Rabu, 08 Februari 2017

honestbee, Solusi Mama Sibuk



Punya tiga anak tanpa memiliki pengasuh saja sudah membuat hari-hari saya cukup sibuk, dua sedang beranjak remaja dan si bungsu masih balita, ditambah lagi aktivitas saya sebagai blogger serta beberapa pekerjaan lain yang berhubungan dengan dunia kreatif makin membuat saya kadang sulit membagi waktu.



Belanja Sesempatnya
Keadaan tersebut membuat saya melewatkan belanja mingguan dan bulanan yang dulu sangat mengasyikan buat saya. Kegiatan belanja saya menjadi 'sporadis' dan sesempatnya, kadang terpaksa belanja di tempat yang kurang saya suka hanya karena butuh dan tempat tersebut dekat dari rumah saja. Padahal sebelumnya saya sangat menikmati proses belanja di supermarket-supermarket besar yang menyediakan beragam pilihan dan kenyamanan namun lokasinya cukup memakan waktu dari rumah saya.

Belanja sesempatnya juga berarti belanja seadanya, karena butuh buru-buru, ya kadang harus menerima stok produk yang ada, tidak bisa terlalu pilih-pilih. Ini bertentangan banget dengan hati nurani saya sebagai seorang mama. Bagaimana tidak, biasanya hanya untuk satu produk, misalnya susu, saya bisa menghabiskan waktu cukup lama untuk mengamati kemasan, memilih rasa, dan yang terpenting memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Saat sedang buru-buru dan hanya belanja sesempatnya, ya pilih yang tersedia di depan mata saja, duhhh...

Belanja keperluan rumah tangga secara online pun ternyata tidak terlalu banyak membantu jika berhubungan dengan sifat perfeksionis saya akan kebutuhan keluarga. Beberapa kali saya harus kecewa dengan barang yang datang dan tidak sesuai keinginan, belum lagi karena produk dibeli di beberapa tempat sehingga ongkos kirim pun membengkak. Gak match dengan cita-cita saya untuk jadi #mamahemat, hehehe...

Launching honestbee
Kebetulan sekali, tanggal 25 Januari 2017 lalu saya diundang untuk hadir dalam media launch oleh honestbee, sebuah penyedia layanan belanja dan pengiriman online yang berasal dari Singapura.

honestbee, bermitra dengan salah satu toko retail terbesar di Indonesia yaitu Transmart Carrefour, menawarkan cara berbelanja kebutuhan harian yang lebih cepat dan mudah.


Dengan honestbee pelanggan dapat merasakan pengalaman berbelanja yang berbeda dengan jasa sejenis lainnya karena honestbee menghadirkan asisten belanja profesional untuk pesanan setiap pelanggan. Para asisten belanja honestbee ini telah melewati pelatihan profesional bersama dengan staf Transmart Carrefour untuk memilih bahan makanan dengan kualitas terbaik dari segi kesegaran dan mutu produk, sama halnya ketika kita sedang berbelanja sendiri.

honestbee juga memungkinkan pengantaran langsung kepada pembeli pada hari yang sama, kurang lebih dalam kisaran waktu satu jam. Sangat cepat menurut saya untuk ukuran Jakarta dan sekitarnya yang macet ini.

Dalam media launch tersebut, Joel Sng, co-founder dan CEO honestbee mengatakan bahwa mereka sangat senang bisa mengumumkan kehadiran honestbee secara resmi di Indonesia. Mereka telah melakukan percobaan di Indonesia selama beberapa bulan terakhir dan hasilnya sangat menjanjikan.

Selama acara berlangsung, para undangan yang terdiri dari media dan blogger diperkenankan mencoba layanan honestbee saat itu juga. Wahh, saya senang sekali dan langsung mengunduh aplikasinya di smartphone. Ternyata caranya pun sangat mudah. Selesai mengunduh aplikasinya saya langsung memilih beberapa barang, memesannya dan melakukan pembayaran sesuai ketentuan. Pilihannya bisa COD alias cash on delivery juga, lho...


Sambil menunggu barang pesanan dikirim ke lokasi media launch, tepatnya di Decanter Wine & Food, Jakarta, saya menikmati makan siang yang nikmat sambil mendengarkan beberapa informasi dari Tony Alexander, Country Marketing Manager honestbee Indonesia. 

Tony mengatakan ada banyak keuntungan berbelanja dengan honestbee, salah satunya  adalah harga barang yang benar-benar persis sama  seperti di tokonya. Misalnya saya membeli susu seharga 120ribu dan saat itu di Transmart Carrefour sedang diskon 20%, ya saya pun akan mendapatkan diskon yang sama, asik, kan?.

Selain itu honestbee juga memasang biaya yang sama untuk semua pelanggan di mana pun berada, asal rumah mereka masih dalam jangkauan yaitu di area Jadetabek karena saat ini pelayanan mereka baru meliputi area tersebut.

