[Book Review] Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi


Sebulan terakhir ini saya bertekad kuat ingin memperbaiki keuangan pribadi serta rumah tangga saya. Apa pasal? karena anak pertama saya sudah masuk SMP, anak kedua dan ketiga saya pun punya pengeluaran tambahan baru. Sementara kondisinya, saya sudah sejak enam bulan terakhir memutuskan menjadi  Work At Home Mom (WAHM) yang tentu saja penghasilannya (belum) sebanyak saat masih kantoran. Jujur saja saya kelimpungan dengan segala pengeluaran yang tiba-tiba membengkak dan penghasilan yang justru berkurang. (Cat: berkurang secara materi ya, namun di sisi lain begitu banyak hal bertambah, seperti kualitas hubungan dengan anak-anak, suami, dll ;p).

Saya pun menyiapkan beragam senjata demi situasi finansial yang lebih baik di tahun depan, dari menjual sebagian barang tak terpakai (sekalian beberes dan ternyata saya punya banyak peralatan rumah tangga cukup mahal yang teronggok di gudang), semakin getol mencari tambahan salah satunya lewat blogging dan bantu-bantu sampingannya suami juga yaitu sebagai wedding photographer, serta belajar mengenai cara mengelola keuangan dari berbagai sumber, salah satunya adalah lewat buku "Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi" karya Herlina P Dewi, seorang praktisi keuangan dan CEO penerbit favorit saya, Stiletto Book.

Berikut adalah review mengenai buku yang baru saja saya baca ini, semoga bermanfaat buat mama-mama lainnya yang sedang berusaha menata kembali keuangannya. Ganbatte!


Judul : Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi

Penulis : Herlina P. Dewi - Praktisi keuangan dan CEO Penerbit Stiletto Book

Tebal : 215 halaman

Penerbit : Stiletto Book


KUIS KENALI DIRIMU

Buku ini diawali dengan sebuah kuis berjudul 'Kuis Kenali Dirimu' di mana kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang nantinya akan membantu mengenali tipe-tipe kita. Apakah kita tergolong wanita yang bertipe boros, perhitungan, atau supertertib?

Dari hasil mengisi kuis tersebut saya masuk dalam tipe kedua yaitu tipe perhitungan, namun saya sadar bahwa tipe saya berubah sejak berhenti bekerja kantoran sekitar enam bulan lalu. Saat masih bekerja kantoran, saya termasuk dalam tipe boros, lho ...



PENTINGNYA MERENCANAKAN KEUANGAN PRIBADI

Setelah mengenali tipe diri sendiri, kita bisa beralih ke bab pertama yang bicara soal 'Pentingnya merencanakan Keuangan Pribadi'. Dalam bab ini mba Herlina mengajarkan Teknik Menyusun Anggaran.

Apakah selama ini kita merasa bahwa penghasilan kita tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan? atau kita sering resah karena saldo tabungan berkurang dari hari ke hari?. Jika ya, artinya kita harus membuat anggaran bulanan agar kita tahu apa langkah selanjutnya yang harus ditempuh.

Dengan mengetahui anggaran bulanan, kita jadi bisa mengatur keuangan kita berapa pun penghasilan yang kita terima. Anggaran merupakan hal yang sangat penting dalam perencanaan keuangan karena anggaran merupakan rencana kita untuk mendeteksi berapa pemasukan dan pengeluaran bulanan serta menghitung selisih di antara keduanya.

Dalam bab pertama ini, kita akan belajar bagaimana cara menyusun anggaran dengan sangat rinci namun mudah, jadi tidak ada alasan malas membuat anggaran karena ribet :)



Bagi yang berencana atau sudah menikah, buku ini memiliki bahasan khusus, yaitu Mengelola Keuangan Suami-Istri. Ada satu bahasan yang paling saya sukai di bagian ini, yaitu 'Perlukah si Istri Bekerja?'. Bagaimana sebaiknya jika suami meminta istri untuk tidak bekerja atau justru si istri sendiri yang memilih untuk tidak bekerja?. Faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan jika ingin atau tidak ingin bekerja. Ada pula tip menghemat pengeluaran dan seterusnya.


MENGELOLA PEMASUKAN

Pada bab kedua, kita diajak untuk belajar bagaimana cara 'Mengelola Pemasukan'. Bagaimana agar kita merasa aman sepanjang bulan misalnya dengan membuat bujet bulanan, melunasi tagihan dan cicilan, mencatat setiap dana yang kita pakai, dan seterusnya. Mengatur dompet juga merupakan hal yang penting misalnya dengan mensortir kartu kredit, menyusun uang kertas dan memisahkan uang koin.

Di bagian ini banyak tips yang kelihatannya sederhana namun berguna, misalnya tip untuk membawa foto bayi di dalam dompet. Memasukan foto bayi ke dalam dompet berpeluang membuat dompet kita kembali ketika hilang. Kenapa? dari sebuah study yang dilakukan oleh Universitas Hertfordshire terungkap bahwa dari 240 dompet yang hilang dan ditemukan oleh seseorang, 88 % dompet yang terdapat foto bayi dikembalikan kepada pemiliknya. Wahhh, fakta yang unik yaaa ...

