Sabtu, 09 Juli 2016

Blogger ngapain aja, sih, selain nulis artikel buat blognya?


reaksi saya saat ditanya seperti itu .. ;p cuma bisa bengong sambil senyum ...

"Ihhhh, enak banget, cuma nulis DOANG bisa dapet barang dan uang cash. kalo gitu gue juga mau.."

Sound familiar?. Pernah ada yang ngomong gitu ke kamu? atau minimal tatapan matanya membuat kamu berpikir bahwa dia berpendapat seperti itu pada kita #halah #lagipengennulislebay.

Beberapa kali saya pun pernah mendengar pendapat yang mirip-mirip dengan kalimat di atas. Untuk menjawabnya, sekalian aja saya tulis sebagai artikel, yah ;p

Blogger ngapain aja, sih, selain nulis artikel buat blognya?. Kalau saya, ini dia yang saya lakukan selain nulis artikel:


Cari inspirasi buat bahan tulisan - Karena tulisan nggak boleh asal, ya memang harus dipikirkan baik-baik, dari mulai isi, judul, cara penulisan, sampai foto-foto pendukungnya.

Cek dan ricek tulisan - Setelah tulisan selesai dan diposting blogger biasanya masih tetap membaca kembali tulisannya untuk memastikan tidak ada typo dan isi artikel sudah sesuai keinginan.

Menghadiri event - Launching, seminar, workshop, talkshow, dll, adalah salah satu yang perlu dihadiri oleh blogger (jika sempat). Saya sendiri menjadwalkan maksimal 2 event per minggu agar tidak terlalu sering keluar rumah.
take a selfie after an event with my fellow blogger, Olin.
Membuat, mengirim, serta mem-follow up invoice - Yup, seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya, sebagai full time blogger yang profesional, kita pun harus membuat invoice untuk setiap kerjasama yang kita lakukan dengan sponsor.

Meeting dengan klien dan calon klien - Secara teratur saya biasanya akan bertemu dengan klien atau calon kliennya untuk membicarakan kesepakatan selanjutnya. Enaknya, saya bisa memilih waktu yang sesuai dengan jadwal, namun di satu sisi, saya pun harus profesional, saat diminta datang ke kantor klien atau diundang rapat di suatu cafe, ya sebisa mungkin saya hadir kecuali berhalangan.

Pemotretan, shooting, dan wawancara - Jika aktivitas blogging sudah berbuah manis, tak jarang blogger mendapat undangan untuk diwawancara oleh media yang pastinya akan melibatkan pemotretan dan shooting. Ini juga biasanya akan memakan waktu yang tidak sedikit, lho.. Saya beberapa kali diwawancara, diajak ikut acara televisi, dll, dan kegiatan ini mengharuskan saya berangkat pagi-pagi sekali ...

Pemotretan dengan Fitness First dan majalah Market +

Mempelajari kontrak dan brief produk/jasa dari klien - Jangan sampai ada salah paham yang bisa merusak citra kita sebagai blogger. Pelajari kontrak baik-baik, jangan sampai merugikan blog kita serta pembaca kita. Baca baik-baik product knowledge-nya, apakah sesuai dengan pembaca blog kita, sesuai dengan citra blog kita, dan seterusnya. 

Membalas komentar-komentar di blog, di instagram, di facebook, dan sosial media lainnya - Ini adalah bagian dari pekerjaan seorang blogger agar engagement dengan pembaca mau pun calon pembaca tetap terjaga dengan baik. Masa habis posting artikel baru lalu dicuekin aja jika ada yang bertanya dan berkomentar di artikel tersebut? 

Membuat dan meng-update media kit - Hey, blogger juga harus punya media kit dong supaya calon klien nggak bolak-balik nanya soal harga, jumlah follower di twitter, jumlah pengunjung blog, dan lain sebagainya. Memiliki media kita (termasuk rate card di dalamnya) adalah salah satu bentuk keprofesionalan seorang blogger.

