Kelas #PintarBersama : Membangun Personal Branding untuk Meningkatkan Karir

Para pembicara dan peserta berfoto bersama

Endemi sepertinya sudah di depan mata sehingga sudah saatnya kita bersiap-siap meluaskan sayap selebar-lebarnya termasuk dalam soal karir dan bisnis. Banyak hal yang bisa dilakukan terutama bagi generasi muda yang sedang bersiap mengejar karir maupun membangun bisnisnya, antara lain adalah dengan menyiapkan pendanaan secara bijak serta membangun personal branding.

Pada hari Sabtu tanggal 9 April 2022 lalu, Kredit Pintar bekerjasama dengan Karirdotcom menyelenggarakan kelas #PintarBersama dengan tema Membangun Personal Branding. Acara yang diadakan di restoran Bali Timbungan, Sarinah, Jakarta ini dihadiri oleh peserta dari kalangan millenials yang sangat antusias untuk #pintarbersama Kredit Pintar.

Narasumber yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah mas Dani Dovan yang merupakan HR Talent Acquisition Manager Kredit Pintar, mas Geo Fany Suharwan selaku Head of Marketing and Product Karirdotcom, serta saya sendiri, Zata Ligouw selaku Content Creator, Personal Branding Practitioner serta Training Manager MoM Academy.

Nah, kami para narasumber membawakan tema yang memang sedang banyak dibicarakan saat ini yaitu tentang membangun personal branding. Menariknya, kami bertiga membawakannya dari beberapa sisi yang berbeda. Mas Dovan mengawali acara dengan memperkenalkan Kredit Pintar terlebih dahulu.

Mas Dovan saat memberikan sesi.

KREDIT PINTAR

PT Kredit Indonesia adalah perusahaan fintech yang memiliki visi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia melalui penyediaan akses yang mudah untuk mendapatkan pinjaman jangka pendek. Dengan teknologi Artificial Intelligence terdepan, Kredit Pintar ingin bekerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

Menurut mas Dovan, aplikasi Kredit Pintar menduduki peringkat nomor 1 untuk aplikasi pinjaman yang paling banyak diulas di Google Play Store Indonesia dengan rating 4,4 dari 5 dan sudah diunduh lebih dari 10juta kali. Kredit Pintar juga menunjukan kredibilitasnya dengan beberapa penghargaan yang sudah diterima dan yang terbaru adalah Best Online Financing Top Brand Award yang baru diterima pada bulan Maret 2022 lalu.

Proses mendapatkan dana pinjaman relatif mudah, hanya dengan menggunakan KTP dan bisa mengajukan secara online, kapanpun dan dimanapun. Pelunasan pinjaman uang bisa dibayar secara bulanan melalui berbagai channel yang tersedia. Dan yang pasti, Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman dana online terpercaya yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jumlah pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp600ribu sampai RP20juta.

Antiribet banget ya Kredit Pintar ini, namun yang perlu diingat adalah untuk memanfaatkan pinjaman secara bijak dan untuk keperluan mendesak saja serta sebagai modal kerja dan modal usaha. Untuk tahu lebih lengkap soal Kredit Pintar, langsung saja kunjungi website-nya di sini, ya ...

Mas Geo dari Karir.com

PERSONAL BRANDING UNTUK MENINGKATKAN KARIR 

Mas Dovan, mas Geo, dan saya sendiri punya definisi yang kurang lebih sama mengenai definisi personal branding. Menurut mas Dovan, personal branding adalah core value yang datangnya dari diri sendiri dengan tujuan jangka panjang membentuk identitas diri mereka dikenal sesuai dengan keahliannya.

Menurut mas Geo, personal branding adalah mengontrol apa yang orang lain persepsikan tentang diri kita sebelum orang tersebut berhubungan langsung dengan kita.

Menurut saya, personal branding adalah usaha yang kita lakukan secara sadar dan disengaja untuk menciptakan dan mempengaruhi persepsi publik tentang diri kita dengan memposisikan diri kita sebagai orang yang kredibel di bidangnya sesuai dengan nilai diri kita.

Dari semua definisi di atas ada satu kesamaan penting, yaitu bahwa kita bisa mengontrol pendapat orang tentang diri kita dan kita harus menonjolkan diri sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita.

Kabar baiknya, personal branding adalah sebuah proses, jadi sambil membangun personal branding kita bisa terus belajar dan memantaskan diri sesuai dengan personal brand yang kita bangun.

MANFAAT MEMBANGUN PERSONAL BRANDING

Personal branding yang dibangun dengan baik dan konsisten akan membawa banyak manfaat bagi kita. Saya sendiri percaya bahwa dengan membangun personal branding, akan begitu banyak pintu yang terbuka, artinya akan makin banyak kesempatan dan pencapaian yang menanti kita.

