Rabu, 31 Mei 2017

Ini 5 Syarat Mobil Keluarga Ideal Versi Saya


Abang dan kaka saat masih agak kecil, bersama sepupu mereka.

Dengan tiga anak yang mulai tumbuh besar, apalagi dua di antara mereka sudah hampir melebihi tinggi saya dan suami, rasanya mobil lama kami sudah terlalu penuh saat harus bepergian sekeluarga, ditambah lagi saat jalan-jalan, mereka senang sekali mengajak para sepupu ikut serta 😁😁.

Menghadapi situasi tersebut, sudah saatnya saya dan suami memikirkan mobil keluarga yang lebih ideal untuk kami dan pastinya harus #lebihLEGA. Dengan semakin banyaknya pilihan mobil keluarga yang ada, kami mengincar mobil yang minimal memenuhi lima syarat di bawah ini.

LUAS DAN LEGA
Luas dan lega adalah syarat nomor satu dari mobil keluarga yang ideal versi saya. Mobil yang relatif lega idaman kami adalah mobil tipe MPV, karena dengan tipe mobil ini, perjalanan keluarga pastinya akan makin nyaman dan seru.

Dalam perjalanan jauh kami bisa membawa banyak barang di bagasi yang luas, anak-anak bisa menaruh bantal serta selimut dan tiduran saat mengantuk, dan seterusnya. Yang tak kalah pentingnya adalah saat anak-anak mengajak para sepupunya ikut serta, mobil akan tetap terasa nyaman karena mereka tidak kesempitan.

Jalan-jalan bawa pasukan sebanyak ini? ya mobilnya harus luas, dong ...

NYAMAN
Nyaman adalah syarat berikutnya. Mobil keluarga biasanya kami pakai untuk bepergian bersama dan dalam jarak yang tidak dekat, sehingga jika tidak nyaman tentu saja akan menimbulkan masalah. Nyaman tentu saja tidak hanya bagi penumpang, tapi juga pengemudinya.

Rasa tidak nyaman, sekecil apa pun, pastinya akan mengganggu mood, apalagi dalam waktu yang cukup lama. Pernah satu kali kami sekeluarga pergi untuk menikmati hari libur di vila yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Kami sekeluarga sangat senang dan bersemangat. Anak-anak sudah membayangkan akan langsung berenang, main di taman, ngemil, dan lain-lain.

Dalam perjalanan, ternyata macetnya lebih parah dari yang kami duga, tengah hari bolong pula. Alhasil, selain karena berimpit-impitan, cuaca panas yang lama-lama rasanya menembus ke dalam, serta perjalanan yang berjam-jam, membuat mood kami rusak seketika. Sampai di lokasi, bukannya bersenang-senang, kami malah langsung mengurung diri di kamar ber-AC dan tertidur sampai sore. Duhh..

TERSEDIANYA LAYANAN SERVIS DAN SUKU CADANG YANG MUDAH
Saya dan suami pernah punya pengalaman tidak menyenangkan soal yang satu ini. Kami pernah memiliki kendaraan bermotor yang layanan servisnya sulit dicari, dan parahnya lagi, untuk mengganti suku cadang saja susahnya minta ampun. Kami harus menunggu lama, dan itu pun hanya ada di lokasi-lokasi tertentu yang sangat jauh dari rumah.

Hal tersebut membuat kami tidak nyaman dan pastinya akan mencoret merek mobil yang tidak menyediakan layanan service dan spareparts yang tidak mudah dijangkau.

VALUE FOR MONEY
Tapiii... semua hal di atas akan percuma kalau harga mobilnya tidak sesuai dengan yang didapat. Jadi menurut saya harus ada value for money. Saya pribadi akan rela mengeluarkan sejumlah uang tertentu asal yang didapat sesuai dengan yang saya harapkan.

IRIT BAHAN BAKAR
Hemat bahan bakar adalah syarat yang tak kalah pentingnya. Jika punya kendaraan yang bahan bakarnya boros, pastinya akan jarang dipakai dan malah membebani pengeluaran kami sehari-hari.

Bagi saya, salah satu alasan memiliki kendaraan selain demi kenyamanan dan kemudahan, juga untuk menghemat biaya transportasi. Itu sebabnya syarat irit bahan bakar adalah sebuah keharusan.


Bahagia rasanya melihat tiga gadis favorit saya ini jalan-jalan bersama. This moment is priceless!