Mencari penghasilan tambahan juga menjadi pokok bahasan dalam bab kedua ini. Di sini disebutkan bahwa memiliki usaha sampingan pasti akan menjadi jalan keluar yang sangat ideal. Selain menambah penghasilan, memiliki usaha sampingan juga banyak manfaatnya, seperti:

  • Bisa menambah jejaring dan pengalaman
  • Menyalurkan passion
  • atau justru membuang penat setelah seharian bekerja di kantor

Selanjutnya akan dipaparkan mengenai kemungkinan pekerjaan-pekerjaan sampingan yang bisa kita lakukan sesuai dengan kompetensi kita. Saat sudah menemukan yang cocok, kita dipandu untuk memikirkan beberapa hal penting seperti kapan harus memulai, strategi sukses menjalankan usaha sampingan tersebut hingga bagaimana mengatur waktunya. Asik, kan??

nah ...
Buat yang sedang terbelit utang, atau ingin terhindar dari utang, ada bagian khusus yang membahas soal ini. Dari beberapa langkah yang disarankan oleh penulis salah satunya adalah turunkan standar hidup dan saya sangat setuju dengan langkah ini, karena saya sudah membuktikannya. Saat berhenti bekerja kantoran dan hidup dengan satu penghasilan saja (gaji suami) saya langsung menurunkan standar hidup, sebagai contoh, saya tak lagi sering ngopi di coffee shop meski pun saya pecinta kopi. Saya hanya pergi ke coffee shop sesekali, untuk meeting dengan klien dan bertemu teman, itu pun tidak terlalu sering. Untuk tetap menikmati kopi, saya pun membeli mokapot yang memungkinkan saya untuk sering ngopi di rumah saja sambil ngobrol dengan suami. Lebih hemat dan bonusnya, lebih sering bertukar pikiran dengan suami :)


MENGELOLA PENGELUARAN

Dalam bab mengenai pengelolaan pengeluaran ini, kita diajak untuk mengubah kebiasaan belanja (duhh perlu banget inih! ;p). Eitsss, tapi jangan salah, kita bukannya diminta untuk berhenti belanja, kok, lagi pula namanya perempuan, kebutuhan yang satu ini memang agak-agak sulit untuk dicoret dari daftar kaann??. Kita hanya perlu punya strategi khusus dalam berbelanja agar keuangan tetap aman sampai akhir bulan.

Berikut ini bocoran tip agar kita tetap cerdas dalam membelanjakan uang:
1. Mendahulukan kebutuhan dibanding keinginan
2. Buat daftar belanja
3. Bawa uang tunai secukupnya
4. Manfaatkan program promo dan diskon
5. Makanlah terlebih dahulu sebelum berbelanja
6. Batasi waktu belanja
7. Pikirkan berkali-kali

Masih ada juga bahasan mengenai panduan membeli barang, pengeluaran 'nakal' perempuan, pengeluaran kartu kredit, hingga pengeluaran yang bisa dipangkas.

sesekali masih boleh lah ke coffee shop ;p

SAATNYA BERPIKIR TENTANG MASA DEPAN

"Sepertinya semua orang mengakui kalau kita, baik yang masih lajang atau pun yang sudah menikah, sangat dianjurkan untuk menyisihkan sebagian pendapatan kita di rekening tabungan. Paling tidak kita punya dana darurat yang sewaktu-waktu bisa kita gunakan kalau kepepet. Masa mau merepotkan orangtua terus? atau dikit-dikit nodong suami? Malu, kan :) "

Itu bunyi paragraf pertama dari bab ini. Benar, malu, kan? jadi saatnya perempuan untuk lebih serius memikirkan soal menabung, dana darurat hingga asuransi.

Buku ini juga mengajak kita mengenali tentang macam-macam produk investasi yang ada di pasaran, yaitu tabungan di bank, deposito di bank, saham, properti, emas, mata uang asing, obligasi serta barang-barang koleksi.


AMAN SEPANJANG TAHUN

Lalu buku ini akan ditutup oleh bab 'Aman Sepanjang Tahun' di mana isinya antara lain mengenai apa saja masalah keuangan itu dan bagaimana solusinya. Ada juga resolusi keuangan bulanan yang tentu saja akan membantu kita menata serta mengelola keuangan dengan lebih baik dan lebih baik lagi.

Bagaimana? makin penasaran untuk membaca bukunya secara langsung, kan?


