Rabu, 24 Juni 2015

Selesai UN, yuk ah City Tour ke Malang ...

Eitss, judul di atas baru rencana. Jika Tuhan mengizinkan, kami sekeluarga ingin sekali jalan-jalan ke Malang, Jawa Timur, untuk merayakan kelulusan abang Ken yang baru saja menempuh Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Sekolah Dasar. Doakan tercapai yaaa.. :)

Jadi, saya dan suami memang sudah menjanjikan hal ini kepada anak-anak, bahwa selesai abang Ken dengan urusan UN dan pencarian serta pendaftaran SMP-nya, kami sekeluarga akan jalan-jalan ke luar kota, dan pilihan jatuh ke kota Malang yang menurut cerita teman-teman saya sangat cocok untuk wisata keluarga.

Abang Ken, kakak Caca serta si bungsu Sabil sangat antusias dengan rencana perjalanan kami, mereka (dikepalai oleh si cewek pastinya) langsung menyusun daftar tempat-tempat yang ingin mereka kunjungi saat bepergian ke sana. Kaka langsung mengambil buku catatan dan menulis daftarnya...

Ini dia daftarnya:

1. Jawa Timur Park 2

Ini ada dalam daftar pertama mereka, kenapa? karena Batu Secret Zoo adalah kebun binatang urutan ke 5 di Asia dan mereka sangat penasaran ingin segera mengunjunginya. Duhh, tiga mahluk kesayangan saya ini memang pecinta binatang, jadi selalu saja salah satu tujuan favorit mereka adalah kebun binatang dan kebetulan sekali di Jatim Park 2 ini ada kebun binatang dan museum satwa.  



Batu Secret Zoo adalah kebun binatang  satu-satunya yang  berkonsep modern di Indonesia.  Di sana anak-anak bisa melihat dan menikmati segala macam petualangan, mulai dari sungai arus, akuarium, Tiger Land, kolam kuda nil sampai padang rumput.

Sementara itu, di Museum Satwa ada banyak binatang dari berbagai benua yang sudah diawetkan. Binatang-binatang tersebut ditempatkan di lokasi yang mirip dengan habitat aslinya. Karena anak-anak adalah penyayang binatang, mereka sangat lega saat membaca di internet bahwa binatang-binatang yang diawetkan di Museum Satwa ini bukanlah hasil buruan, tapi binatang yang sudah mati secara alami dan kemudian diawetkan.  Menariknya, di museum ini terdapat replika kerangka raksasa dinosaurus! Kebayang deh serunya anak-anak berpetualang di sana...

Saat berselancar di dunia maya, kami pun membaca pengalaman Adelva di www.duniaku.net mengenai Batu Secret Zoo ini, wuih, rasanya makin ingin pergi ke sana cepat-cepat, deh...

gambar dari sini

2. Jawa Timur Park 1

Jalan-jalan tidak akan lengkap tanpa bermain air, jadi Jatim park 1 adalah lokasi nomor dua yang masuk dalam daftar kami. Kolam renang dengan relief Ken Arok sebagai latarnya adalah salah satu yang ingin dinikmati anak-anak. Mereka bertiga bahkan saling mengingatkan untuk tidak lupa membawa baju renang saat ke Malang nanti. Yes!, main air merupakan hal yang wajib saat liburan ...


gambar dari sini
Selain kolam renang, di Jatim park 1 ini ada  wahana edukasi seperti Science Stadium,  wahana permainan seperti Flying Tornado, Mini Jet, Gokart, Spinning Coaster, Midi Skater, Drop Zone dan Bioskop 3D. Dijamin anak-anak tidak akan bosan saat mengunjungi tempat wisata ini. 

Menurut informasi yang kami baca di Wikipedia, Jatim Park 1 dinobatkan sebagai juara 1 katerogi wisata buatan berskala besar tingkat nasional yang dianugerahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, Jumat (27/9/2013), di Jakarta. “Saya tidak menyangka Kota Wisata Batu sedemikian indah. Kita tidak perlu ke Disneyland, Ancol, cukup disini (Batu, Red),” kata Mari Elka Pengestu di Klub Bunga dalam acara Galadinner bersama Muspida Malang Raya, Rabu (2/5/2013).

Wuahh, gak perlu ke Disneyland?! Berarti wajib banget datang ke Jatim Park 1 ini saat berada di Malang ya..


