7 Alasan Pentingnya Berinvestasi di LRT City

Cari info properti di booth LRT City yang megah.

Waktu saya masih muda (entah berapa belas tahun lalu ;p), mendengar kata investasi rasanya berat dan nggak menarik sama sekali. Investasi sepertinya masih terlalu jauh, masih urusan orang tua, bukan untuk dipikirkan anak muda.

Dengan berjalannya waktu saya makin paham soal investasi dan mulai berpikir, kenapa nggak dari dulu, ya, saya berinvestasi?. tapi yasudahlah ya.., nggak ada kata terlambat kan buat berinvestasi.


Setelah sadar akan pentingnya investasi selagi muda, saya pun ingin agar anak-anak saya dan tentu saja generasi muda lainnya mengambil langkah cerdas dalam berinvestasi selagi muda, jangan sampai telat seperti saya.

TALK SHOW "TREN INVESTASI GENERASI MUDA" BERSAMA LRT CITY
Kebetulan sekali saya bisa menghadiri talk show berjudul "Tren Investasi Generasi Muda" yang diadakan oleh LRT City pada tanggal 5 Februari 2018 kemarin di Jakarta Convention Center. Talk show ini diadakan di booth LRT City di Hall A. Oh ya, pameran masih akan berlangsung sampai tanggal 11 Februari 2018, ya ...

Dalam kesempatan tersebut, saya mendapat banyak insight dari para nara sumber yang hadir. Ada Keenan Pearce, public figure muda yang bekerja di bidang kreatif, David Cornelius Mokalu, pengamat properti, serta Setya Adji Pramana, Project Manager Eastern Green.


Blogger undangan yang menghadiri acara talk show bersama LRT City dan Kendilima


Kopi enak tersedia di sudut booth LRT City

Pesan yang sangat penting bagi generasi muda yang disampaikan oleh ketiga narasumber yang hadir adalah menabung saja tidak cukup. Generasi muda jaman sekarang perlu menyisihkan penghasilan mereka untuk kebutuhan investasi. Yes, investasi telah menjadi kebutuhan bahkan bagi generasi muda.

Millenials, sebutan bagi generasi muda jaman sekarang, adalah generasi yang diperkirakan jumlahnya paling besar saat ini dan termasuk dalam usia yang produktif. Generasi ini lahir setelah tahun 1980 hingga 1997. Kenapa sebutannya 'millenials'?, karena generasi ini pernah melewati millenium kedua.

Menurut David Mokalu, generasi millenial ini berada punya kegiatan yang beragam namun yang paling sering dilakukan adalah yang berkaitan dengan olahraga (mostly for fun and photo) musik, film, masak, serta agama. 

Para millenials ini berpendidikan SD sampai S1 dengan presentase terbanyak ada pada lulusan SMA yaitu 61%. Pekerjaan mereka juga beragam, dari pelajar, karyawan, sampai entrepreneur.


David Mokalu sedang bicara tentang tren investasi di kalangan anak muda.

Pendapatan mereka berkisar antara 4 juta sampai di atas 12 juta Rupiah, di mana pengeluaran antara 500rb sampai di atas 2 juta Rupiah.

Para millenials juga menghadapi tantangan dalam kehidupannya, menurut David, yang teratas adalah soal lapangan pekerjaan yaitu sebesar 25%, lalu diikuti dengan barang mahal, kemiskinan, kesehatan yang mahal, dan terakhir adalah soal pendidikan yang berada di angka 8%.

Menariknya, para millenials punya optimisme dan tingkat kebahagiaan yang tinggi. Masih menurut David, 95% punya optimisme terhadap masa depan, 90% memiliki tingkat kebahagiaan yang baik, dan 76% punya optimisme terhadap pemerintah. Seneng banget deh, dengernya :).

