Makin Pede Berinvestasi Saham Bersama RHB Sekuritas


Yuk, lanjut lagi ngomongin soal saham. Sebelumnya saya sudah cerita bahwa sudah beberapa bulan ini saya belajar saham dengan serius bahkan sampai menyempatkan diri datang dan ikut kelas di Sekolah Pasar Modal, Bursa Efek Indonesia. Saya pun menjadwalkan diri berkonsultasi langsung dengan RHB Sekuritas dan memutuskan berinvestasi saham sejak dua bulan lalu.

Awalnya, saya memang diberi masukan untuk membeli saham pilihan sedikit-sedikit dulu, yaitu satu lot saja. Gunanya untuk belajar membeli saham, belajar menganalisa saham tersebut, sampai memperhatikan perkembangan saham itu selama beberapa minggu.

Setelah saya mendapatkan ritmenya, tahu cara menganalisa pasar, tahu kapan harus beli dan jual, kapan harus cut loss, dan sebagainya, saya pun memberanikan diri untuk membeli saham yang harganya lebih mahal serta dalam jumlah lot yang lebih banyak.

Minggu lalu saya membeli saham TLKM yang harganya saat itu 3.860 rupiah per lembarnya. Saya langsung membeli 10 lot sekaligus. Saya juga membeli WIKA dan UNLVR yang harga sahamnya paling mahal di portfolio saya, yaitu sekitar 7600an Rupiah per lembarnya.

Oh ya, selain berinvestasi dengan dana yang lebih besar saya juga melakukan diversifikasi saham, jadi saya membeli beberapa saham yang fundamentalnya baik seperti saham-saham yang saya pilih di atas. Saham yang fundamentalnya baik biasanya adalah saham blue chip di mana perusahaan tersebut terkenal dan memiliki bisnis yang jelas. Tak hanya itu, ciri saham yang fundamentalnya bagus juga yang produknya laku di pasaran, tidak memiliki banyak hutang serta memiliki manajemen yang transparan.

Mengapa kita harus memilih saham yang fundamentalnya bagus? Karena jika pasar saham terkoreksi, saham berfundamental baik ini juga akan terkoreksi dan , tetapi setelah pasar saham pulih, saham berfundamental bagus juga akan bergerak naik lebih dulu, bahkan bisa jadi lebih cepat dari saham-saham lainnya.



Oh ya, nggak usah panik yah lihat angka merahnya, memang inilah yang terjadi saat memutuskan untuk berinvestasi saham, ada masanya mendapatkan kelebihan seperti yang sudah saya perlihatkan di artikel sebelumnya, ada juga masanya loss. Itu hal biasa, kalau kita menganalisa dengan baik, kita tahu kapan harus cut loss atau meminimalisir kerugian.



Nah, untuk memperkuat kemampuan kita menganalisa pasar, rajin-rajinlah bertanya dan berkonsultasi pada pihak sekuritas. Sekuritas pilihan saya bahkan memberi update terbaru setiap saat yang tak hanya membuka wawasan saya juga membuat saya lebih cerdas berinvestasi saham.

Di bawah ini adalah salah satu contoh update yang saya terima dari RHB Sekuritas dalam bentuk email. Bisa dilihat bahwa info yang diberikan benar-benar membantu kita menjadi lebih paham mengenai kondisi pasar saat ini sehingga diharapkan kita bisa menggunakannya untuk melakukan analisa.



Oke sekian dulu sharing saya kali ini. Jangan lupa unduh aplikasi RHB Tradesmart di hape kalian melalui Appstore atau Play Store yaa, registrasinya gratis lagi. 

Happy investing!

#AmanahJadiMudah #SahamIsEasy #TradeEasier #InvestSmarter

0 comments