Jumat, 31 Maret 2017

Taman Literasi Keuangan, Tempat Asik Untuk Edutainment Anak

prudential, cha-ching, edutainment, taman literasi prudential, taman mataram

Karena tidak terbiasa dengan hal yang berbau keuangan,  sejak kecil saya menganggap urusan keuangan adalah urusan yang ribet dan sulit sehingga saat dewasa, jujur saja, saya kurang pandai mengatur keuangan. Duh.., saya tidak mau anak-anak saya mengalami hal yang sama. Pandai mengatur keuangan merupakan salah satu life skill menurut saya, sehingga mereka harus diedukasi sejak dini soal keuangan.

Masalahnya, mengajarkan soal keuangan pada anak-anak bukan keahlian saya, beberapa kali saya coba tapi terasa membosankan buat mereka mungkin. Nah, saat Prudential mengundang saya untuk berkunjung ke Taman Literasi Keuangan Prudential yang berlokasi di Taman Mataram, Kebayoran Baru, saya pun penasaran sekali. Saya yakin akan mendapat pencerahan soal mengajarkan keuangan pada anak-anak saya yang masih kecil serta yang sudah abege :)

Saya beserta beberapa teman blogger dan staff dari Prudential bertemu di Anomali Coffee, Senopati, ngopi dan lunch dulu, lalu sama-sama ke lokasi #TamanLiterasiPru naik bis khusus. Di sana, kami disambut dengan penampilan marching band lalu kami dipersilahkan untuk berkeliling taman.

prudential, cha-ching, edutainment, taman literasi prudential, taman mataram
Sambutan dari adik-adik Selong 4 dan kakak-kakak SMK 15

Di Taman Literasi Keuangan ini kita bisa menemukan banyak hal yang berkaitan dengan edukasi keuangan buat anak dan remaja, antara lain game-board yang isinya permainan tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar. Ada juga permainan mencocokan kartu yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama anak-anak tentang manfaat asuransi sebagai perlindungan.

Catatan: edutainment untuk anak-anak mengenai keuangan juga bisa dilihat di www.cha-ching.co.id, lhoo... 

Selain itu, ada kegiatan yang menurut saya sangat bagus bagi financial skills serta perkembangan mental dan empati anak-anak, yaitu selain diajarkan tentang earn, save, spend (wisely), anak-anak juga diajarkan untuk berdonasi.

Rambu-rambu tentang nasehat dan tips mengelola uang juga terpasang di beberapa tempat di taman ini. Saya sebagai orang dewasa pun menyukai rambu-rambu tersebut karena saya merasa diingatkan untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya saya sudah ketahui, namun kadang saya lupakan ;p

prudential, cha-ching, edutainment, taman literasi prudential, taman mataram
setelah spend, jangan lupa donate juga, ya, nakkk.. :)

prudential, cha-ching, edutainment, taman literasi prudential, taman mataram
Game-board untuk bermain sambil belajar mengelola uang dengan bijak

prudential, cha-ching, edutainment, taman literasi prudential, taman mataram
Rambu yang mengingatkan soal menabung.

Taman Literasi Keuangan ini merupakan corporate social responsibility dari Prudential yang juga bekerjasama dengan PJI atau Prestasi Junior Indonesia dan Universitas Trisakti.

Menurut pak Nurhayat, Senior Manager External Communications PT Prudential Life Assurance, #TamanLiterasiPRU ini merupakan bagian dari Chairman Challenge yang setiap tahun diadakan oleh Prudential di seluruh dunia. Taman Literasi Keuangan prakarsa Prudential Indonesia ini sudah beberapa tahun berturut-turut menjadi pemenang. Keren, ya ...

Saat kami hadir di taman tersebut, juga sedang diadakan acara di mana hadir beberapa orang penting dari Prudential seperti bapak Sean Rach, Chief Marketing Officer, Prudential  Corporation Asia; ibu Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications Director, Prudential Indonesia; bapak Paul Manduca, Chairman Prudential plc (Prudential Group in London), serta para relawan Prudential.

Tak ketinggalan hadir juga  bapak Siddharta Moersjid advisory board member PJI serta bapak Rob Gardier, management advisor PJI. 

Bpk Sean, ibu Nini, bpk Paul, dll bersama anak-anak dan beberapa tamu undangan.
Bloggers dan ibu Nini

Saya dan pak Hayat

Rasanya belum puas mengamati Taman Literasi Keuangan ini, namun hari sudah sore dan saya masih harus meeting di tempat lain. Yup, kalau begitu harus balik lagi ke sini dengan anak-anak karena :).

Buat kamu-kamu yang ingin sekedar main atau pun mengajak anak untuk meniukmati edutainment di taman ini, datang langsung saja, lokasinya mudah dicapai dengan kendaraan pribadi mau pun umum, kok.

****

12 komentar:

  1. kayaknya nasabah pru wajib main ke taman literasi pru nih...biar bs banyak2 nanya

    BalasHapus
  2. anak2 memang perlu diberi edukasi keuangan ya mba, supaya nanti terbiasa dlm mengelola keuangannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul banget mba Santi, harus sejak dini...

      Hapus
  3. Bener tuh.. menabunglah minimal 10% ya ngga mba zata

    BalasHapus
  4. Yukkkk utamakan kebutuhan dari pada keinginan :D
    Terngiang ngiang deh quotes ini setelah dari sana wkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangettt tehhh.., jadi harus lebih nahan diri nih, hehehe...

      Hapus
  5. Apalagi sy mba, mengajarkan soal keuangan ke anak emang gk gampang....

    Makanya pengen tuh ajak ke tman literasi, pastinya seru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk yuk, ajak anak2 ke sana mas Teddy..

      Hapus