Membangun personal branding akan memberikan banyak sekali manfaat, antara lain :

Peningkatan keterampilan
Ya, otomatis skill kita akan meningkat karena dengan membangun personal brand kita akan terus memantaskan diri agar sesuai dengan personal brand yang kita bangun. Sadar tidak sadar kita akan terus belajar entah dengan mengikuti seminar, workshop, membaca buku, mencari tahu, dst.

Peningkatan kepercayaan diri
Dengan keterampilan yang makin banyak dan tajam, otomatis ke[percayaan diri kita juga meningkat. Saat kepercayaan diri meningkat akan banyak hal positif yang terjadi dalam kehidupan kita.

Pekerjaan yang kita inginkan
Nah, sesuai tema dalam acara #PintarBersama Kredit Pintar ini, salah satu manfaat membangun personal brand adalah kita bisa mendapatkan pekerjaan impian kita. 

Peningkatan karir
Atau jika kita sudah memiliki pekerjaan yang kita inginkan, seringkali kita menginginkan lebih, seperti promosi jabatan misalnya, hal ini bisa banget kita raih dengan salah satunya membangun personal branding.

Peningkatan penjualan
Personal branding juga sangat berpengaruh pada bisnis kita. Sebagai pemilik bisnis kita perlu memiliki image yang baik dan bisa dipercaya sehingga efeknya bisa meningkatkan penjualan produk maupun jasa kita.

Kesempatan kolaborasi
Personal branding membuka banyak pintu, salah satunya adalah kesempatan berkolaborasi, entah dengan brand, pengusaha lain, dst. Network atau jaringan kita pun semakin luas dan menjadi pendukung kesuksesan kita.

Peningkatan kualitas hidup
Banyak sekali yang mengatakan bahwa hidupnya berubah ke arah yang lebih baik setelah membangun personal branding. Yes, dengan keterampilan yang makin banyak, kepercayaan diri yang meningkat, jaringan yang meluas, dst, tentu saja akan berpengaruh pada kualitas hidup kita. 

Dan tentu saja masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita rasakan saat berhasil membangun personal brand dengan baik.

Senang sekali saya bisa berbagi soal personal branding di acara ini.

LANGKAH-LANGKAH MEMBANGUN PERSONAL BRANDING

Ada beberapa langkah yang saya sarankan untuk dilakukan saat kita memutuskan untuk membangun personal brand secara serius, yaitu :

1. MINDSET BRANDING
Saat memutuskan untuk membangun personal branding langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memastikan bahwa kita punya mindset yang tepat yaitu growth mindset atau pola pikir bertumbuh.

Dengan memiliki pola pikir bertumbuh kita tidak akan terganggu dengan omongan-omongan dari luar yang bisa menjatuhkan dan emmatahkan semangat kita. Di sisi lain kita juga menjadi seorang pembelajar yang ingin terus memantaskan dan memoles diri.

2. CANVAS BRANDING
Setelah memiliki mindset yang tepat, kita lalu bisa mulai menggali, kita ingin dikenal sebagai siapa. Apa kelebihan kita yang bisa kita 'jual' dan tonjolkan?

Sesuai namanya, ini adalah proses canvassing di mana kita akan mencari tahu lebih dalam apa saja kelebihan dan kekuatan kita, bagian mana yang harus diperbaiki dan diperdalam, sampai akhirnya kita menemukan satu hebat kita dan menemukan unique selling point kita.

3. AUTHENTIC BRANDING
Saat kita sudah menemukan unique selling point serta sudah tahu ingin membangun personal branding seperti apa, saatnya kita untuk cek dan ricek lagi, apakah semua sudah sesuai dengan nilai diri kita, sudah otentik dan mencerminkan diri kita?

4. DIGITAL BRANDING
Setelah semuanya terjawab dan stabil, barulah kita masuk ke langkah yang ke empat, yaitu memindahkannya ke dunia digital.

Jadi sebelum kita go digital dan memaksimalkan media sosial, secara offline diri kita sudah 'jadi', sudah punya mindset yang tepat, sudah tahu ingin dikenal sebagai apa, sudah memiliki keterampilan yang dibutuhkan dan bersedia untuk terus belajar dan kita yakin bahwa itu semua sesuai dengan diri kita, bukan paksaan apalagi membuat kita menjadi orang lain.

Dengan memenuhi langkah-langkah di atas, eksistensi digital kita akan semakin kuat, karena apa yang kita tampilkan di dunia digital bukan hal yang random tapi sudah mengerucut pada personal brand kita.

TAKEAWAYS

Dari kelas #PintarBersama ini saya bisa menyimpulkan bahwa kita, terutama para generasi muda untuk serius dalam mebangun masa depan dengan dua hal penting yaitu kesadaran finansial serta kesadaran untuk membangun personal branding untuk meningkatkan karir dan kehidupan yang lebih baik.

Personal branding bisa berhasil dengan adanya kemauan dan konsistensi serta memastikan bahwa kita sudah membangun dan menstabilkan diri kita secara offline barulah memindahkan hal tersebut ke dunia digital untuk hasil yang maksimal.


******

0 comments