Informasi tentang millenials dan bagaimana perilaku serta kebiasaan mereka tentu sangat perlu dipahami oleh pelaku industri. Termasuk bagaimana mereka mengelola keuangannya. Banyak yang berpikir bahwa generasi muda jaman sekarang lebih memilih menghabiskan uangnya untuk jalan-jalan daripada berinvestasi. Namun ada pula yang sudah sadar akan pentingnya investasi, lho ...

Keenan Pearce, influencer dan pengusaha muda yang hadir sebagai nara sumber.

Keenan Pearce adalah salah satu contohnya. Sebagai seorang pemuda yang bekerja di bidang kreatif, ia mewakili generasi muda yang sudah sadar akan pentingnya investasi. Suka jalan-jalan bukan hal yang salah menurutnya, itu adalah salah satu cara menikmati hidup yang dipilih oleh kebanyakan anak muda termasuk dirinya, namun ia pun sadar bahwa investasi sejak dini akan sangat berguna baginya sekarang dan nanti maka sejak usianya 20-an ia sudah berinvestasi dengan membeli apartemen.

Keenan juga meng-highlight efisiensi dari memiliki apartemen. Dengan memiliki apartemen, ia bisa memiliki fasilitas tambahan seperti kolam renang, tempat olahraga, serta kemudahan dalam bolak-ik ke kantornya sehingga ia bisa lebih produktif dalam bekerja.

Dengan memiliki apartemen, menurut Keenan, kita pun bisa mendapatkan uang tambahan per bulan atau per tahun, dengan menyewakan apartemen kita. Ia memberi contoh, bahwa apartemen kita bisa disewakan kepada expatriat misalnya. 

Biasanya expat menyewa apartemen dalam jangka waktu yang cukup lama, berbulan-bulan bahkan tahunan dan harganya pun relatif tinggi dan menguntungkan bagi pemilik apartemen.


Foto dulu ah sama pemuda inspiratif ini :)

TENTANG LRT CITY
Dari tadi saya panjang lebar cerita tentang acara talk show-nya malah lupa, mungkin ada yang belum tahu apa itu LRT City.

Seperti sudah kita ketahui, terkait dengan proyek-proyek infrastruktur dan transportasi massal yang tengah digiatkan oleh pemerintah, yaitu LRT, sebentar lagi akan rampung. 

Nah, sejalan dengan hal tersebut, makan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. melalui departemen TOD dan Hotel, mengembangkan kawasan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) dan namanya adalah LRT City.

Jadi LRT City adalah kawasan hunian yang berorientasi pada transit dan langsung terintegrasi dengan stasiun-stasiun LRT terdekat. 


Salah satu maket di booth LRT City yang memperlihatkan integrasi antara hunian dan angkutan massal LRT.


Informasi lengkap tentang LRT City juga bisa didapatkan langsung di booth-nya, yaa...

Kawasan yang dikembangkan oleh PT Adhi Karya (Persero)Tbk. ini memaksimalkan penggunaan angkutan massal LRT serta tentu saja didukung dengan jaringan pejalan kaki dan sepeda.

Dengan prinsip Connect, Compact, Density, Transit, Mix, Cycle, Shift, dan Walk, LRT City mengembangkan kawasan hunian yang bersifat compact dan mengadaptasi tata ruang campuran (mixed use).

LRT City bisa menjadi solusi untuk terbebas dari masalah kemacetan yang sudah menjadi makanan sehari-hari warga Jabodetabek. Tak hanya itu, LRT City juga bisa menjadi produk investasi yang sangat menjanjikan.


Sesi bersama Setya Adji Pramana.

Project Manager Eastern Green, salah satu proyek LRT City di kawasan Bekasi, Setya Adji Pramana, yang turut hadir sebagai nara sumber dalam acara talk show ini mengatakan bahwa pengembangan LRT City ini merupakan upaya PT Adhi Karya (Persero) Tbk. untuk memberikan kehidupan dan peradaban baru bagi kaum urban di Jakarta dan kaum suburban di daerah penyangganya.

