Merayakan Hidup dan Semangat Para Ibu di MomFest 2022 #CelebrationMOM5

Para moms berfoto bersama (dan ini belum semua, lhooo...)

#CelebratingMoM5 adalah tema MomFest yang diadakan pada tanggal 18 Mei 2022 di Samisara Ballroom, Jakarta.  MomFest merupakan acara tahunan yang diadakan oleh komunitas MoM Academy yang merupakan bagian dari Mothers on Mission (MoM) dan FAB, platform bisnis kreatif dengan pertumbuhan yang sangat cepat dan memiliki jaringan terpercaya serta kuat dengan memberdayakan brand maupun komunitas.

MomFest #CelebratingMoM5 dihadiri oleh lebih dari 300 peserta secara offline dan online serta dimeriahkan oleh public figure dan para ahli dibidangnya, antara lain Dessy Ilsanti (psikolog), Adrian Maulana (public figure), Rista Zwastika (financial Planner) dan masih banyak lagi.

Keseruan acara sangat dirasakan oleh para peserta yang hadir, mulai dari dresscode warna-warni color block yang menghibur mata, booth para sponsor yang menawarkan beragam diskon dan layanan yang dikerubungi oleh para moms, playground khusus bagi anak-anak, booth merchandise MoMA yang dibanjiri pemesan, sampai performa band Randy and the Soulmates yang membawakan lagu-lagu pilihan khusus perempuan terutama para moms.

Puas berfoto-foto dan menikmati kudapan yang disediakan, para moms masuk ke ruangan Samisara Grand Ballroom yang luas dan megah untuk menyaksikan pembukaan acara. Para moms yang bergabung lewat zoom pun tetap bisa menikmati keseruan di lokasi karena diajak tour virtual untuk melihat ruangan acara, para tamu offline, booth, playground, dll.

Usai virtual tour, acara pun resmi dibuka oleh MC Radin yang langsung mengajak mba Widya Safitri ngobrol di atas panggung.

CEO MoM dan MoMA, Widya Safitri sangat senang membagikan hasil survei tentang ibu Indonesia yang terus maju dan berkembang.

KONDISI EKONOMI IBU DAN KELUARGA MENINGKAT 50% DI 2022

Dalam kesempatan tersebut, CEO MoM dan MoM Academy, Widya Safitri menyampaikan bahwa bukan kebetulan #CelebratingMoM5 menjadi tema MomFest kali ini. #CelebratingMoM5 adalah perayaan ulang tahun Mothers on Mission yang ke 5 sekaligus perayaan bagi para moms di seluruh Indonesia yang telah berhasil melewati kerasnya masa pandemi dan justru makin berkembang bersama terutama dengan tergabungnya mereka dalam komunitas. 

Mba Widya juga memaparkan hasil survei yang menghangatkan hati di mana hasil survei Mei 2022 yang diadakan oleh MoM Academy terhadap banyak moms di Indonesia, terlihat sekali peran besar ibu pada ketahanan keluarga sehingga banyak keluarga di Indonesia bisa melewati masa pandemi dengan baik.

Menurut survei tahun lalu, presentase ibu yang harus bekerja atau berbisnis untuk mendukung keuangan keluarga terbilang cukup tinggi karena berbagai alasan salah satunya adalah suami yang kehilangan pekerjaan atau mata pencariannya. Tahun ini hasil survei menunjukan lebih dari 90 persen pencari nafkah utama adalah suami sementara para ibu masih tetap melanjutkan usaha yang sudah dirintis sebelumnya karena beragam alasan, dari mulai hobi dan eksistensi diri sampai mendukung keuangan keluarga.

Tahun 2021 sekitar 30 % ibu menjadi pencari nafkah utama, dan tahun 2022 ini hanya 8,7 % ibu yang menjadi pencari nafkah utama.

Mba Widya juga menambahkan bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh optimisme terutama bagi para moms di seluruh Indonesia. Hasil survei MoM Academy mempertegas hal tersebut, di mana lebih dari 50% responden mengakui bahwa situasi ekonomi mereka perlahan mulai membaik dan bahkan sejak pandemi mereka berhasil membangun kebiasaan positif baru yaitu berani berbisnis dan mempelajari keterampilan yang terkait dengan dunia bisnis dan digital.

Mba Rista berbagi caranya menjadi wanita yang independen secara finansial

KEBEBASAN FINANSIAL BAGI PARA IBU

Usai berbincang dengan mba Widya, Radin pun mengundang mba Rista Zwestika selaku perencana keuangan dari Finansialku. Menarik sekali paparan yang disampaikan oleh mba Rista karena sesuai sekali dengan hasil survei MoM di mana para ibu makin punya keinginan yang kuat untuk independen secara finansial. Data yang disampaikan mba Rista pun kurang lebih sama dengan hasil survei Mom Academy di mana tahun 2021 kontribusi perempuan pada keuangan keluarga mencapai 50%!

Ki-ka : Yanti,Widya, Radin, Rista Zwestika, Dessy Ilsanti, Adrian Maulana, dan Mumin Santoso

PERAN SUAMI DALAM HUBUNGAN KELUARGA

Tak lengkap rasanya saat membicarakan kesuksesan para mom tanpa ngomongin soal peran suami dalam membantu istri mewujudkan impiannya dan keluarganya. Hadir sebagai narasumber adalah psikolog Dessy Ilsanti dan figur publik Adrian Maulana. Pasangan suami istri ini berbagi soal pengalaman mereka dalam menjaga keutuhan dan kebahagiaan keluarga selama 21 tahun.

Menurut Dessy dan Adrian, dalam sebuah pernikahan perlu ada visi dan misi yang sama sehingga tercipta komitmen dan inilah yang akan menjadi penjaga keutuhan keluarga.

Tanpa terasa setengah hari selebrasi berlalu dengan cepat. Acara yang terselenggara berkat dukungan para sponsor seperti Delisari, H2, Maltofer, Finansialku dan lain-lain berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan acara ramah tamah yang emosional.                                 

Dengan adanya selebrasi MomFest #CelebratingMoM5 ini diharapkan para perempuan Indonesia terutama moms menjadi makin percaya diri dan bersemangat dalam mengembangkan diri serta keluarganya karena mereka tahu ada begitu banyak ibu lain yang punya semangat yang sama serta komunitas dan brand yang turut mendukung mereka.

Sampai ketemu di MomFest tahun depan, ya!

*****

0 comments