Minggu, 29 Mei 2016

Trend Busana Ramadhan dari 4 Perancang Ternama di MUFFEST 2016

Jenahara, Restu Anggraini, Ria Miranda, dan I.K.Y.K dengan trend busana Ramadhan koleksi mereka

Sudah beberapa tahun terakhir ini saya dan teman-teman memilih untuk lebih sering berbelanja produk fashion, termasuk busana muslim dan modest wear (pakaian tertutup).

Alasannya adalah karena belanja secara online itu sangat mempermudah hidup saya sebagai perempuan. Saat masih bekerja kantoran, saya ingin menghemat waktu berbelanja, jadi daripada bermacet-macetan dan menghabiskan waktu berjam-jam yang melelahkan untuk mencari dan membeli baju, saya memilih belanja online, sehingga waktu yang saya punya bisa saya habiskan bersama keluarga.

Selain menghemat waktu, pertimbangan lainnya adalah karena belanja online saat ini sudah sangat aman, dengan pilihan pembayaran yang beragam, serta pengiriman yang relatif cepat. Bicara soal pengiriman, bahkan ada yang menggratiskan biaya kirim. Solusi banget, deh, buat mama sibuk seperti saya ;)


GELIAT BISNIS BUSANA MUSLIM ONLINE

Menurut saya, ada begitu banyak orang, terutama perempuan, yang merasakan keuntungan dan kemudahan lewat belanja online, sehingga bisnis online, dalam hal ini bisnis busana muslim pun berkembang sangat pesat.

Dari konferensi pers yang saya hadiri di Kementrian Perdagangan beberapa waktu lalu, diinformasikan bahwa menurut data The State of the Global Islamic Economy Report 2015/2016, pasar busana muslim mencapai 3.000 triliun Rupiah di tahun 2014 dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 4.354 triliun Rupiah di tahun 2020.

Melihat peluang yang menjanjikan tersebut, kalangan industri fashion dunia memberi perhatian khusus pada busana muslim ini. Sejumlah merek global, mulai dari kelas high-end hingga high-street fashion tergerak merilis koleksi modest fashion, antara lain DKNY, Oscar de la Renta, Tommy Hilfiger, Dolce & Gabbana, Zara, Mango, Uniqlo, dan H&M. Beberapa ritel high-end, seperti Moda Operandi dan Net-a-Porter bahkan melakukan kampanye bertajuk “Ramadhan Style”.

saya hadir di Konferensi pers Kemendag atas undangan BloggerCrony
Fenomena yang sama pun terjadi di Indonesia. Sebagai Negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia, praktis kebutuhan akan pakaian muslim begitu tinggi. Indonesia menjadi pangsa pasar konsumsi busana muslim terbesar ke lima di dunia, setelah Turki, Uni Emirat Arab, Nigeria, dan Saudi Arabia. Eksportir terbesar pakaian muslim adalah Cina, lalu diikuti oleh India dan Turki.
Nah, dengan melonjaknya kebutuhan pasar lokal akan busana muslimah ini, semakin marak pula pelaku bisnis busana muslim yang bermunculan termasuk bisnis online.

Hal ini pula yang membuat Kementrian Perdagangan mendukung terselenggaranya event Muslim Fashion Festival Indonesia pada tanggal 25-29 Mei 2016, di Plaza Selatan, Istora Senayan, Jakarta.

MUSLIM FASHION FESTIVAL INDONESIA 2016 – MUFFEST

MUFFEST Indonesia yang mengambil tema #ScreenShotTheLook ini sangat berkaitan dengan meningkatnya kebutuhan pasar akan busana muslim dan modest wear serta berhubungan dengan rencana pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion busana muslim dan modest fashion dunia pada tahun 2020 mendatang.

Dengan komitmen memberikan kesempatan kepada para perancang dan label busana muslim Indonesia untuk meningkatkan kompetensi produk sekaligus memperkuat pondasi bisnisnya, MUFFEST Indonesia 2016 menggelar rangkaian kegiatan berupa fashion show, exhibition, seminar dan talkshow, workshop, competition, community gathering, trend installation, bahkan dilengkapi dengan kuliner halal persembahan dari Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia.

suasana MUFFEST 2016

Pagelaran yang digagas oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC), Hijabersmom Community (HmC) serta Ditali Cipta Kreatif sebagai organizer ini memiliki tujuan untuk memasarkan keragaman gaya busana muslim kreasi perancang dan label Indonesia untuk menyokong industri fashion muslim di Indonesia.

MUFFEST Indonesia 2016 ini menggelar fashion show yang menampilkan ragam karya perancang dan label busana muslim serta modest wear tanah air antara lain Ria Miranda, Jenahara, Restu Anggraini, I.K.Y.K, Hannie Hananto, Monica Jufry, Itang Yunasz, dan masih banyak lagi. Selain itu dihadirkan juga rancangan disainer perwakilan dari Malaysia Fashion Week dan juga perancang dari Turki, Italia, Rusia, Bangladesh, dan Uni Emirat Arab yang tergabung dalam Islamic Fashion and Design Council (IFDC).

