Belanja Tanpa Waswas di Duniahalal.com


Waktu masih kecil, yang saya tahu soal halal, hanya makanan saja, bahwa beberapa binatang tertentu tidak boleh dikonsumsi oleh umat Islam dalam bentuk apa pun. Saat lebih besar, saya mulai lebih tahu soal konsep halal apalagi sejak menjadi mualaf beberapa tahun silam. Namun, pengetahuan saya tentang kehalalan suatu produk dan jasa saya rasakan masih sangat kurang karena sering kali saya harus browsing sana sini dan berkali-kali bertanya pada teman yang lebih paham soal ini.

Sampai soal belanja online pun saya berusaha sehati-hati mungkin, mengecek sana-sini dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Menariknya, sekarang sudah ada duniahalal.com sebagai solusi belanja online halal di Indonesia.

Pada tanggal 6 September 2017 lalu bertempat di Cafe Kemang 89, Duniahalal.com dengan resmi diluncurkan. Dalam kesempatan tersebut hadir bapak Ndang Sutisna selaku Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal dan bapak Agung Sr, sebagai Managing Director duniahalal.com.

Latar belakang diluncurkannya duniahalal.com adalah karena terus berkembangnya usaha perdagangan berbasis e-commerce atau online di Indonesia. E-commerce sebagai suatu sistem baru dalam dunia bisnis telah menggeser sistem perdagangan tradisional dengan memanfaatkan information and communication technology (ICT).

Bisnis e-commerce di Indonesia makin meningkat tiap tahunnya, di tahun 2015 saja sudah mencapai sekitar 46 triliun. Perkembangan pesat e-commerce di Indonesia ini juga ditandai dengan tingginya jumlah toko online dan marketplace.




Para wartawan dan blogger yang hadir di peluncuran duniahalal.com

Global Islamic Economy Report tahun 2015-2016 menunjukan bahwa pasar produk syariah atau produk halal di dunia bernilai lebih dari 1 Triliun US$. Pasar produk halal ini tersebar pada produk makanan dan minuman, fashion, farmasi, kosmetik, wisata halal, hingga perbankan. Indonesia sendiri memiliki daya saing yang baik dibanding dengan industri sejenis di luar negeri dalam memasarkan produk halal karena kita memiliki pasar dalam negeri yang besar.

"Kedepannya dunia akan serba digital termasuk kegiatan manusia dalam berbelanja. Indonesia memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang dengan jumlah penduduk yang besar serta perekonomian yang terus meningkat. Hal ini akan membuat bisnis e-commerce khususnya belanja online akan terus berkembang," ujar pak Ndang Sutisna dalam kesempata tersebut.

Pak Agung juga menambahkan bahwa duniahalal.com punya pertimbangan matang saat masuk ke rancah e-commerce di pangsa pasar muslim. Indonesia dengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai 261 juta jiwa dan mayoritas adalah pemeluk Islam memiliki potensi ekonomi yang sangat besar.


Yang menjadi pertanyaan saya dan para tamu di acara tersebut salah satunya adalah bagaimana kita yakin bahwa barang-barang yang dijual diduniahalal.com adalah barang yang halal? lalu apakah proses pembayarannya pun halal?. Pak Agung dan pak Ndang menjelaskan bahwa semua vendor telah melalui proses seleksi bahkan dikunjungi langsung oleh pihak duniahalal.com untuk memastikan kehalalan produk dan jasa yang ditawarkan.

Soal pembayaran pun sudah diatur sedemikian rupa agar proses pembayarannya dengan cara yang halal, maka di sini kita tidak akan menemukan cara pembayaran dengan kartu kredit.

Saya rasa ini cukup menjadi solusi terutama bagi saya yang sebelumnya cukup repot mencari tahu soal kehalalan suatu produk, lewat duniahalal.com hal tersebut tidak perlu terjadi lagi, saya pun tak perlu waswas dan bertanya=tanya apakah produk yang saya dan keluarga pakai halal atau tidak.

Ingin tahu lebih banyak? cek websitenya di www.duniahalal.com yaaa..





***** 

42 comments

  1. Wahh keren, aku baru tau lo mbak
    makasih ya infonya
    nanti aku cek , membantu banget nih kalo kita mau cek via online ya
    selama ini aku sering bingung n galau soalnya kalo mau belanja

    BalasHapus
  2. Waaa ini situs yg full manfaat nih
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  3. Aku pas cek website ini juga langsung nyaman, karena semua produk yang dijual pasti halal. Jadi ga perlu was-was lagi yaa.

    BalasHapus
  4. Websitenya berguna banget yak, baru tau deh. Kalau begini kan nggak perlu worry ada yg ngebuat 'haram' ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Put jadi gak perlu bertanya2 ttg kehalalannya lagi, langsung cuzz blanja hehehe..

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Nis, dari kita untuk kita yaa...

      Hapus
    2. iya ya Nes, dari kita untuk kita jadinya..

      Hapus
  6. ada pilihan belanja di ecommerce islami buat masyarakat jadi makin yakin buat belanja online :)

    BalasHapus
  7. Disini bisa belanja barang halal dengan nyaman ya.

    BalasHapus
  8. Cakep. Memang halal sdh jd lifestyle ya bukan hanya utk kalangan tertentu

    BalasHapus
  9. Klo semua serba halal, insyaAllah barokah ya mba hidupnya.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah yaa ada e-commerce yang bisa menjamin kehalalan semua produk bahkan sampai ke sistem pembayarannya (ini nih yang biasanya luput). Kalau semuanya halal tentunya berkah untuk semua pihak ya, baik penjual maupun pembeli. Dan pas iseng cek websitenya, ada kategori Kecantikan jugaa! Happy deeeh!

    BalasHapus
  11. Akhirnyaaa... Seperti my dream come true gitu mba ada e commerce macam duniahalal ini. Ga perlu bingung dan ragu. Thanks sharingnya mba

    BalasHapus
  12. Pilihan marketplace semakin banyak nih. Makin memudahkan para konsumen.

    BalasHapus
  13. Kalau ada duniahalal.com jadi nyaman dong ya belanja.

    BalasHapus
  14. waaa duniahalal.com ya ... brilliant. Pas bgt dgn Market indonesia yg potensial dgn umat muslim yg besar ditambahh lagi semakim sadar akan kehalalan produk

    BalasHapus
  15. Adanya situs duniahalal.com sangat membantu nih kalau mau belanja produk yang jelas kehalalan-nya. Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  16. Bikin hati tenang kalo belanja produk di duniahalal.com terutama bagi umat muslim seperti saya. Terimakasih infonya mba zata

    BalasHapus
  17. Kalau belanja disini InsyaAllah halal ya mbak,...semoga bisa bantu perekonomian Indonesia secara luas.

    BalasHapus
  18. Iya kalau belanja udah ada label halal ga ragu lagi deh aku dan jadi mudah bisa ada aplikasi online ini ya

    BalasHapus
  19. Dunihalal ini bikin ngerasa tenang buat belanja, semoga bisa terus berkembang dan memajukan perekonomian Indonesia.

    BalasHapus
  20. asiiik dapet lagi referensi tempat belanja yang bisa dibilang harganya bersaing :) *emakemak ngirit

    BalasHapus