Minggu, 13 Agustus 2017

Aplikasi My Home Credit, Kemudahan Mencicil di Era Digital



"Ma, aku perlu tablet baru," ujar abang beberapa tahun lalu. Saya ingat betul, saat itu kami sedang banyak pengeluaran dan abang memang membutuhkan komputer tablet untuk menunjang sekolah serta hobinya. Awalnya, saya meminta abang untuk menunggu bulan berikutnya, namun saat ia menyerahkan uang tabungannya untuk tambahan membeli tablet, saya pun terpikir untuk menjadikan uang tersebut sebagai down payment cicilan tablet.

Singkat cerita, abang punya tablet baru dan saya pun tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar sekaligus. Namun kendalanya, saya kadang tidak telaten menyimpan berkas dan catatan. Beberapa kali saya terlewat membayar cicilan sehingga beberapa bulan berturut-turut terkena denda, dan bodohnya, saat tidak terlambat membayar, saya malah lupa jumlah cicilan yang seharusnya (karena biasanya selalu membayar plus denda, hehehe).

Saat cicilan lunas, saya pun masih berpikir dua kali untuk mencicil lagi. Takutnya, sifat kurang telaten saya seperti di atas bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam mencicil. Tapi ternyata, belum lama ini saya mendapat informasi soal adanya aplikasi My Home Credit. 

Langsung, dong saya mengunduh dan mencoba-coba kemudahan aplikasi tersebut. Ternyata ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini, mulai dari pengingat mengenai jumlah yang harus dibayar, tanggal pembayaran, penyimpanan kontrak cicilan, sampai penawaran menarik yang bisa diperoleh melalui aplikasi. Lengkap deh, pokoknya.

Nah, hari Rabu tanggal 9 Agustus lalu, kebetulan sekali saya diundang datang ke Hotel Kempinski untuk menghadiri acara peluncuran aplikasi My Home Credit ini. Wah, pastinya saya akan tahu lebih banyak soal aplikasi ini, nih. Meluncurrr...

Sebelum acara dimulai, kami berkesempatan ngobrol dengan staf dari Home Credit tentang program-program Home Credit.

Jaroslav Gaisler atau Jarda, CEO Home Credit Indonesia bersama perwakilan dari OJK dan Kemenaker.

Di acara ini, Jaroslav Gaisler, Chief Executive Officer Home Credit Indonesia bersama Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia, menyampaikan overview yang menarik tentang kehidupan digital di dunia, khususnya di Indonesia dan mengaitkannya dengan keberadaan Home Credit Indonesia yang memang selalu mengedepankan inovasi dan pelayanan kepada konsumennya. 

Peluncuran aplikasi My Home Credit ini menurut Jarda merupakan kelanjutan dari komitmen Home Credit dalam mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan inklusi keuangan dan inovasi teknologi finansial.

Dan seperti saya ceritakan sebelumnya, dengan adanya aplikasi ini, pelanggan dapat dengan mudah mengakses sendiri informasi terbaru dari layanan Home Credit di mana saja dan kapan saja, antara lain memeriksa status pembiayaan, lokasi titik penjualan terdekat, beragam promosi, lokasi pembayaran, simulasi pembiayaan dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sudah dapat diunduh di Google Play Store untuk smartphone Android dan bulan September nanti akan bisa diunduh di Apple Store. Menurut Jarda, setiap hari ada lebih dari 6.000 pengguna yang log-in melalui aplikasi ini. Dari jumlah tersebut, 54% nya merupakan pelanggan Home Credit dan sisanya, 46% belum menjadi pelanggan.

Aplikasi  ini juga dapat dinikmati oleh pelanggan Home Credit yang menikmati layanan pembiayaan multiguna FlexiFast dan diharapkan nantinya bisa mengakomodir para pelanggan FlexiFast untuk mengajukan langsung pembiayaan multiguna melalui aplikasi My Home Credit.

Demonstrasi penggunaan aplikasi My Home Credit.

Lewat aplikasi ini, kalau kita berniat mau mencicil barang, kita bisa lihat-lihat dulu barang yang kita inginkan dengan mengunjungi situs resmi mitra Home Credit, antara lain Electronic Solution, Laku6, Sunda Motor, TokoPDA.com, dan Arjuna Elektronik.

Bahkan, kita bisa mengajukan cicilan belanja online langsung dengan Home Credit lewat situs-situs tersebut, lho. Cukup duduk manis di depan laptop atau smartphone, barang yang diinginkan bisa langsung dikirim ke rumah bila pengajuan disetujui.

Menariknya lagi,  menurut Andy, Home Credit juga punya komitmen untuk mengedukasi masyarakat soal literasi keuangan lewat Kampanye Nasional Literasi Keuangan. Contoh sederhananya adalah dengan membantu pelanggan pada awal pembiayaan untuk memahami kontrak yang mereka tandatangani. Berikutnya Home Credit juga akan melakukan kunjungan ke beberapa kota besar dimana mereka beroperasi untuk memberikan edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Hal ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap program Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini aplikasi My Home Credit belum bisa digunakan untuk mengajukan cicilan. Kita tetap perlu datang ke toko di mana barang yang kita incar dijual, mengurusnya (cepat sekali, kok, hanya perlu sekitar 30 menit saja), dan saat sudah disetujui, kita bisa langsung bawa pulang barang yang diinginkan di hari yang sama. Untuk memantau kontrak, jumlah cicilan, tanggal bayar, dan sebagainya bisa dilakukan via aplikasi.

