Simak 5 Kiat Ini Agar Makin Nyaman dan Konsentrasi Saat Bekerja di Rumah


Karena saya bekerja dan berkantor di rumah, suasana nyaman dan tenang sangat saya butuhkan saat sedang bekerja. Meski sudah ada ruang khusus untuk menulis saat sedang banyak deadlines, tetap saja terkadang saya sulit berkonsentrasi karena berbagai alasan.

Ada beberapa hal yang saya lakukan demi ruang kerja yang nyaman serta konsentrasi dalam bekerja.

RUANG KERJA YANG MENARIK
Yes, meja adalah salah satu bagian utama dari ruang kerja. Namanya juga home office, ya salah satu yang wajib saya buat nyaman adalah meja kerja, karena saya menghabiskan mayoritas waktu bekerja di ruang tersebut. 

Dalam ruang kerja, hampir semua yang saya butuhkan untuk bekerja ada di sana, terutama meja. Saya memilih meja kerja yang tidak besar namun cukup untuk meletakan sebagian perlengkapan, mulai dari laptop, alat-alat tulis, moodboard, sampai tanaman kecil.

Selain nyaman, meja kerja kita sebaiknya ergonomis, di mana tubuh kita tidak akan pegal karena meja yang terlalu tinggi atau terlalu pendek.

Siapkan satu tempat khusus untuk menaruh meja kerja, entah sebuah ruang kerja atau pojok ruangan yang menyatu dengan kamar tidur, ruang makan, atau tempat lainnya yang cukup kondusif untuk bekerja.

Jika belum punya ruang khusus dan memakai ruangan lain untuk bekerja, hindari ruangan yang terlalu ramai atau sering dilewati anggota keluarga karena hal tersebut akan mengganggu konsentrasi kita dalam bekerja.

TAMBAH AKSESORIS
Beri pernak-pernik lucu yang enak dipandang mata. Moodboard yang berwarna-warni, boneka kecil, foto, tanaman, dan tentu saja taruh stationery yang lucu di atasnya.

Sejak masih sekolah sampai sekarang, salah satu hal yang membuat saya bersemangat dalam belajar dan bekerja adalah alat-alat tulis yang lucu dan berwarna-warni.

Saat sedang membaca buku dan mendapatkan informasi penting, saya pasti akan meng-highlight buku tersebut dengan spidol berwarna. Saat sedang mencatat di buku harian serta buku ide, selain pulpen berwarna, saya juga senang menempelkan stiker.

MUSIK
Musik adalah salah satu yang hampir selalu menemani saya saat bekerja. Biasanya saya akan menyetel musik dari komputer yang sedang saya pakai.

Saya menyukai hampir semua jenis musik, namun saat bekerja biasanya saya menyukai musik yang easy listening. Karena saya sedang suka dengan bahasa Perancis, lagu favorit yang wajib banget saya dengarkan saat sedang butuh ide dan kreativitas antara lain adalah lagu-lagu Couer De Pirate seperti Mistral Gagnant dan Comme Des Enfants, atau lagu-lagu Indila dan Carla Bruni.

Bekerja sambil mendengarkan musik benar-benar bikin mood saya makin bagus dan biasanya saya pun menjadi lebih produktif dan bisa menyelesaikan banyak pekerjaan di hari tersebut.

TANAMAN
Saya suka sekali dengan tanaman sehingga ornamen ini wajib banget ada di ruang kerja. Eh, selain itu, memang ada alasannya, lho, mengapa tanaman membuat mood dan produktivitas kita lebih baik.

Meletakan tanaman di rumah atau di ruang kerja dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Pekerjaan yang dilakukan di ruangan bernuansa natural seperti adanya tanaman-tanaman biasanya lebih berkualitas dan selesai dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada pekerjaan yang dilakukan di tempat yang tidak memiliki unsur natural.

Menurut sebuah penelitian di Universitas Michigan, bekerja di alam terbuka atau memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga dua puluh persen. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja.

Sedangkan menurut sebuah artikel di NBCnews, adanya tanaman di dalam rumah dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15 persen serta mengurangi stress dan meningkatkan mood.

"Penelitian membuktikan bahwa tanaman di dalam rumah meningkatkan konsentrasi dan produktivitas (sampai 15%), mengurangi stress, serta meningkatkan mood." - NBCnews

Kerennya lagi, tanaman ternyata juga mendatangkan kebahagiaan. Yes, tanaman dan bunga-bungaan yang ada di sekitar rumah dan ruang kerja meningkatkan mood kita serta mengurangi tingkat stress. Tanaman dan bunga juga memberikan energi positif dan membantu kita merasa lebih rileks dan aman.



ESSENTIAL OILS
Nahhh, ini salah satu yang bisa nge-boost mood saya saat bekerja. Kebetulan saya punya ruang kerja sendiri di lantai atas, jadi saat sudah siap bekerja, apalagi ada banyak deadline yang bikin saya agak terteka, saya pasti akan pakai essential oils. 

Salah satu essential oil andalan saya adalah Lavandula angustifolia alias lavender. Lavender adalah essential oil populer yang disukai sejak dulu karena aromanya yang menenangkan. Difusi Lavender essential oil memberikan aroma yang segar di dalam ruangan.

Untuk penggunaannya biasanya saya akan menambahkannya di produk perawatan tubuh saya misalnya lotion, untuk mendapatkan  aroma yang menyenangkan dan menenangkan.  Di pagi dan malam hari saya juga suka sekali mengoleskan lavender oil ke beberapa bagian tubuh termasuk saat akan mulai bekerja.

Namun, untuk memaksimalkan manfaat essential oils saat sedang bekerja, saya menggunakan Desert Mist Ultrasonic Diffuser Yong Living dari toko OUR OILS.

Jadi, Desert Mist Ultrasonic Diffuser ini dapat berfungsi sebagai pengatur kelembaban udara, pemancar partikel dan penyebar aroma dalam satu alat praktis dan mudah digunakan. Disainnya pun simple tapi keren, menampilkan pola teralis bernuansa romantis khas Maroko yang mampu membawa tema eksotis ke dalam ruang apa pun, termasuk ruang kerja saya.

Kehadiran Desert Mist Diffuser membantu menjaga lingkungan karena ikut membantu mengganti penggunaan pengharum udara sintetis dengan essential oil alami. Nah, yang paling saya suka, teknologi frekuensi ultrasoniknya menciptakan 1,7 gelombang per detik yang memecah essential oil dan air ke dalam jutaan mikropartikel, menyebarkannya ke udara, dan melepaskan unsur-unsur unik essential oil. Hmmmm...harum dan nyaman rasanya sampai ke dalam tubuh saya..

Diffuser ini didesain untuk dapat beroperasi terus-menerus selama 5-6 jam pada mode High, 8 jam pada mode Low, dan 10 jam pada mode berselang, serta memberikan 11 macam cahaya, termasuk cahaya lilin. Asik banget, kan.. saat saya bekerja saya menyukai warna netral, tapi saat sedang bersantai dengan anak-anak saya akan memindahkan diffuser ini ke ruang keluarga, bahkan ke ruang tidur mereka.

Setiap pembelian diffuser ini, kita akan mendapatkan gratis Lemon 5 ml dan Lavender 5 ml. Oh ya kamu bisa dapetin harga bersaing di toko online @our.oils.

Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut soal diffuser ini, langsung aja hubungi OUR OILS lewat akun instagramnya di @our.oils yaa...

******

0 comments