Sudah Dapat Apa Lewat Investasi Saham?


Bisa beli hape baru itu biasa, tapi bisa beli hape baru yang sebagian pake kelebihan dari investasi saham itu sesuatu banget buat saya, hihihi.. Maklum, yah, ibuk-ibuk, segitu aja udah seneng.

Jadi ceritanya belum lama ini salah satu hape saya rusak dan lumayan juga, sih, kalau harus beli yang baru. Setelah diskusi sama suami, karena banyak pengeluaran akhir-akhir ini dari mulai bayaran sekolah anak-anak, sampai biaya untuk modal syuting, dll, akhirnya kami putuskan untuk membelinya bulan depan.

Namun saat mengecek portfolio saham di ARO ternyata ada yang sudah bisa saya ambil benefitnya, langsung deh minta tambahan sedikit aja sama suami untuk beli hape baru, yayyy..

Btw, saya mau cerita progress saya selama 3 bulan terakhir ini berinvestasi saham, mudah-mudahan berguna bagi yang baru berniat untuk investasi, yang masih ingin belajar, dll.

Jadi, awalnya saya memutuskan belajar tentang investasi saham adalah bertepatan dengan pergantian tahun. Menjelang tahun 2020 lalu saya serius banget ingin memperbaiki keuangan saya karena si abang tahun depan sudah kelas tiga SMK yang artinya dia akan segera kuliah dan pilihannya jatuh pada universitas jurusan perfileman yang biayanya sudah bisa dibayangkan akan cukup menguras kantong. Belum lagi si kaka yang akan masuk SMA serta si bungsu yang sudah mulai aktif ikut les dan ingin ikut kursus musik, kursus coding, dll.

Meski penghasilan suami serta penghasilan saya sebagai content creator cukup untuk menghidupi keluarga kami, namun jika dipikir-pikir, apakah penghasilan kami tersebut kelak akan cukup membiayai biaya sekolah anak-anak yang terus meningkat? Bisa jadi, jika saya dan suami tidak melakukan sesuatu, penghasilan kami hanya akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  


Saat itulah saya mulai berpikir serius soal investasi dan memutuskan untuk berinvestasi saham. Meski uang untuk investasi saham yang saya keluarkan belum banyak, tetap saja saya berusaha serius mencari tahu dan belajar soal ini.

Saya pun menimba ilmu di Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS), sebuah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat umum dapat menjadi peserta SPM dan SPMS sepanjang telah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Awalnya saya ikut SPM Level 1 dan merasa banyak sekali mendapat ‘pencerahan’. Saya jadi tahu cara dan mekanismenya untuk menjadi investor saham, jadi pelan-pelan sudah mulai terbayang. Dulu, untuk jadi investor saham, saya pikir ya langsung saja lewat Bursa Efek Indonesia, ternyata harus lewat sekuritas. 

Setelah mengetahui hal tersebut, saya pun mencari sekuritas yang cocok, yang tidak hanya memberikan edukasi dan arahan soal saham yang harus saya beli dan jual, namun juga yang memberi rasa aman dan nyaman. Pilihan saya jatuh pada RHB sekuritas.

Sekilas tentang RHB. RHB Investment Bank adalah bagian dari RHB Banking Group, penyedia jasa keuangan terkemuka yang berpusat di Malaysia dan mulai betransformasi untuk menjadi salah satu pemimpin pasar di wilayah ASEAN. Entitas hasil merger antara OSKIB dan RHBIB akan menjadi perusahaan investment banking terbesar di Malaysia dan salah satu yang terbesar di ASEAN, dengan staff berjumlah lebih dari 4500 orang, dana pihak ketiga lebih dari 1,7 Miliar Ringgit Malaysia dan memiliki jaringan komprehensif melalui hampir 100 kantor yang tersebar di ASEAN dan Hong Kong.

Sebagai ibu rumah tangga yang awalnya benar-benar buta soal saham, saya diajak untuk belajar dari nol dan dibimbing dengan sabar oleh RHB. Bahkan saat pembukaan akun pun semua dibantu dengan detail sehingga saya tidak merasa kesulitan sama sekali.

Setelah saya lebih paham soal saham serta sudah membuka akun di RHB Sekuritas, saya pun diajarkan dan dibimbing bagaimana memilih saham yang tepat. Wahh, di sini saya belajar banyak sekali, saya jadi tahu saham mana yang syariah, saham mana yang track record-nya bagus, saham mana yang perlu dibeli, saham mana yang gorengan, dst, dst.

Nah, di bulan ketiga ini meski belum signifikan tapi saya sudah mulai merasakan, nih, benefitnya. Jadi makin semangat memperdalam soal saham serta terus berinvestasi demi masa depan keluarga yang lebih baik.

Ok, segitu dulu sharing saya, nanti saya update lagi, yaaa..

Jangan lupa cek website RHB di sini dan unduh aplikasinya melalui appstore di sini  atau playstore dari hape kamu di sini. Registrasinya juga gratis lhooo. 

#SahamIsEasy #TradeEasier #InvestSmarter #AmanahJadiMudah

0 comments