Jumat, 21 Oktober 2016

Blogging: Have Fun and Get the Money | Book Review



Meski pun ngeblog sudah dari jaman Geocities (circa 2001-an) namun saya merasa masih sangat minim ilmu soal blogging, makanya dari dulu saya selalu tertarik untuk membaca buku tentang blogging. Buku tentang blogging terbaru yang saya baca berjudul "BLOGGING: HAVE FUN AND GET THE MONEY" karya Carolina Ratri. Buku setebal 245 halaman terbitan Stiletto Book ini menjadi semacam 'kitab' blogging buat saya saat ini.

Dalam buku ini, seperti tertera di halaman sampulnya, kita bisa:
  • Mempelajari teknik menulis yang baik
  • Mempercantik tampilan blog
  • Memopulerkan blog dengan SEO dan media sosial
  • Cara mendapatkan job review
  • Cara kerja Google Adsense
  • Dan lain-lain
Eh, sebelum lebih jauh mengupas bukunya, kenalan dulu, dong, sama penulisnya, mba Carolina Ratri aka @RedCarra. Saya yakin sekali para pembaca sudah kenal sama mbak yang satu ini, ya, karena dia memang blogger terkenal yang sering berbagi tentang teknik ngeblog, menulis fiksi, sampai soal disain dan komunikasi visual di blognya www.carolinaratri.com. Ia juga sering menjadi pembicara di beberapa acara serta telah menghasilkan beberapa buku, salah satunya yang sedang saya review ini.

Sekarang sedikit info tentang penerbitnya. Stiletto Book adalah salah satu penerbit favorit saya, kenapa? karena Stiletto itu 'gue banget', hihihi. Maksudnya buku-buku yang diterbitkan hampir semuanya saya suka, sebut saja beberapa buku favorit saya yang diterbitkan oleh Stiletto Book antara lain Play and Learn, Sukses Bekerja Dari Rumah, Mengelola Keuangan Pribadi, dan masih banyak lagi.

Satu lagi yang bikin saya makin cinta sama Stiletto Book, karena mereka punya Stiletto Instyle yang membuat dan menjual pernak-pernik lucu yang berhubungan dengan buku dan dekorasi.


mba Carolina Ratri dan mba Herlina Dewi dari Stiletto Book.

Blogging: Have fun and get the money
Kembali soal buku, buku "Blogging: Have fun and get the money" ini terdiri atas 7 bab. Pada bab pertama akan dibahas soal kenapa blogging, apa sih hasil dari ngeblog? lalu apa aja sih hasil dari ngeblog itu?.

Saya kasih bocoran sedikit soal isi buku ini, yaaa... Dalam bab ini, Carolina Ratri menyampaikan bahwa ada banyak hal yang bisa didapatkan dari kegiatan ngeblog, antara lain mendapatkan banyak teman, menjadi penulis yang lebih baik, memiliki hobi lain, memperluas jaringan, dan yang paling gress dan banyak menarik perhatian adalah mendapatkan penghasilan. How, how? howww?, pasti gak sabar dong, pengen tahu rahasianya?. Nah.., di bab-bab berikutnya lah rahasia (bukan rahasia sih, tapi lebih ke teknik dan tip) memiliki blog yang bagus dan bisa menghasilkan uang dibahas dengan sangat rinci.
Di bab ke dua, selain membahas soal niche dan platform blog, akan ada juga pembahasan mengenai SEO. Wahhh, ini penting banget buat blogger seperti saya, yang taunya cuma nulis dan foto aja, sisanya suka-suka, hihihi..
Tip-tip dasar SEO

Dari 10 tip SEO yang dikasih mba Carolina di bukunya, saya bocorin dua aja, yah, sisanya baca sendiri ;p

Optimalkan permalink blog kita
Permalink atau permanent link adalah alamat permanen dari suatu halaman web atau blog. Permalink adalah alamat URL sari tiap post dan page blog kita. Misalnya alamat blog saya http://www.zataligouw.com/ sedangkan contoh permalink dari salah satu artikel di blog saya adalah http://www.zataligouw.com/blogger-ngapain-aja-sih-selain-nulis_9.html

RELATED: Work & Life Balanced as a Fulltime Blogger

Pastikan blog kita bisa diakses lewat smartphone
Baru-baru ini Google meluncurkan algoritma baru yang disebut "Mobilegeddon" yaitu sebuah algoritma khusus untuk perangkat mobile. Saat seseorang mengetikan keyword tertentu pada kotak pencarian, maka hasil yang akan lebih dulu muncul adalah web dan blog yang mobile-friendly.

Bab selanjutnya adalah bagian yang paling saya suka. Judul bab-nya 'Blogging is writing'. Yes, semua juga sudah tahu ya, kalau ngeblog identik dengan menulis. Tapi menurut saya pribadi, nggak semua blogger bisa menulis dengan baik dan benar, lho.. Menulis tidak mesti dengan bahasa baku danformal, tapi juga tetap ada aturan-aturan tertentu yang perlu diikuti.

Teknik dasar menulis blog yang disampaikan di bab ini sangat sederhana dan mudah dimengerti, kok, jadi jangan takut akan menghadapi teori-teori penulisan macam jaman kuliah dulu, hehehe.

Memahami EYD dan kaidah berbahasa Indonesia yang baik
Ini adalah suatu keharusan bagi seorang blogger. Biasakan untuk menulis menggunakan ejaan yang disempurnakan. Menurut saya, tidak masalah kita menulis artikel dengan bahasa sehari-hari ditambah dengan bahasa gaul, saya juga sering, kok. Tapi plis, deh, kalau satu artikel yang kurang lebih 500 kata kita tulis dengan bahasa seperti itu, apa nggak capek, bacanya? ;p

Lagipula, kalau bahasa yang kita pakai terlalu gaul atau terlalu sehari-hari hingga hanya dipahami oleh orang-orang dari daerah tertentu, Jakarta, misalnya, kan sayang, pembaca kita dari daerah lain akan kurang mengerti dan akhirnya meninggalkan blog kita.

Menurut buku ini, ada beberapa kata baku yang sering ditulis dengan salah oleh blogger:
  • Silahkan, yang benar: silakan
  • Sekedar, yang benar: sekadar
  • Ijin, yang benar: izin
  • Hisap, yang benar: isap
  • Do'a, yang benar: doa
  • Kadaluarsa, yang benar: kedaluwarsa
  • Dst

Jika EYD sudah oke, jangan lupa untuk mendukung tulisan kita dengan fakta dan data. Caranya? dengan banyak membaca, baik buku, koran, artikel di banyak website terpercaya, dan blog lainnya.

Keep It Short and Simple

Ingat juga untuk KISS alias Keep It Short and Simple. Mata manusia lebih tahan membaca tulisan pada kertas yang dicetak ketimbang membaca melalui layar komputer dan gadget lainnya. Jadi, pertimbangkan lah panjang tulisan yang rasanya akan enak dibaca di layar.

Untuk menjadikan sebuah tulisan padat namun berisi, jangan lupakan untuk melakukan self-editing. Perhatikan apakah ada typo di tulisan kita?, ejaannya apa sudah benar?, flow-nya asik, ngga? atau terlalu maksa?. Biasakan baca ulang artikel yang sudah selesai ditulis ya, agar terhindar dari hal-hal yang tadi disebutkan.

Blogwalking
Nahhh, ini dia, nih, salah satu yang ingin saya highlight. Saya setuju sekali dengan pendapat di buku ini yang mengatakan bahwa blog adalah salah satu media sosial di mana diharapkan penggunanya untuk bersosialisasi, salah satunya ya, lewat blogwalking ini. Jika ada yang tidak setuju dan tidak mau ya, tidak masalah, itu hak mereka, tapi nggak usah juga untuk mendiskreditkan orang-orang yang suka blogwalking. #eh #semacamcurhat :D

Wahh, gawat, nih, kayaknya saya sudah kepanjangan nulis tentang buku ini. Udah aja, ya, kalau penasaran, langsung aja beli bukunya di Stiletto Book dan di toko-toko buku lainnya, hehehe..

Selamat membaca!

***

Sonic Run: Internet Search Engine

55 komentar:

  1. Bukunya Mbak Carra ini emang maknyus ya Mbak. Saya sendiri suka banget sama tulisan-tulisan creative content writingnya belio. Hehehehe.

    BalasHapus
  2. @dani
    Yes, betul mas Dani, saya juga seneng mampir di blog-nya mba Carra :)

    BalasHapus
  3. waaah musti beli bukunya nih. saya masih harus banyak belajar :) thanks buat reviewnya mba.
    idfipancani.blogspot.co.id

    BalasHapus
  4. @Admin AlatBisnis.Com
    hahaha iya, saya juga baru 2011-an mulai serius ngeblog, sebelumnya ganti2 niche melulu ;p

    BalasHapus
  5. baca reviewnya kayanya jadi pengen beli bukunya, cocok buat saya yang baru belajar ngeblog. terima kasih reviewnya mba Zata.

    BalasHapus
  6. aku masih belajar itu yang namanya EYD secara bahasaku tau sendiri --"

    BalasHapus
  7. @suria riza
    iya Cha, baca2 lagi aja buku EYD jaman sekolah, biar inget, hehehe..

    BalasHapus
  8. Bukunya bagusss.... beneran bagus. AKu juga akhirnya beli, karena ngiler baca review teman blogger. Ha..ha...

    BalasHapus
  9. @widyantiyuliandari
    iyaaa, nggak nyesel kan abis beli. stelah slesai baca masih kadang aku baca juga karena bukunya tebel, kadang ada yang lupa...

    BalasHapus
  10. Waaah buku ini. Pengen banget baca. Banyak yang kudu dipelajari dari mbak Carra. Nyari ah...

    BalasHapus
  11. Aseli jadi tertarik beli bukunya mba carolina ratri deh ini..semacam kamus blogging bgt ya, mba zata?lengkap..

    BalasHapus
  12. @Nia K. Haryanto
    yes mba Nia, banyak banget ilmu dari buku ini...

    BalasHapus
  13. @Gena Lysistrata
    iyahhh lengkap ganget Gen, bagus banget buat nambah ilmu soal blogging..

    BalasHapus
  14. Aku udah baca juga mba, bagus yaa isinya. Belajar banyak dari buku ini mba ^^

    BalasHapus
  15. Blogger pemula macam saya kayaknya perlu buku ini. Ulasannya bikin penasaran....

    BalasHapus
  16. Aku belum baca buku ini, mba. PAdahal udah terbukti kece ya. Makaish reviewnya mba :)

    BalasHapus
  17. Udah lama tau tentang buku ini tapi belum sempet baca, baca review ini jadi makin penasaran pengin baca jugaakk

    BalasHapus
  18. saya suka ngikutin tulisan mbak carra tapi belom pernah beli bukunya. mungkin besok kalo ke toko buku mau deh nyari buku mbak carra ini :)

    BalasHapus
  19. Walaupun beli, tapi saya berterima-kasih banget mba Carra mau bikin buku ttg blogging dg kalimat2 yg asyik. Saya beli udah agak lama tapi blm kelar bacanya, haha...

    BalasHapus
  20. waktu ke gramed memang lihat buku ini dan masuk wishlist yang ingin dibeli.
    isinya lengkap ya, blogger wajib baca.. :D

    BalasHapus
  21. @SUCIATI CRISTINA
    betul mba Suci banyak banget yang dipelajari dari buku ini. Kadang ada yang udah kita tau tapi nggak detail, buku ini bantu ngerefresh dan nambahin ilmu juga..

    BalasHapus
  22. @Haeriah Syamsuddin
    iya mba, bagus banget buat pemula juga karena lengkap banget...

    BalasHapus
  23. @rani
    hayoo buruan beli, biar nggak penasaran, hihihi...

    BalasHapus
  24. @agi pranoto
    iya, tulisan mba carra emang bagus2 dan informatif yaa..

    BalasHapus
  25. @Hanan M
    lengkap banget.. semacam blogging A-Z gitu deh...

    BalasHapus
  26. Aku juga udah baca buku ini, kece tips nya :)

    BalasHapus
  27. Dengan blogwalking juga jadi kenal banyak orang ya Mbak...walaupun hanya lewat online ngga pernah tatap muka. Eh, kalau Jakarta mungkin sering ketemu kali ya Mbak, kalau pas ada event. Seneng nih Mbak, aku baca ulasan bukunya.

    BalasHapus
  28. Iiih bukunya pengen, aku masih belajar banyak nih buat bikin blog, suka nulis seenaknya tanpa pake EYD hihihi XD

    BalasHapus
  29. Sepertinya ini bisa disamakan dengan buku resep makanan deh mbak karena sama pentingnya kalau buku masak mah ofline kalau buku ini mah bisa juga untuk online.

    BalasHapus
  30. 2001? Aku masih SD. Btw aku juga udah baca mba...hihi baguus bgt

    BalasHapus
  31. KISS, bener banget yah Keep it Short and Simple.. tapi masih rada susah buat dipraktekin..jadi pengen beli bukunya sepertinya banyak helpful tips seputar blogging..

    BalasHapus
  32. noted mba zatta, makasi bgt infonya, saya juga mau hunter buku ini :)

    BalasHapus
  33. noted mba zatta, makasi bgt infonya, saya juga mau hunter buku ini :)

    BalasHapus
  34. @Levina
    iya mba Levina, makin kenal, kalo udah kenal jadi makin dekat hihihi...

    BalasHapus
  35. @Sandra Buana Sari
    gpp sih pake bahasa yang santai San, asal jangan terlalu gaul, hihihi

    BalasHapus
  36. @Ernawati Lilys
    yukkk...gak nyesel deh kalo beli #bukanmarketing :D

    BalasHapus
  37. WAAH, jadi penasaran sluruh isi bukunya

    BalasHapus
  38. Zata, masih banyak sekali yang harus bunda pelajari tenang how to make my blog looks nice and attractive...LOL Terima kasih kunjungan Zata ke blog bunda.

    BalasHapus
  39. Makasih mbak, iseng-iseng melipir kesini..dapat ulasan ttg blogging. Saya blogger baru, baru 3 minggu :) tapi kayak udah kecanduan :D Mesti banyak belajar nih biar bisa kayak mbak2 senior. Salam kenal mbak Zata :)

    BalasHapus
  40. @Dewi Nielsen
    Dewww.., blogging itu emang bikin candu, hati-hatiii ;p

    BalasHapus
  41. Jadi ingeeeet mau beli buku ini �� btw setuju deh, Stiletto juga "gue banget" selalu suka buku2 yang ada disana ��

    Makasih reviewnya kakaak, nunggu tanggal muda baru beli buku ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli Cinnn, worth the money dehhh...

      Hapus