Brainstorming dengan sesama rekan blogger - Sesekali, brainstorming dengan sesama blogger sangat diperlukan, lho. Supaya tahu update terbaru di dunia perbloggingan ;p. 


ngopi sambil brainstorming dengan sesama blogger

Blogwalking aka baca-baca blog orang dan meninggalkan komentar - Profesi apa pun pasti membutuhkan hubungan timbal balik, begitu juga blogger. Ingin sesama blogger mampir dan berkomentar di blog kita, ya kita pun harus menyempatkan diri untuk melakukan hal yang sama. selain akan membuat trafik naik, kita juga akan mendapat banyak inspirasi dari kegiatan blogwalking ini.

Membuat konsep foto - Tulisan bagus tanpa foto yang mendukung sepertinya kurang afdol bagi saya. Jadi, daripada menggunakan gambar-gambar gelap, blur, atau bahkan mengambil gambar ilustrasi dari google, saya lebih suka membuatnya sendiri. Awalnya tentu saja saya harus memikirkan konsepnya jika memang sempat, baru mengeksekusinya setelah konsep matang.

Melakukan pengambilan gambar - Kadang ini agak ribet, lho, apalagi jika artikel bercerita tentang anak-anak. Saya harus menyempatkan diri mem-brief anak2, meminta tolong mereka untuk berpose tertentu sesuai dengan isi artikel. Untung saja mereka sangat kooperatif karena sudah tahu pekerjaan saya. Lain lagi jika foto untuk keperluan artikel yang bersponsor, saya kadang melibatkan 'asisten2' saya untuk menjadi fotografer serta bagian lighting-nya ;p. Belum lagi jika klien meminta kita untuk mengambil foto di tempat-tempat tertentu, effort-nya juga jadi jauh lebih besar.


untuk sebuah brand mascara, saya harus meminta bantuan suami dan anak dalam mengambil foto2nya :)
Maafkan penampakan studionya yang berantakan, yah..

Pitching alias menawarkan diri pada calon klien - Saat sedang sepi tulisan bersponsor, saya menyempatkan diri untuk menawarkan diri kepada brand-brand besar yang sesuai dengan niche blog saya. Kenapa harus pitching segala, kan sudah ada yang memberi pekerjaan juga? hey, this mama got to eat, too, you know.. eh bukan buat makan sih, tapi buat jajan dan belanja, hihihi.. Eniwei, intinya, jika ingin bekerjasama dengan brand bagus yang sesuai dengan niche blog kita, ya harus usaha, salah satunya lewat pitching ini.

Dan untuk menjadi seorang blogger pun pada awalnya perlu pertimbangan khusus agar antara kehidupan pribadi dan pekerjaan sebagai blogger tetap seimbang, seperti yang pernah saya tulis di sini - TIPS Work and Life Balance as a Full Time Blogger

Sekian, semoga cukup menjawab pertanyaan dari para non-blogger yang penasaran dengan kegiatan saya :)

***

93 komentar:

  1. Kalau saya dapat pertanyaan kaya gt:
    "Ihhhh, enak banget, cuma nulis DOANG bisa dapet barang dan uang cash. kalo gitu gue juga mau.."

    Akan saya jawab : "Iya emang enak kok, makanya yuk jd blogger, tinggal nulis aja".

    Most likely akan dijawab dengan: "Tapi gw ga bisa nulis".

    Ya udah kl gitu, "tinggal nulis" jg ga semudah itu kan hehehe..

    Percakapan ini lalu dilanjutkan dengan merinci kegiatan blogger lainnya seperti yg Mba Zata tulis ��

    BalasHapus
  2. @Almazia
    Nahhh bener banget tuh mba Alma, abis itu ngaku juga kalo nulis gak segampang yg dipikirin.., hihihi..

    BalasHapus
  3. Ternyata nggak cuma sekedar "Doang". Ini harus dibaca sama yang ngomong gitu, mbak Zata. Wow, mantap sekali tulisannya, aku bisa belajar banyak. Terima kasih

    BalasHapus
  4. @R Windhu
    iyaaa kan mba Windu, kalo yang kita lakuin dibilang doang, gampang bener, yak, hihihi...

    BalasHapus
  5. Mba zata pas aku post disosmed misal kalo dpet reward dr hasil ngblog bnyak temen yg suka nanya, terus kayak tertarik gitu, dan lamakelamaan menguap begitu saja karna gk mau repot nulis2 diblog.

    BalasHapus
  6. Mba zata pas aku post disosmed misal kalo dpet reward dr hasil ngblog bnyak temen yg suka nanya, terus kayak tertarik gitu, dan lamakelamaan menguap begitu saja karna gk mau repot nulis2 diblog.

