Kamis, 08 Oktober 2015

Transform your blogging passion into a business ...

Diana, Fifi, Heidi, dan Ucita Pohan di atas panggung
Beberapa hari lalu saya senang sekali karena bisa belajar banyak dari Heidi Nazaruddin, pendiri sekaligus CEO dari Bloggerbabes.com, juga dari Diana Rikasari serta Fifi Alvianto yang berbagi mengenai blogging kepada peserta yang datang di acara "Transform your blogging passion into business" yang diselenggarakan oleh Clozette Indonesia di Hotel Intercontinental, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut para narasumber menceritakan tentang awal mula mereka memulai kegiatan ngeblog serta beberapa tips yang tentu akan sangat membantu perkembangan kita sebagai seorang blogger. Diana Rikasari yang tidak punya latar belakang fashion, karena postingan di blognya yang banyak bicara soal fashion dan style akhirnya malah ditawari menjadi fashion stylish untuk sebuah film dan kemudian berlanjut dengan tawaran-tawaran berikutnya. Begitu juga dengan Fifi yang ditawari dan akhirnya bekerjasama dengan brand sebesar Wardah.

Diana Rikasari menceritakan bahwa ia menganggap ngeblog sama seperti menulis diary, tidak enak rasanya kalau terlewatkan, sehingga setiap hari, setiap malam sebelum tidur,  ia selalu menyempatkan diri untuk duduk di depan laptop dan menulis, tentang apa saja dan jika sedang tidak punya ide menulis, cukup buat mengenai #OOTD atau pakaian yang kita pakai hari itu, as simple as that. Sedangkan Fifi Alvianto berbagi mengenai tips jika mengalami writer's block, cukup pergi keluar rumah dan mencari indpirasi, entah ngobrol dengan teman, pergi ke rumah ibu, dan seterusnya.

wefie with Heidi
Heidi Nazarudin sendiri membawakan presentasi yang sangat bermanfaat bagi para female bloggers yang hadir. Ini dia beberapa poin yang saya anggap penting yang dibagikan oleh Heidi lewat presentasinya:
  • Start with what you love - jadi kalau kurang suka nulis tentang fashion misalnya, ya nggak usah maksa untuk nulis soal itu meski pun mungkin kelihatannya keren dan asik. Hobi bikin craft? kenapa nggak jadi bahan tulisan buat blog? atau suka masak? suka jalan-jalan, dst...
  • Consistent - misalnya posting artikel seminggu minimal 3 kali. Jika sibuk buat saja tiga postingan selagi ada waktu dan ide lalu jadwalkan untuk tayang di minggu tersebut.
  • Choose one personality first - jadi kalau bikin blog jangan langsung semua personality kita masukin, tapi pick one dan konsisten dengan itu. Kaitannya sih biar gampang brandingnya, nanti-nanti, denagn berjalannya waktu kita bisa masukin beberapa personality kita yang lain ke dalam blog tersebut. Heidi ngasih contoh dengan memberikan 4 majalah dengan Gwyneth Paltrow sebagai covernya. Di satu majalah ia tampil glamour, di majalah lain tampil chic, dan di majalah parenting tampil sederhana sebagai seorang ibu.
  • Visual branding - jangan asal-asalan dengan tampilan blog serta foto-foto di dalamnya karena visual itu merupakan kesan pertama yang dilihat oleh pengunjung blog kita. Hal ini bisa ditempuh salah satunya lewat pilihan filter dalam foto-foto yang kita tampilkan di dalam blog. Sebaiknya pilih satu filter yang sama agar semua terlihat memiliki mood yang sama dan seragam.
  • Monetizing timeline - jadi kalau sudah berpikir utk monetize blog kita, sebaiknya pelan-pelan. Bulan pertama konsentrasi aja dulu ke konten, visual blog, dll, baru tiga bulan berikutnya mulai kirim-kirim media kit dan penawaran ke produk, dst.



Di acara yang super seru tersebut, selain mendapat ilmu blogging dari para pembicara, coffee break serta makan siang yang yumm, goodie bag keren dari Body Shop, Diva, dan Slim&Fit, hadiah yang justru paling bernilai buat saya adalah e-book Pitch It! dari Heidi yang bisa di download gratis di websitenya. E-book tersebut berisi tentang cara membuat media kit serta pitching kepada calon klien. Berguna banget deh pokoknya ...

pokoknya puas banget deh dateng di acara ini :D

6 komentar:

Nonikhairani.wordpress.com mengatakan...

Gimana caranya kalau mau donlot ebooknya juga.

Thanks

suria riza mengatakan...

akuuu ga datang :(
abis dari fx hikz...
padahal daftar :v
pengen pitch ittttt

zata ligouw mengatakan...

yaaa sayang banget ya Cha.., acaranya bagus banget soalnya...

zata ligouw mengatakan...

mba Noni, kalo mau donlot kayaknya bisa langsung ke websitenya dan daftar sbg member dulu deh...

dewi ratih mengatakan...

Kereen acaranya, padat ilmu ya mba

zata ligouw mengatakan...

iya dew, padat ilmuu... :)

Poskan Komentar