Menurut Setya Adji, PT Adhi Karya memiliki beberapa lahan yang berlokasi di titik nol kilometer stasiun LRT Jabodetabek dan lahan-lahan tersebut lah yang akan dikembangkan untuk menjadi kawasan hunian dan komersial.

Beberapa proyek LRT City yang sedang dikembangkan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk antara lain:
  • LRT City Sentul - Royal Sentul Park
  • LRT City Bekasi - Eastern Green
  • LRT City Jaticempaka - Gate Way Park
  • LRT City Ciracas - Urban Signature
  • Cisauk Point - Member of LRT City (Tangerang)
  • Oase Park - Member of LRT City (Ciputat - TangSel)

Simak, yuk, video berikut ini yang menggambarkan tentang konsep TOD, serta prinsip Connect, Compact, Density, Transit, Mix, Cycle, Shift, dan Walk.




7 ALASAN BERINVESTASI DI LRT CITY
Nah, seusai menyimak acara talk show tersebut saya menyimpulkan bahwa ada beberapa alasan penting untuk berinvestasi di LRT City. 

Buat kamu para millenials,atau mama2 (yang sok) millenials macam saya ;p, simak yuk, 7 alasan penting yang perlu kamu ketahui kenapa kamu harus berinvestasi di LRT City.

1. Lokasi Yang Strategis
Lokasinya yang berjarak 0 kilometer dari stasiun LRT serta adanya akses jalan tol membuat hunian ini sangat strategis dan merupakan solusi bagi kita yang ingin bebas dari kemacetan.

2. Harga Yang Terjangkau
Ternyata harga jual LRT City tidak semahal yang saya bayangkan. Ada beberapa daerah yang harga cicilannya hanya berkisar 2 jutaan Rupiah per bulan dengan DP sekitar 40 jutaan. Sangat terjangkau bahkan bagi generasi mudah yang belum lama bekerja.

3. Cicilan Yang Mudah
Menurut penjelasan mas Setya Adjie Pramana, cicilan hunian ini masih tergolong terjangkau dan ringan. Cara mencicilnya juga memudahkan.

4. Ramah Keluarga 
Bagi yang sudah berkeluarga, berinvestasi di sini adalah pilihan yang tepat karena keadaan lingkungannya yang nyaman serta fasilitasnya yang lengkap yang memudahkan keluarga untuk menjangkau Rumah Sakit, sekolah, pasar, dan lain-lain.

5. Disain Hunian Yang Menarik
Disain yang atraktif, fungsi ruang yang maksimal, penataan ruang unit yang efisien,serta fasilitas tower dan kawasan yang lengkap.

6. Fasilitas Yang Lengkap
Akses dari jalan dan parkir yang mudah. Adanya fasilitas seperti sinema, mall, kolam renang, balai warga, CCTV, ruang terbuka hijau dan masih banyak lagi.

7. Investasi Yang Aman Dan Jelas
Memiliki sebuah rumah dan apartemen tentu saja merupakan sebuah investasi yang berharga. Ditambah lagi, nilai tanah di sekitar stasiun LRT yang akan makin meningkat setiap tahunnya sehingga mempengaruhi harga properti yang terintegrasi dengannya.

Karena letaknya yang sangat strategis, hunian ini juga akan mudah disewakan tentunya dengan harga yang cukup mahal mengingat lokasinya yang strategis serta fasilitas yang melengkapinya.

Jika kapan-kapan ingin menjualnya, kenaikan harga jual per m2-nya juga sangat menggiurkan.


Instagramable banget booth-nya!

Para blogger undangan berfoto bersama pembicara dan penyelenggara usai acara.

