Minggu, 27 April 2014

My Kids Today Project - one project at a time

Saya memang tidak pernah menganggap bahwa kegiatan anak-anak saya biasa-biasa saja, namun saya juga tidak merasa bahwa kegiatan mereka berlebihan. Yaa.., normal-normal aja, seperti anak-anak kebanyakan.  Mereka memang sangat sibuk terutama dengan kegiatan sekolahnya, tapi saya berusaha memberi mereka ruang sebanyak mungkin untuk bereksplorasi dan bermain. Namun saat saya menonton video berjudul "Anak-anak yang sibuk - Kids Today Project" nya Rinso, saya kembali tersadar, bahwa ternyata anak-anak saya dan kebanyakan anak-anak lainnya terlalu sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk bermain. Ahh.., tiba-tiba saya ingin segera memeluk mereka, meminta maaf jika saya telah terbawa arus dan terkadang lupa bahwa mereka masih anak-anak dan butuh lebih banyak waktu untuk bermain.

kadang Abang hrs membawa 3 buah tas sekaligus :(
Bayangkan saja, jam 5 pagi mereka sudah harus bangun dan bersiap-siap, saya pun masih sangat mengantuk, apalagi mereka yang masih anak-anak?. Jam 6.15, jemputan sudah datang, kadang masih dengan sarapan di mulut mereka tergesa keluar rumah. Abang berlari menuju mobil jemputan dengan dua tas ransel (satu untuk pelajaran sekolah, satu ransel lagi berisi perlengkapan sekolah bola-nya) dan satu tas bekal. Kaka pun sama, selalu membawa minimal satu tas ransel dan satu tas bekal, namun saat ada ekskul dia akan membawa tiga buah tas!. Sekolah berakhir pukul 2.30 dan kadang ada pengayaan atau tambahan. Setelah itu ada les berenang di satu hari, sekolah bola di hari lainnya, Tari Saman di hari Sabtu, Taekwondo di hari Minggu, dst, dst. Duhh, sibuknya anak-anakku...

Kebanyakan dari apa yang mereka lakukan adalah pilihan mereka juga, saya memberi keleluasaan untuk mereka memilih kegiatannya, apalagi sekolah mereka jarang sekali memberi PR, jadi saya rasa tidak apa-apa jika mereka masih menambah kegiatan lain seperti ekskul, les, dan lain sebagainya. Namun, harusnya saya tetap memperhatikan waktu yang mereka habiskan untuk semua kegiatan itu dan lebih memastikan lagi bahwa kebutuhan mereka akan bermain semakin tercukupi. Untuk itu, saya membuat proyek yang saya namakan My Kids Today Project - One Project at a Time, di mana saya selalu berusaha menciptakan kegiatan bermain bagi anak-anak di mana pun dan kapan pun yang bisa membantu membuat mereka lebih rileks, lebih sehat secara fisik dan tentu saja akan berpengaruh kepada otaknya, dan menjadi individu-individu yang sangat menikmati masa kecilnya...

Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan tidak selalu membutuhkan waktu khusus, apalagi sampai mengeluarkan biaya tambahan. Berikut ini adalah sebagian kecil proyek bermain yang sudah kami lakukan:

1. Jalan-jalan ke taman adalah kegiatan yang paling sering kami lakukan. Mulai dari memanjat pohon, berkejaran, duduk di tanah, bermain bersama binatang, dst, tidak perlu takut kotor, yang penting bermain dan bereksplorasi!

si Kaka tomboy langsung beraksi saat lihat pohon di taman :)
menemukan stereofoam bekas? langsung jadi mainan salju2an buat si bungsu.

Si pecinta hewan yang langsung menghampiri seekor kucing tak bertuan di taman :D

2. Main rumah-rumahan. Saat pulang sekolah, selesai makan dan ganti baju, biasanya abang dan kaka langsung saya suruh belajar, namun sekarang saya mengganti rutinitas mereka. Bermain dulu, baru nanti malam sesudah maghrib mereka harus mematikan televisi dan menyiapkan pelajaran besok, itu pun hanya maksimal 1,5 jam.
Yang paling disukai oleh kaka (dan si bungsu yang belum sekolah) adalah main rumah-rumahan. Saya melibatkan mereka untuk membuat sebuah 'rumah' kecil yang nyaman dari meja, bed cover, seprei, dan bantal serta boneka-boneka. Di bawah ini tampilannya:

they love this activity sooo much!

3. Memasak. Membantu saya atau si mbak memasak adalah salah satu kesukaan anak-anak, dan saat waktunya memungkinkan, saya membiarkan mereka membantu saya sambil bermain.

kaka sedang sibuk mengaduk adonan kue
hasil buatan kaka, tidak terlalu cantik, tapi kepuasan kami luar biasaa..

4. Olahraga. Anak-anak saya pecinta olahraga. Mereka selalu memilih ekskul dan kegiatan tambahan yang bersifat olahraga, bahkan saat sedang hujan pun, mereka  sering tetap berkegiatan, seperti main lompat-lompatan, main bola, sampai main sepeda. Tidak peduli baju basah dan kotor, selama mereka fit dan langsung membersihkan diri setelahnya, saya pasti mengijinkan.

para pecinta olahraga ;p

Daftar proyek bermain kami masih panjang dan akan terus berkembang, dan saya bisa melihat dengan jelas efek dari kegiatan bermain yang kami lakukan. Meski pun mereka punya kewajiban untuk bersekolah dengan jam yang cukup panjang, mereka tidak mudah stress karena di sisi lain, kegiatan bermain, apalagi yang dilakukan bersama orangtua dan keluarga lainnya membuat mereka bahagia dan kuat secara fisik dan mental yang tentu saja berpengaruh terhadap daya tahan mereka terhadap tekanan di sekolah mau pun di tempat lainnya. Saat bermain, kretivitas mereka pun terasah, ini tentu membantu proses belajar mereka di sekolah mau pun di rumah.



Yuk, kita tonton lagi video #KidsTodayProject di bawah ini:



8 komentar:

Mommy Aidan mengatakan...

bermain memang tugasnya anak-anak ya ta, biar lebih pinter dan kreatif, makanya benar2 harus disediakan waktu untuk main, jangan melulu belajar dan les ini itu, kasian anak2..

zata ligouw mengatakan...

iya, gw juga mikir gitu, tugas anak2 ya bermain dan belajar, kalo pun harus les dan ikut ekskul sebisa mungkin itu adala pilihan mereka, bukan paksaan..

Anonim mengatakan...

Waktu tdk akan pernah kembali ... biarlah anak2 tumbuh dan berkembang sesuai usia nya ... bermain adalah dunia nya anak2 ... have fun kids♥

sukie mengatakan...

seru taa! kreatif banget, anak2 pasti sangat adore mamanya :)

Fina Humaira mengatakan...

A good mom ;) Kreatiiiff bgt Ci.. ibu yg kreatif bisa menciptakan anak yg kreatif jg :)

Anonim mengatakan...

Memberikan dukungan atas kegiatan anak-anak yg positif adalah cerdas karena dengan itu anak bakat anak dapat berkembang secara optimal. Nice share a great mom! Keep the spirit up! :-)

zata ligouw mengatakan...

thank youuu Sukie, bunda Elis, adek Fina, Nanut... kalian juga mama2 dan calon mama2 yg hebat dan kreatif pastinya..

indah nildha mengatakan...

zataaa... super mama sekali.... super kreatif... super pengertian sama anak-anak... ahhh... jadi ngefans sama mama zata.... cupp cuppp...

Poskan Komentar