Percepat Raih Mimpi Lewat DREAM BOARD


Udah sering donggg denger kata vision board, dream board, dll. Mungkin udah bikin juga, ya? Tapi apakah kita berhasil meraih apa yang ada dalam dreamboard dan vision board tersebut? atau seperti saya dulu-dulu, dreamboard hanya berakhir jadi pajangan cantik di ruang kerja? ahaha... tapi itu dulu, lhoo.., waktu saya belum tahu gimana menjadikan vision board itu sebagai alat untuk mempercepat kesuksesan dan impian saya.

Ada yang nonton film terbaru di Netflix berjudul "Senior Year"? Kalau kalian nonton dan ngeh, salah satu cara tokoh yang diperankan Rebel Wilson untuk mencapai mimpinya menjadi kapten cheerleader dan gadis populer adalah lewat dream board di kamarnya. 

Eits, tapi tak semudah itu Ferguso!. Bikin dream board aja ngga cukup, ada hal lainnya yang harus melengkapi dream board ini supaya bisa menjadi alat yang powerful untuk membantu kita mewujudkan mimpi. Gak sabar kan pengen tahu caranya? Cusss baca lebih lanjut, yaaa...

APA ITU DREAM BOARD?

Dream Board atau Vision Board adalah manifestasi fisik dari tujuan-tujuan kita. Biasanya tertuang dalam bentuk gambar, foto, dan tulisan. (catatan : manifestasi berasal dari bahasa Inggris manifestation yang artinya perwujudan dari sesuatu yang tidak kelihatan.)

Menurut Peter Kell dari MindValley yang juga sudah merasakan manfaat vision board dalam kehidupannya mengatakan bahwa ada 3 filosofi dari dream board ini, yaitu : 

Kejelasan. Dream board membantu kita mempersempit dan memperjelas tujuan-tujuan kita sehingga membantu kita mengambil tindakan untuk menggapainya.

Ingat. Kita akan selalu ingat dengan apa yang sedang kita tuju karena setiap hari melihat bentuk fisik dari tujuan kita sehingga kita bisa selalu kembali ke jalur.

Bisa karena biasa. Semakin sering dilihat semakin sering kita melakukan usaha, semakin biasa kita dengan hal tersebut sehingga lebih mudah untuk mencapai mimpi.


MENGAPA DREAM BOARD BISA MEMANIFESTASIKAN MIMPI KITA?

Ya, pertanyaan sebelum kita mulai membuat dream board adalah bagaimana dream board atau vision board ini bisa memanifestasikan mimpi kita? (Memanifestasikan =menjadikan menjadi wujud yang terlihat)

KEKUATAN VISUAL

Visual adalah salah satu kekuatan dari dream board. Manusia adalah mahluk yang sangat visual dan otak manusia sangat luar biasa dalam membantu kita mewujudkan keinginan-keinginan kita.

Saat kita melihat dream board setiap hari, melihat apa yang kita inginkan setiap hari, otak kita akan mempersiapkan tubuh kita untuk melakukan action atau tindakan. Saat kita membayangkan sedang mempersiapkan diri untuk sebuah kegiatan, otak kita akan langsung memproses dan mengirim sinyal pada tubuh kita untuk menyelesaikan aktivitas tersebut.

Visualisasi hampir sama kuatnya dengan tindakan yang kita lakukan. Saat kita memvisualisasikan diri kita sukses dalam karir, otak kita akan mempersiapkan tubuh kita untuk sukses juga. Nah, tinggal bagaimana kita memanfaatkan situasi ini. Saat otak sudah siap, tubuh sudah siap, lakukan lah segala cara (positif) untuk mewujudkan impian kamu.

KEKUATAN KONSISTENSI

"Your FUTURE is found in your DAILY ROUTINE" 

Saya sangat percaya bahwa kesuksesan (termasuk kebahagiaan) seseorang diraih karena kebiasaannya sehari-hari. Terbiasa bangun pagi, terbiasa membereskan rumah, terbiasa membaca, terbiasa olahraga, terbiasa bersedekah, terbiasa mengajar, dst, dst, pasti akan berujung pada satu hasil yang baik.

Nah, sebenarnya, dengan membuat dreamboard dan memajangnya di satu tempat yang setiap hari bisa kilta lihat kita pun jadi ingat untuk melakukan usaha meraih tujuan-tujuan tersebut. Otomatis kita pun akan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik setiap hari yang bisa membawa kita pada tujuan atau mimpi tersebut.

Jadi sudah kebayang, kan, bagaimana sebuah dreamboard bisa membantu kita mempercepat raih mimpi-mimpi kita?