    BalasHapus
  7. @Siti Mudrikah
    nahh, terbukti kan kalo ngeblog gak segampang yang dibayangin, hihihi...

    BalasHapus
  8. Waaah, ini sih udah kelas beratnya blogger ya, aku mah apah, baru remah-remah di dasar kaleng khong guan, masih seru-seruan belum seserius Mbak Zata, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg mulainya kayak mba Sadiah jg kok, seru2an dulu baru lama2 serius :)

      Hapus
  9. suka sebel deh kalau ada yang bilang :enak ya nulis doang terus dikasi ini itu, hmmm ya udah yuk nulis yuuuk yaa yuuuk. :)

    BalasHapus
  10. hahaha ya gitu deh mbak
    makanya aku suka bete kalau kalah lomba *hloh
    kecuali tulisan yang menang itu bagus banget ya sudah kalah ya sudah gpp... :P
    *maaf numpang curcol
    tapi liat fenomena sekarang yang banyak mengusung menjadi blogger profesional aku masih abu-abu tentang itu sangat xD. yang penting enjoy aja, 10 tahun kedepan kita tidak tau apa yang akan tren nanti. seperti aku g nyangka internet bakal begini xD

    BalasHapus
  11. Halah sama banget mbak! Malah sering ada yang bilang "Wulan belum kerja ya?" ini yang bikin gondok :'D

    BalasHapus
  12. alhamdullilah yaahh, sesuatu istimewa terpampang nyata di jagad khatulistiwa dalam kehidupan sehari-hari seorang blogger. :))

    BalasHapus
  13. Kerennn Mba Zata! Pas ngejalanin sendiri sih gak ngerasa sebanyak itu. Makanya saya suka bilang ama temen: HAYUK MULAI NGEBLOG! Niatnya sih biar bisa kepoin kehidupan mereka meskipun terpisah jauh. Wkwkwkwk. Ternyata banyak juga ya kerjaan. :D

    BalasHapus
  14. Kayaknya saya juga perlu asisten buat pemotretan yang mau dibayar pake senyuman aja. Ada gak ya? Hahahaha

    BalasHapus
  15. hahahaha ngakak pas liat yang poto behind the scenenya XD lol lol wahh hebat yah menjawab panggilan menjadi fulltime blogger! semangattt kakkkk! yeah yeah yeah yeah! go go go go!

    BalasHapus
  16. Wuih, lighting-nya keren. Haha, abaikan yang ini.
    Btw, saya blogger apaan dong ya. Kerjanya cuma blogwalking, ngelike status orang di grup, bikin posting jarang-jarang, jadi quiz hunter aja. Hehehe... Sukses terus buat Kak Zata.

    BalasHapus
  17. wah bener banget ya mba zata, saya punya blog dari tahun 2011 dan jadinya gitu2 aja, gak keurus, ngisi sesempetnya.. setiap habis blog walking sih suka jd termotivasi tuh, tp seringnya tuh motivasi kabur kemana lagi setelah stuck nyari-nyari ide mau nulis apaan.. huhuhu...

    emang harus banyak-banyak belajar lg nih, makasih banyak sharingnya ya mba zata

    BalasHapus
  18. wah bener banget ya mba zata, saya punya blog dari tahun 2011 dan jadinya gitu2 aja, gak keurus, ngisi sesempetnya.. setiap habis blog walking sih suka jd termotivasi tuh, tp seringnya tuh motivasi kabur kemana lagi setelah stuck nyari-nyari ide mau nulis apaan.. huhuhu...

    emang harus banyak-banyak belajar lg nih, makasih banyak sharingnya ya mba zata

    BalasHapus
  19. Wah.. mbak Zata kece bgt artikelnya nih, plus foto2 pendukungnya. Aku jg bbrp sering ditanya gtu.. blogger tu ngapain aja? Dpt apa dari ngeblog? Asik bgt dpt duit, vocer, atau produk gratis, aku ajak sekalian ngeblog yuk.. ujung2nya.. ga ada waktu, bingung nulisnya, atau nanti - nanti.. dan akhirnya hanya sekedar ucapan.. hehhe.. tq sharingnya mbak Zata

    BalasHapus
  20. Iya enak ya jadi blogger :)

    BalasHapus
  21. Pernah digituin juga, ih enak banget sih jadi kamu. Lalu dijawab gini aja
    "Hayu ngeblog"
    Ga ah, ga bisa.

