Wujudkan Tulisanmu Menjadi BUKU | Book's Review


Sudah beberapa bulan terakhir ini proyek buku saya sepertinya stuck di tengah jalan. Padahal targetnya awal tahun sudah minimal jadi beberapa bab, ternyata oh ternyata, menulis buku itu tidak semudah yang saya bayangkan sebelumnya. 

Jadilah saya mencari-cari buku yang bisa memotivasi untuk segera menyelesaikan proyek tulisan saya, dan saya menemukan buku berjudul "Wujudkan Tulisanmu Menjadi BUKU" dari Penerbit Esensi (Erlangga Group).

Buku ini membahas langkah demi langkah pembuatan buku hingga proses cetak dan distribusi buku itu sendiri, jadi lengkap banget dan harusnya, sih, usai baca buku ini kita sudah bisa menghasilkan karya ya..

Nah, buku ini agak berbeda dengan kebanyakan buku yang saya baca, penulis lebih senang mengatakan bahwa buku ini adalah 'Kelas Menulis' dan terbagi dalam beberapa modul yang akan membantu kita sebagai 'murid' menghasilkan sebuah karya di akhir kelas. Hmmm, menggiurkan...

Dalam setiap kelompok tema, kita diharapkan belajar membuat jenis buku tertentu. Jika kita merasa mampu membuatnya sendiri, ya bagus, lakukan saja, namun kalau kita merasa hal itu terlalu sulit, kita diajak untuk mencari teman yang seide dengan kita lalu bentuklah kelompok menulis.

Salah satu 'quote' di buku ini yang saya suka banget ...

Kelas ini sangat rinci dalam prosesnya mengajak kita untuk mulai menulis. Di halaman awal bahkan ada survei pra-menulis di mana kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti apa motivasi kita mengikuti Kelas Menulis ini, apa yang biasa kita tulis, dan seterusnya.

Intinya survei tersebut akan membantu kita mengenali dan memahami situasi dan kondisi yang memudahkan bagi diri kita untuk menghasilkan tulisan.

Usai memahami diri lewat survei, kita juga diajak untuk mengenal gaya belajar kita, kaitannya adalah agar kita bisa menulis dengan lebih efektif.

Lewat assessment tentang gaya belajar, kita akan menemukan tipe yang mana kita, apakah kita tipe Pembelajar Visual, Pembelajar Auditori, atau Pembelajar Kinestetik.

Kelas menulis ini mengajarkan kita tentang beragam jenis tulisan, dari mulai puisi sampai menulis artikel opini. Semuanya terangkum detail dalam buku ini.


Misalnya saat mengajarkan tentang membuat artikel opini, Kelas Menulis ini memberi panduan struktur yang baik dan umum ditemui yaitu :

Bangun 1 : Pembukaan
Peristiwa aktual yang jadi sorotan
Pernyataan aktual yang jadi sorotan
Momentum

Bangun 2 : Jembatan 
Penghubung pembukaan dengan gagasan
Inti gagasan penulis dalam 1-2 kalimat

Bangun 3 : Isi
Uraian gagasan penulis
Diperkuat dengan fakta/teori/opini lain
Berisi solusi yang ditawarkan penulis
Kemungkinan dampak yang muncul jika solusi tersebut diterapkan atau tidak diterapkan

Bangun 4 : penutup
Repetisi kesimpulan dalam 1-2 kalimat
Penutup

Lalu tibalah kita ke bagian terpenting dari buku ini, yaitu langkah-langkah pembuatan buku. Buku ini akan memandu kita secara rinci agar kita bisa menghasilkan sebuah buku. Dari mulai penentuan jenis buku, penentuan topik buku, mencari referensi, menentukan judul, sampai soal pencetakan dan distribusinya.

Nah, lengkap banget kan yang diajarkan oleh Kelas Menulis lewat buku ini?. Duhh, saya gatel pengen berbagi semuanya, tapi nggak adil dong buat penulisnya. Buat yang penasaran dengan buku ini, yuk langsung aja beli di toko buku terdekat ! ;p

*****

Posted By

4 comments

  1. Menarik buku panduannya, perlu dibeli nih buat siapapun yang punya keinginan jadi penulis buku.
    Harga bukunya berapa, kak ?

    BalasHapus
  2. Wah, terima kasih banyak mbak untuk tulisan ini. Semoga banyak masyarakat Indonesia yang semakin gemar membaca, juga gemar menulis. :D

    BalasHapus
  3. Wah menarik info bukunya Zata. Saya juga lagi pengen nulis buku. Btw, si penulis buku ini sudah pengalaman menulis berapa buku?

    BalasHapus