Saya di MUFFEST 2016 :)

TALKSHOW BLIBLI.COM DI MUFFEST 2016

Sebagai pecinta modest fashion, saya pun tak mau melewatkan kesempatan untuk hadir di Muslim Fashion Festival tersebut. Selama beberapa hari berturut-turut saya mengunjungi MUFFEST dan menikmati rangkaian acaranya.

Salah satu acara yang menarik perhatian saya adalah talkshow dari Blibli.com. Dalam talkshow tersebut hadir mba Deasy dan mba Popy dari Blibli.com.

Menurut mba Deasy, trend busana muslim sudah berubah sejak sepuluh tahun terakhir, di mana para pemakai busana muslim dan busana tertutup dimulai dari usia yang lebih muda dan modern.

Lalu apa kaitannya dengan Blibli.com?. Di akhir tahun 2014 Blibli.com sudah mulai mendukung penjualan busana muslim sehingga lebih mudah dibeli oleh masyarakat luas. Tahun 2016 ini Blibli.com lebih fokus lagi ke modest wear.

Untuk itu, Blibli.com bekerjasama dengan empat perancang untuk melengkapi koleksi baju muslim terbaru yang bisa dibeli secara online di Blibli.com.

Keempat perancang tersebut adalah Jenahara, Ria Miranda, Restu Anggraini, dan I.K.Y.K. Sebagai catatan, disain dari keempat perancang yang dijual di Blibli.com adalah disain eksklusif yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Tim Blibli.com
Dalam kesempatan yang sama, Blibli.com mengajak para pelaku usaha busana muslim mau pun modest wear untuk bergabung dengan Blibli.com. Saat ini Blibli.com sudah bekerjasama dengan lebih dari 100 brand busana muslim dan modest wear.

THE FASHION SHOW!

Yes, akhirnya fashion show yang saya tunggu-tunggu tiba juga. Tanggal 28 Mei 2016,  jam 7 malam, fashion show yang menampilkan koleksi baju muslim karya empat perancang kenamaan itu pun digelar.

Fashion show yang bertema “MODEST with SYLE” ini menampilkan koleksi eksklusif khusus untuk kategori Fashion Muslim di Blibli.com.

Koleksi pertama yang ditampilkan adalah rancangan I.K.Y.K yang bertema “Hana” yang berarti “satu” dalam bahasa Korea. Koleksi ready to wear-nya sangat unik dan ‘muda’ menurut saya sehingga cocok juga dipakai oleh perempuan yang lebih muda, seperti anak saya yang sudah abege J

salah satu koleksi I.K.Y.K favorit saya yang dijual hanya di Blibli.com

Ria Miranda terinspirasi dengan ‘Seashore’ di Raja Ampat, Papua Barat, sehingga koleksi yang ia tampilkan sangat bernuansa pantai, kalem, lembut, dan menenangkan. Saya sangat terpukau dengan outer-nya yang berkesan mewah namun lembut dan tetap cocok dipakai sehari-hari.

Suka deh liat bajunya Ria Miranda, ademmm banget :)
Dalam fashion parade malam itu, Jenahara Nasution menampilkan koleksi eksklusif Ramadhan untuk Blibli.com dengan tema ‘Minaret’ yang terinspirasi dari arsitektur masjid biru di Istanbul, Turki. Koleksi didominasi dengan warna-warna bumi seperti biru, abu-abu, coklat, dan putih yang diaplikasikan pada lipatan pakaian, celana palazzo, dan outwear.

Jenahara mengatakan bahwa koleksinya bisa dipadupadankan tanpa menghilangkan nilai-nilai Islami. Ia pun berharap agar koleksi terbarunya tersebut dapat menginspirasi wanita Indonesia dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Saya dan Jenahara berfoto di depan koleksi milik Jenahara
“Serenity” adalah tema dari rancangan eksklusif Restu Anggraini. Gaya busananya sangat klasik dan merupakan koleksi busana kerja yang bias dikenakan di segala kesempatan pada bulan Ramadhan ini, mulai dari saat bekerja, lalu langsung menuju ke acara buka puasa bersama, mengaji, dan seterusnya. Sangat cocok untuk para wanita sibuk yang tidak sempat pulang untuk berganti pakaian.


Koleksi Restu Anggraini yang cocok untuk bekerja
Wuahhhh.., sulit sekali melukiskan koleksi keempat perancang tersebut dengan kata-kata. Saat menikmati pagelaran busana tersebut saya hanya bisa mengagumi dan merasa sangat terinspirasi dengan koleksi-koleksi mereka.

