Yuk, Baca Artikel ini Biar Siap Berlibur ke Hainan !


Jalan-jalan ke China, terutama Hainan sudah ada dalam wishlist saya sejak lama. Pertama karena saya masih keturunan China dan belum pernah pergi ke sana, hihihi.. Tapi sebenarnya, sih, karena saya merasa bahwa Hainan adalah tempat yang menarik dan cukup terjangkau untuk jalan-jalan dan menikmati 'me time'.

Saya berencana pergi ke Hainan dengan kaka Caca, anak kedua saya, jadi sudah agak lama saya mencari tahu detail tentang Hainan, mulai dari persiapan yang diperlukan, destinasi wisata yang wajib dikunjungi, makanan yang enak yang bisa dinikmati di sana, sampai harga yang harus dikeluarkan jika ingin berlibur ke sana.

Buat yang ingin berlibur ke Hainan juga semoga hasil riset kecil-kecilan saya ini juga berguna buat kamu, yaaa...


Sekilas tentang Hainan. Pulau ini adalah propinsi yang berada paling selatan di China dan berbatasan dengan Vietnam. Luas pulau Hainan adalah 34.438 kilometer persegi. 

Salah satu alasan saya ingin berlibur ke Hainan adalah karena iklimnya yang bersahabat, tidak jauh berbeda dengan iklim di Indonesia. Jadi, saya dan kaka nanti tak perlu khawatir akan sulit beradaptasi dengan cuaca di sana.

Oh ya, meski pulau ini merupakan bagian negara China, tapi di sana tidak memiliki empat musim seperti Beijing, Shanghai, Macau, dan Hong Kong. Mata uang yang digunakan di Hainan adalah Renminbi (CNY) dengan nilai tukar per Februari 2019 sekitar 2.100 Rupiah untuk 1 Yuan Tiongkok. 

China menetapkan Hainan sebagai pulau pariwisata internasional sejak tahun 2008. Ibukotanya adalah Haikou yang berlokasi di utara. Sanya adalah kota turis yang sangat terkenal di Hainan dan dipenuhi hotel-hotel internasional serta berada di selatan. 

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, alasan kenapa saya (dan kalian) harus ke Hainan adalah karena selain cuacanya yang bersahabat dan bebas visa, Hainan merupakan tempat yang compact, semua ada, dan bisa dinikmati meski waktu kita tak terlalu banyak.

Di Hainan ada beragam pilihan objek wisata, kita bisa jalan-jalan ke Haikou, Sanya, Qionghai, Xinglong, Lingshui, dan lain-lain.

Akomodasi di daerah ini juga sesuai dengan kebutuhan, mau yang mewah ada, mau yang terjangkau banyak. Tinggal pilih dan sesuaikan saja dengan bujet kita masing-masing. Beberapa teman saya pernah jalan-jalan ala backpacker ke sini dan mereka puas dengan akomodasi yang murah tanpa mengurangi kesenangan liburan mereka.

Nah, menariknya, di Hainan kita bisa menemukan banyak pengobatan tradisional Cina, misalnya di Bamboo Charcoal Shopping. Saya membayangkan bisa membeli oleh-oleh yang bakal disukai oleh mama, serta om dan tante saya, nih, hihihi...

Kuliner yang lezat adalah bagian penting dari berlibur ke Hainan. Ada seafood pastinya, hotpot, ayam Hainan, Bebek Hainan, dan seterusnya. Yummm...
HAIKOU
Terdapat Bandar Udara Internasional Meilan Haikou di kota ini. Haikou memiliki bangunan dengan arsitektur kuno seperti Feng Xiaogang Movie Town yaitu kota dengan nuansa tahun 1940-an dan Mission Hills New Town. Ada juga jalan kuno Arcade Street yang pastinya cocok untuk mengambil foto.

Haikou yang dikenal sebagai Coconut City merupakan ibukota propinsi Hainan dan merupakan pulau kedua terbesar di China. Kota yang sangat indah ini dipenuhi oleh kehangatan sinar matahari, air yang bening serta pasir lembut di pantainya.

Salah satu objek wisata yang ada di Haikou adalah The Temple of Five Lords yang dibangun untuk mengenanng 5 tokoh sejarah dari Dinasti Tang dan Song yang tinggal di propinsi Hainan.

