Brand Storytelling on Instagram


"The art of brand storytelling is not about showcasing your greatness or emphasizing on how amazing you are. Its about depicting the connection that the brand intends to make with customer"

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata brand storytelling terutama di platform instagram. Apa dan bagaimana brand storytelling itu dan bagaimana mengaplikasikannya di platform favorit semua orang ini?

Berikut tips singkat untuk menjadi brand storyteller bagi brand kita ...

DEFINISIKAN BRAND KITA- Definisikan usaha kita dalam satu kalimat atau bahkan lebih pendek dari itu, dan masukan motto tersebut dalam jiwa setiap foto dan caption dalam instagram kita.

Misalnya saya ambil contoh akun instagram @vanillahijab dengan definisi brand-nya : Inspirasi Harimu !. Dalam foto-foto dan caption instagramnya selalu menarik dan inspiratif sehingga sesuai dengan motto dan definisi brand mereka.

CERITA PERSONAL - Sesekali tampilkan postingan personal di instagram brand kita, nggak melulu soal bisnis dan jualan. Misalnya salah satu karyawan lama kita berulang tahun. Kita bisa memposting foto mereka (kalau bisa difoto khusus untuk occasion ini) lalu minta mereka menyampaikan kesan dan pesan selama bekerja dengan brand kita. Jadikan kesan dan pesan tersebut menjadi caption yang inspiratif.

BERPIKIR TEMATIK UNTUK MEMBANGUN KOMUNITAS – Ada begitu banyak tipe orang, grup, club, dan komunitas yang bisa kita raih dan targetkan sesuai kebutuhan brand kita. Misalnya kita menjual produk-produk dekorasi rumah yang lucu-lucu, kita bisa memposting foto-foto ide dekorasi yang tidak selalu harus ada produk kita di dalamnya. 

Hal tersebut akan membuat orang-orang yang setipe, yang menyukai hal yang sama akan mengikuti akun kita sekedar karena suka, mencari inspirasi, dll, hingga terbentuk suatu komunitas yang bisa kita gunakan nantinya. Seingat saya ada komunitas penyuka dekorasi yang shabby chic gitu deh, tar ya saya cari tahu dulu, nanti saya apdet.

TAMPILKAN KELEBIHAN BRAND KITA DENGAN CARA YANG MENARIK - Misalnya kita berjualan hijab dari bahan kaos. Postingan kita bisa menampilkan gaya ootd (outfit of the day) yang beragam, dari mulai tampilan rapi untuk ke kantor, tampilan santai, menggunakan hijab dengan outfit olahraga, dst. Intinya, kita memberi pesan kepada followers kita bahwa jilbab kaos yang kita jual tidak hanya bisa digunakan untuk acara santai saja, namun dengan pemilihan pakaian serta asesoris yang tepat bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Sekian dulu bahasan soal ini ya, semoga bermanfaat ...

Have a great day !

*****

Posted By

22 comments

  1. terima kasih tipsnya ya mba Zata.. bermanfaat banget buat saya

    BalasHapus
  2. singkat padat dan bermanfaat banget ini tips makasih mba Zata

    BalasHapus
  3. Well note ka, beberapa hari lalu mendengar tentan ini, tapi semakin mendalam setelah membaca tulisan ini.. memang ya, semua jika dilakukan dengan jujur atau niat baik, hasilnya juga akan baik, ada ungkapan usaha baik akan menghasilkan yang baik juga.. bismillah semoga menjadi lebih baik untuk tahun 2019

    BalasHapus
  4. Mba Zataaaa KEREENNN BANGET ini mah
    Apalagi yg jadi contoh IG-nya Vanila Hijab
    Mereka awesome banget!
    Kindly Visit my Blog: https://bukanbocahbiasa.com

    BalasHapus
  5. Terima kasih sharingnya ya Mba Zata, bikin jadi termotivasi untuk belajar storytelling di Instagram. Apalagi, sekarang aku lagi belajar usaha nih... thanks sekali lagiii

    BalasHapus
  6. Mba Zata I adore you so much! Thank udah sharing tentang brand storytelling di Instagram ya :)

    BalasHapus
  7. Mba makasih ya udah share, kadang aku juga suka bingung kalau udah bahas brand storytelling di instagram.

    BalasHapus
  8. Keren banget tips nya semoga aku bisa mempraktekannya, makasih mbak zata udah ngajarin storytelling di instagram.

    BalasHapus
  9. Storytelling emang sekarang jadi kunci ya, Mbak, buat memperkenalkan brand dengan cara baru, soalnya klo cuma hard selling, udah nggak jamannya lagi. Tips ini keren banget buat dipraktekin nih

    BalasHapus
  10. Vanilla Hijab emang contoh yang ajib sih. Brandingnya dapet banget, sekali posting dalam waktu kurang dari sejam aja udah sold out terus!

    BalasHapus
  11. Bermanfaat banget! Thank you udah sharing ini mba zata :D

    BalasHapus
  12. saya masih suka bingung sih kalau mau pake Instagram buat story telling, apalagi kalau merek tertentu. tapi memang kalau mau pake story telling harus paham banget ya produk-produk yang akan ditampilkan.

    BalasHapus
  13. Dengan perkembangan dunia influencer, hal-hal dasar ada yang harus diperhatikan
    Bahkan instagram kini pun lebih baik yang memiliki tema

    BalasHapus
  14. Mba Zata memang keren deh, makasih tipsnya. Aku jadi harus belajar lagi tenttang instagram ini nih.

    BalasHapus
  15. Iya baca caption yg stroy telling emamg lebih enak sik.. walau ujung ujungnya jualan

    BalasHapus
  16. Langsung dibintangin, bermanfaat banget nih ilmunya kak.

    BalasHapus
  17. Belajar aahhh story telling di Instagram.

    BalasHapus
  18. Kadi gak melulu jualan ya mba isi ig nya. Ak sering liat brand yang udah melakukan hal ini. Dan itu membuat aku memfollow mereka akhirnya.

    BalasHapus
  19. Asli, embun air di foto pertama bikin terlihat minumannya serasa segar untuk diminum... jadi nngiler......

    BalasHapus
  20. Tfs Zata! Nanti gw praktekkan ilmunya :)

    BalasHapus
  21. sangat bermanfaat, terimakasih informasinya mbak

    BalasHapus
  22. It looks very tasty, I have to do it today for dinner.Very delicious food share you always, I like your all informative posts very much.

    BalasHapus