Jumat, 10 Oktober 2014

Seri Pengenalan Profesi...


Bicara soal buku, Sabil akan suka semua buku anak-anak yang berwarna cerah dan gambarnya bagus. Saat dia mulai bertanya-tanya, ayah kerja apa?, mama kerja apa?, saya pun langsung mencarikan buku yang bisa menjelaskan kepadanya tentang beragam profesi tanpa membuat dia bingung dan tentu saja yang colourful.

Setelah mencari-cari, saya memutuskan untuk memberikan dia buku Seri Pengenalan Profesi dari esensi, Erlangga Group.

Ketika diminta memilih, ia menunjuk seri yang berjudul "Aku ingin menjadi pemadam kebakaran", mungkin karena warna sampulnya yang menarik, berwarna merah dan ada gambar anak berseragam pemadam kebakaran.


Sampai di rumah, ia langsung membuka plastiknya dan minta dibacakan. Saya pun membacakan buku tersebut dari awal sampai akhir. Dan seperti biasa, setelah saya membacakan, dia akan 'membaca' lagi sendiri, mengamati halaman demi halaman, bahkan menceritakan kembali apa yang tadi ia dengar dari saya, dan tentunya ditambahkan oleh ceritanya sendiri :D



Buku Seri Pengenalan Profesi ini diterbitkan dengan tujuan agar anak-anak mengerti pentingnya memiliki cita-cita dan bisa mendapatkan gambaran tentang profesi yang dicita-citakannya. Untuk anak seumur Sabil mungkin belum pas jika tujuannya adalah membuat dia mendapat gambaran tentang cita-citanya, namun buku ini saya gunakan untuk menjawab keingintahuan-keingintahuannya mengenai pekerjaan orangtuanya dan orang lain.



Penjelasan dalam buku ini pun mudah dicerna karena bentuknya adalah cerita, bukan deskripsi, jadi Sabil dan kakak-kakaknya justru menikmati ceritanya dan mendapat pengetahuan baru mengenai profesi yang ada.

***

2 komentar:

eL^^ mengatakan...

sabil brp th si mama zata?
bagus kayaknya ya bukunya. 2 halaman hanya 1 halaman berisi cerita (kayaknya).
yg seri utk <2yo ada gk ya... yg extra dkiiit ceritanya

zata ligouw mengatakan...

Sabil 3 tahun 4 bulan La..

Sbenernya bisa aja sih utk 2 tahun, nanti mamanya aja yang memperpendek dan menyederhanakan cerita :)

Poskan Komentar