Belajar Investasi Saham Demi Resolusi Finansial 2020


Bagi yang kenal saya pasti tahu kalau saya sering membuat resolusi menjelang tahun baru dan resolusi saya nggak jauh-jauh dari nurunin berat badan dan kebebasan finansial. Yaahhh, standar banget memang, tapi itu salah dua hal terpenting bagi saya, hehehe… 

Apalagi 2020 tinggal hitungan hari lagi dan saya serius banget ingin memperbaiki keuangan saya karena si abang tahun depan sudah kelas tiga SMK yang artinya dia akan segera kuliah (dan pilihannya jatuh pada universitas jurusan perfileman, sesuai dengan bidangnya di sekolah saat ini. Kebayang, kan biayanya?), belum lagi si kaka yang akan masuk SMA serta si bungsu yang sudah mulai aktif ikut les dan ingin ikut kursus musik.

Alhamdulillah penghasilan suami serta penghasilan saya sebagai content creator cukup untuk menghidupi keluarga kami, namun jika dipikir-pikir, apakah penghasilan kami tersebut kelak akan cukup membiayai biaya sekolah anak-anak yang terus meningkat? Bisa jadi, jika saya dan suami tidak melakukan sesuatu, penghasilan kami hanya akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  

Saat ini yang kami lakukan hanya menabung, namun pastinya menabung saja tidak cukup. Menyimpan serta menyisihkan uang memang  baik bagi kami namun selain hanya mendapat bunga tabungan, menabung saja rasanya tidak membuat nilai uang kami cukup mengantisipasi inflasi. Saya pun berpikir untuk berinvestasi.
Saham is easy. Invest smarter, Trade Easier

Bicara soal inflasi, saya membaca sebuah artikel yang menulis bahwa menurut data BPS, angka inflasi rata-rata Indonesia dari 2006 hingga 2010 adalah 6.8%. Kebayang, kan,  tiap tahun harga barang-barang kebutuhan kita kurang lebih akan naik sebesar itu?. 

Saya pun langsung membayangkan, kalau sekarang biaya kuliah di kampus incaran anak bungsu saya sekitar 100 jutaan dalam sepuluh tahun ke depan, saat ia sudah akan kuliah beneran, biaya kuliahnya bisa meningkat menjadi 193 jutaan. Waduh, saya langsung panik membayangkannya.

Berdasarkan pemikiran di atas, saya mulai mencari tahu tentang cara memulai investasi saham. Saya mulai browsing tentang investasi saham bagi pemula terutama investasi mudah bagi pemula dan tentu saja investasi amanah.

Sebenarnya sudah lama saya tertarik untuk mempelajari soal investasi saham ini karena saya pernah membaca sebuah artikel tentang ibu-ibu rumah tangga di Malaysia yang menyisihkan uangnya untuk nabung saham. Namun karena kesibukan dan lain hal, saya pun lupa akan hal tersebut. 


3 kesayangan yang bikin saya makin semangat belajar investasi saham kapanpun di manapun

Kebetulan banget bulan lalu saya ketemu teman sesama blogger yang bicara soal pengalamannya nabung saham, saya pun mulai serius mencari tahu soal ini, karena saat ingin serius melakukan sesuatu, saya pasti mencari tahu dan mempelajari dulu. Apalagi kan saat mendengar kata saham, ada beberapa orang yang mengidentikannya dengan penipuan lah, kegiatan beresiko tinggi lah, dst.

Akhirnya, sejak minggu lalu saya memutuskan untuk serius belajar soal saham di tempat yang menurut saya terpercaya. Tunggu update-an saya selanjutnya, ya. Saya akan selalu sharing, kok, di blog ini tentang progress apa saja yang saya pelajari dan saya lakukan berkaitan dengan investasi saham ini. 

Tidak hanya itu, di akun instagram saya @zataligouw saya juga akan membuat serial di instagram story serta cerita di feed saya tentang pengalaman saya belajar soal mudahnya berinvestasi dengan hashtag #ZataBelajarSaham dan #AmanahJadiMudah. Ditunggu, yaaa….

#SahamIsEasy #TradeEasier # InvestSmarter

0 comments