3. Taman Rekreasi Selecta

Taman, ya, ini memang pilihan saya, bukan anak-anak, tapi mereka sama sekali tidak keberatan saat saya katakan bahwa saya ingin mengunjungi taman ini. Taman rekreasi ini terletak 8 km dari kota Batu dan dikelilingi oleh 3 gunung, yaitu Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro.

Konon katanya di Taman Rekreasi Selecta ini banyak sekali terdapat bunga-bunga yang indah yang berasal dari dalam mau pun luar negeri. Wahhh, saya langsung berbunga-bunga membayangkannya, bahkan saking antusiasnya, saya sudah membayangkan akan menggunakan baju apa dan berfoto dengan pose apa saat saya ke sana, hahaha, dasar emak-emak narsis ;p


gambar dari sini
Saat mungkin nanti anak-anak bosan menemani saya melihat aneka bunga di taman tersebut, saya akan mengajak mereka menikmati sarana lainnya di taman ini, yaitu kolam renang, hotel, dan bahkan ada juga wahana fliying fox. 

4.Museum Angkut

Sejak kecil, anak-anak saya, terutama yang laki-laki, selalu menyukai alat-alat transportasi. Saat mengetahui di Malang ada Museum Angkut, mereka langsung memasukannya ke dalam list kunjungan.

Menurut literatur yang kami baca,  di Museum Angkut ini kita bisa mendapat informasi mengenai sejarah dan perkembangan transportasi di dunia dengan cara yang menyenangkan. Museum Angkut juga memiliki banyak koleksi jenis transportasi mulai dari sepeda onthel, delman, mobil listrik sampai mobil balap F1.

sahabat saya dengan anaknya di lokasi Museum Angkot, makin pengen banget ke sana, hihihi...
Berdasarkan website-nya, zona-zona yang ada di Museum Angkut adalah Zona Hall Utama, yang merupakan ruangan pertama yang akan dikunjungi setelah melewati garis masuk oleh pengunjung. Di ruangan ini terdapat berbagai koleksi alat angkut dari berbagai negara dan berbagai masa yang didukung dengan hiasan lampu sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan elegan.

Berikutnya adalah Zona Edukasi, sesuai misi visi Jawa Timur Park Group sebagai penggagas Wisata Edukasi, di zona seluas 900 m2 ini kita akan mendapatkan informasi mengenai sejarah berbagai angkutan dari masa ke masa baik di Indonesia maupun di dunia. Tentunya di sini kita akan belajar mengenai angkutan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif!

Zona Sunda Kelapa & Batavia membuat kita merasa terbang dengan mesin waktu, mengunjungi Jakarta tempo dulu saat masih menjadi pelabuhan terkenal di jaman Belanda. Kita bisa menikmati nuansa Batavia, tiruan menara Syahbandar dan berbagai jenis angkutan didalamnya, ahhh, saya benar-benar tak sabar ingin mengunjungi tempat tersebut...

Ini dia yang tak kalah serunya, Zona Gangster Town & Broadway Street. Di zona ini Al Capone sebagai gangster tersohor di tahun 1970an  beraksi dan siap membawa kita terlibat didunia gangster. Broadway street yang menjadi tempat impian para artis tersohor dunia ditampilkan bersama dengan berbagai model angkutan didalamnya. Kereeennn!

gambar dari sini
Zona lainnya adalah Zona Eropa. Itali, Perancis, Jerman, dan London yang merupakan kota tersohor di eropa akan disajikan dalam nuansa malam dipadu dengan berbagai angkutan dari Eropa yang melengkapi situasi kota.

Zona Istana Buckingham. Inggris sebagai Negara Kerajaan paling tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai angkutan berkelas seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Raligh, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce, dll dihadirkan di sini. Ada juga mobil LandRover yang pernah digunakan oleh Queen Elizabeth saat parade di Australia lengkap dengan situasi Kota London di malam hari dan kemegahan Istana Buckingham.

Zona Las Vegas adalah zona dengan  nuansa Amerika yang akan mewarnai malam dengan gerbang Las Vegas.

Zona Hollywood, di  zona ini kalian akan menemukan berbagai mobil yang dipakai dalam film Hollywood.

Zona Pasar Apung. Berbagai souvenir dan merchandise Museum Angkut serta oleh- oleh khas Nusantara UKM Batu ada di sini. Makanan khas tradisional turut meramaikan suasana pasar tempo dulu dan nuansa pasar apung. Berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman Kota Batu seperti seni batik, lukis, ukir, karikatur, dan lain-lain dapat dipelajari sekaligus berinteraksi langsung dengan para seniman dan membawa hasil karya seni kita pulang kerumah.