 Ada juga Tomb of Hai Rui atau makam Hai Rui, seorang pejabat tinggi dari Dinasti Ming (1368-1644). Hai Rui yang lahir di Hainan dihukum atas perilakunya yang suka membela hak masyarakat biasa. Ia dikenal sebagai seorang yang penuh integritas dan anti korupsi.
SANYA
Terkenal dengan iklim tropisnya, Sanya merupakan kota yang dikenal sebagai "Florida-nya Tiongkok", menyajikan keindahan garis pantai di sepanjang kota untuk bermain air dan berenang.

Sanya memiliki pelabuhan-pelabuhan yang bagus sehingga merupakan salah satu pusat perdagangan ekspor impor. Sanya juga dikenal sebagai 'South Gate of China' yang menunjukan bahwa kota tersebut merupakan gerbang penting dalam perekonomian serta politik China.

Sanya dikenal dengan pemandangannya, pegunungan, sungai-sungai serta lautannya yang indah. Di sini kita bisa menikmati suasana laut tropis yang berbeda dengan propinsi-propinsi lainnya di China.

Sanya

QIONGHAI
Kota ini merupakan jalur yang dilewati saat menuju Xinglong. Terdapat Pabrik Chun Guang yang merupakan tempat produksi Coconut Powder yang terkenal.

XINGLONG
Xinglong bisa ditempuh hanya sekitar 90 menit dari Sanya dengan bus, Xinglong memiliki iklim sub-tropis dengan suhu tahunan rata-rata 20°C.

Xinglong
LINGSHUI
Kota ini sering disebut sebagai Bali dari Tiongkok, kontur dan alamnya memang mirip dengan Bali, bahkan terdapat Desa Bali dengan arsitektur bernuansa Bali yang terkenal. Ada juga Yetian Minority Village yang terkenal dengan suku tradisional Li dan Miao.

Desa Lingshui berada di distrik Mengtougou, Beijing, sekitar 80 kilometer atau 2 jam perjalanan ke arah kota. Desa kuno ini penuh dengan bangunan-bangunan bersejarah yang dibangun pada masa Dinasti Ming (1368 - 1644 AD) dan Dinasti Qing (1644 - 1911 AD). Candi-candi bersejarah serta pohon-pohon tua memenuhi desa ini. 
Lingshui


Ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Hainan, 5 diantaranya adalah kegiatan berikut ini ...

1. Mari Nikmati Wisata di Desa Yetian dan Patung Raksasa di Sanya ! 
Desa Yetian berjarak hanya 40 kilometer dari kota Sanya, melestarikan budaya tradisional minoritas Li dan Mao. Kerajinan tangan seperti brokat, keramik, tarian, kerajinan perak, dan anyaman rotan mendapat status sebagai the World Intangible Culture Heritage dari Unesco.
sumber : www.momentousasia.com

Selain wisata sejarah kita juga bisa menikmati wisata tradisi di Nanshan Cultural Tourism Zone , Zona ini merupakan ikon wisata Sanya. Terdapat Patung Raksasa Dewi Kwan Im yang berdiri megah menghadap pemandangan laut tropis, kental dengan tradisi pemeluk Buddha di China, tradisi umur panjang, serta sajian wisata alam dan liburan.

Nanshan Culture Tourism Zone lokasinya sekitar 40 km dari kota Sanya. Banyak sekali pengunjung yang datang ke sana untuk menikmati keindahan gunung Nanshan Mountain. Daya tarik lainnya adalah karena lingkungan ini sangat dipengaruhi oleh kultur Buddha.

Ada tiga tema taman di sana yaitu Buddhism Culture Park, Blessing and Longevity Park, dan  Hainan Custom Culture Park.

2. Serunya Wisata Belanja di Bamboo Charcoal Shopping
Belanja di Hainan wajib untuk dilakukan. Terdapat Bamboo Charcoal Shopping yang menjual berbagai macam alat kesehatan yang berasal dari bambu pilihan, dimana ada termos yang bisa membuat air menjadi sehat, tisu super dan banyak lagi.

3. Jangan Kaget Kalau Jauh-jauh ke Hainan, Jalan-jalannya ke Desa Bali Juga
Wisatawan bisa menikmati hiburan beragam budaya Indoensia. Hainan memiliki sebuah wilayah yang dinamakan sebagai Desa Bali, sebuah wilayah yang kental dengan nuansa Bali dan mayoritas penduduknya merupakan warga Tionghoa asal Indonesia.