    Lalu hening.

    Padahal buat ngedraft satu postingan review aja ga cukup cuma sejam buatku. Belum edit foto, kasih watermark, cari angel cerita, googling cari referensi pendukung dsb.

    BalasHapus
  22. Saya kok udah kebal, mesam-mesem ya, dibilang "gak kerja"
    Tapi emang kdng sebel muncul klo dibanding2in
    Ah yowes lah capek dewe klo dipikirin ya Mbk Zata
    Keep blogging ajah :D

    BalasHapus
  23. Kadang seharian ngadep laptop juga nggak cukup buat bikin satu postingan. Begitu jadi, enak aja ada yang bilang 'walah tulisannya gitu doang'

    #ugh

    BalasHapus
  24. Aku selalu suka gaya Zata...

    BalasHapus
  25. @Tian Lustiana
    ahaha iya tantang nulis aja sekalian yah kalo dia merasa gampang ;p

    BalasHapus
  26. Aku belum di Doangin saama orang lain. Jika ada yang Doangin aku, aku akan menyebutkan poin2 yang Mbak Zata tulis di artikel ini. Hehehe..

    www.aloha-bebe.com

    BalasHapus
  27. Aku belum di Doangin saama orang lain. Jika ada yang Doangin aku, aku akan menyebutkan poin2 yang Mbak Zata tulis di artikel ini. Hehehe..

    www.aloha-bebe.com

    BalasHapus
  28. @echaimutenan
    iya bete kalo yg menang biasa banget ya mba Echa ;p

    BalasHapus
  29. @Wulan Kenanga
    ahaha mreka gak bingung Lan, belum kerja tapi sering punya duit? ;p

    BalasHapus
  30. @Sari Novita
    sekece orangnya gak mba Sar #haseekkk

    BalasHapus
  31. Gak cuman blogger, banyak kok professi lain yg di "ander-estimet" sama orang lain. Always pake kata DOANK, "enak ya jadi blablabla, kerjanya blablabla DOANK." But, #positifthinking ajah sirik tanda tak mampu :D

    BalasHapus
  32. @dani
    iya mas Dani, sebelum di-list kayaknya gak banyak kerjaan blogger, ternyataa...

    BalasHapus
  33. @Vita Masli
    masa sih gak ada mba Vita? #kedip2 ;p

    BalasHapus
  34. @iip
    hihihi, makasih komennya mas Iip ;p

    BalasHapus
  35. @Eko Nurhuda
    ishhh apaan sih mas Eko, biasalah ya makin tinggi makin rendah hati :)

    BalasHapus
  36. @asti ramadhani
    sama-samaaa mba Asti. Belajar bareng, yuukkk...

    BalasHapus
  37. @Tanti Amelia
    enak dongg, cuma nulis doang, hihihih..

    BalasHapus
  38. @Ristin
    nah kan, baru tau mereka kalo gak segampang itu ngeblog, ya kann.. ;0

    BalasHapus
  39. @April Hamsa
    pastiii dong mba April, keep blogging juga yahh..

    BalasHapus
  40. @Ardiba
    nahhh iya, nyebelin kan??. Malah kadang butuh berhari2 loh buat ngehasilin tulisan yang berkualitas..

    BalasHapus
  41. Ternyata Blogger itu kerjanya lebih berat dari jurnalis ya.. At least as bloggers find and do everything by themselves. Engga ujuk-ujuk dapet sendiri. Mencari, menulis, merangkai draft tulisan dan gambar semua dipikirkan secara matang.

    BalasHapus
  42. Duhh..udah kebal saya mah dari saudara sama tetangga juga yang memandang sinis sama pekerjaan blogger, mereka ga tau aja klo blogger juga nguras otak sama tenaga haha.