Penasaran ingin melihat fashion shownya seperti apa, silahkan tonton Vlog singkat saya di bawah ini, ya…



Nah, gimana?, trend busana muslim dan modest wear dari empat perancang ternama tersebut bisa jadi inspirasi menarik untuk Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, kan...

***

28 komentar:

Tri Sapta mengatakan...

Aku sampai dua hari berturut-turut ke Muffest.

Atisatya Arifin mengatakan...

Wah kece banget mbak Zata... kayanya ini calon pemenang deeh.... Kok kita nggak ketemu di sana yaaa?

liz mengatakan...

Cantik banget peragawatinya

zata ligouw mengatakan...

Ahaha sama dong, akj tiga hari, seru abisnya...

zata ligouw mengatakan...

@tya, iyaa pas kamu datang, aku pas lagi gak dateenggg, huhuhu..

Amiiinnn :p

zata ligouw mengatakan...

Peragawatinya cantik, baju2nya kerennn ya mba @liz

Cindy Vania mengatakan...

Aku sekarang sukaaa banget sama model-modelnya baju muslim atau modest wear. Soalnya sekarang model dan designnya keren banget! Jadi kayak pengen beli2 baju terus :P

Btw,vlognya kereeen kak Zata!

Ophi Ziadah mengatakan...

Seru banget nih keknya acaranya.
Waah bs photo sk Jenaharan n koleksinya.
Sukses lombanya mba

suria riza mengatakan...

aku punyaa outwear kayak gitu macem-macem mbak, cuma kok keaku dah g cocok rasanya pake kok didirimu apik yo:")
ria miranda emang adeeemmm seadem wajahnya *beberapa kali ketemu ttp ademmmmmmm

bunda rizma mengatakan...

naksir sama koleksi I.K.Y.K favoritnya ta, hihi *salahfokus

zata ligouw mengatakan...

Iya @cindy, gw jg suka bgt sama modest wear, udah keren2 disainnya jadi bisa sering2 dipake dan dipadupadan..

Makasihhh ya Ciiinnn...

zata ligouw mengatakan...

Hihihi iya, foto di booth-nya Blibli.com itu..

Amiinnn, makasih mba @Ophi..

zata ligouw mengatakan...

Ahahah tar abis hamil pasti cocok lagi kamu pake Cha :p

Iya betul, adeeemmm..

Makasih udah mampir yaa @SuriaRiza

zata ligouw mengatakan...

Iyaaa @BundaRizma koleksinya keren2 semuaaa, bikin mupeng ;p

dani mengatakan...

Pasarnya busana muslim memang berkembang pesat sekali ya Mbak Zata. Saya takjub dengan kemajuan dalam sepuluh tahun terakhir. Meskipun gak pake kerudung sayanya (yaiyalaaah!!), orang-orang terdekat saya pada pake busana muslim dan perubahan belanja dan pakaian mereka mengagumkan sekali.

Ayu Utami mengatakan...

Sengaja cepet2 ke kantor supaya bisa liat artikelnya di destop, kerennnnnn berasa ikut nonton langsung lewat vlognya Mbak Zata, wah bajunya cuma ada di blibli.com ya? memang ya di blibli apa aja ada, penasaran pengen liat2 di blibli. Thanks for share Mbak Zata ;)

Neng Nunung mengatakan...

kalau lihat parade busana muslim gini envy bangeet...
pengen ada line busana muslim buat big size hehehe

zata ligouw mengatakan...

@dani komennya bikin ngakak, hehehe.. iya pesat banget, makanya jadi kesempatan emas juga buat pelaku bisnis busana muslim online nih. yuk, yuk yang mau buka usaha ;p

zata ligouw mengatakan...

@Ayu Utami awww makasih Ayuuuu...

zata ligouw mengatakan...

@Neng Nunung wahh bikin aja mba Nunung, aku pasti ikutan beli deh, jualnya di blibli.com yah, hehehe..

Neng Nunung mengatakan...

kalau saya memang hampir selalu jahit mbaak.. jahit ke ibu saya... hehehe

astin mengatakan...

waaah seru ya acaranya, pas banget padet waktu itu, jadi gak bisa mampir

zata ligouw mengatakan...

Wah enak banget mba Nununggg... :D

zata ligouw mengatakan...

Iya @astin, seru banget acaranya :)

eskaningrum mengatakan...

selalu mupeng kalau liat fashion busana muslim, tapi harganya itu loh yang kadang bikin wow! sayang kemarin aku ndak sempat datang di muffest, pasti seru banget ya

evylia hardy mengatakan...

Modelnya skrg trendy yah, yg lagi belajar pakai baju muslim juga punya lebih banyak pilihan

zata ligouw mengatakan...

@eskaningrum
wua samaaa, itu jug mupeng abis liat koleksi2 mereka...

zata ligouw mengatakan...

@evylia hardy
iya, aku juga gitu, belum sanggup baju muslim, jadi baju2 ketutup dulu aja :)

Poskan Komentar