***


Posted By

47 comments

  1. wah, fakta ttg dompet hilangnya unik bgt yah. Ah, bener banget yah quotes ttg bisnis sampingannya. Tfs ta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Do You Seek Funds To Pay Off Credits and Debts? { FIFOCapitals@gmail.com } Is Here To Put A Stop To Your Financial Problems. We Offer All Kinds Of Loan (Personal Loan, Commercial Loan, etc.) We Give Out Loan With An Interest Rate Of 1.00%. Interested Applicants Should Contact Us Via Email: FIFOCapitals@gmail.com

      Please Fill the Application Form Below:
      - Complete Name:
      - Loan Amount Needed:
      - Loan Duration:
      - Purpose Of Loan:
      - City / Country:
      - Telephone:
      - How Did You Hear About Us:

      If You Are Interested To Get A Loan Then Kindly Write Us With The Loan Requirement. Please, Contact Us via email: FIFOCapitals@gmail.com

      Hapus
  2. Selama ini aku cuma menabung biasa di bank, deposito, dan investasi emas. Kalau yang lain belum berani. Sepertinya aku butuh buku ini. Nice review, Mba. Tfs. :)

    BalasHapus
  3. Aku termasuk yang mana ya? Sudah berusaha mengatur keuangan tapi selalu ada pengeluaran tak terduga.

    BalasHapus
  4. nice review mb..
    maksih y sharingny

    BalasHapus
  5. Makasihhh mba Haya Aliya Zaki atas kunjungannya..

    iya sama mba, aku pun lagi pengen coba2 berinvestasi...

    BalasHapus
  6. @Nur Rochma, sama, namanya kebutuhan adaaa aja ya, hehehe..

    @suzie icus, sama-sama mbaaa..

    BalasHapus
  7. Ooo Mba Zata ini baru 6 bln jadi IRT, ya.
    Hehehe Sy awal2 jg gitu Mba dan sampai skrg malah blm berpenghasilan sendiri.

    Wah, ilmunya bagus tapi soal diskon itu lho, kdg bikin kalap. Hahaha.

    BalasHapus
  8. wah bukunya menarik untuk saya yang masih boros juga, kalo ke petani sering ngajarin untuk menulis anggaran, sekarang malah pembinanya yang belum melaksanakan hehe

    BalasHapus
  9. harus beli nih, cocok buat saya yang belum bisa mengatur keuangan :D

    BalasHapus
  10. ayooo mba Pipit, smeangattt :)

    iya baru 6 bulan gak kerja kantoran nih..

    BalasHapus
  11. mba evrinasp, iya bener ya kadang ngajarin orang lbh mudah tapi prakteknya huhuhuhu...

    BalasHapus
  12. @Chiisana Sekai, yuk, langsung aja ke webstitenya Stiletto Book :P

    BalasHapus

  13. Oh begitu...
    http://voschode.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Halo, nama saya Victoria Alberto, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya butuh modal besar dari $ 200.000,00. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi. Maret 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (victoriaalberto78gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  16. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui (bellaalbert6@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus
  17. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  18. Apakah Anda mencari pinjaman pinjaman asli? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan kesempatan hidup pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Tidak terlihat lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Pinjaman kami kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis dengan tarif 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan dan penerima yang andal dan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
    Silahkan hubungi kami melalui e-mail via patriciajames205@gmail.com. Jadi jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya, Anda bisa menghubungi kami hari ini.
    Terima kasih

    Nyonya Patricia James

    BalasHapus
  19. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  20. Halo,
    Nama saya Marcia Retnawati dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman,

    Tuhan jadilah kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya kepada Ibu Alicia Radu, dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan Sebuah penipuan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Ibu Alicia Radu, via email: aliciaradu260@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: Marciaretnawati450@gmail.com

    Sekali lagi terimakasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  21. JAMINAN TRUST LOAN
    Saya Nyonya Maria Pedro, Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek atau keperluan lainnya? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2% untuk jangka waktu 1-20 tahun dan masa tenggang enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami via e-mail via: c
    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) durasi pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika Bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman dari 800 juta saya digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

    BalasHapus
  23. We are Ireland based major/Direct providers of Fresh Cut BG, SBLC, POF, MTN, Bonds and CDs and this financial instruments are specifically for lease and sale.We are one of the leading Financial instrument providers with offices all over Europe.
    we always deliver on time and precision as Set forth in the agreement. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs, project financing, Credit line enhancement, Corporate Loans (Business Start-up Loans or Business Expansion Loans), Equipment Procurement Loans (Industrial Equipment, Air crafts, Ships, etc.) as well as other financial instruments issued from AAA Rated bank such as HSBC Bank Hong Kong, HSBC Bank London, Deutsche Bank AG Frankfurt, Barclays Bank , Standard Chartered Bank and others on lease at the lowest available rates depending on the face value of the instrument needed, Our Terms and Conditions are reasonable.
    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS:
    1. Instrument: Bank Guarantee (BG)/SBLC (Appendix A)
    2. Total Face Value: 10M MIN to 50B MAX USD or Euro
    3. Issuing Bank: HSBC, Deutsche Bank Frankfurt, UBS or any Top 25 .
    4. Age: One Year, One Day
    5. Leasing Price: 4+ 1%
    6. Sale Price: 32+2%
    7. Delivery by SWIFT .
    8. Payment: MT103-23
    9. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days.
    If you have need for Corporate loans, International project funding, etc. or if you have a client that requires funding for his project or business, We are also affiliated with lenders who specialize on funding against financial instruments, such as BG, SBLC, POF or MTN, we fund 100% of the face value of the financial instrument.
    Inquiries from agents/ brokers/ intermediaries are also welcomed; do get back to us if you are interested in any of our services and for quality service.
    Name : Abban Kangan
    E-mail : abbankangan@gmail.com
    Skype id :abbankangan@gmail.com

    BalasHapus
  24. Ibu Halina Alister.