Zona D’topeng Kingdom. Zona ini merupakan museum warisan budaya Indonesia. Penuh sensasi pesona dan kekayaan warisan bangsa Indonesia.

Saya bisa membayangkan bahwa kami, terutama anak-anak tak akan berhenti terpesona dengan ‘keajaiban’ zona-zona tersebut.

5. Eco Green Park

Menurut teman dekat saya yang sudah pergi lebih dulu ke Eco Green Park, tempat ini adalah salah satu yang wajib dikunjungi saat berada di Malang.  Di sini, kita bisa mengenalkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan. Eco Green Park menawarkan taman rekreasi edukasi yang berisi kebun binatang mini dan informasi mengenai pemeliharaan lingkungan.

Salah satu yang hal yang bisa dilihat saat memasuki area ini adalah sebuah patung gajah besar yang tersusun dari banyak televisi bekas. Belum lagi adanya alat musik yang terbuat dari beragam alat memasak, keren!

keluarga teman saya yang asik bermain di Eco Green Park :)
Karena kami sekeluarga sangat menyukai hiburan yang berbau petualangan, wahana Jungle Adventure di lokasi ini juga menjadi daya tarik tersendiri.  Kita akan diajak berkeliling di sebuah hutan buatan dengan menggunakan kereta terbuka.

Nah, ada satu hal yang saya yakin akan sangat disukai anak-anak, terutama abang dan si bungsu, yaitu permainan menangkap pemburu binatang liar di dalam hutan.  Kita bisa menangkap dan menembak  si pemburu dengan menggunakan senapan-senapan mainan. W.O.W! nggak sabar banget membayangkan anak-anak akan memainkan permainan ini dan menceritakan pengalamannya sepanjang hari bahkan minggu :D


6. Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular atau biasa disingkat BNS adalah  salah satu tujuan kami. Kami banyak mendengar cerita tentang keindahan kota Batu di malam hari dan BNS adalah salah satu objek wisata malam yang wajib dikunjungi.

BNS tercetus sebagai konsep dasar untuk mewuiudkan Kota Batu sebagai kota tuiuan wisata yang menarik dan eksotis. Hal tersebut didasarkan bahwa Batu memiliki keindahan pemandangan yang sangat spektakuler, apalagi iika dinikmati di malam hari.

Kota Wisata Batu menghadirkan satu objek pariwisata malam dengan konsep suasana hiburan keluarga yang terintegrasi memadukan konsep mall, market, permainan, sport dan hiburan dalam satu tempat dan ruang baru yang ada di daerah Oro-Oro Ombo. Batu Night Spectacular ingin menghidupkan suasana malam kota Batu dengan menghadirkan wahana-wahana yang spektakuler, diantaranya Night Market, Spectacular Show ( Laser Show, Air Mancur Menari, Multimedia Show Dengan Panjang Layar 50 M terpaniang di Indonesia), Panggung Hiburan dengan sajian live music kesenian nusantara setiap harinya, Lampion Garden, Bioskop 4 Dimensi, Rumah Hantu, Karaoke Keluarga, Battle Area, Dim Sum Malang serta permainan Karnival seperti  Sepeda Udara, Disco Bumper Car, Kursi Terbang, Mini Boom-Boom Car, Mini Train, Rumah Kaca, Rodeo, Sepeda Gila, Trampoline, Playground, Laser Mission, Trick Art Gallery, Joy Land, Jump Around, Monkey Jump, Baby Wheel, Magic Bounce, dll.

benar-benar spektakuler! gbr dari sini

7. Toko Oen

Anak perempuan saya adalah pecinta es krim dan kami langsung menjadikan Toko Oen yang terkenal itu sebagai salah satu tujuan kuliner kami saat berada di Malang. Apalagi mendengar cerita bahwa saat masuk ke toko ini kita bisa merasakan atmosfer kolonial Belanda yang seolah membawa kita kepada suasana kota Malang tempo doloe, wuihh...