Hainan merupakan pulau pariwisata berkelas internasional sejak tahun 2008. Di sana ada objek wisata yang menarik, lho. Pasti kamu kaget kalau ke sana, karena jauh-jauh ke Hainan tapi mainnya ke Desa Bali, hihihi...

Jadi, Desa Bali terletak di Kabupaten Xin Long dan dulunya, yaitu sekitar tahun 60an, adalah tempat penampungan orang-orang keturunan Tionghoa dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk juga dari Indonesia.

Tentu saja dengan keberadaan orang Tionghoa dari Indonesia, maka ada budaya Indonesia juga yang masuk dan dipertahankan di sana. Di sana kita bisa melihat suasana pedesaan di Bali yang hijau dan segar. Banyak juga tanaman dari Indonesia misalnya belimbing, nangka, dan kelapa ditemukan di Desa Bali.

Desa Bali

4. Nikmati Pemandangan Kota yang Spektakuler !
Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan kota yang menakjubkan dari atas Cable Car. Perpaduan gedung tinggi dengan perbukitan yang hijau menjadikan pemandangan salah satu sisi kota Hainan yang menakjubkan.

5. Santai di Pantai
Di Hainan, wisatawan bisa menikmati wisata pantai seperti Yalong Bay atau Pantai Da Dong Sea. Terdapat resort yang bisa dinikmati untuk bermain air dan berenang. Bahkan Yalong Bay populer dengan sebulan “Hawaii-nya China”
Seperti halnya di tempat lain, di Hainan pun banyak makanan enak yang bisa kita nikmati. Pilihan yang sering diminati orang adalah :

Seafood. Hainan merupakan surganya makanan laut ! Dengan melimpahnya tangkapan segar setiap hari, seafood adalah makanan paling populer di sana. Ada pasar makanan laut segar di sana di mana kita tinggal pilih aja mau makanana laut yang mana dan mereka akan langsung masakin. Tapi pe er-nya harus bisa bahasa China, nih, jadi harus minta tolong temen atau guide yang bisa berbahasa setempat, yaa...

Makanan favorit lainnya di sana adalah Wenchang Chicken alias ayam Wenchang yang berasal dari kota Wenchang. Wenchang Chicken terkenal karena dagingnya yang lembut serta tulang sumsumnya yang lezatttt...

Dongshan Lamb yang berasal dari Wanning Hainan Island juga merupakan kuliner terbaik di sana. Ada juga Jiaji Duck atau bebek Jiaji yang terkenal dengan saus jahe, soya, serta ladanya yang khas. Makanan ini berasal dari Qionghai. Hele crab yang berasal dari Wanning juga patut dicoba.
Kuliner Hainan lezat semuaaa....

Gimanaaa? abis baca artikel ini langsung pengen banget kan liburan ke Hainan?

Yasud, langsung aja siapkan semua keperluannya dan jangan lupa baca tips sederhana namun penting yang ada di bawah ini, yaa..
  • Pastikan semua dokumen penting sudah ada dalam pouch khusus, agar tidak tertinggal dan tercecer.
  • Bawa uang Yuan yang cukup. Tukarkan beberapa hari sebelum berangkat.
  • Jangan lupa bawa obat-obatan.
  • Bawa baju renang kalau ingin berenang di Yalong Bay
  • Bawa obat alergi terutama yang alergi seafood, mungkin ingin makan seafood di Yalong Bay
  • Ke mana-mana bisa naik bis, kereta, juga taksi, tapi jangan lupa nawar ya kalau naik taksi.


BIAYA LIBURAN KE HAINAN

Sebenarnya berapa, sih, biaya yang harus dikeluarkan kalau ingin jalan-jalan ke Hainan?. Lonely Planet menulis bahwa kita bisa mengeluarkan kurang dari 200-600 Yuan untuk biaya harian termurah jika kita menginap di hotel kelas menengah, atau sekitar Rp 420ribuan sampai 1,2 jutaan. Jika menginap di hotel kelas atas per hari bisa habis sekitar 1.000 Yuan atau 2 juta lebih.

Untuk tiketnya sendiri, harga tiket ke sana sekitar Rp 5 juta pulang pergi. Hmm, lumayan juga ya..

Eh tapi, mau yang praktis bahkan lebih murah? ikutan Paket Tour ke Hainan dari HIS Travel aja, cuma 4 jutaan sampai 8 jutaan aja. Cari tahu info lengkapnya di sini, yaa...

*****

0 comments