Selasa, 03 Mei 2016

Tips Piknik Sederhana Dengan Anak-anak



Minggu ini, kakak yang  masih SD sedang libur sekolah, kebetulan si mbak juga sedang pulang kampung untuk mengurus pernikahannya. Saya pun putar otak memikirkan kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh kakak dan si bungsu agar mereka tidak bosan di rumah dan justru mendapat pengalaman yang seru, edukatif, dan tak terlupakan selama liburan singkat ini.

Ke mall tentu saja bukan pilihan kami sama sekali. Main di rumah juga sudah sering kami lakukan. Akhirnya ide yang tercetus adalah…piknik!.

Hmm.., abang tidak bisa ikut karena sekolah, ayahnya anak-anak pun sedang sibuk bekerja, si mbak pun tidak bisa membantu karena sedang pulang kampung, jadi saya harus memikirkan cara termudah untuk melakukan piknik ini bertiga saja dengan kakak dan si bungsu.
Memilih Lokasi Piknik

Usahakan agar lokasi piknik tidak terlalu jauh dari rumah dan mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jika tidak memungkinkan untuk bepergian dengan kendaraan, pilih saja taman dekat rumah atau bahkan halaman belakang rumah sebagai lokasinya. 

Yang penting anak-anak bisa merasakan sensasi piknik, sensasi makan dan ngemil sambal bermain di lokasi yang terbuka dan berudara segar.

Menyiapkan Perlengkapan Piknik

Bepergian dengan anak-anak pasti membutuhkan perlengkapan yang tepat juga. Perlu diingat agar tidak mempersiapkannya secara berlebihan apalagi karena yang berangkat hanya saya dan dua anak, tanpa bantuan orang dewasa lainnya, maka jika membawa perlengkapan terlalu berlebihan malah bisa merusak suasana piknik tersebut.

Yang biasanya wajib dibawa saat piknik tentu saja perlengkapan makan dan minum, tempat menaruh camilan, tissue basah, perlengkapan P3K sederhana, kamera, dan baju ganti.



Menyiapkan Makanan dan Minuman

Hindari membawa makanan yang ‘susah’ dimakan saat sedang piknik, misalnya nasi dengan ikan berduri, sop iga, dan sebagainya. Pilihlah makanan yang mudah dimakan tanpa bersusah payah dan tanpa perlu menggunakan alat makan yang ‘ribet’ misalnya harus menggunakan sendok dan garpu, apalagi pisau. Biasanya saya akan membawa nasi dan ayam goreng bisa juga homemade nugget serta irisan timun untuk makanan beratnya. Saya juga selalu membawa buah-buahan saat piknik.

Khusus untuk camilan, saya membawa LOTTE Choco Pie kesukaan anak-anak. Selain karena mudah dibawa dan dimakan, Choco Pie ini sangat enak dengan gabungan rasa dari soft cake yang lembut, fluffy marshmallow serta coklat premium berkualitas, yummm…

Yang tak kalah penting, Choco Pie ini sudah berlisensi HALAL dari BPOM dan dibuat dengan standar Jepang namun diproduksi di Indonesia sehingga produk Choco Pie akan selalu baru dan terjaga kualitasnya.


Nah, bagaimana mama? Sudah siap membawa si kecil untuk piknik?

***

29 komentar:

noni mengatakan...

kalau ikan berduri walaupun enak, ribet yaaa makannya

Tatit mengatakan...

Saat anakku masih TK dulu sering ku ajak piknik ke taman.Bekalnya hanya roti tawar selai dan biskuit sama air putih.Yg penting anak2 senang dan bisa menikmati

Tatit mengatakan...

Saat anakku masih TK dulu sering ku ajak piknik ke taman.Bekalnya hanya roti tawar selai dan biskuit sama air putih.Yg penting anak2 senang dan bisa menikmati

zata ligouw mengatakan...

Hehehe iya mba Noni, makanya bawa yg gampang2 aja..

zata ligouw mengatakan...

Setuju, yg penting anak2 senaaanggg :)

Okti Li mengatakan...

Aih, tadi sore Fahmi baru saja piknik dari sawah halaman belakang, hehe...
sayang gak bawa coklat itu, hizk! tidak ada di kampung kami
yang ada bala-bala aja alias bakwan :-P

zata ligouw mengatakan...

Waaa seru banget kemping di sawah. Waktu kecil aku sukaaa bgt kalo main ke sawah deket rumah. Wahh bala2 juga manteb tehhh..

opickaza mengatakan...

Choco pie isinya coklat kah? Nie enaknya memang setiap libur harua direncanakan untuk wisata

cerita dandelion mengatakan...

suka ribet kalo mau piknik dengan keluarga, kadang malah bingung sendiri mau bawa apa :D

Pengobatan batu ginjal mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Innnayah mengatakan...

Ihiii..jajan favoritku nih..

Nunung yuni mengatakan...

Saya juga kadang sering bawa piknik anak anak dekat rumah mbak.Ada taman luas gitu.Anak anak bisa main bola dan lari sepuasnya.Emak bapaknya pacaran sambil ngawasin krucils.Hihi..murah meriah dan menyenangkan.

Lia Harahap mengatakan...

Aku belum pernah piknik deh kayaknya. Seru juga ya :D Apalagi kalau ada cemilannya hahahaha

zata ligouw mengatakan...

@opockaza iya, rasa coklat dan ada marshmallownya :)

zata ligouw mengatakan...

@ceritadandelion kalo saya kadang malah suka kebanyakan bawaan makanan hehehe..

zata ligouw mengatakan...

@innayah tossss... :p

zata ligouw mengatakan...

@nunungyuni waaa enak banget kalo ada taman bagus dekat rumah ya mba..

zata ligouw mengatakan...

@liaharahap cemilan saat piknik itu wajib jib jibbbb :p

April Hamsa mengatakan...

Aku biasa piknik ma anak2 di Danau UI. Tapi dasar emak males, beli nasi uduk trus cus deh pindah makan disana. Hehehe. Ya ya, lain kali kutambahin cemilan dan kue2 deh :D

zata ligouw mengatakan...

ahaha sama dong @AprilHamsa aku pun kadang ke danau UI dan beli pecel di sana, enakkk ;p

Ophi Ziadah mengatakan...

trio krucilsku demen banget choco pie mba...ga ada bosennya

Didik Jatmiko mengatakan...

Pikniknya sangat menyenangkan, asyek-asyek :)

Roosvansia Sipahutar mengatakan...

Kalau aku pasti akan bawain makanan yang banyakkkkk hahahhhaa. Soalnya banyakan aku yg makan dr pada anaknya hahahahaha.

zata ligouw mengatakan...

@OphiZiadah, wahhh tosss dong mba :)

@DidikJatmiko, kalo piknik pasti anak2 sedeng mas..

@fitzata mengatakan...

@Roosvansia, tosss Ros! piknik tanpa makanan bukan piknik namanya, hehehe...

Helena mengatakan...

Kebayang gelar tikar di taman. Asik ya..
Btw choco pie-nya enaaak, apalagi ada marshmallownya

zata ligouw mengatakan...

@helena, iya, marshmallownya itu yang bikin rasanya empuk2 lucu gitu, hehehe..

noni mengatakan...

praktis ya pikniknya :)

zata ligouw mengatakan...

@noni, iya praktis banget :)

Poskan Komentar