Gimana?, tertarik untuk berinvestasi? Jangan ditunda-tunda ya, cuzzz langsung aja ke booth LRT City di Indonesia Properti Expo, Jakarta Convention Center, Hall A!. Masih ditunggu sampai hari Minggu tanggal 11 Februari, kok :)

*****

Posted By

32 comments

  1. Komplit bangeeet infonya mba.. dan menarik ya utk investasi. Let me tell my hubby about it.. btw itu boothnya colorful bangeeet

    BalasHapus
  2. Setujuuuu, anak zaman sekarang udah harus diajarin berinvestasi. Dulu zaman masih kerja daku berinvestnya beli tanah. Lumayan, kalau punya uang lagi bisa dibangun dan jadiin kost-kosan :D
    Jadi penasaran sama LRT ini, nabung ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh keren banget dirimu mak udah mikirin investasi dari dulu. Iya, aku pun nulis ini dan tergoda untuk berinvestasi di sini jugaa..

      Hapus
  3. Sekarang orang semakin melek investasi ya dan investasi pun saat ini beragam. Kita bisa memilih sesuai budget dan passion

    BalasHapus
  4. Dalam memilih investasi memang kita harus smart ya kk Zata.Asal memilih malah merugi.Wow...keren nih ulasannya. Terutama untuk cicilan mulai dari 2 juta untuk ukuran sekarang lumayan terjangkau. Sayangnya belum ada di Depok ya. Semoga ke depannya ada pengembangan kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ka, harus rajin pilah pilih kalau mau investasi ..

      Hapus
  5. Kayaknya aku salah satu millenials yang (baru) sadar pentingnya investasi deh. secara kalo jalan-jalan terus, nanti beli buku anak-anak gimana dong :P

    Menarik banget sih inves di LRT city, kumplitt

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah Cindiii.. iya Cin, buat kalo lagi ke Jkt dan sekitarnya kannn.. ;p

      Hapus
  6. Informasinya lengkap banget Mbak sangat bermanfaat, benar sih investasi itu dulu itu kayaknya jauh banget kalau sekarang sudah berkeluarga penting banget berinvestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba, jaman kita dulu investasi kayaknya masih sesuatu yang berat ya.., makanya anak muda sekarang harusnya lbh sadar akan investasi biar gak kayak aku hihihi..

      Hapus
  7. aku masih termasuk generasi milenial nih xixiixix. Emang penting banget ya buat mikirin investasi. karena buat yang udah punya anak, investasi bakal jadi sesuatu yang berharga banget buat mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan, cucok deh Ci, segera investasi ajaa :)

      Hapus
  8. Mamak2 (sok) millenial hadir, atulah sebagai generasi muda jadi kabita pengen invest di LRT ya, ga nau kalah sama sosok yg muda mudi.

    Btw emang salut banget deh sama muda mudi sekarang yg punya penghasilan gede bgt, di circle kerjaanku juga pada masih muda udah ngasilin lewat inet, woow, lagi ngintipin sambil belajar sama mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, bener banget teh, anak muda sekarang kreatif dan udah mikirin masa depan banget ya.. keren...

      Hapus
  9. Aku pun dulu gitu mikirnya klo investasi properti mah buat orang kalangan beerduit aja yang sudah matang usainya haha.Pilih investasi properti kudu pinter-pinter, pilih pengembang yang track recordnya bagus jd ga di PHP hehe.

    BalasHapus
  10. eh jadi LRT mulai beroperasi, LRT City juga selesai dibangun ... gitu nantinya yah?

    BalasHapus
  11. Kak Zata ama Keenan kayak kakak adek lhoo :) Cantik dan ganteng! Sumpeeee jadi pengin invest di sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. whoaaa sukses bikin aku ge errr deh dirimu mbaaaa...

      Hapus
  12. hua itu keren banget idenya, kita memang perlu tau tentang investasi yang benar dan menguntungkan ya mba.

    BalasHapus
  13. mernarik juga investasi nya

    BalasHapus
  14. ketjehhhh banget siiiii Mba Zata ... :)

    BalasHapus
  15. Bener banget Mba, investasi properti kalau dekat stasiun itu menguntungkan banget. Ini gatheringnya seru banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, solusi banget buat yang kerja di daerah macet..

      Hapus