    Reputasi, sah & uang terakreditasi
    Pemberi pinjaman Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa saya memberi manfaat kepada penerima manfaat karena dengan senang hati saya menawarkan pinjaman $ 10.000,00
    digunakan untuk $ 50.000.000,00 pada tingkat bunga 2% untuk individu yang dapat diandalkan. Anda bisa menghubungi saya via E-mail:
    halinaalister579@gmail.com

    Layanan yang diberikan meliputi:

    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Penemu
    * Pinjaman Mobil
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Jalur Kredit
    * Pinjaman Kedua
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman Internasional.

    Tolong tulis kembali jika berminat.
    Setelah Respon, Anda akan dikirim formulir aplikasi pinjaman untuk diisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Guaranteed!) Saya harap saya dapat melayani Anda.
    Anda bisa menghubungi saya via E-mail:
    halinaalister579@gmail.com
    Salam
    Ibu Halina.

    BalasHapus
  25. Anda memerlukan pinjaman segera yang sah sentiasa menjadi masalah besar bagi keperluan kewangan pelanggan. Sila hubungi kami untuk bantuan kewangan segera atau segera, kami berbangga dengan komitmen kami kepada para pelanggan kami; Diakui

    * Adakah anda memerlukan pinjaman tulen,
    * Adakah anda memerlukan pinjaman tidak bercagar
    * Adakah anda memerlukan pinjaman peribadi,
    Adakah anda memerlukan pinjaman gadai janji
    * Anda memerlukan pinjaman penyatuan
    * Adakah anda memerlukan pinjaman 1 hari hutang,
    * Adakah anda memerlukan pinjaman mendesak peribadi,
    * Adakah anda memerlukan segera untuk menghapuskan hutang anda
    * Adakah anda memerlukan pinjaman perniagaan untuk pelaburan
    * Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membersihkan hutang anda
    * Adakah anda memerlukan pinjaman jangka pendek untuk memulakan perniagaan * Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar hutang anda atau anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki perniagaan anda
    * Adakah anda perlukan pinjaman cepat serius yang paling indah
     * Pernahkah anda ditolak oleh bank dan institusi kewangan lain?
     * Adakah anda dalam hutang? Ini adalah peluang anda untuk mencapai keinginan anda, dengan cepat menghubungi kami
    Puan Alina Leho
    Alamat e-mel syarikat: (guaranteetrustloan24hours@gmail.com)

    Kami memberi pinjaman kepada syarikat, entiti swasta dan individu dengan kadar faedah yang rendah dan berpatutan 2%. Anda boleh menghubungi kami melalui e-mel melalui: (guaranteetrustloan24hours@gmail.com)

     DATA PERMOHONAN

    1) Nama Penuh:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negeri:
    5) Seks:
    6) Status perkahwinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nombor Telefon:
    9) Kedudukan semasa di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Tempoh pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Pernahkah anda memohon sebelum:
    16) Tarikh Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus
  26. selamat hari semuanya

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman Jangka Panjang dan Jangka Pendek untuk organisasi individu dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk memperbaiki bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, layanan pinjaman kami berkisar dari jumlah minimum ($ 3.000,00) sampai jumlah maksimum ($ 40.000, .00) dan dengan durasi minimum 1 tahun, dan jangka waktu maksimum 10 tahun yang telah disetujui oleh perusahaan pinjaman, sebelum kami dapat mengarahkan Anda ke bank pengalihan yang akan segera memulai pinjaman Anda, jadi biarlah kami memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut. di bawah.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :::::
    DOLAR
    POUND
    EURO
    RM
    IDR

    hubungi kami sekarang

    BalasHapus
  27. Alamat kantor perusahaan
    PricewaterhouseCoopers Pvt Ltd
    Prestige Palladium Bayan, lantai 8
    129-140, Jalan Greams
    Chennai, Tamil Nadu 600 006
    India.

