OPPO Reno 10x Zoom, Hape Wajib Buat Para Content Creator

Ladies Market, Hongkong

Apa, sih, hape yang praktis buat content creator?

Sebagai seorang content creator yang ‘mencari makan’ lewat tulisan, foto, dan video, rasanya punya kamera bagus itu adalah kewajiban. Di rumah, saya punya kamera poket, kamera DSLR, kamera mirorrless, dan tentu saja kamera dari smartphone. Tapi jujur aja, nggak semuanya kepake. Saya justru lebih sering pakai kamera dari smartphone dibanding DSLR. Kalau pun jalan ke event paling sering yang saya bawa adalah mirorrless. Itu kalau eventnya masih cukup dekat dengan rumah, namun kalau event cukup jauh, apalagi harus naik kendaraan umum, saya lebih memilih menggunakan kamera smartphone dengan alasan kepraktisan dan keamanan.

Namun yang menjadi masalah adalah, tidak semua smartphone punya kamera, untuk mengambil foto dan video, sesuai dengan keinginan saya. Ada saja kekurangannya. Pernah suatu masa saya sering membawa dua smartphone, yang satu bagusnya untuk foto dan satu lagi untuk video. Rempong juga, kan?

Nah, minggu lalu saya berkesempatan nyobain hape canggih keluaran OPPO yang terbaru yaitu OPPO Reno 10x Zoom. Whoaaa… semingguan bareng hape ini kerjaan saya nggak lepas dari foto-foto, rekam video, foto-foto, rekam video, repeat! Karena dua-duanya dapet dari smartphone ini, ya fotonya, ya videonya, lengkap!

Menikmati Hongkong bersama kamera baru (eh.., hape baru)

Kebetulan saya ada agenda jalan-jalan ke Hongkong selama kurang lebih satu minggu, jadilah saya bawa hape ini aja, nggak bawa mirorrless apalagi DSLR. Selain ingin mengabadikan perjalanan saya ke Hongkong, saya juga ingin membuktikan sekeren apa, sih, hape ini.

Yes, baru sampai Hongkong aja saya langsung takjub dengan OPPO Reno 10x Zoom ini. Saat sedang berada di dalam bus dari bandara menuju hotel, saya asik dong pepotoan, ternyata hasil foto dari hape ini ruarrr biasa. Foto yang saya ambil dalam keadaan bus berjalan, dari balik kaca yang nggak terlalu terang, tetap bisa menghasilkan foto kece dan tajam seperti foto di bawah ini.

Foto ini saya ambi dari dalam bus.

Hasil foto di atas terjadi karena teknologi 10x Hybrid Zoom for Crisp, Clear Shots Even From a Distance yang menjadi kelebihan hape ini dibandingkan hape-hape lainnya.

Saat main-main ke Ladies Market, hape ini menangkap begitu banyak warna sesuai dengan warna aslinya. Ya, saya suka sekali dengan warna dan bentuk. Saya senang menangkap warna-warni dalam foto-foto saya dan OPPO Reno 10x Zoom ini menjadi pendukung nomor satu saya dalam melakukannya. Salah satu hasil fotonya ada di bagian paling atas artikel ini.

Eh, nggak Cuma itu, saat dipake selfie di dalam kamar hotel yang temaram, lagi-lagi saya terkagum-kagum. Momen hangat antara saya dan roomate saya terekam indah, tetap tajam, terang, dan sama sekali nggak blur seperti yang sering terjadi jika saya mengambil gambar dengan hape lain.  Whoa, kok, bisa?

Jawabannya adalah karena OPPO Reno 10x Zoom dilengkapi dengan kamera mutakhir Sony IMX 586 48MP Super HD, sensor sebesar 1/2.0", bukaan lensa f/1.7, MFNR, dan teknologi HDR, menawarkan pengguna rasa aman dari paparan berlebih dan detail dalam daerah minim cahaya.

Jadi buat orang-orang yang ingin mengabadikan momen-momen di malam hari, nggak usah khawatir karena hape ini bisa mengakomodirnya. Saat saya menghadiri makan malam di restoran yang cahayanya kekuningan dan sedikit temaram pun, hasil foto yang saya dapatkan tetap sesuai keinginan, eh, di luar ekspektasi malah. Beberapa teman sampai berebutan minta difotoin pakai kamera ini saat melihat hasil fotonya. Seru !

hasil foto selfie di kamar hotel yg temaram, tetap jelas dan kece, ya?

Selidik punya selidik, ternyata hape ini memiliki kamera utama 48MP, Lensa Telefoto 13MP dan Lensa Wide-angle 8MP membentuk perpaduan sistem yang lengkap. Tri-Lens Full Focal Length System beradaptasi dengan semua jenis fotografi termasuk wide-angle (sudut lebar), potret, 10x Hybrid Zoom, serta perekaman video pada resolusi 4K.

Spesifikasi ini cocok banget untuk mengambil foto landscape di Hongkong yang dipenuhi gedung-gedung tinggi. Saya juga bisa memaksimalkan kegiatan merekam video saya dengan kamera hape ini. Untuk hasil videonya tunggu ya, saya sedang mengeditnya untuk saya tampilkan di IGTV saya.

