Yuk, Dekorasi Area Dapur Biar Instagramable dan Makin Semangat Masak Buat Keluarga

 

PERNAK-PERNIK DAPUR
Pernak-pernik dapur seringkali menjadi penyemangat bagi ibuk-ibuk seperti saya untuk masuk ke dapur lalu memasak. Karena jujur saja, di tengah kesibukan sebagai ibu dan bekerja juga, seringkali rasa capek membuat saya malas masak. Namun saat melihat dapur yang nyaman plus pernak-pernik yang lucu-lucu bisa mengubah suasana hati saya.

Memiliki oven lucu dan Air Fryer sesuai warna favorit bikin saya merasa masak bukan lagi hal yang ribet, maklum aslinya saya ngga hobi masak, tapi demi keluarga tercinta saya merasa perlu untuk sering memasak agar asupa gizi keluarga terjaga dengan baik.

TANAMAN
Sudah sejak lama saya suka tanaman, namun akhirnya serius punya banyak tanamana dan merawatnya dengan telaten tergolong baru, sih, mungkin baru dua tahun terakhir sejak awal pandemi. Nah, karena saya suka sekali dengan tanaman sehingga ornamen ini wajib banget ada di dapur saya juga. Eh, selain itu, memang ada alasannya, lho, mengapa tanaman membuat mood dan produktivitas kita lebih baik. 

Meletakan tanaman di rumah atau di ruang kerja termasuk juga di dapur dan ruang lainnya dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan di ruangan bernuansa natural seperti adanya tanaman-tanaman biasanya lebih berkualitas dan selesai dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada pekerjaan yang dilakukan di tempat yang tidak memiliki unsur natural. Kebayang kan kalau kita masak dengan penuh cinta di dapur, lalu sebagai content creator saya juga banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan bikin konten di area dapur, pastinya lebih fokus dan cepat selesai.

Menurut sebuah penelitian di Universitas Michigan, bekerja di alam terbuka atau memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga dua puluh persen. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja. Wow...

Sedangkan menurut sebuah artikel di NBCnews, adanya tanaman di dalam rumah dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15 persen serta mengurangi stress dan meningkatkan mood.

"Penelitian membuktikan bahwa tanaman di dalam rumah meningkatkan konsentrasi dan produktivitas (sampai 15%), mengurangi stress, serta meningkatkan mood." - NBCnews

Kerennya lagi, tanaman ternyata juga mendatangkan kebahagiaan. Yes, tanaman dan bunga-bungaan yang ada di sekitar rumah meningkatkan mood kita serta mengurangi tingkat stress. Tanaman dan bunga juga memberikan energi positif dan membantu kita merasa lebih rileks dan aman.

Duh, kalau mau digali, banyak sekali ternyata manfaat tanaman bagi kita, lho, sehingga saya makin bersemangat menambah koleksi tanaman di area rumah termasuk di area dapur, bahkan saya menghiasnya agar makin lucu, berwarna dan indah, dan.... kece untuk bikin konten, hahaha, tetep ya, naluri content creator saya ngga bisa diam kalau lihat lokasi yang instagramable.

PENCAHAYAAN
Untuk pencahayaan di area dapur saya memakai dua sumber yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Nah, pencahayaan alami ini kebetulan memang sudah ada di area dapur saya, yaitu cahaya yang berasal dari sinar matahari. Sementara cahaya buatan berasal dari beberapa buah lampu gantung.

Pencahayaan alami bisa kita dapat lewat beberapa bukaan seperti pintu, jendela, ataupun skylight. Dapur saya sendiri menggunakan skylight alias bagian atas yang diberi atap bening sehingga cahaya bisa menembus langsung dari langit.

Keuntungan dari penggunaan cahaya alami adalah kita bisa lebih menghemat listrik di siang hari serta cahaya yang kita dapat juga maksimal. Bonusnya lagi, ruangan dengan pencahayaan alami bisa kita pakai untuk berjemur karena cahaya matahari di jam-jam tertentu terbukti menyehatkan menyehatkan tubuh.

Nah, untuk cahaya buatan, saya menggunakan lampu gantung. Selain karena memang butuh tambahan cahaya buatan, saya juga suka dengan aksen lampu gantung yang memberi kesan modern namun minimalis dan sederhana.

Penegasan pada pencahayaan menambah suasana yang nyaman dan menyenangkan di area dapur dan sekitarnya. Mengapa ini penting? Karena saat melakukan kegiatan di dapur, kita perlu pencahayaan yang baik.

Ok, sudah siap merombak dapur supaya makin semangat masak (dan bikin konten? #ehh ) ;p

******

0 comments