    Penawaran pinjaman riil dan garansi 100% mengubah kehidupan finansial Anda

    Kami adalah perusahaan kredit global yang menyadari tingkat keuangan dan kemiskinan di asia, eropa dan afrika, banyak keluarga di asia menganggur, tunawisma dan tidak memiliki makanan untuk dimakan sehingga kami bersedia membantu orang yang membutuhkan pinjaman finansial, pribadi pinjaman, modal ventura di ($, RM, IDR dll,Rs) meskipun, banyak orang di dunia telah dibodohi oleh pemberi pinjaman palsu dan menipu hal ini dengan tulus kami menjaminkan pinjaman sebesar 100% dengan tingkat bunga pinjaman sebesar 1.1% saja juga menawarkan kredit finansial untuk memulai bisnis dan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan, modal komersial yang bagus, untuk menunjukkan minat menghubungi kami hari ini melalui e-mail {kreditreserve.cashloan@gmail.com}
    Catatan: kami juga membantu Anda mendapatkan pekerjaan di kantor kosong dengan gaji yang baik setiap bulan baik yang terampil dan tidak terampil membuat Anda memiliki pekerjaan dengan gaji yang baik di manapun di dunia ini.

    kamu tulus
    Petugas publik
    BBM; DE429AED

    BalasHapus
  28. PIN BBM # (D8DA4EA9) Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    kericau; aasimhaloanfirm
    aasimahaadilaahmedloanfirm.wordpress.com

    Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya. Saya tidak pernah kehilangan harapan sampai seorang teman saya. Saya sangat terkejut ketika saya menemukan saldo rekening bank saya dan menemukan jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa syarat. Karena saya repot saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan kemudahan dan tidak. Jadi, jika Anda membutuhkan, silakan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan
    Anda setia Jurjani Budi
    berlaku di {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com}
    Permintaan..BBM PIN # (D8DA4EA9)
    kontak

    email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    PIN BBM # (D8DA4EA9) Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadila.loanfirm
    twiter; aasimhaloanfirm
    aasimahaadilaahmedloanfirm.wordpress.com

    BalasHapus
  29. PIN BBM # (D8DA4EA9) Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    kericau; aasimhaloanfirm
    aasimahaadilaahmedloanfirm.wordpress.com

    Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya. Saya tidak pernah kehilangan harapan sampai seorang teman saya. Saya sangat terkejut ketika saya menemukan saldo rekening bank saya dan menemukan jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa syarat. Karena saya repot saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan kemudahan dan tidak. Jadi, jika Anda membutuhkan, silakan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan
    Anda setia Jurjani Budi
    berlaku di {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com}
    Permintaan..BBM PIN # (D8DA4EA9)
    kontak

    email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    PIN BBM # (D8DA4EA9) Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadila.loanfirm
    twiter; aasimhaloanfirm
    aasimahaadilaahmedloanfirm.wordpress.com

    BalasHapus
  30. PIN BBM # (D8DA4EA9) Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    Kericau; aasimahaloanfirm

    JANGAN MENYERAH

    Brother dan sister yang terkasih, ketika ada masalah dengan cara apa pun, anggap ini sebuah kesempatan untuk kegembiraan besar. Karena Anda tahu bahwa ketika iman Anda diuji, daya tahan Anda memiliki kesempatan untuk tumbuh. Jadi biarlah tumbuh, karena saat ketekunan anda sudah berkembang sempurna, anda akan sempurna dan lengkap. Nama saya musa ahmad dari indonesia, keluarga saya sangat senang hari ini karena kita di mana abel mendapatkan pinjaman aman dan aman dari pinjaman perusahaan pinjaman bernama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM tanpa colataral, anak laki-laki saya sekarat dan karena transplantasi Kindey dan kami tidak memiliki uang saya untuk mencoba bank saya, mereka menolak modal saya yang dikuasai paman saya di Jarkata, dia mengarahkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman bernama, AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM. Dia mengatakan kepada saya bagaimana dia mengadili dan mendapat pinjaman dari perusahaan pinjaman ketika dia membutuhkan dana dari Rp 880 jt untuk mendukung bisnisnya, kemudian saya mengajukan pinjaman dari kredit FIRM, untuk kejutan terbesar saya, bahwa pinjaman saya telah disetujui dan diberikan dalam waktu sekitar 2 jam dan ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada bentuk cek kredit, tidak ada jaminan, dan hanya 1% suku bunga. Jadi bunga rendah jika Anda berada di luar sana mencari pinjaman untuk alasan keuangan sama sekali, maka saya akan saran anda untuk email perusahaan pinjaman di {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} untuk info lebih lanjut Anda selalu dapat menghubungi saya di email saya di musaahmed081@gmail.com
    tolong, tolong saya terimakasih kepada ibu pertemanan muslim untuk membantu kami.may allah memberkati kalian semua
    saya berharap yang terbaik untukmu

