Tes DNA dan Perubahan Gaya Hidup Sehat

Para narasumber berfoto bersama.

Minggu lalu, tepatnya hari Jumat tanggal 28 Februari 2020 di Pantai Mutiara Sports Club, Cordlife mengadakan acara yang menurut saya sangat menarik berjudul "Your DNA Says A Lot About You”.

Oke, bicara soal DNA saya jadi ingat serial kriminal kesukaan saya di pay tv yang banyak bicara soal tes DNA. Dalam ilmu forensik, DNA di dalam darah, kulit, atau rambut bahkan dapat diteliti untuk mengidentifikasi korban tindak kriminal yang tidak memiliki identitas hingga meneliti tersangka melalui metode DNA Profiling.

Tes DNA juga lazim diketahui masyarakat sebagai tes pada sampel kromosom gen untuk mencari tahu tentang hubungan kekerabatan seseorang. Biasanya dari penelitian tersebut bisa ditelusuri jejak asal-usul nenek moyang setiap manusia karena DNA (deoxyribonucleaic acid) secara umum berfungsi untuk menyimpan informasi dan menentukan karakteristik biologis pada makhluk hidup, sekaligus membawa informasi genetika.

Menariknya, belum banyak orang mengetahui bahwa seiring dengan perkembangan dunia medis khususnya penelitian terhadap DNA, tes DNA kini dapat menelusuri jejak profil kesehatan seseorang, resiko kesehatan, serta perbaikan gaya hidup yang diperlukan untuk mendukung kesembuhan hingga menjaga kesehatan tubuh manusia dari penyakit. Sebagai penyimpan informasi biologis, tes DNA menjadi sangat penting dan dapat dilakukan oleh siapapun. Keren, kan? Saya pun makin penasaran mendengarkan talkshow Cordlife ini.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Monica Surjanto, Sp.KO, dokter spesialis kedokteran olahraga menjelaskan bahwa tes DNA dapat digunakan untuk mengetahui potensi resiko seseorang mengalami suatu jenis penyakit sehingga orang tersebut dapat melakukan perubahan gaya hidup ataupun tindakan preventif yang dibutuhkan.

Dengan melakukan uji genetis melalui tes DNA, dapat diketahui bagaimana genetis tubuh dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, melakukan perubahan gaya hidup seperti pola diet yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan dan meminimalisir potensi resiko penyakit yang mungkin timbul di kemudian hari, ujar dr. Monica.

Sambutan dari dr Viryandi, Medifit.

Saya senang sekali karena dr. Monica memberi penjelasan dengan sangat rinci tentang DNA ini dan pentingnya tes DNA bagi kesehatan kita ke depannya. Lebih lanjut studi molekuler berdasarkan pada gen juga telah menyoroti sejumlah potensi DNA penting yang berkontribusi pada kesuksesan atlit pada olahraga yang membutuhkan kecepatan atau kekuatan. 

Faktor genetik berperan besar dalam kemampuan tubuh seperti kekuatan, kecepatan, dan massa otot. Melalui uji DNA, kita dapat membaca tipe genetik otot sehingga dapat mengetahui juga jenis-jenis olahraga yang sesuai dengan gen kita, jelas dr. Monica. Oh ya, dr Monica Surjanto, Sp.KO adalah perwakilan dari klinik Medifit, pusat rehabilitasi aktif pertama di Indonesia yang menggunakan aktivitas fisik sebagai terapi utama dalam proses penyembuhan suatu penyakit, cedera olahraga, maupun pemulihan pasca operasi.

Karena pentingnya fungsi tes DNA ini bagi kesehatan masyarakat maka Cordlife yang selama ini dikenal berfokus pada ibu dan anak melalui layanan penyimpanan darah tali pusat, kini mengembangkan layanan tes DNA/uji genetis melalui Cordlife Genetic di Indonesia.

Mba Talitha A. Prameswari, Product Marketing Manager PT Cordlife Persada yang juga narasumber di acar talkshow ini mengatakan bahwa kehadiran layanan baru tes DNA ini sebagai solusi dari Cordlife kepada konsumen Indonesia yang semakin peduli terhadap kesehatan, agar dapat menyiapkan segalanya bagi keluarga dan diri sendiri.

