Mimpi Tak Kenal usia – Kata Mama Soal Keinginannya Membuka Rumah Makan Manado


Saya percaya #MimpiTakKenalUsia maka saat mama yang sudah berusia 65 tahun berencana ingin membuka warung makan Manado, saya mendukungnya. Awalnya tentu saja saya dan kakak serta adik sempat menentang mimpinya meski sekali lagi kami percaya #MimpiTakKenalUsia. Kami merasa bahwa mama sudah lansia dan sebaiknya tidak berkegiatan yang berat-berat, termasuk membuka rumah makan yang pastinya akan melelahkan. Namun, setelah berpikir Panjang dan berdiskusi adik kakak, kami bertekad mendukung apapun mimpi mama.

Namun sayangnya, beberapa bulan yang lalu mama sempat dirawat di rumah sakit akibat penyakit diabetesnya sehingga beberapa rencana tertunda. Dan kami mendukungnya dengan berusaha membantunya memaksimalkan kesehatannya di masa sekarang. Apalagi saat ini sedang pandemi dan sakit seringan apapun bisa membuat kesehatannya terancam. Sebisa mungkin kami melakukan berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh mama.

Setelah kembali ke rumah dari rumah sakit, ada beberapa hal yang dilakukan mama untuk memulihkan kondisi kesehatannya, antara lain:

MENCUCI TANGAN SECARA BERKALA

Mencuci tangan secara berkala adalah salah satu cara agar mama terhindar dari virus Covid-19 yang bisa membahayakan jiwanya. Meski tidak banyak keluar rumah namun setiap usai memegang uang, memegang sayur dan barang lain yang dating dari luar rumah, ia pasti mencuci tangannya dengan air mengalir dan sabun. 

Saat keluar rumah mama membekali diri dengan hand sanitizer yang mudah dibawa-bawa sehingga ia tetap maksimal membersihkan tangannya setiap saat.

MELAKUKAN MANAJEMEN STRES

Stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol dan terlalu banyak hormon ini dapat mengganggu fungsi tubuh termasuk system imun.

Tentu saja hal ini sangat berbahaya terutama di masa pandemic di mana system imun kita terutama para lansia harus sangat dijaga. Makanya, kami berusaha keras menghindarkan mama dari stres sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh mama.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress, antara lain memperbanyak aktivitas fisik, istirahat yang cukup termasuk tidur, serta melakukan hal-hal yang membuat diri merasa lebih nyaman, seperti meditasi, sembahyang, mengaji, dll.

LEBIH AKTIF BERGERAK

Meski saat ini PSBB kembali diberlakukan namun mama berusaha memperbanyak aktivitas fisiknya seperti jalan pagi-pagi sekali saat sekitar komplek rumahnya masih sepi. Ini sangat baik bagi kesehatannya karena tidak hanya ia bisa berolahraga, ia juga merasakan udara pagi yang masih segar serta terpapar sinar matahari. Berjemur ini juga jadi cara untuk menambah vitamin D dalam tubuh. Kalian tau kan dengan vitamin D itu salah satu vitamin kekebalan tubuh atau membantu mencegah munculnya berbagai resiko penyakit.

Mama juga tetap melakukan kegiatan N.E.A.T atau non exercise activity seperti menyapu rumah, mencuci piring serta beberes ringan lainnya.

Menurut mama, aktivitas fisik ringan justru membuat tubuhnya terasa lebih fit dan membuatnya tidak cepat mengantuk. Dengan aktif bergerak ia juga makin optimis bahwa #MimpiTakKenalUsia.

Jalan sore di sekitar rumah bersama mama

ISTIRAHAT YANG CUKUP
Tidur adalah proses tubuh memperbaiki dirinya sehingga tidur yang cukup dan berkualitas haruslah bisa didapatkan oleh orang yang sudah berusia lanjut seperti mama.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas mama mendapatkan system imun yang lebih kuat sehingga bisa memerangi penyakit dan virus.

Dengan bertambahnya usia, tidur yang baik juga sangat dibutuhkan karena bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat sehingga terhindar dari pikun. Setiap hari mama berusaha tidur sekitar delapan sampai sembilan jam.