Nah, itu tadi versi mobil ideal keluarga saya. Kalau versi kamu, gimana?, share di kolom komentar, donggg…  😍

********

78 komentar:

  1. Suka bingung klo dikasih pilihan antara mobil muat banyak sama mobil yang bisa selap selip di jalanan ibu kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tergantung kebutuhan ya mas. Kalo jaman aku n suami masih kerja kantoran, pasti milih yg bisa selap selip di macetnya Jkt, tp krn skrg udah usaha sendiri plus punya tiga anak gede, MPV jadi pilihan paling oke sih..

      Hapus
  2. Aku tambah satu lagi, yang miring harganya haha..
    Tapi emang bener koq lima poin ini aku setuju banget, apalagi kalo kemana2nya bawa anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha semua juga mau kalo itu ya mba Lubena ;p

      Hapus
  3. Wuiiihhh pasukan banyak nih mbak Zata. Emang butuh mobil yang lebih luas yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangettt.., sepupu yang seumuran mereka banyak soalnya, hihihi..

      Hapus
  4. layanan servis ini penting banget soalnya pernah ngalamin mobil tau2 mogok... Untung layanannya siap datang gak pake lama. Kl gak alamat bengong kelamaan di jalan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget mba Ria, itu ngerusak jalan2 banget deh kalo sampe tiba2 mobil bermasalah dan gak bisa segera diservis..

      Hapus
  5. Kadang-kadang sbg perempuan suka egois, maunya mobil yg bisa 'gaya' dan nyaman buat kita doank. Padahal sisi fungsi jg hrs diperhatiin, kalau kata suami gue Taa "right tools for the right job" :p eh ga nyambung ya?? Intinya, pilih mobil yg udah pasti nyaman, muat banyak buat keluarga dan bikin betah berlama2 didalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, betul Tri, sekarang nyarinya yg lega, nyaman, fungsional, tapi gaya harus teteup donggg :)

      Hapus
  6. Kok kita sama ya seleranya? Fungsinya mobil tentunya bukan saja untuk berpergian tetapi kita, anggota keluarga lainnya merasa nyaman di dalamnya dan yang lebih terpenting lagi tersedia suku cadang

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, biar bagaimana pun, fungsi nomor satu, setelah itu hal2 lain mengikuti..

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. pertimbangan milih mobil setelah punya anak-anak memang harus mengakomodasi kepentingan mereka. kalau egois sih pengennya punya sedan kecil gitu. tapi kalau sedan cuma muat berdua ya repot juga. kasian anak-anak. makanya pas beli mobil MPV lah pilihan paling masuk akal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas, saat punya anak preferensi mobil kita pun berubah ya..

      Hapus
  9. Kalau saya, mobil yang fungsional harga gak bikin kesel. Semoga bakal ada mobil kaya gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semogaaa.. soalnya kriterianya harus sesuai keinginan nih, kalo gak sayang kan keluarin uang lumayan tp kurang sesuai kebutuhan..

      Hapus
  10. Kalau akuh desain okehh kekinian, fungsional legaaa gitu kabin dan bagasi, harga dong termasuk ongkos bensinnua bikin hati senaaang gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss mba wawa, toss ah, apa pun yang bikin senang yaaa hihihi..

      Hapus
  11. Aku pun prefer ke MPV buat pilihan mobil. Bukannya apa apa sih, soalnya anaknya banyak. Biar lega juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, anak kita banyak Ci, MPV udah yang paling pas deh ya..

      Hapus
  12. setuju mba sama point harus mudah service sama suku cadangnya percuma mobilnya bagus tp susah perawatannya dan bagiku sbg mamak hemat adalah yg irit bahan bakar :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong kita, sama2 mama hemat hihihi..

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Mobil ideal buat aku walaupun masih single tetep sih aku milih mobil yg lebih lega. tujuannya biar bisa pindahin lemari ke mobil hahaha mengingat gak jarang kerjaanku menuntut gak pulang berhari-hari dan terus berkeliling kemana-mana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh kamuh mentang2 masih single, hihihi.. tapi iya sih Din, kamu kan sibuk, apa2 semua masuk mobil, biar gampang kalo kerja :)

      Hapus
  15. Mobil yang lega emang jadi idaman. Apalagi kalau musim mudik nanti. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudik pake mobil sempit tuh ampuuun deh gak nyamannya, aku pernah ngalamin soalnya mba..