    BalasHapus
  43. waaw kereeen
    Mbak Zata kegiatan dari ngeblog bercabang-cabang (sampai pemotretan segala)
    semoga sehat selalu dan selalu semangat

    BalasHapus
  44. Bagus dan bermanfaat nih tulisannya mba zata..aku jd bisa tau hal2 apa aja yg dilakukan blogger pro macam mba zata..thanks ya mba tulisannya!hehe

    BalasHapus
  45. Dari semua yang ada di list. Ada yang belum pernah saya lakukan yaitu pitching.
    Ditunggu sharenya ttg pitching ya Mba.

    BalasHapus
  46. Iya sih ya, sbg blogger emang ga hanya tulis aja ... ngurusin foto2nya juga, termasuk ngeditnya yg makan waktu huaha :D

    BalasHapus
  47. Ahahahaha dulu malah ada yg bilang aku ngepet mbak wk karena pas persiapan Tugas Akhir aku resign dan kerja di rumah. Alhamdulillah duit ngalir terus dari job buzzing. Dan orang bilang aku ngepet karena di rumah terus tapi banyak uang wakakak rasanya pengen tak sumpel mulutnya pake sendal jepit :))))) *gemes beneran*

    BalasHapus
  48. aaa... keren nian dirimu mba. sudah pernah merasakan pengalaman diwawancarai hingga shooting.

    hem... kata 'doang' dan 'cuma', memang terasa menyakitkan kalau disandingkan dengan pekerejaan atau profesi... hiks.

    BalasHapus
  49. @Nurul Dwi Larasati
    iya Rul, blogger itu seringnya one (wo)man show hehehe...

    BalasHapus
  50. @Kurnia amelia
    iya banget mba Kurnia, kalo lagi dapet tema tulisan yang susah, beneran kayak lagi ngerjain tugas kuliah/kerjaan loh, begadang2 dan laperan mulu, hihihi..

    BalasHapus
  51. @Agung Han
    iya mas Agung, pintu yang satu mengarah pada pintu-pintu lainnya yaa..

    BalasHapus
  52. @Ety Abdoel
    wahhh, oke juga tuh idenya mba Ety.., sip, insha Allah nanti saya share yah...

    BalasHapus
  53. @Timo
    benerrr banget mas Timo, lamaan ngeditnya loh daripada ambil fotonya ;p

    BalasHapus
  54. @PutriKPM
    sumpe lo?!! gilak aja itu yang bilang ngepet ya Put, dangkal banget, hihihihi..

    BalasHapus
  55. @Bee Balqis Blog
    makasihhhh..

    iya, kadang suka bingung sama orang2 yg tahunya sedikit tapi ngomongnya banyak ;p

    BalasHapus
  56. Terima kasih atas tulisannya. Kadang dikomentari orang lain, enak ya jadi blogger.Padahal hal yang perlu dilakukan banyak :)

    BalasHapus
  57. Duh, keren banget mba Zata. Suka banget dengan konsep pemotretan hingga bertemu dengan klien. Emang blogger profesional ya harus demikian mba. Terim kasih telah berbagi ya :)

    BalasHapus
  58. kadang kalau orang gak tau suka ada aja yang meremehkan, ya, Disangkanya cuma duduk manis dan nulis 'doang'. Padahal mah kalau udah jadi profesi, ada proses yang gak singkat :)

    BalasHapus
  59. Waah tipsnya banyak bangeet Mbak.Berguna banget nih buat aku.Makasih banyak mbaak.

    BalasHapus
  60. @Keke Naima
    nah itu dia Myr, orang suka nggak tau sama prosesnya...

    BalasHapus
  61. Hihi, asyik ya suami dan anak bisa jadi crew yang kompak gitu demi menunjang karir Mama ;)
    Baca tulisannya jadi pengen ketawa saya. Maksudnya ya ngetawain kelakuan saya gitu, banyak yang miripnya nih, cuma karena kondisi di kampung jadi pengalaman saya mah kampungannya yang lebih muncul, hahaha...


    Oya, Mbak Zata, maaf banget artikel Tips Ajak Anak Shalat Jumat belum selesai, maklum saya publish dari hp jadi banyak typo, tata letak gak pas dan ga bisa masukin foto, hehe, maaf dan makasih banget kalau memang bermanfaat �� Tapi sekarang sudah saya edit lagi :)
    Makasih atas kunjungannya ;)

    BalasHapus
  62. Haha banyak banget kegiatannya, Mbak.

