Kamu adalah Billboard Berjalan ! #PersonalBrandingTips

Outfit by Simple8TheLabel


 "You are a walking billboard"

Kamu adalah billboard berjalan, jadi masih cuek dengan penampilan?

Dalam membangun personal brand, penampilan sama sekali bukan segalanya, namun penampilang adalah bagian penting dari personal brand kita. Karena saat kita memutuskan serius membangun personal brand artinya kita sudah siap menjadi BILLBOARD BERJALAN.

CIPTAKAN IMAGE UNTUK BILLBOARD KAMU

Nah, sudah tahu bahwa kamu adalah billboard yang setiap saat dilihat orang karena kamu sudah atau sedang membangun personal brand. Sekarang pertanyaannya adalah kamu ingin jadi billboard seperti apa? bergambar apa? Image-nya seperti apa?

Asiknya, semua kamu yang menentukan. Semuanya kamu yang atur dan kontrol. Kendali di tanganmu. Hanya saja, pastikan bahwa semua itu sesuai dengan nilai diri kamu, bukan pencitraan (dalam artian yang negatif) apalagi pansos, ya!

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa penting menciptakan image untuk billboard kita. Let's get real. Banyak sekali orang yang menilai bahkan menghakimi seseorang PADA AWALNYA hanya berdasarkan penampilan saja. Oleh karena itu, penampilan kita, termasuk pakaian, make up, kacamata, serta aksesoris lainnya merupakan ALAT kita untuk menjaga agar penilaian orang saat baru melihat kita atau baru bertemu dengan kita sesuai dengan yang kita inginkan.

Jika kita ingin terlihat smart, profesional, dan kredibel di bidang kita, yang gunakan pakaian yang mencerminkan hal tersebut yang tentunya bisa disesuaikan dengan karakter kita. Misalnya saya adalah orang yang tomboy dan kurang suka bermake-up lengkap, ya saya bisa memilih setelah celana bahan dan kaos serta blazer untuk tetap mempertahankan ke-tomboy-an saya serta menggunakan make up tipis namun tetap terlihat profesional dan smart, misalnya.

Intinya, jangan anggap enteng penampilan, karena menurut penelitian yang dilakukan oleh APS (Association of Psychological Science) pakaian memiliki pengaruh yang kuat yang berkaitan dengan persepsi orang (dan diri kita) terhadap diri kita.

Menarik ya, diri kita juga terpengaruh dengan apa yang kita pakai, bukan hanya orang lain. Itulah yang membuat penampilan menjadi sangat penting.

Lalu pastikan bahwa penampilan dan image yang sudah kamu poles dan persiapkan ini menunjukan nilai diri kamu sehingga di billboard tersebut orang bisa melihat penampilan yang menarik di awal lalu diikuti dengan rasa nyaman dan percaya terhadap diri kita. Caranya bagaimana ? upgarede terus kemampuan berkomunikasi kita termasuk soal elevator pitch sehingga layaknya melihat billboard, hanya dalam waktu relatif singkat kita sudah bisa membentuk persepsi yang kita inginkan.

*****

0 comments