Dari sebuah blog perjalanan dan kuliner milik Andika Hermawan kami mengetahui mengenai sejarah singkat toko ini. Toko Oen memiliki sejarah yang cukup panjang dalam perjalanannya. Toko Oen berdiri pertama kali di kota Yogyakarta pada tahun 1922 oleh seorang Tionghoa peranakan Belanda yang bernama Liem Goe Nio.  Karena memiliki masakan yang cukup terkenal, kemudian Toko Oen membuka cabang di beberapa kota di Indonesia, seperti di Semarang, Jakarta, dan juga Malang. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, Toko Oen di Yogyakarta dan Jakarta akhirnya tutup, hanya tinggal toko di Malang dan Semarang saja yang masih buka. Toko di Semarang diambil alih oleh cucu Liem yaitu Yenny Megaputri. Pada tahun 1997, Toko Oen membuka cabang di Delf, Belanda, kemudian pada tahun 2000 membuka cabang kembali di kota Den Haag. Pada perkembangan selanjutnya, Toko Oen di Kota Malang dijual kepada seorang pengusaha yang bernama Dany Mugiato.



8.Bakso President

Lagi-lagi kalau soal wisata kuliner, saya dan anak perempuan sayalah pembuat keputusannya, hehehe. Karena kami penggemar bakso, salah satu tujuan kami adalah makan di bakso President yang konon katanya enak dan lezat, yumm!.


Lokasi bakso President pun cukup unik, yaitu di pinggir rel kereta api, kami jadi penasaran dengan sensasi makan bakso enak sambil memandangi kereta api yang lalu lalang. Oh ya, kami juga sempat berpikir kalau nama Bakso President sama dengan asal muasal nama bakso SBY di Cikeas yang aslinya bernama Bakso Sukowati, namun karena mantan presiden SBY suka makan di sana maka lebih dikenal dengan bakso SBY. Jadi kami pikir mungkin salah satu presiden Indonesia pernah makan di Bakso President juga, ternyata bukan seperti itu situasinya. Nama Bakso President karena letak warung baksonya ada di belakang Bioskop President Malang (bioskop tersebut sudah tidak ada lagi sekarang). 




gambar dari sini

9. Jalan Tumenggung

Yup!, ini harus dikunjungi oleh saya (dan keluarga). Pusat  oleh-oleh murah meriah yang terletak di Malang ini adalah tempat yang tidak boleh terlewatkan sebelum pulang.

Di jalan ini ada banyak toko oleh-oleh yang menjual oleh-oleh khas Malang, antara lain Toko Lancar Jaya dan Toko Burung Swari. Di toko tersebut ada beragam pilihan oleh-oleh salah satunya adalah keripik buah, seperti keripik apel, salak, melon, rambutan, dan semangka dan harganya pun relatif murah.

Ternyata selain beraneka keripik, di lokasi ini pun menjual aneka sambal, keripik tempe sampai  pisang sale favorit suami saya. Wuihhh, siap-siap menyisihkan dana khusus untuk oleh-oleh, nih…

sumber gambar dari sini

10. Omah Kayu

Jika masih ada waktu, kami sangat ingin mengunjungi Omah Kayu yang terletak di lereng Gunung Banyak. Sebagai keluarga pecinta alam kami sangat menyukai perjalanan di mana kami bisa menikmati pemandangan alam yang indah, di mana kami juga bisa mengajarkan anak-anak untuk lebih mencintai, menghargai dan merawat alam.

Sebenarnya kami sangat ingin pergi ke Pulau Sempu, namun saat kami tahu bahwa pulau tersebut merupakan cagar alam dan bukan daerah wisata, kami mengurungkan niat karena menghormati himbauan BKSDA resort pulau Sempu, lagipula masih ada wisata alam lainnya yang sangat menarik di Malang, ya salah satunya Omah Kayu ini.

Mengunjungi sebuah tempat wisata alam nan indah merupakan kemewahan tersendiri bagi kami. Saya ingin saat bepergian ke Omah Kayu di lereng Gunung Banyak ini, kami semua 'berpuasa' dari gadget dan sejenisnya, kecuali kamera dan tongsis tentunya untuk mengabadikan keindahan di sana :)

gambar milik mas Angga Apriyanto

***

4 komentar:

Yeye mengatakan...

Wahh rencana liburan nya bagus tuh.. Kita jg rencana mau ksana lho, tp mgkn tggu cuti suami di approve :D

zata ligouw mengatakan...

waahh kalo bisa barengan juga seru Ye, rame! mudah2an bisa ketemuan di sana ya, hihihi..

Nurul Rahmawati mengatakan...

Aaaak, Batu dan Malang emang selalu penuh pesona

zata ligouw mengatakan...

setujuuu sama nurul :)

Poskan Komentar