      Hapus
  16. Pilihan aku juga neh mobil yang muat banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu-ibu kayak kita pilihannya gak jauh2 ya mba Lis..

      Hapus
  17. dapet semua nih kriterianya ... sip mbak !
    bepergian bersama keluarga menjadi acara yg sangat menyenangkan.

    saya selalu siapkan bekal makan dan minum ...

    enjoy traveling ... !

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, saya pun sama, di bagasi mobil selalu siap kotak makanan dan minuman buat persediaan selama perjalanan..

      Hapus
  18. Saya juga kalo mau beli mobil pilih yang luas dan lega. Irit bahan bakar tentu juga biar keluarga bisa ikut jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertimbangan punya keluarga besar juga ngaruh ke soal milih mobil ya Ev..

      Hapus
  19. saya pasti juga milih mobil MPV yang bisa nampung banyak. Secara keluarga besar. Mobil yang luas tapi tetap nyaman, tapi tetap irit dan punya layanan after sales yang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, layanan after sales wajib bagus dan mudah ya mba..

      Hapus
    2. setuju, layanan after sales penting sekali. pernah punya pengalaman buruk tentang ini soalnya. kendaraan pernah rusak dan cari spare parts susah plus lama :(

      Hapus
    3. iyes, inget banget dramanya waktu itu heheh

      Hapus
  20. aku setuju semuanya banget mbak....kalau suku cadangnya susah memang bikin bete n nyusahin diri sendiri. aku juga suka mobil mpv yg muat banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalo nyari suku cadang aja susah, gimana dll-nya kan..

      Hapus
  21. Pada dasarnya semua orang ingin punya mobil ya mbak untuk kehidupan lebih nyaman, kalau saya boleh berandai-andai, mobil impian saya dan keluarga adalah yang luas dalam artian bisa muat banyak penumpang, irit bahan bakar, harga terjangkau (kalau boleh kredit selama 10 tahun dengan cicilan dibawah 1 juta/bulan, haha..) dan performa yang bagus, handal, anti banjir karena Semarang bawah rawan banjir.. Aamiin :)

    Eh, perasaan pilihan kita banyak persamaannya ya mbak Zata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tosss dong Njar!. Aminnn, semoga kita dapat sesuai keinginan yaaa...

      Hapus
  22. Sepakat mbk sm 5 syaratnya, smg ada rezeki buat punya mobil..Aamiin

    BalasHapus
  23. wah mirip sama saya mba, ga jauh2 yang bagasi besar , irit, dan pas dikantong

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Hanni, kalo bagasi kecil gak cukup, bawaan satu anak aja udah banyak, apalagi tiga, hehehe...

      Hapus
  24. Lega itu harus tuh.. apalagi buat yang hobi pergi rombongan kayak kita yak

    BalasHapus
  25. Kayaknya bukan idaman mbak Zata doank deh, tp idaman semua keluarga di Indonesia, terutama aku nih haha.
    Aku mengidamkan bgt punya mobil yg punya bagasi gede.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi betul banget mba Mel, idaman kita smeua yak ;p

      Hapus
  26. Menurut bunda merk mobil apa yang semua itu ada ? 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. denger-denger sih akan ada, saya pun lagi menunggu-nunggu nih ;p

      Hapus
  27. Keluarga saya kecil aja sih, tapi kalau soal beli mobil, pasti mikirnya panjang. Bukan sekadar pemakaian sehari-hari, selalu ada pertimbangan kedatangan tamu atau keluarga besar. Maka, gak mau rugi dong... beli yang "sekali dayung dua-tiga pulau terlewati". Hahaha, boleh kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha iya mas Ang, gak mau rugi yah, samaaa...

      Hapus
  28. Luas dan lega itu pasti agar bisa muat semua anggota keluarga

    BalasHapus
  29. Putri Kusumawardani3 Juni 2017 17.12

    Mba zataaa... Jangankan mba yg anaknya udh 3 dan udh gede, ak yg baru punya 1 dan msh piyik pun rasanya udh gatel pgn cpet gnti mobil yg loaaaassss... Karena eh karena tiap kali mw pergi (jangankan piknik) itu bawaan si bayi piyik ini udh kyk org mw mudik berbulan bulan lamanya. Banyaknya tuh ngalahin qta yg udh gede barang2 si bayik ini. Jd mobil jaman msh single ku sdh ga layak bgt sepertinya dan sudah hrs d ganti dgn yg lbh loaaaaassss, nyaman, irit, murah, suku cadang terjamin n pstinya kudu yg eye catching jg utk d liat biar ga boseniiiinn... Hahahaa...
    Ak suka mobil yg bergaya sporty soalnya lbh menarik d pandang sm mata sih mnrtku. Hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong Put, aku pun suka mobil gede dan sporty, tough banget kayanya :)

      Hapus
    2. Etapi kalo bawa anak bayi pun printilannya buanyakkk lho Put, apalagi kalo dibawa nginep bbrp hari ke rumah ortu, hehehe..