    BalasHapus
  31. DARI KANTOR
    Dari ADMIN
    LAYANAN KEUANGAN HARTFORD

    Ucapan atas nama allah kami sampaikan kepada HARTFORD FINANCE dimana kami memberikan pinjaman dengan persentase suku bunga yang sangat rendah dan menipu yang Anda butuhkan dalam bentuk pinjaman apa pun. Apakah Anda telah mencari melalui celah dan celah dunia untuk sebuah sceure dan pemberi pinjaman yang dapat dipercaya yang dapat Anda kebenaran karena kami dijamin dalam seni pemberian pinjaman, apakah Anda seorang investor, pemilik bisnis, pengusaha, kontraktor, petani, dan Anda ingin memperbesar pantai Anda atau Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? dan Anda memerlukan dana yang bagus dan aman untuk membeli properti, memperbaiki, memperbaiki layanan atau bangunan Anda. dan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda dana jumlah yang Anda butuhkan pencarian tidak lebih karena kami memberikan tim panjang dan pendek dari jumlah dan mata uang hubungi kami untuk layanan yang cepat dan aman hubungi kami sekarang melalui email di hartfordfinancialservice @ gmail .com saat kami berada di sini untuk membantu Anda mengarsipkan tujuan keuangan Anda, karena kami memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dengan layanan kami dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah. ditolak oleh bank atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan tarif paling menarik sebesar 1% untuk mengarsipkan tujuan keuangan Anda sehingga kami menawarkan kesempatan untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, hubungi kami melalui e-mail. di bawah jika Anda tertarik dengan layanan pinjaman karena kami akan memberi Anda senyuman perubahan

    Email:: [hartfordfinancialservice@gmail.com]
    BBM INVITE: [DD8B2E2D]
    DUNIA PRESS: [hartfordfinance.wordpress.com]

    BalasHapus
  32. Halo,
    Nama saya Mrs. Joan Lukas, saya adalah pemberi pinjaman pinjaman pribadi dan CEO perusahaan pinjaman Joan Lukas dimana saya menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan bisnis dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau .. Apakah Anda memerlukan pinjaman tanpa jaminan? berinvestasi di bisnis Anda, melunasi hutang, atau membangun rumah jika Anda ditolak oleh lembaga keuangan atau bank? maka jangan khawatir lagi, karena Anda berada di perusahaan pinjaman yang tepat yang akan mengubah status keuangan Anda menjadi lebih baik.
    hubungi kami hari ini untuk jumlah pinjaman melalui email: joanlukasloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  33. (((dewifendi2017@gmail.com))))

    Selamat hari semua orang saya Dewi Fedi dari Kota Indonesia Saya ingin berbagi kisah sukses besar yang terjadi dalam hidup saya agar semua orang tahu bahwa dalam hidup anda mungkin memiliki waktu yang buruk jangan khawatir waktu yang baik pasti akan datang hanya bersabar dan memiliki Menjadi bagian fokus dari pengalaman hidup saya, saya ingin mengucapkan terima kasih (ANTHONY YULIANA LENDERS) atas kebaikan, kesetiaan, kesetiaan dan kejujuran mereka dalam hidup saya. Beberapa bulan yang lalu, saya mencari pinjaman sebesar Rp100.000.000 juta karena saya kehabisan uang untuk bisnis saya dan saya tidak dapat membayar tagihan dan tenaga kerja lagi. Saya scammed Rp10 juta penipu penipuan penipuan ATM dan saya memutuskan untuk tidak terlibat dalam bisnis seperti itu lagi saya tidak pernah tahu bahwa perusahaan nyata seperti (ANTHONY YULIANA LENDER) masih berada di dunia ini sampai mantan rekan kerja saya (Mr Jerry Andi) yang mengatakan kepada saya tentang sebuah perusahaan yang mengakui sebuah pinjaman besar di Eropa saya memintanya untuk mendapatkan alamat yang dia katakan kepada saya bahwa mereka berada di BELANDA, namun memiliki email (anthony.yulianalenders@gmail.com) karena penampilan dan akta saya, dia meyakinkan saya bahwa Jika saya melamar, saya akan memberi kredit pada bisnis pada awalnya, saya berdebat dengannya, saya meyakinkannya saat dia mengatakan kepada saya bahwa uang yang kami bayar untuk hutang dan memulai bisnisnya adalah dari (ANTHONY YULIANA LENDERS)) yang merupakan perusahaan asli, Meskipun saya tidak pernah mempercayainya, saya diadili dan saya senang melakukannya, saya mendapat pinjaman dari Rp 100.000.000 juta, oleh perusahaan ini ((ANTHONY YULIANA LENDERS) tidak ada biaya transfer atau pendaftaran Jika Anda memerlukan pinjaman legit dan asli atau bantuan keuangan dan Anda dapat dipercaya, dapat dipercaya dan mampu membayar kembali pada saat jatuh tempo dana saya akan menjadi saran Anda untuk menghubungi: (anthony.yulianalenders@gmail.com) dan Anda bebas dari penipuan di internet. Semua terimakasih (ANTHONY YULIANA LENDERS) untuk mengembalikan kehidupan ke bisnis saya. Apakah Anda berasal dari Asia atau Eropa dan mencari pinjaman yang sangat asli? kisah sukses memiliki perubahan dengan (anthony.yulianalenders@gmail.com)

    Balasan

    BalasHapus
  34. Perhatian Pencari Pinjaman:

    Perhatikan bahwa kami menawarkan pinjaman 2% dan kami
    menyediakan pinjaman minimum dan maksimum sebesar $ 5.000 untuk US $
    1.000.000 per hari Pemohon yang berminat harus melengkapi aplikasi dan
    kembali lagi prosedur untuk mendapatkan info lebih lanjut
    terus. Begitu formulir pemohon terisi, syarat Pinjaman
    dan rencana pelunasan akan dikirimkan kepada Anda dan semua informasi
    lainnya

    Layanan Kami Sertakan Berikut ini: -

    * Pinjaman Investor ..........
    * Konsolidasi hutang ...........
    *Hipotek kedua...............
    * Pinjaman Usaha .............
    * Pinjaman pribadi ...............
    * Pinjaman Internasional ...........