    Kegiatan yang berhubungan dengan blog, saya sih paling cuman blog walking ama ngedit2 tulisan Hehe
    Salam kenal, mbak.

    BalasHapus
  63. kece banget sharingnya mba Zata..
    jd kebayang banyak hal yg harus dibenai meskipun aku cuma "part time" blogger hahaha
    TFS mbaa

    BalasHapus
  64. @Okti Li
    ooo gitu ya, makasih updatenya yaaa...

    BalasHapus
  65. @Ophi Ziadah
    gak ada cuma2an ah mba, apalagi sekelas mba Ophi :)

    BalasHapus
  66. Ngutip kalimat ini, "Masa habis posting artikel baru lalu dicuekin aja jika ada yang bertanya dan berkomentar di artikel tersebut?"

    Nah, itu dia nih, mbak. Sebagai blogger pemula kadang ada rasa segan juga kalo ninggalin komentar (lagi), karena beberapa kali komen hanya dicuekin, jangankan dikunjungi balik, dibalas komennya saja enggak. Padahal artikelnya boleh jadi bagus-bagus. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi ngeblog juga ada tata kramanya ya :)

      Hapus
  67. Aku juga sering bantuin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, makasih kesayangan mamaaa...

      Hapus
  68. job desknya ternyata klo dijabarin panjang ya mbak

    bookmark ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, mba Maria, gak segampang yg dibayangin bbrp orang ya, hehehe..

      Hapus
  69. Ada aku ada aku ada akuuuuu hahahhahaha. Brainstroming sambillll BELANJA hahahahahhahahahhahaa. Aku blogger yang suka belanja, kamu juga kan mba Zata hahahahahhaha.

    Aku suka juga digituin, dari kepo krn kagum sampe yg nyinyir. Nah makin dia kagum makin aku ajarin dan aku kasih tau spa tau dia mau belajar menulis juga, kalau yang nyiyir ya makin aku bikin stres hahahahahhah *blogger jahat hahahhahaha.

    Mereka cuma lihat yg enaknya aja, ngga peduli perjuangannya, tapi kadang gapapa sih mba, justru mereka ngga perlu tau susahnya, biar kaget sendiri aja klo dah ikutan terjun hihihihihi

    BalasHapus
  70. @Roosvansia Sipahutar
    bener juga ya Roos, hihihi, biarin aja mereka tau sendiri, biar paham kalo gak smeudah kelihatannya ;p

    Btw, #bloggertukangbelanja bisa jadi hestek kita dong, yah, Roos ;p

    BalasHapus
  71. Eh gw jarang banget meeting ama client, kebanyakan terselasaikan dengan email atau wa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. @cumilebay aku biasanya meeting kalo sekalian mau bikin event mas :)

      Hapus
  72. Pitching aku Blum pernah mba Zata..share yaaa. Cuma nulis doang,mreka ngga tau dtg ke event bawa perut hamil (curhat) hihii salam kenal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. @suciati, sipp mba Suci, midah2an berikutnya aku bisa bikin tulisan ttg itu yaaa..

      Hapus
  73. Makasih Mbak sharingnya.. saya masih banyak kurangnya nih kalo mau ngaku sebagai blogger.. harus berusaha lebih keras lagi (terutama soal balas komen. hiks..).

    BalasHapus
  74. @Diah Kusumastuti
    mba Diah. Nggak apa2 kopk kalo gak sempat balas komen, dirapel aja pas lagi sempat, aku juga gitu, kok :)

    BalasHapus
  75. hai mbak :) aku suka nulis. aku nulis apa aja yang aku pengen tulis di blog ku. gimana caranya ya mbak ? biar blogku ada yang baca heheheheh

    BalasHapus
  76. @ibun novie
    hai mbaaa.. caranya emang harus konsisten dan sabar. Bagiin setiap artikel di sosial media spt FB dan twitter, trus sesekali juga di IG. Jangan lupa untuk rajin baca dan ninggalin komen juga di blog orang lain ya agar orang mulai ngeh dengan blognya mba. kalau isinya bagus, orang pasti akan balik lagi. Semoga membantu ya mbaaa..

    BalasHapus
  77. Keren mbak, komentarnya benar benar dibalas semua, saya baru belajar ngeblog nih, makasih referensinya :)

    BalasHapus