Tony menambahkan bahwa ada dua jenis biaya yang dikenakan untuk layanan ini, yaitu biaya pengantaran dan biaya layanan dan jumlahnya masing-masing sebesar Rp10.000. Yang dimaksud dengan biaya layanan  adalah biaya yang dibayarkan untuk asisten belanja yang membantu pelanggan memilih-milih serta membelikan pesanannya. 

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya,  para asisten belanja ini telah menjalanani pelatihan khusus untuk melakukan pekerjaan mereka agar berhasil dengan baik dan memberikan kepuasan kepada pelanggan layaknya berbelanja sendiri.

Sedangkan untuk biaya pengantaran, jika kita berbelanja minimal Rp 250ribu, honestbee akan menggratiskan biaya pengantaran ini. Ini berita menarik sekali buat mama yang berusaha hemat seperti saya 👩

Selang satu jam setengah, belanjaan kami para peserta media launch tiba di Decanter Wine & Food. Wahh pengalaman pertama saya berbelanja di honestbee sungguh memuaskan. Dijamin saya akan menggunakan aplikasi ini lagi saat di rumah.

Saat ini, selain dengan Transmart Carrefour, honestbee juga telah bekerjasama dengan Stevan Meat Shop, Sababay Winery, Hatten Wines, Javara Indigenous Indonesia, Magnum Wines, The Cook Shop, Michelle Organic Corners,  Jakarta Fruit Market, Meruya Pet Shop serta Office 2000. 

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Satria Hamid, Corporate Communication GM Transmart Carrefour. Pak Satria menyatakan dukungannya atas kerjasama strategis dengan honestbee ini dengan harapan mereka dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen berupa jaminan produk paling segar dengan ketepatan dan kecepatan pengiriman produk pada konsumen.

Pengalaman Belanja Dengan honestbee
Setelah merasa puas dengan pengalaman belanja pertama kali saat berada di launching honestbee, beberapa hari kemudian saya pun kembali berbelanja menggunakan aplikasi ini. Saat itu hari libur dan saya ingin bercengkrama dengan anak-anak sambil menikmati beragam camilan. Saya pun langsung order.

Tak lama setelah saya melakukan pemesanan, salah satu asisten belanja dari honestbee menelepon saya. Ia mengabarkan bahwa salah satu rasa makanan pesanan sedang habis, lalu ia menawarkan beberapa opsi. Saya benar-benar merasa punya seorang asisten pribadi yang membantu saya belanja sesuai keinginan saya.

Saya  memilih delivery time jam 11-12 siang, namun tiba-tiba kami harus keluar rumah sebentar sehingga tidak akan ada orang saat pengantar datang, maka saya buru-buru mengganti delivery time menjadi 12-1 siang. Ahh, fleksibel dan mudah sekali rasanya ...

Pesanan tiba sesuai pilihan delivery time saya.

Beragam camilan untuk nonton tivi bareng


Beda honestbee dan Layanan Sejenis
Lalu apa bedanya honestbee dengan jasa-jasa sejenis lainnya?. Selain dari informasi yang saya dapatkan saat hadir di media launch, saya juga sudah punya beberapa kali experience berbelanja di honestbee sehingga kurang lebih saya bisa merasakan perbedaan layanan honestbee dengan jasa sejenis lainnya.

Seperti yang dikatakan oleh Pauline Png, Chief Marketing Officer honestbee, target mereka adalah meningkatkan kualitas hidup pelanggan serta masyarakat, salah satunya dengan memungkinkan pelanggan menghemat waktu berbelanja sehingga pelanggan bisa punya lebih banyak waktu bersama keluarga.

Saya pun merasakan hal yang sama. Biasanya, untuk berbelanja di Transmart Carrefour terdekat, saya bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar satu jam dengan mobil, belum lagi memilih-milih, mengantri di kasir hingga memasukan barang belanjaan ke bagasi mobil, lalu ditambah lagi dengan perjalanan pulang, total saya bisa menghabiskan waktu sekitar empat jam!. Kini, dengan layanan honestbee, saya bisa memesan barang belanjaan saya, lalu bermain dengan anak-anak, kurang lebih satu jam kemudian, barang belanjaan saya tiba dengan selamat. Duhhh, honestbee benar-benar meningkatkan kualitas hidup saya ...


Seperti janjinya, honestbee memberikan kita kemudahan untuk memilih toko serta barang yang kita inginkan, effortless banget, deh..  Setelah itu kita tinggal duduk manis di rumah dan staf mereka akan mengantar langsung pesanan sampai di depan pintu rupah kita. Super convenient!. Dan yang paling jadi kebutuhan masyarakat urban seperti saya adalah faktor waktu. honestbee sesuai janjinya akan mengantarkan pesanan kita dengan cepat. Fast...