      Hapus
    3. Iyaa bangeeett mbaa... Printilan si anak bayik ini yg ga nahan buanyaknyaaa... Hehee... Kdg mw piknik utk nginep itu yg revot. Kudu bawa bak mandi lah, stroller lah, rasa2nya seisi rumah pgn dibawa ajah. :D
      Tar klo anak udh gede, apa lg yah kerepotannya??? Apalagi klo anaknya banyak. Bisa2 mobil gede d ganti sm minibus kali yah mbaaa... Hihihihii... ������

      Hapus
    4. iya Puttt bener. Btw, japri nomor whatsapp kamu dong, abis ganti hape nomor2 pada ilang. Pengen ngirim file foto soalnya..

      Hapus
  30. Cocok banget neh 5 point itu. Apalagi kalo buat mudik. Berapa kali perjalanan pulang kampung akhir2 ini kena macet parah... yg harusnya hanya 12 an jam bisa jadi 35 jam! Bayangin... pilihan mobil harus lega untuk kami (4 orang), nyaman, dan irit bbm... kalo pas kena macetnya di tol yg jauh ke mana2 gimana coba... ditunggu kehadirannya yaah... siapa tau beruntung bisa memilikinya... ahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. whoaaa 35 jam?!!! nightmare!. Betul mba, makanya harus yg lega ya biar nyaman meski bermacet2an.. irit mah wajib atuh biar gak jebol kantong, hehehe

      Hapus
  31. Aku juga kalo mudik pilih sewa mobil yang lega buat 5 orang, soalnya kasian aja kalo perjalanan jauh tapi mobilnya bikin nggak nyaman selama perjalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, aku perhatiin sodara2ku juga kalo mudik ngga ada mobil besar, biasanya akan sewa bia bisa mudik bareng2 :)

      Hapus
  32. Memang paling asik mobil yang lega, saya juga yang belum punya anak pengen punya mobil yang lega. Pasalnya kalo pulang kampung sering ngajakin keluarga buat jalan-jalan trus bawa banyak barang jadi enak kalau mobilnya lega.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, kalo pulang kampung rame2 pasti seru ya mba, gak terlupakannn..

      Hapus
  33. Pasti jadi idaman saya pula Mba Zata punya mobil yang lega dan nyaman. Buat saya yang punya keluarga besar, mobil yang lega dan bikin nyaman pastinya pilihan mutlak, biar semua keluarga dan sanak saudara bisa keangkut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss mba Evi, sama kita pilihannya...

      Hapus
  34. Dulu sebelum punya anak, aku lbh seneng punya sedan :D. Cm berdua ini toh.. Tp setelah punya, memang ga bisa kalo hanya sedan. Makanya kita ganti mobil keluarga yg gedean :).. Apalagi kata suami tujuannya bukan hanya bawa anak, tp juga papa mama utk jalan2 .. :). Jd bye bye deh ama sedan.. Kalo punya mobil 2, pajak progresifnya yg nyebelin wkwkwkwk :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes betul banget, buat aku, mobil keluarga itu sekarang definisinya jadi 'mobil keluarga besar' hehehe

      Hapus
  35. Asyikkk... Kalau mobilnya luas, pasukan jadi ngikut semua dan nyaman ya. Tapi iya ya yang terpenting, kualitasnya juga mesti oke. Ntar kalau Kak Zatta piknik, ikut ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuukkk piknik baeng, seru pasti yaaa...

      Hapus
  36. harus nabung dulu ni biar bisa beli mobil

    BalasHapus
  37. Kalo buat single sih pake mobil yang kecil-kecil dah cukup, tapi kalo dah punya keluarga pasti mulai mikir beli kendaraan yang agak gedean ya biar bisa pergi rombongan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul dee.. kalo seringnya pergi bareng rombongan ya enaknya mobil gede ya hehehe

      Hapus