Genesis 2.0 adalah nama produk andalan Cordlife Genetic, dimana tes DNA ini merupakan tes genetik paling komprehensif yang dapat mendeteksi hingga lebih dari 360 panel melalui pemeriksaan dari lebih dari 1400 gen. Tes ini dapat membantu untuk melakukan perubahan gaya hidup ataupun tindakan preventif yang dibutuhkan dalam mencegah penyakit.

Genesis 2.0 ini mampu menganalisis lebih dari 360 panel meliputi resiko penyakit, kondisi terkait gaya hidup, karakteristik fisik dan lainnya, sehingga dapat menemukan informasi mengenai tipe metabolisme untuk mencapai tujuan diet yang tepat, serta aplikasi gaya hidup yang tepat untuk mendapatkan bentuk badan ideal dan mengetahui tipe otot serta tipe diet yang sesuai genetis, yaitu produk Cordlife Genetic Diet, Cordlife Genetic Skin dan Cordlife Genetic Sport.

Gaya hidup sehat dengan melakukan diet sangatlah populer dan telah diaplikasikan oleh banyak orang. Sayangnya banyak orang yang melakukan diet namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan karena kurang memahami metabolisme tubuh. Oleh karena itu, Cordlife Genetic Diet merupakan produk tes DNA untuk mencari informasi kebutuhan akan nutrisi dan diet, dengan menganalisis 3 gen yang terkait dengan obesitas dan penambahan berat badan. Hasil ini akan mendukung program gaya hidup sehat yang dilakukan dalam keseharian dan menyesuaikan dengan tipikal metabolisme tubuh. 

Wahhh, cucok dong ya buat saya yang ingin diet dan cari tahu kenapa diet saya selama ini jarang berhasil, hiihihi...

Usai talkshow, langsung nge-zumba, dong, kamiii...
Tak hanya itu, Cordlife juga peduli kecantikan kita hingga menghadirkan produk Cordlife Genetic Skin. Tes DNA ini merupakan tes genetis untuk kebutuhan terkait kulit & kecantikan dengan menganalisis 3 gen yang terkait dengan proses penuaan kulit yaitu UV & proses oksidasi dari sel kulit. Tes ini memberikan gambaran bagaimana kulit terpengaruh oleh sinar ultraviolet ataupun kemampuan untuk mengeliminasi oksigen aktif (antioksidan) dan memberikan informasi mengenai proteksi kulit optimum dan regimen kecantikan.

Cordlife Genetic Sport adalah tes DNA ini merupakan uji genetis untuk kebutuhan terkait olahraga dengan menganalisis satu gen yang terkait dengan perkembangan otot. Tes ini memberikan gambaran tips dan saran terkait olahraga dan memprediksi tipe olahraga yang sesuai. Dengan mengetahui tipe genetik otot, maka seseorang dapat menentukan apakah dirinya lebih baik memilih olahraga yang berfokus pada power (kekuatan) atau endurance (ketahanan).

Eh iya, di acara ini ada aktrisnya juga, lho, namanya Fanny Ghassani. Menurutnya layanan tes DNA terpercaya dari Cordlife dapat memberikan rasa percaya diri dalam menerapkan gaya hidup yang sesuai. Ia sendiri telah memanfaatkan produk Cordlife Genesis 2.0, dimana ia merasa diuntungkan dengan mendapat penjelasan lengkap mengenai resiko potensi penyakit menurut DNA-nya. Dari hasil tersebut ia pun bisa melakukan tindakan preventif yang tepat melalui pola diet dan olahraga yang sesuai dengan tubuhnya.



Seru dan informatif banget, kan, acaranya? Nggak hanya itu, di sana saya juga dapat kesempatan untuk melakukan cek kesehatan yang berkaitan dengan keinginan saya menurunkan berat badan. Eh, abis itu langsung diajak Zumba, lengkap, deh!

Itu dulu ya info dari saya soal tes DNA dari Cordlife. Buat yang masih penasaran bisa mengunjungi websitenya langsung di sini.

*****

0 comments