Saya pun tenang karena telah menemukan layanan yang benar-benar disesuaikan untuk mama sibuk seperti saya dan mama-mama lainnya. Sekarang saya sedang berpikir, weekend ini mau minta tolong asisten belanja apa, yaaa, hihihi...

***

31 komentar:

  1. Lucunya serba kuning, kirain ini khusus buat perlengkapan bayi mba. Enak juga ya santai2 nunggu belanjaan dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul banget Cha, santai2 sambil main sama anak :)

      Hapus
  2. Belanja daging2an atau ayam segar bisa ga mba? Apa aku kelewat infonyakah? Lumayan banget ni klo bisa semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa aja bisa mba Lis, bahkan asisten belanja kita akan pilihin daging terbaik, nggak akan asal ambil aja. Trus kalo susu misalnya, dia akan cek tgl kedaluwarsa dan akan milihin yang paling lama masanya, beneran kayak belanja sendiri deh pokoknya...

      Hapus
  3. ini yang aku dengar katanya ada jam-jam nya gitu ya mba? dan juga dicari yang terdekat kan ya? Ini mah solusi banget buat mama mama sibuk ya. aku mau nyoba ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes betul Ai. Iyah, solusi banget buat mamah2 kayak kita ya, hihihi...

      Hapus
  4. Wah, enak bgt ya klo bisa belanja model begini. Tinggal pesan, ntar asisten belanja sudah urus semua utk kita ya. Kapaaaaann ya di Semarang bisa ikut menikmati asyiknya belanja di Honestbee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an segera merambah ke Semarang juga ya mbaaa :)

      Hapus
  5. Meciiing, euy. Serba koneeng :D Btw, aplikasi macam honestbee ini memang ngebantu banget, ya. Apalagi, kalau dalam kondisi yg urgent, dan kita nggak punya waktu buat belanja. TFS, Zata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess bener banget mba Adisty, ngebantu bangettt. Eh iya itu pas banget si mas honestbee dtg aku lagi pake baju rumah warna kuning, hihihi...

      Hapus
  6. wkwkwk makin demen aja, deh saya belanja online. Bahkan untuk kebutuhan sehari-hari pun udah bisa online :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget mba Mir, apa aja bisa online yah sekarang, bagus deh buat ibu2 yang suka blanja online ;p

      Hapus
  7. wah makin enak aja nih ada pelayanan Honestbee, apalagi musim hujan kaya gini males keluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh iya banget mba Lia, aku juga pertimbangannya itu, musim ujan, mendingan rame2 di rumah nemenin anak, hehehe

      Hapus
  8. Lucu amat kuningnya yah.. aku mau coba belanja jg ah di Honestbee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya yah lucu Ye.. Yuk yuk cobain blanja di honestbee, playanannya oke Ye..

      Hapus
  9. Kalo tinggal di kota besar, semuanya menjadi gampang ya mba, kalo di kmpung gampang juga sebenarnya. Pasar dekat dann ga macet. Jadi belanjapun jadi cepat. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba Liza, beda2 keuntungannya ya.. kalo aku ke pasar deket tapi macettt, huhuhu..

      Hapus
  10. Aku suka honstbee karena ada shopper assistannya :D kemaren sempet barang yg dimau ngga ada, langsung di info sama si assistant & ditawarin barang penganti yang setara, jadi enak berasa punya ART :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul tuh San, enaknya gitu di honestbee, berasa kayak ngirim asisten ke supermarket untuk belanja ya ;p

      Hapus
  11. ih, ya ampuuun keren banget si HonestBee ini, moga2 segera hadir di sby yak

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  12. Aku mau nyobainnn, asik banget ngga perlu keluar rumah cuma buat jajan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asik banget ci, gak perlu kluar rumah kalo pengen blanja or jajan ;p

      Hapus
  13. aaaah enak banget. Praktis yaaa..aku coba aah nanti kalau udah di tanah air :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba insav, cobain yah pas lagi di Jakarta :)

      Hapus
  14. ih sama mbak. kadang buru-buru belanja jadi ambil yang ada di depan mata.

    layanan kayak gini risetnya sama emak-emak kali ya...apa yang punya ide itu seorang emak? haha...

    BalasHapus
  15. ih sama mbak. kadang buru-buru belanja jadi ambil yang ada di depan mata.

    layanan kayak gini risetnya sama emak-emak kali ya...apa yang punya ide itu seorang emak? haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi bisa jadi mba, ini pasti emak2 yang kreatif :)

      Hapus
  16. Honestbee praktis ya Ma. Duh mama satu ini di rumah pun dengan baju dinasnya juga masih cantik aja ahh mupeng. Apalagi ditemani honestbee, tanpa keluar rumah pun masih bisa tetep belanja. Keren nih ide usahanya honestbee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha niat banget emang pas honestbee dateng trus aku pake baju kuning ;p. iya, puas banget ya sama pelayanan honestbee..

      Hapus