Lengkap banget, kan, informasi yang saya dapat di acara ini. Jadi ngga khawatir sering lupa lagi deh kalau mau mencicil di Home Credit karena sudah ada aplikasi ini.

Kamu sudah punya aplikasi ini di smartphone? Kalau belum, jangan lupa download di Google Play atau bisa langsung klik http://bit.ly/MyHCApp, yaaa... (untuk Apple Store baru bisa diunduh bulan depan).


lambangnya dompet merah, yaa..

Nah, selesai mengunduh aplikasi ini, sekalian aja ikut blog competitionnya, yuk! Hadiahnya 5 buah smartphone keren plus merchandise Home Credit lhoo.

Caranya gampang, cukup tulis artikel berisi opini tentang “kemudahan hidup di era digital”. Jangan lupa kaitkan tulisanmu dengan kemudahan memantau cicilan lewat My Home Credit apps, ya.

Ingin tahu lebih rinci? Silakan baca syarat dan ketentuannya di sini.

Good Luck!

********

33 komentar:

  1. Waah, aplikasi ini bisa mempermudah kita ketika butuh barang dengan cara kredit tanpa harus keluar rumah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes betul, bisa pilih2 dulu, cek dan ricek, trus ke tokonya utk urus cicilan, 30 menit aja kok, abis itu bisa cek jumlah cicilan, tgl cicilan, kontrak, dll via aplikasi ini deh..

      Hapus
  2. Wiiih asli, aplikasinya mempermudah hidup bangeet!
    Kebetulan aku juga lagi mau nyicil "seswatu" buat menunjang karir. #halah

    Thank you ka Zataaa, aku langsung donlot appsnya nih *ciyusaan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yayyy! semoga berguna ya Ciiinnn...

      Hapus
  3. menariiik, apalagi untuk orang2 yg ngga punya kartu kredit, sekarang bisa banget pake aplikasi ini ya.. btw bunga kreditnya berapa sih Ta? #mulaimikir2ikutan hahahha :D

    BalasHapus
  4. Semenjak pada heboh di ig, aku udah download dan lagi ngulik - ngulik nih soalnya kayaknya bakalan butuh banget buat isi rumah baru :)))

    BalasHapus
  5. Wah solusi klo dana cash blm siap tetapi barang yang kita butuhkan mepet. Its ok buat aku. Alhamdulillah kak Zat aku rapi simpen yg gini2 biar tahu juga ya cicilan habis kapan. Enak nih kita pantau lsg via aplikasinya. Coba donload aku ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren tuh mba Git orgnya rapi, aku hrs belajar lbh telaten kayaknya kalo soal gini2an..

      Hapus
  6. Dulu kali pertama nyicil barang elektronik itu mesin cuci dan waktu itu merasa senang karena sudah punya kartu kredit. Dulu-dulu waktu belum punya CC rasanya iri kapan ya dapat fasilitas cicilan (buat kalau lagi perlu-mepet). Tapi kalau ada apps dan fasilitas seperti HomeCredit maka siapapun bisa mencicil. Salam mba Zata:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nggak mesti yang punya KK aja jadinya ya mba :)

      Hapus
  7. Kirain tuh Mbak Zatta orangnya gesit dan telaten, semuanya bisa dikerjain, ternyata butuh ada yang ngingetinnya juga. Kayaknya saya juga butuh, lupaan orangnya. Mungkin karena overload sama kerjaan yang lain.

    BalasHapus
  8. Jadi ini mksdnya aplikasi dimana kita bisa nyicil barang ya mba? Menarik... lbh menarik lagi klo bunganya lbh kecil dibanding cicilan kartu kredit. Atau bisa 0% juga seperti kartu kredit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi dari Home Credit di mana kita bisa cek jumlah cicilan, tgl jatuh tempo, dan detail2 lainnya lewat aplikasi mba. Atau misalnya kita udah ngurus cicilan dan pengen tahu progressnya gimana, bisa juga dicek via apps ini.. :)

      Hapus
  9. Good aplikasi ya Zata memberikan kemudahan untuk konsumen. Saya akan coba aplikasi ini

    BalasHapus
  10. semua jadi lebih mudah dengan aplikasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, selama mencicil dng bijak, smua jadi lbh mudah ya :)

      Hapus
  11. Canggih! Bakal lebih mudah buat serba-serbi nyicil yaa. Pengen coba download juga deh.

    BalasHapus
  12. wah, baru tahu deh ada aplikasi ini, jadi ga repot lagi ya datang ke toko hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iyaa betul mba Uli, jadi bisa cek dan ricek barang, harga, lokasi toko dll dulu sbl apply cicil barangnya ..

      Hapus
  13. Seru ya aplikasinya, berguna banget untuk aku yang orangnya pelupa ini.

    BalasHapus
  14. wah makin canggih dong segala fasilitas hanya lewat hape

    BalasHapus
  15. Wah aku baru tau nih mba, ternyata home Credit ada aplikasinya ya, bagus dong ya, jadi memudahkan untuk memilih barangnya dulu. Makasih infonya ya mba zata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa betul mba Melysa, jadi waktunya juga gak abis utk dtg ke tiap toko liat2 dll yaa..

      Hapus
  16. Jadi tak pelulah ya, ribet ngurus cicilan gitu. Sekarang jaman serba aplikasi ya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, di era digital ini banyak aplikasi yang mempermudah hidup ya ;)

      Hapus
  17. Dulu aku cicil TV pake home credit, prosesnya mudah dan ga repot. Tapi dulu belum ada aplikasi kaya gini, sampe pernah kelebihan bayar hehehe. Untung skr ada aplikasi yah, jd makin mudah lah.

    BalasHapus