    Formulir Permohonan Pinjaman

    Nama lengkap:
    Jenis kelamin:
    Status pernikahan:
    Kontak Alamat:
    Kota / Kode Pos:
    Negara:
    Usia:
    Pendapatan bulanan:
    Jumlah pinjaman:
    Durasi Pinjaman:
    Tanggal Pinjaman yang dibutuhkan:
    Penghasilan Mingguan:
    Pendudukan:
    Tujuan Pinjaman:
    Kontak nomor telepon:

    Menunggu untuk melakukan bisnis dengan Anda.

    unitedloanfundsoffer@gmail.com
    Pak Dani

    BalasHapus
  35. Apakah kamu butuh pinjaman?
    Apakah Anda butuh Keuangan?
    Apakah Anda mencari Keuangan?
    Apakah Anda mencari uang untuk memperbesar bisnis Anda?
    Kami membantu individu dan perusahaan untuk mendapatkan pinjaman untuk bisnis
    memperluas dan menata bisnis baru dengan jumlah berapa pun, Dapatkan pinjaman dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 1%, Apakah Anda memerlukan uang / pinjaman ini untuk bisnis dan untuk membersihkan tagihan Anda? untuk garansi 100% kirimkan email sekarang untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui Email: ((anthony.yulianalenders@gmail.com))

    BalasHapus
  36. Jangan menyerah.
    percayalah kamu mimpi
    percayalah kau fokus
    Berjuanglah sampai kamu mencapai tujuanmu.
    Orang baik masih di dunia ini.
    ada perusahaan pinjaman asli dan asli di dunia.
    dapatkan 100% guarantee loan hari ini

    BERITA BAIK, BERITA BAIK
    Ini untuk mewartakan kepada orang-orang asia bahwa AASIMAHA ADILA, adalah perusahaan pinjaman muslim terbaik yang pernah saya datangi sepanjang hidup saya membantu saya dan keluarga saya dengan pinjaman untuk membayar hutang dan memulai usaha lagi mereka telah membuka kesempatan finansial untuk semua Mereka yang membutuhkan bantuan keuangan dari pinjaman besar.AASIMAHA ADILA lende dengan tingkat 1% dan mereka memberikan pinjaman kepada janda dan duda, jika Anda memerlukan pinjaman jangka panjang dan besar untuk modal investasi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    Akan menarik untuk mengetahui bahwa banyak pemberi pinjaman di sini adalah palsu saya dan almarhum suami saya sering ditipu oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu dimana kita menipu sekitar Rp127 juta pada bulan maret, namun, ibu saudi muslim meminjam uang dalam jumlah besar Rp850 Jt.Saya telah melunasi pinjaman pertama saya dan saya diberikan pinjaman lain sebesar 1 miliar untuk memperluas pabrik saya, semoga memberkati perusahaan induk


    Tolong, saya juga menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa pemberi pinjaman berikut palsu, jangan hubungi mereka.
    A) wilson_gyna8.loankredit@gmail.com
    B) donalanny20. lenders@yahoo.id
    C) miminedi@.krediuniongmail.com
    D) adutyuyani.finance@gmail.com

    Terima kasih telah membaca ,
    Email saya adalah..muthiafadlika2020@gmail.com
    Email perusahaan AASIMHA ADILA LOAN FIRM adalah
    (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com),BBM PIN # )D8DA4EA9(

    BalasHapus
  37. DARI KANTOR
    Dari ADMIN
    LAYANAN KEUANGAN HARTFORD

    Ucapan atas nama allah kami sampaikan kepada HARTFORD FINANCE dimana kami memberikan pinjaman dengan persentase suku bunga yang sangat rendah dan menipu yang Anda butuhkan dalam bentuk pinjaman apa pun. Apakah Anda telah mencari melalui celah dan celah dunia untuk sebuah sceure dan pemberi pinjaman yang dapat dipercaya yang dapat Anda kebenaran karena kami dijamin dalam seni pemberian pinjaman, apakah Anda seorang investor, pemilik bisnis, pengusaha, kontraktor, petani, dan Anda ingin memperbesar pantai Anda atau Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? dan Anda memerlukan dana yang bagus dan aman untuk membeli properti, memperbaiki, memperbaiki layanan atau bangunan Anda. dan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda dana jumlah yang Anda butuhkan pencarian tidak lebih karena kami memberikan tim panjang dan pendek dari jumlah dan mata uang hubungi kami untuk layanan yang cepat dan aman hubungi kami sekarang melalui email di hartfordfinancialservice @ gmail .com saat kami berada di sini untuk membantu Anda mengarsipkan tujuan keuangan Anda, karena kami memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dengan layanan kami dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah. ditolak oleh bank atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan tarif paling menarik sebesar 1% untuk mengarsipkan tujuan keuangan Anda sehingga kami menawarkan kesempatan untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, hubungi kami melalui e-mail. di bawah jika Anda tertarik dengan layanan pinjaman karena kami akan memberi Anda senyuman perubahan