MINUM SUSU YANG MENDUKUNG SISTEM IMUN
Mengonsumsi makanan sehat saja kadang tidak cukup sehingga tambahan susu yang bisa mendukung kesehatan mama secara keseluruhan juga sangat dibutuhkan.

Kebetulan saya memberikan mama BOOST Optimum dari Nestle Health Science yang merupakan susu dengan protein Whey, sumber serat pangan, tinggi Vitamin E, B6, dan B12 untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tetap aktif sepanjang usia. 

Nah, minuman ini sangat cocok dikonsumsi oleh mama yang belum lama kembali dari perawatan di rumah sakit karena produk ini bisa mengembalikan produktivitas saat masa pemulihannya.

Lalu kapan dan untuk siapa BOOST Optimum ini bisa dan boleh dikonsumsi? Produk ini sangat baik  diberikan untuk orang dengan kondisi yang kekurangan zat gizi atau sedang membutuhkan suplementasi nutrisi, termasuk lansia yang memang memerlukan gizi yang optimal.

Bisa juga diberikan kepada seseorang yang sedang dalam aktivitas atau pekerjaan yang padat dan kecenderungan melewatkan makan, yang kurang istirahat, sedang dalam diet atau dalam kondisi kurang berat badan, kehilangan nafsu makan, lanjut usia, serta pasien dalam kondisi pemulihan setelah sakit, seperti mama saya.

Bisa dilihat juga di bagian belakang kalengnya bahwa komposisi BOOST Optimum terdiri dari Maltodekstrin, Protein Susu (Whey, Kasein), Campuran Minyak Nabati (mengandung Antioksidan Askorbil Palmitat), Gula, Oligofruktosa, 7 Mineral dan Premiks Mineral, Inulin, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Perisa Sintetik Vanila, Pengatur Keasaman, Premiks Vitamin, Lactobacillus paracasei NCC2461, L-karnitin, dan Pemanis Buatan Asesulfam-K.

Saya dan kakak serta adik pun semakin yakin bahwa BOOST Optimum merupakan penunjang yang diperlukan oleh mama kami agar ia makin fit dan Bahagia serta bisa mengejar mimpinya, karena #MimpiTakKenalUsia. Bagi teman-teman yang mungkin juga sedang mencari produk penunjang kesehatan orangtuanya bisa mencoba produk ini juga, lho. Silakan cek di e-commerce langganan atau cek website-nya di sini. 

Nah, balik lagi ngomongin soal mimpi mama. Masalah kesehatan alhamdulillah sudah tertangani, jadi sekarang mama mulai lagi berkegiatan menggapai mimpinya.

Mama mulai rajin masak lagi karena memang suka masak dan ingin mengisi waktu dnegan jualan.

Pelanggannya keluarga sendiri dulu, hihihi...

Ia kini rajin memasak makanan untuk dijual. Meski belum memungkinkan untuk membuka Rumah Makan karena masalah tenaga yang belum sepenuhnya pulih serta masih mencari lokasi yang tepat, kami mendukung mama dengan membantunya jualan di depan rumah saja dan kebetulan pelanggannya juga sudah mulai ada, dari tetangga dan beberapa orang jauh yang khusus mencari makanan Manado, dan terutama pelanggannya keluarga sendiri, dong, hehehe..

Kami senang sekali bahwa mama kelihatan makin sehat dan bahagia serta merasa lebih percaya diri karena ia makin dekat pada mimpinya. 

Sebelum menutup aku mau info bahwa @nestlehealthscience_id Mengajak kita untuk menceritakan bagaimana support kamu dalam mewujudkan mimpi orang tua kita. Ini bukan sekedar kompetisi biasa loh, tapi kamu bisa jauh lebih dekat dengan orang tua kamu, JAUH LEBIH DEKAT. Ingat #MimpiTakKenalUsia saatnya kita wujudkan cita-cita mereka.

Sekian dulu sharing dari saya, ya, semoga kita dan orangtua yang masih ada juga sehat-sehat selalu dan bisa mencapai mimpi masing-masing karena #MimpiTakKenalUsia !

Sampai ketemu di artikel berikutnya, ya…

*******

0 comments