Kamis, 06 April 2017

Tutorial Membuat Boneka Kain | DIY




Sudah lama sekali saya nggak bikin artikel DIY dan tutorial, kangen juga.., jadinya saya pun mendaur ulang postingan lama dari blog sebelah 💅👧

Dulu, saat masih punya banyak waktu luang, saya hobi banget bikin crafts, termasuk si boneka kain ini, bahkan pernah saya jadikan giveaway buat blog dan instagram. Sepertinya saya mau bikin-bikin lagi, nih, dalam waktu dekat.



Ingin membuat boneka kain juga?. Caranya gampang, kok. Yuk, ikuti tahapan di bawah ini ...

Bahan-bahannya bisa dibeli di pasar tradisional juga, lho..

Pertama, siapkan bahan-bahannya, yaitu:
  • Kain flanel warna-warni (untuk aksesorisnya seperti topi dan sepatu)
  • Kain perca (bermotif untuk baju dan polos untuk badan)
  • Benang rajut (untuk rambut)
  • Benang sulam (untuk mata, alis, dll)
  • Dakron (untuk isi badan boneka)
  • Pita, dan kancing untuk aksesoris (jika suka) 
  • Karton untuk membuat pola
Gambar pola di kertas bekas

Kedua, buat pola untuk kepala, tangan, kaki, dan badan. Pola bisa dibuat dari karton atau sampul buku bekas.

Potong kain sesuai pola kertas


Ketiga, gunting bahan-bahan sesuai dengan pola, lalu jahit. Bisa dengan mesin jahit atau dengan tangan saja.

Isi kain yang sudah dijahit dengan dakron


Keempat, balik kain untuk tangan, kaki, dan kepala, lalu isi dengan dakron sampai penuh, sisakan sedikit di ujungnya agar bisa dijahit/disambung.

Gambar wajah boneka

Jahit benang helai demi helai hingga menjadi rambut tebal, lalu satukan seluruh bagian boneka.
 
Kelima,gambari kepala boneka yang sudah diisi dakron. Beri bentuk alis, mata, hidung, dan mulut. Lalu jahit benang rajut di bagian belakang kepala untuk membuat rambut. Masukan benang rajut sepanjang yang kita suka, lalu ikat mati, jahit kembali, lagi dan lagi sampai kepala bagian belakang penuh dengan rambut dari benang rajut.

Bagian menjalin rambut ini memang yang paling melelahkan, namun saat sudah terbiasa kita akan cukup cepat mengerjakannya.

Keenam, satukan seluruh tubuh dengan badan. Jahit menjadi satu, tak perlu takut benangnya kelihatan atau jelek, itu intinya dari handmade kan, ya made by hand, buatan tangan, nggak sempurna. Kalau terlalu sempurna malah tidak ada personalisasinya, apa bedanya dengan beli buatan pabrik, kan? 😆

Ketujuh, sulam bagian wajah yang sudah digambang dengan pulpen tadi. Warna benang sulam bebas, boleh hitam, coklat, dst.

Meet Clara, the beautiful gothic doll ...

Nadhira, boneka khusus untuk anak teman dekat (terinspirasi dari film BRAVE)

Gimana? keren, kan hasilnya?. Pasti orang yang kita kasih hadiah boneka ini akan sangat senang. Gampang loh ini, coba aja sendiri deh. Dari pengalaman saya, membuat satu boneka, kalau santai satu hari bisa selesai. Kalau dicicil-cicil, maksimal tiga hari baru selesai.

*****

28 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, aku pun ngajak anakku yang cewek untuk bantuin, biar dia lbh kreatif juga sih hehehe...

      Hapus
  2. Hihihi lucu2, bikinnya mudah pulak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa gak susah kok, tapi emang harus telaten :)

      Hapus
  3. Senangnya jika menjalani aktivitas yang disukai.
    Setiap hari bangun penuh semangat. Semangat adalah energi.
    Setiap detik dihiasi, dipenuhi dan diberkahi dengan kegembiraan.

    Adakah yang lebih sempurna dari itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh komenmu bener banget mba Ros. Hobi itu bikin hidup lebih berwarna. Aku inget banget dulu punya om tajir tapi gak punya hobi apa2, dia sampe bilang hidup dia membosankan karena cuma makan, tidur, kerja, repeat...

      Hapus
  4. Aku pengen mencoba buat, mba Zata. Asiik banget kalau bisa membuat ini, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mba Lid, bisa buat kado juga lhoo...

      Hapus
  5. Sdh pernah bljar mba zata cuma blm pernah d praktekin,,, efek males, anakku yg cewe ini akan bnget jahit mksh y mba,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo ayo semangat bikinnya. bikin berdua aja sama ankmu mba :)

      Hapus
  6. lucu banget mbak bonekahnya hihihi,

    kreatif dan bisa dijadikan bisnis itu mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah sih ada yang mesen beberapa, tapi gak kuat bikin banyak2 hihihi. Makasih ya udah mampir...

      Hapus
  7. Dulu ak pernah belajar bikin ini waktu kuliah, tp kendala selalu d rambut nggak rapih, keren mba boneka cantik"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Echi, pe er banget tuh bagian rambut, harus ekstra sabarrr...

      Hapus
  8. Waaah makasih tutorialnyaa, bisa jadi ide hadiah buat ponakan 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul banget tuh mba Hilda...

      Hapus
  9. finally ada tutorialnyaa..
    tp dari awal, aku ga yakin bisa pasamg rambutnya. hahaha..

    Mau pesen aja deh ke kaka Caca buat si Maghma 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahaha cindi males aja kaliii... tapi iyah sih cin, bagian rambut paling makan waktu dan tangan jadi merah2 gitu karena kelamaan pegang jarum dan neken2...

      Hapus
  10. waah seru duo Al n Zaha pasti mau nih klo Ibunya bikin di rumah
    makasih sharingnya mbaa
    Eh gak nyangka lhoo mba Zata Crafter jempolan juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha makasihhh mba Ohi..

      iya anak2 pasti suka nih kalo diajak bikin2

      Hapus
  11. Keren banget sih mba Zata. Aku selalu amazed deh sama buibu yang jago jait dan masak. Kok kayanya punya magic hand banget hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku gak bisa jaiiiittt, ini pake tangan. punya mesin tapi lupa cara makenya..

      Hapus
  12. Mbak Zata, benang rajut itu sama nggak sama benang wool? Kebetulan aku punya gulungan benang wool banyak di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda, kalo ya rajut lebih jatuh, kalo wool ngga karena terlalu enteng. tapi kalau mau pake benang wool juga gpp sih, dibikin lebih banyak aja biar tebel

      Hapus
  13. Zata kreatif banget, dulu aku sempet bikin boneka kain sendiri tapi kata suami mirip boneka voodoo.. aaah ya sudahlah beli aja hahahah XD

    BalasHapus
  14. Sip, tak ada yang lebih menyenangkan dibanding mengerjakan sesuatu dengan senang hati, tanpa beban. Semangatnya menular mba, makasiih.
    Aku cari postingan yang mobil 123 milikmu belum ketemu mba, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbaa.. btw, ada kok postingannya di bawah2 :)

      Hapus