Andai sukses di instagram semudah Emily in Paris. Ini dia 4 hal yang tidak boleh kamu tiru dari serial ini...



Saya baru banget kelar nonton Emily in Paris Season 2. Seperti biasa, sangat menghibur! Tapi.., ya ada beberapa hal yang bikin gatel kalo ngomongin soal Emily yang ceritanya jago banget soal sosmed terutama instagram.

Tanpa mengurangi keseruan nonton film ini, ini dia beberapa hal yang ngga seharusnya kamu tiru soal cara Emily menjalankan strategi sosial medianya.

SERING SELFIE BELUM TENTU BIKIN VIRAL


Dengan begitu banyaknya postingan yang berseliweran di media sosial, rasanya perlu dari sekedar selfie untuk menarik perhatian publik. Bisa jadi foto-foto selfie Emily unik banget hingga bisa bikin orang mengikuti dia, sayang aja ngga ada akun Emily in Paris beneran ya, jadi kita ngga bisa menganalisa postingan selfie dia.

Intinya, sih, selfie bukan jaminan untuk sukses dan viral, kecuali kamu adalah 'GHOZALI EVERYDAY' ;)


Ghozali yang lagi viral karena berhasil menjaul foto selfie-nya sejak 2017 dalam format NFT dan sekarang adalah seorang milyader. Yes, konsistensi selfie selama 4 tahun membawanya pada hasil yang di luar dugaan. 

CAPTION SEADANYA? DUHHH...




Sesekali bikin caption seadanya ngga masalah, tapi kalau hampir setiap posting cuma pendek-pendek dan satu dua hashtag yang bahkan ngga bener seperti saat dia bikin #Smokin'Body karena di hestek kita ngga bisa pakai apostrof alias koma atas.

Apa kabarnya storytelling? Saya ngebayangin hampir di setiap postingannya dia akan bercerita tentang Paris, tentang tempat-tempat yang dia datangi, suasananya, bahkan sampe baunya, yang bikin followersnya sampe pengen nabung biar bisa ke sana. Atau misalnya dia cerita soal pekerjaannya yang seru, dll, dll. Nggak. Kebanyakan dia cuma foto, selfie, bikin satu dua kalimat dengan satu dua hashtag, bahkan ada yang isinya cuma satu hashtag tanpa caption, dan tetiba followersnya nambah banyak banget. Ruar biasah...

MALES BIKIN VIDEO



Helowww... apa kabar stories dan REELS yang katanya oke banget untuk mendapatkan engagement yang bagus? Di season kedua ini mungkin hanya satu dua kali kelihatan Emily membuat video untuk akun instagramnya. Semua perilaku sosial medianya kelihatan tanpa rencana, mengalir begitu saja dan pufff, puluhan ribu orang mengikutinya.

REPOSTING KONTEN YANG BELUM DISETUJUI KLIEN



Woohooo.., ini, nih yang paling seru dan....FATAL. Buat teman-teman blogger dan content creator yang sering bekerjasama dengan brand pasti tahu bahwa saat kita sudah terlibat kerjasama dengan klien semua hal harus didiskusikan terlebih dahulu, termasuk posting dan merepost postingan produk klien kita.

Di salah satu episodenya, Emily malah memperbolehkan produk sample dipakai oleh musuh kliennya (meski saat itu Emily belum tahu) dan bahkan merepost foto tersebut di akun pribadinya. Kebayang kan endingnya??

Nah, itu dia beberapa hal yang sebaiknya ngga kita lakukan, ya...

Terlepas dari hal-hal di atas, nonton Emily in Paris bisa jadi hiburan banget buat kita-kita, cusss yang belum khatam season 2-nya, silakan yaaa...

*******

0 comments