Oke, sekarang pertanyaannya, bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat DREAM BOARD yang kece sekaligus berpengaruh pada kesuksesan kita, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

TENTUKAN GOAL

Pertama, tentukan tujuan-tujuan apa saja yang ingin kita capai. Mimpi apa saja yang ingin kita raih. Buat se-spesifik mungkin ya, jangan cuma "Saya mau punya penghasilan besar" atau "saya mau langsing". Ubah menjadi goal yang terukur dan ada batas waktu, karena kalau tidak ya kita ngga gerak-gerak, hehehe


TENTUKAN WHY

Alasan kita punya tujuan tersebut atau mimpi tersebut haruslah sangat kuat, jadi temukan WHY-nya. Cari apa yang membuat kita sangat ingin mencapai mimpi tersebut? Ingin turun 20 kilogram agar bisa lebih sehat, panjang umur supaya bisa menemani anak-anak sampai dewasa, misalnya.

Atau kita ingin punya penghasilan sekian agar bisa mengirim orangtua kita ke tanah suci, dst. Intinya cari WHY kita, yang akan membantu kita untuk terus berjuang meraih mimpi. Saat kita capek, putus asa, bosan dan tak punya motivasi, balik lagi ke WHY kita, biasanya itu akan membakar semangat kita lagi.

TENTUKAN HOW

Nah, ini adalah salah satu penentu, karena tanpa bayangan bagaimana cara meraih mimpi tersebut, bisa jadi dreamboard kita hanya akan teronggok begitu saja. 

Jadi, 'rahasia' sebuah dreamboard bisa membantu kita mewujudkan mimpi lebih cepat adalah di bagian HOW ini. Di mana kita menjadikan dreamboard sebagai PANDUAN lalu menyusun rencana lebih rinci untuk mewujudkannya.

Contoh dari how misalnya seperti ini :

"Mulai besok (Senin tgl 15) saya akan berolahraga seminggu 3x (Senin, Rabu, Jumat) setiap jam 4 sore selama 2 jam"

"Saya akan membaca 1 buku per minggu. Setiap malam sebelum tidur saya akan meluangkan satu jam untuk membaca buku"

Dst

Jadi terlihat bahwa kita sudah punya CARA untuk membantu kita mewujudkan impian kita. Saat kita sudah menyusun HOW-nya, kita pun sadar akan konsekuensinya, saat kita tidak melakukan cara tersebut, ya kemungkinan kita juga tidak dapat meraih impian kita.

TUANGKAN DALAM VISUAL

Di sinilah peran dreamboard yang kita buat. Manusia adalah mahluk visual. Manusia lebih mudah mengingat dan terinspirasi dengan sesuatu yang visual. Susunlah visual yang kamu inginkan. Gambar-gambar atau foto-foto yang mencerminkan tujuanmu.

Ingin menurunkan berat badan? kenapa tidak cari gambar body goal yang bikin kamu makin semangat saat melihatnya. Ingin berhaji, print saja gambar Ka'bah, ingin punya rumah tahun depan, segera cari gambar atau foto rumah yang sangat kamu sukai dan tempel di dreamboardmu.

Saya juga menempelkan beberapa foto yang jadi WHY saya di dreamboard. Saya menempelkan foto almarhum ibu bapak saya, foto-foto keluarga, foto saat saya jalan-jalan, foto saat saya masih berada di berat badan ideal saya (untuk inspirasi supaya langsing lagi, heheh), dst. Foto-foto tersebut saya cetak lewat #ChatFoto dari FujiFilm sehingga kualitasnya bagus dan enak dilihat setiap hari.

Hiaslah gambar-gambar dan foto-foto tersebut dengan catatan-catatan penyemangat, pernak-pernik, stiker, dll, yang memang kamu sukai. Saya punya beberapa quotes yang setiap saya baca selalu membaut saya bersemangat, kenapa tidak tulis dengan tangan, hias, dan tempel.

Saya juga menulis beberapa ayat tentang ikhtiar dan saya tempelkan di sana. Intinya berkreasi dengan visual semaksimal mungkin sehingga dreamboard tersebut benar-benar menjadi perwakilan kita tentang apa yang ingin kita raih dalam hidup.

ACTION, ACTION, ACTION

Kedengarannya basi, tapi apalah arti sebuah dreamboard tanpa action? Nah, karena kita sudah tahu kekuatan dreamboard itu dari mana, kita sudah tahu bahwa otak dan tubuh kita akan berkonspirasi untuk membantu kita mewujudkan mimpi-mimpi kita, ya masa, sih, kita ngga mau action? kan udah ada HOWnya juga, sudah ada panduan bagaimana cara kita mewujudkannya.

So, rancang dreamboard kamu dan wujudkan impian kamu dari sekarang !

Ini salah satu gambar yang saya tempel di dreamboard supaya saya selalu merasa punya power untuk mewujudkan mimpi-mimpi saya.


0 comments