Minggu, 18 September 2011

Baby Blues..

Saya masih mengalami sindrom baby blues :( terutama seminggu yang lalu sejak harus kembali bekerja lagi setelah tiga bulan lamanya cuti melahirkan. Kekhawatiran meninggalkan si bayi serta dua kakaknya yang masih SD bikin saya uring-uringan, bete terus, sering cemberut, bahkan marah-marah. Untung saja segala persiapan dan dukungan keluarga membuat saya lebih siap dan enjoy kembali ke kantor.

Beberapa persiapan yang saya dan keluarga  lakukan saat harus kembali bekerja antara lain:

my baby ...

STOK ASI yang banyakkkkk..., jadi perasaan bersalah ninggalin si baby jauh berkurang karena tetap bisa memberikan ASi untuknya. Peralatan yang menunjang seperti pompa asi, pendingin, serta botol-botol asip sangat membantu dalam menghasilkan asi juga, lho.

ART. Yes! Asisten Rumah Tangga adalah salah satu hal terpenting saat kembali bekerja. Kondisi setelah lebaran bikin nyari ART cukup sulit dan penuh drama :D. Mbak yang biasa kerja di rumah, lama banget balik ke Jakarta karena harus mudik ke dua tempat, kampungnya dan kampung suaminya. Sedangkan khusus untuk yang jaga bayi, akhirnya dapat juga, mbak yang dulu pernah bekerja di rumah saya, yang memang sudah terbukti kredibilitasnya. Alhamdulillah..bisa melenggang ke kantor dengan lebih ringan karena bantuan dua ART ini. Makasih ya En..Tut..

INSPEKSI dari ibu saya serta ibu mertua sangat membantu. Karena rumah mama saya agak jauh, sementara ibu mertua sudah berumur, membuat mereka tidak bisa banyak membantu menjaga si bayi dan kakak-kakaknya. Tapi, dengan sesekali datang ke rumah, menemani anak-anak, membawa oleh-oleh :), mengajarkan si mbak untuk hal-hal yang dirasa kurang benar, dll, membuat saya dan suami sangattt tenang. Love u both moms!

Abang dan kaka ...

HUBUNGAN yang baik dengan guru sekolah anak-anak,  guru les, serta penjemput mereka. Ini membuat saya selalu update tentang kegiatan anak-anak di sekolah. Bahkan jemputannya dua anak saya keren bgt! namanya bu Wati. Sebenernya tugasnya hanya antar jemput anak-anak sekolah, les nari, skolah bola, dll, tapiii..super mom yang satu ini juga meng-update saya dengan segala berita dari sekolah, dll, yang seringkali saya tidak tahu karena kurangnya informasi. Misalnya ngasih tau kalo di sekolah anak-anak akan ada bazar, lomba, dll. keren...

Nah, itu dia beberapa hal yang sangat mengurangi sindrom baby blues saya, semoga berguna bagi yang butuh :)

Z

share

0 komentar: