Selasa, 22 November 2016

Lebih Bahagia dan Percaya Diri di #UsiaCantik



Waktu kecil saya suka sekali dengan film kartun berjudul "Candy Candy". Yang seumuran dengan saya pasti masih hapal dengan lirik lagu berbahasa Indonesia yang selalu muncul dalam film tersebut, “Biarkanlah esok datang menghampiri diriku, aku cinta hari esok, aku cinta esok…..”

Beberapa pengalaman masa kecil yang kurang enak serta kuatnya pengaruh film itu pada saya, membuat saya hidup untuk hari esok. Saya selalu berpikir hari esok akan lebih baik, hingga jeleknya, saya jadi kurang menikmati masa kecil saya. Kenangan masa kecil yang indah lebih banyak hanya bersama mama, papa, serta kakak dan adik, lainnya kurang saya ingat.


Menjelang remaja, saya bisa membebaskan diri dari ‘kecintaan saya yang berlebihan pada hari esok”, mungkin karena nasehat orang tua serta pelajaran hidup lainnya yang saya dapatkan. Saya yang sebelumnya kurang percaya diri dan merasa sebagai itik buruk rupa mulai tumbuh menjadi gadis yang confident dan penuh dengan cita-cita. Saya bahkan membuat target untuk sudah mencapai ini itu maksimal di usia 25 tahun. Mulai dari punya pekerjaan bergaji besar, punya mobil sendiri, bisa menunjang orang tua secara ekonomi, dan cita-cita indah lainnya.

Namun, namanya juga hidup, ada yang bisa saya capai, namun banyak juga yang tidak. But it’s ok, saya bisa move on dan melanjutkan hidup, membuat cita-cita dan target baru. Banyak sekali pencapaian yang membahagiakan, seperti menikah, punya anak, bisa tetap bekerja kantoran mau pun paruh waktu, dan seterusnya.


Sekitar beberapa tahun yang lalu saya kembali mengalami masa galau, ingin berhenti kerja kantoran dan memulai sesuatu yang baru, di mana saya bisa lebih banyak di rumah namun tetap punya uang jajan. Saya langsung terpikir untuk banting stir, mencari bidang pekerjaan yang lebih 'santai', namun di sisi lain saya merasa tidak percaya diri. Mau melamar di tempat lain dengan bidang yang berbeda rasanya usia saya sudah ketuaan, mau memulai usaha rasanya saya sudah sangat ketinggalan dibanding teman-teman lain yang seangkatan. Akhirnya seorang teman mengingatkan akan hobi lama saya, ngeblog. Ia menyarankan saya untuk kembali ngeblog dan lebih serius lagi agar saya bisa eksis dan mendapatkan manfaat lebih daripada hanya sekadar hobi. Saat itu saya hanya tersenyum karena lagi-lagi saya merasa ketinggalan dibanding yang lainnya.

Sebenarnya saya bukan tipe yang mudah galau, namun karena mungkin di suatu usia ada masa seorang wanita kurang percaya diri, ya disitulah saya berada saat itu ditambah lagi perasaan tak berdaya berkaitan dengan kehilangan ayah serta kakak laki-laki saya. Belum lagi drama kesedihan yang dialami oleh saudara dekat yang cukup membuat saya turut kehilangan semangat.

Long story short, atas dukungan suami, saya pun memutuskan untuk pelan-pelan berhenti bekerja kantoran dan fokus ngeblog dan mengerjakan beberapa pekerjaan paruh waktu seperti menulis skrip, menangani event, dan lain-lain. Ternyata usia bukanlah hambatan, di usia sayang yang tergolong tidak muda lagi, tepatnya 38 tahun ini, saya justru merasakan begitu banyak berkah dan pencapaian serta kebahagiaan yang belum saya rasakan sepuluh tahun lalu.


Saat memenuhi undangan Singapore Digital Fashion Week 2015

Bersama Diana Rikasari di Singapore tahun lalu
Ada banyak alasan mengapa saya merasa jauh lebih bahagia di #UsiaCantik ini dan tak berpikir untuk kembali ke sepuluh tahun lalu. Mudah-mudahan hal yang sama bisa menjadi resep dan motivasi bagi perempuan lainnya di usia yang kurang lebih sama.

Memperdalam sisi spiritual. Belajar agama masih menjadi sebuah proses menarik dan menantang bahkan sampai sekarang. Sebagai manusia saya tidak akan pernah sempurna namun perjuangan saya untuk belajar banyak hal membuat saya merasa ‘sempurna’. Ketakutan dan kegalauan yang dulu banyak hadir, kini jauh berkurang dan saya merasa lebih matang secara spiritual.

Nikmati dan syukuri waktu bersama keluarga. Saya punya keluarga yang luar biasa. Dukungan suami, anak-anak, dan terutama orang tua, membuat saya merasa kehidupan saya begitu berarti. Dulu, kadang, sebagai manusia saya lupa bahwa mereka adalah berkah luar biasa buat saya dan kadang saya abai terhadap mereka. 

Berada di usia matang membuat saya lebih menghargai keluarga dengan cara yang lebih ekspresif. Dulu semua tahu saya mencintai mereka, namun sekarang mereka tahu dan mereka senang dengan cara saya memperlihatkan cinta saya pada mereka. Memeluk, ngobrol, mengirim pesan singkat, membuatkan makanan favorit, memberi hadiah kecil, menjemput anak-anak di sekolah, dan masih banyak hal lainnya menjadi prioritas kegiatan saya sehari-hari. 

Lebih ekspresif. Selain terhadap keluarga, saya pun menerapkan hal ini kepada lingkungan sekitar saya. Sebelum berada di usia ini, saya masih berpikir dua kali untuk menunjukan ekspresi diri kepada orang lain, namun seiring dengan waktu, pengalaman, dan rasa percaya diri yang terbentuk, saya lebih berani berekspresi di muka umum. Memakai baju yang saya suka dengan warna-warna yang lebih cerah, bertemu orang-orang baru dan ngobrol tentang hobi, pekerjaan, dan hal-hal lainnya dalam hidup membuat saya merasa lebih ‘kaya’ di usia ini.

Pencapaian-pencapaian baru. Dulu, mana pernah terpikir oleh saya bahwa saya bisa punya banyak sekali teman dan dikenal lewat kegiatan ngeblog?. Mana pernah terbayang oleh saya bahwa saya bisa bekerja dari mana saja untuk klien di mana saja, Indonesia, Amerika, Australia, dan lainnya?. Mana pernah terbayang bahwa brand akan membayar saya untuk mereview produknya?, didaulat sebagai influencer, diundang ke acara-acara besar di dalam dan luar negeri, misalnya ke Singapore Digital Fashion Week 2015, dan ke Malaysia Fashion Week 2016.

di #UsiaCantik tetap bisa menjadi influencer untuk sebuah brand fitness center ternama

Saat diundang ke Malaysia Fashion Week 2016 lalu

Jadi, jangan takut bermimpi, membuat cita-cita baru, dan berusahalah sekuat tenaga untuk mencapainya. #UsiaCantik ini sama sekali bukan halangan, #UsiaCantik ini justru sebuah kekuatan, perpaduan antara kedewasaan pikiran, pengalaman, dan kecantikan yang tetap terjaga. Intinya saat ini saya adalah versi terbaik diri saya di mana kecantikan dan kualitas hidup tergabung menjadi satu. Saya ingin mempertahankannya tetap seperti itu, salah satu caranya adalah dengan menjaga kulit tetap cantik sesuai dengan usia saya.

Salah satu perawatan rutin yang saya rasa sangat berpengaruh dalam menjaga penampilan dan kesehatan kulit saya adalah L’Oreal Paris Revitalift Dermalift. Sejak memakai produk favorit ini beberapa bulan lalu, saya merasakan perubahan yang sangat signifikan.

Ritual baru di #UsiaCantik :)


Jujur saja, saya tipe orang yang cuek, bahkan dulu saya sangat tomboy, boro-boro perawatan, pakai bedak saja jarang sekali. Maka saat saya diharuskan untuk banyak berdandan dan menjaga penampilan, saya memilih produk yang simple, yang nggak ribet, namun memberi efek yang luar biasa dan L’Oreal Paris Revitalift Dermalift ini masuk dengan kriteria saya.

Untuk mendapatkan produk bisa lihat di http://bit.ly/UsiaCantik

Nah, bicara soal #UsiaCantik, pasti teman-teman punya dong cerita pengalaman pribadi soal hal ini? Atau bisa juga cerita tentang teman, kakak, tante, dan orang yang dikenal lainnya yang berada dalam usia ini [35 – 45 tahun]. Ada blog competitionnya loh, jangan sampai nggak ikutan, ya, hadiahnya keren-keren!. Ada kamera mirrorrless, action cam, smartphone, dan lain-lain.

Untuk info lengkapnya silakan kunjungi http://bit.ly/usiacantik_blogcomp yaa...



Selamat menulis!


*******

29 komentar:

  1. #usiacantik emang bukan hambatan untuk berkarya! Pengalaman & kedewasaan dari pertambahan usia justru kadang menurut aku jadi nilai tambah untuk mendapatkan sesuatu yg ngga dimiliki para usia crunchy hihihi XD Kalau masalah perawatan wajah, ngga pernah khawatir lagi karena ada Loreal Revitalift Dermalift yg bantu jadi wajah #usiacantik lbh cerah :D

    BalasHapus
  2. Mbak Zata awet muda bingit ya. Pas ketemu di acara Serempak, keliatan cantik banget. Mau nyapa saya malu hehehe padahal sesama Depoker Mba :)

    BalasHapus
  3. @Sandra
    yes betul banget San.. iya ya, ini usia crunchy, hihihi...

    BalasHapus
  4. @Pipit Widya
    aaaa mba Pipit kok malu nyapa, aku tuh seneng banget kalo disapa karena aku aslinya pemalu, hihihi...

    BalasHapus
  5. Keren mbak. Semoga makin berprestasi ke depannya ^_^

    BalasHapus
  6. Pengen banget bisa ngomong:
    "Saat ini saya adalah versi terbaik diri saya di mana kecantikan dan kualitas hidup tergabung menjadi satu."

    I'll be there soon. Bismillah.

    Hidup #UsiaCantik

    BalasHapus
  7. Cantik banget mbak...walaupun diusia matang masih keliatan spt kepala 2.
    Keep inspiring for a lot people ya..
    Salam..

    BalasHapus
  8. Sama Mbak..aku suka candy candy ...

    Betul, bertambah usia bukan hanya melulu tentang angka...p

    BalasHapus
  9. @Li Partic
    amiiin, doa yang smaa untuk dirimu juga yaaa... :)

    BalasHapus
  10. @Levina Mandalagiri
    tosss sesama penggemar candy candy, hehehe...

    BalasHapus
  11. Ahh suka banget dengn gayanya, penuh dengan kegembiraan, energik, lincah saat melihatmu Zata
    *eea panggil nama, eykeh lebih tua usia cantiknya euy

    Semoga makin bahagia dan percaya diri di #UsiaCantik nya ya, Sukses selalu!

    BalasHapus
  12. huwaaaahhh keren bgt mbak Zata pencapaiannya di #usiacantik, semoga sehat, bahagia, dan cantik selalu ya mbak ^_^

    BalasHapus
  13. Mbak Zatta, cantik ih dan pencapaiannya itu keren

    BalasHapus
  14. Aku juga dulu pernah ngefans sama Candy-cany dan teracuni doktrinnya. Sama, jadinya malah minderan dan kebanyakan ngelamun drama queen gitu huehehehe. Ga bekerja lagi pun bukan halangan buat berkarya, ya. Sampai hari ini kita belum kopdaran aja nih. Kapan yaaaaa?

    BalasHapus
  15. mba zata keren banget... moga makin glowing n inspiring di usia cantik ini :)
    sukses buat lombanya yaa

    BalasHapus
  16. What inspiring story mba Zata...
    Alhamdulillah yaaa kyknya lengkap kebahagiaan di #UsiaCantik.
    Keep inspiring mbaa

    BalasHapus
  17. Bahagia dan tetap cantik di usia cantik..semoga kita bisa ketemu ya Kaka Zata

    BalasHapus
  18. Haaah candy candy bnr2 menginspirasi..., km jg mba kaya
    masih 20an....*ehh (lihat foto2 d ig) 👍

    BalasHapus
  19. Haaah candy candy bnr2 menginspirasi..., km jg mba kaya
    masih 20an....*ehh (lihat foto2 d ig) 👍

    BalasHapus
  20. Ada suatu usia wanita merasa kurang percaya diri, namun lalu akan datang suatu usia wanita menemukan titik balik atau ketenangan yang membahagiakan... Pencapaian-pencapaian yang kadang tak terpikirkan dulu itu serupa anugerah ya mbak... aku juga pernah merasakannya. :) Sehat-sehat ya mbak... makin cantik, makin matang... makin bahagia ^^

    BalasHapus
  21. Keren banget sampai di undang ke SIngapura dan MAlaysia
    Salut mba Zataaa! ;)

    BalasHapus
  22. usia cantik adalah hasil dari proses pendewasaan ya mba.. Alhamdulillah pencapaian2 telah diraih di usia cantik :)

    BalasHapus
  23. Sukses Sukses . . . . suka wajah #fotogenic nya Bunda sudah baca semua. Salam #Bajigur_Panaz

    BalasHapus
  24. @Nchie Hanie
    sukses selalu juga buat teh Nchie yaaaa....

    BalasHapus
  25. @Orin
    aminnn, masih banyak yang harus dicapai mba Orin. Makasih yaaaa.., doa yang sama buat dirimu...

    BalasHapus
  26. @Tian Lustiana
    alhamdulillah, makasih banyak mba Tiannn...

    BalasHapus