Versi zoom OPPO Reno 10x ini menggabungkan tiga lensa dengan panjang fokus penuh 16-160mm secara bersamaan. Tak heran saya bisa mengambil foto dari kejauhan dengan kualitas yang tetap baik dengan menggunakan hape ini.

Mengabadikan Macau dengan OPPO Reno 10x Zoom

Setelah cukup puas hunting foto di Hongkong, saya pindah ke Macau. Di negara bekas jajahan Portugis ini saya menemukan banyak objek foto yang dramatis, salah satunya tentu saja The Venetian yang terkenal itu, mall besar yang juga jadi pusat hiburan ternama di sini. 

Sayang aja pengunjung ngga boleh foto-foto di dalam hehehe, padahal kalau mau diabadikan hasilnya pasti keren banget.

OPPO Reno 10x Zoom menggunakan prisma dispersif, menyebarkan cahaya ke samping daripada ke luar seperti pada lensa telefoto tradisional. Dikombinasikan dengan array lensa d-cut, ruang dihemat sehingga seluruh modul hanya setebal 6,76mm.

OPPO Reno 10x Zoom ini juga dilengkapi dengan teknologi ball-bearing dual OIS. Penstabil gambar prisma menggunakan gerakan seperti prisma pada lensa telefoto untuk menstabilisasi guncangan yang diterima kamera, dengan mencapai akurasi stabilisasi gambar sebesar 0,001445 °. 

The Venetian, Macau

Dengan hape ini, pengguna dapat menikmati foto dengan kualitas ketajaman fokus yang sama, bahkan ketika 10x Hybrid Zoom sepenuhnya diperluas dan dioperasikan dengan tangan. 

Saat merekam video, dengan kecanggihan EIS yang dikombinasikan dengan teknologi stabilisasi gambar dari OIS–yang kami sebut dengan teknologi HIS Hybrid Image Stabilization–menghasilkan video berkualitas tinggi yang halus dan jernih, serta sangat mudah dibuat, baik siang atau pun malam hari.

Tuh kan, terjawab, deh, kenapa saya bisa ambil banyak foto dan video bagus dari dalam bus yang melaju. Kereeennnn….

Bawaannya mau moto terus kalo liat yg warna-warni gini... (loc: Crowne Plaza Hotel, Macau)

Dengan pembesaran 10x masih kjelas, bok !

Spesifikasi OPPO Reno 10x Zoom

Height : 16.2cm / 162.0mm
Width : 7.72cm / 77.2mm
Thickness : 0.93cm / 9.3mm
Weight : About 215g

Color : Jet Black, Ocean Green
Operating System : ColorOS 6, based on Android 9
Processor : SM8150
GPU : Adreno™ 640
Battery : 4065mAh (TYP), 3975mAh (MIN)
RAM : 6GB / 8GB
Storage : 128GB / 256GB

Size : 6.6''
Touchscreen : Multi-touch, Capacitive Screen
Resolution : 2340 by 1080 pixels at 387 ppi
Colors : 16.7 million colors
Screen Ratio : 93.1%
Type : AMOLED on-cell

Rear Sensor : 48MP + 8MP + 13MP
Front Sensor : 16-megapixel
Aperture :
Front: 16MP F2.0
Rear: 48MP F1.7 + 8MP F2.2 + 13MP F3.0

Features :
Rear 6P camera of 48MP, PDAF, dual OIS;
Front 5P camera of 16MP with beauty function

Camera Mode :
Photo, Video, Expert, Time-lapse, Pano, Night, and Portrait
Other Features : 10x telephoto
Video :
Front camera: 1080P/720P@30fps
Rear camera: 4K@60fps/30fps, 1080P@60fps/30fps, 720P@60fps/30fps

Frequencies :
GSM: 900/1800MHz
WCDMA: 900/2100MHz
LTE FDD: Bands 1/3/5/8
LTE TDD: Band 40

SIM Card Type : Nano+Nano/Micro SD, 2 of 3
Bluetooth : 5.0
WLAN Function : WLAN 2.4G / WLAN 5G, WLAN Display
OTG : Support
NFC : Supported
Sensors :
Geomagnetic Sensor
Light Sensor   
Proximity Sensor   
Accelerometer
Gyro Sensor
Laser Focus

Seindah warna aslinya ...

Sisa pintu gereja yang terbakar, Old Town.

Buat foto produk juga kece...

So, kesimpulannya, saya puas banget pake OPPO Reno 10x Zoom ini karena compact banget jadinya, saya bisa kerja pakai hape doang, literally doang loh, karena saya bisa berkomunikasi dengan hape ini, nulis di hape ini, bisa foto, rekam video, ngedit foto, ngedit video, apa lagi yang kurang coba?! Wajar kan kalau saya bilang ini hape wajib para content creator seperti saya?

Oke, mungkin udah ada yang penasaran soal harga hape kece ini. Harganya cukup mahal menurut saya, yaitu RP 12.999.000. Tapi seperti kata pepatah, ada harga ada rupa, smartphone ini worth the price.

Makin kepo? Cuzzz langsung aja meluncur ke websitenya di https://www.oppo.com/id/smartphone-reno/ bisa juga lihat instagramnya di @oppoindonesia.

******

0 comments