    Email:: [hartfordfinancialservice@gmail.com]
    BBM INVITE: [DD8B2E2D]
    DUNIA PRESS: [hartfordfinance.wordpress.com]

    BalasHapus
  38. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  39. Jangan gunakan semua Pemberi Pinjaman Uang Pribadi ini. Mereka berada di, Ghana Turki, Prancis dan Israel. Nama saya adalah Mrs.Amisha, saya berasal dari Filipina. Apakah Anda mencari pinjaman? Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis yang mendesak? Hubungi Persetujuan Pinjaman Cepat yang Sahir dia membantu saya dengan pinjaman sebesar $75000 beberapa hari yang lalu setelah mendapat scammed $12000 dari seorang wanita yang mengaku sebagai pemberi pinjaman dari france tapi saya bersyukur kepada Tuhan hari ini bahwa saya mendapatkan pinjaman saya senilai $75000.Feel bebas untuk menghubungi perusahaan tersebut untuk mendapatkan uang asli. Email: (Suzaninvestment@gmail.com

    BalasHapus
  40. IQ FINANCE PLC provides a full financial planning service to both the commercial and domestic markets. At IQ FINANCE PLC we believe that financial planning is about two things: creating wealth and protecting wealth. These two objectives are at the heart of everything we do. And, as a member of IQ FINANCE Services, we give you a small-company service but with a large-company set up – the best of both worlds.

    You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs as well as in signature project(s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges and any other turnkey project(s) etc. Our terms and Conditions are reasonable.

    Leasing Price : 4%+1%
    Buying Price: 32%+2%

    Contact us for more details on our terms and procedure of transaction.

    Jamesolsen Terrazas
    email : info.iqfinanceplc@gmail.com
    skype: cpt_young1

    BalasHapus
  41. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  42. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  43. Kabar Baik Kabar Baik
    Ketika saya melihat posting tentang mendapatkan pinjaman, saya sangat takut, saya akhirnya jatuh ke tangan yang salah dan kehilangan banyak uang, saya benar-benar menyerah tetapi kemudian saya melihat artikel tentang Mrs. Victoria Johnson dan itu cukup asli dan saya memutuskan untuk mencobanya dan percayalah bahwa itu adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat. Setelah pinjaman pertama saya dengan bunga 2% saya dibayar. Saya tidak pernah percaya bahwa saya akan dibayar untuk memungkinkan saya membayar semua hutang saya dan memulai bisnis. . Saya masih berterima kasih kepadanya karena ketulusannya dan saya hanya ingin membantu siapa pun di grup atau laman ini, yang ingin mendapatkan pinjaman tidak perlu takut menghubungi Mrs. Victoria Johnson melalui, email: - (vikkyjohnsonfinancialservice@gmail.com. com).
    dia bersedia membantu mengamankan pinjaman Anda tanpa banyak tekanan atau keterlambatan. Jika Anda memerlukan bantuan selama proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui alamat email saya yantiana932@gmail.com Semua yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah mengecewakannya dalam melakukan pembayaran angsuran bulanan. Saya memutuskan untuk membagikan karya Allah yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  44. Do You Seek Funds To Pay Off Credits and Debts? { FIFOCapitals@gmail.com } Is Here To Put A Stop To Your Financial Problems. We Offer All Kinds Of Loan (Personal Loan, Commercial Loan, etc.) We Give Out Loan With An Interest Rate Of 1.00%. Interested Applicants Should Contact Us Via Email: FIFOCapitals@gmail.com

    Please Fill the Application Form Below:
    - Complete Name:
    - Loan Amount Needed:
    - Loan Duration:
    - Purpose Of Loan:
    - City / Country:
    - Telephone:
    - How Did You Hear About Us:

    If You Are Interested To Get A Loan Then Kindly Write Us With The Loan Requirement. Please, Contact Us via email: FIFOCapitals@gmail.com

    BalasHapus
  45. Halo!

    Apakah Anda Perlu layanan pinjaman yang sah dan cepat?

    Daftar sekarang dan dapatkan uang Anda dengan segera!

    * Posisi antara 5000 hingga 50 juta
    * Pilih antara 1 hingga 30 tahun untuk membayar kembali.
    * Ketentuan pinjaman yang fleksibel.

    Hubungi kami melalui email: thompson.loanservice@gmail.com
    Pengelolaan.
    Hubungi Speedy kredit sekarang !!!

    BalasHapus