknya mini dan praktis jadinya asik-asik saja, tuh :).

Jadi, saya membuat steamboat rumahan ala-ala saya dengan bahan-bahan yang tersisa di kulkas. Kebetulan masih ada air kaldu dari tulang sapi serta sedikit daging dan sayur-sayuran,

Ini dia resep steamboat ala-ala saya ...

BAHAN
  • Daging sapi, iris tipis (pastikan dagingnya yang lunak jika akan dikonsumsi oleh anak-anak)
  • Sawi putih (dua lembar besar, atau sesuai selera)
  • Brokoli (sesuai selera)
  • Boleh ditambah bahan lain yang tersedia, seperti sosis, bakso ikan, dan lain-lain.

KUAH
  • Air kaldu sapi (saya menggunakan air rebusan tulang sapi sisa Idul Adha yang lalu )
  • Kecap ikan (sesuai selera, kalau saya menggunakan setengah sendok makan saja)
  • Kecap asin (sesuai selera)
  • Garam (sejumput saja, sesuaikan dengan selera)
  • Lada (boleh lada putih atau lada hitam, secukupnya)
  • Bawang putih (satu siung, boleh bulat-bulat atau dikeprak atau diiris, tergantung selera)

Yuk, lihat cara membuatnya di video ini ...



*****

Posted By

30 comments

  1. Wah enak banget steam boatnya aku senang dapat banyak resep mudah dan enak masak pakai cosmos rice cooker

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Wit, aku pada dasarnya kurang jago masak, tapi pake Cosmos apa aja jadi gampang, hihihi...

      Hapus
  2. Enak kayaknya ya masak steambot pakai mini digital rice cooker cosmos, btw kak itu iklan udah lama deh kayaknya inget beras inget cosmos. Beli ahhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya, udah nempel banget ya di kepalaaa...

      Hapus
  3. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus
  4. Ini sih komplet ya, Mbak Zata. Kita bisa masak nasi dan lauk pauk cuma bermodalkan rice cooker imut ini. :))

    BalasHapus
  5. aku happy banget punya ini di rumah, resepny Mba Zata mau aku praktekin ah...

    BalasHapus
  6. Kecil-kecil tapi multi fungsi nih rice cooker Cosmos.

    BalasHapus
  7. Duh ini racun baru kayaknya ya buat para ibu dirumah, Mini Cosmos Rice Cooker ini kayaknya memang harus dimiliki ya agar traveling aman terkendali. BIasanyakan kalau traveling sukanya jajan, siapa tau dengan bawa Cosmos bisa menghemat budget jajan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahh bener banget Chie, selain hemat, sehat pula kannn..

      Hapus
  8. ide nya oke nih, aku jadi pengen nyobain bikin steamboat juga di rumah biar lagi kayak makan di resto :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya bener, serasa makan di resto mba :)

      Hapus
  9. mini dan ringkas, pas sekali untuk bepergian biar ga kelihatan di hotel ya, haha

    BalasHapus
  10. Beruntung bngt punya ini ya ka praktis dan memudahkan.. mau coba resepnya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini jadi must have item banget buat aku Tie..

      Hapus
  11. Rice cookernya imut-imut. Tapi, enak jadinya. Mudah dibawa kemana-mana

    BalasHapus
  12. iklan yang sangat populer tahun 90-an, iklan masih di RCTI dan TPI waktu itu, dari ingat beras, ingat COSMOS menjadi Idenya COsmos... kereen. tapi BTW berapa ya harganya mini rice cooker itu.. hehehe jadi mau beli..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, terngiang2 di telinga ya mas heheh.. harganya 348ribu mas, bisa langsung dicek di www.belanjacosmos.com :)

      Hapus
  13. Wahhh multifungsi banget ya mbak rice cookernya, gemesshhhh

    BalasHapus
  14. Wih imut banget. bisa buat travelling, hemat maknnya dan khususnya waktu travelling ke negara non muslim mayoritas. selain mennak nasi, bisa masak mie. u lalala tetap bisa makan sehat dimanapun dengan cosmos mini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa lengkap dan praktis banget cosmos mini ini :)

      Hapus