RHB TradeSmart with ARO – Bikin Investasi Saham Makin Mudah dan Menyenangkan


Seperti janji saya di artikel sebelumnya, saya mau cerita soal aplikasi jual beli saham dari RHB TradeSmart yang menggunakan fitur ARO, nih. Aplikasi ini benar-benar bikin investasi saham menjadi sesuatu yang mudah dan menyenangkan! Gak percaya? Yuk, ikutin review saya soal aplikasi ini.

Jadi, sejak minggu lalu saya resmi menjadi pemegang saham di beberapa perusahaan, cieee…  Saya super happy karena akhirnya, setelah bertahun-tahun tertarik ingin belajar saham, akhirnya bisa menemukan sekuritas terpercaya yang bisa membimbing saya soal ini, yaitu RHB Sekuritas. Ditambah lagi, RHB punya aplikasi bernama RHB TradeSmart with ARO ini.

ARO
ARO (Assisted Robo Optimization) adalah fitur RHB TradeSmart yang membantu investor serta trader untuk mengambil keputusan dalam transaksinya. Di dalam kesibukan sehari-hari seringkali membuat kita kehilangan momentum untuk melihat apa yang menarik dalam transaksi pasar hari itu. Dengan fitur ARO, aplikasi RHB TradeSmart mampu memberi notifikasi realtime sinyal saham kepada penggunanya, agar dapat mengetahui saham-saham apa saja yang trending pada perdagangan bursa hari itu.

Jadi aplikasi RHB TradeSmart dapat membantu mengoptimalkan serta menjadi sahabat bagi para trader dan investor dalam bertransaksi. Fitur ARO bisa diakses di dalam aplikasi RHB TradeSmart ID. ARO punya ARO Signal, ARO Library, dan ARO Technical. 

ARO Signal: berisi saham-saham yang hari itu menjadi trending di pasar, dan mendapat trading signal BULL, HOLD dan BEAR. Sehingga semuanya bisa mengetahui apa yang lagi HOT di pasar.
ARO Library: berisi indikator dan parameter tambahan yang lebih detail mengenai saham yang mendapat notifikasi, sehingga para trader dan investor bisa memiliki trading plan yang lengkap agar dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan bertransaksi.

ARO Technical: berisi parameter tambahan Automatic Support dan Resistant untuk membantu pengambilan keputusan dari trader terhadap signal rekomendasi ARO, baik antri beli maupun jual, secara otomatis tanpa harus membuka chart yang kompleks. 

Nah, ini yang paling saya suka dari si ARO, karena kesibukan saya sebagai istri, ibu tiga anak, blogger, speaker, dan sederet pekerjaan freelance lainnya, agak sulit bagi saya untuk ‘mantengin’ transaksi pasar setiap hari. Jadi dengan ARO, saya serasa punya asisten pribadi yang memberi tahu kapan saya harus beli, kapan sebaiknya jual, dst, dst. Keren, kannn….

Saya sudah cerita di artikel-artikel sebelumnya kalau saya memang sengaja ingin lebih banyak berinvestasi di saham syariah, itu kenapa saya menginstal aplikasi RHB TradeSmart Syariah di hape saya. 

Tampilan RHB Tradesmart Syariah

RHB TradeSmart Syariah merupakan sistem online trading saham berbasis syariah dengan fasilitas desktop dan mobile trading (IOS dan Android) yang memberikan kemudahan kepada investor dalam bertransaksi saham.

Saham Syariah sendiri adalah saham yang diterbitkan oleh perusahaan publik di mana kegiatan bisnis dan tata cara kelola perusahaannya tidak melanggar prinsip-prinsip syariah (misalnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang produksi minuman keras, dll) seperti diatur di dalam fatwa Dewan Syariah Nasional - Majelis Utama Indonesia (DSN - MUI) Nomor: 80/DSN-MUI/III/2011. 

Lalu mengapa saya memilih berinvestasi saham dengan RHB TradeSmart Syariah? Ya, karena sesuai dengan motonya Easy.Quick.Smart juga yang terpenting adalah AMANAH.

Sistemnya mudah dioperasikan bahkan bagi pemula sekalipun dalam melakukan transaksi saham syariah yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). RHB TransMart Syariah memiliki fitur-fitur yang dapat memberikan informasi kepada kita dalam memilih saham-saham syariah seperti rekomendasi saham, berita yang up to date dan laporan keuangan perusahaan. 

Amanah. Nah, ini yang penting. Jadi transaksinya sudah memenuhi prinsip syariah yang disahkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN - MUI). RHB juga menggunakan Rekening Dana Nasabah Syariah.

Portfolio saham saya

Aplikasi RHB TradeSmart Syariah ini seperti ‘one stop shopping’ untuk keperluan saham saya. Saya bisa mengecek portfolio saham saya kapan saja. Seperti terlihat di gambar atas, saya punya saham Telkom, Wika, dan Sido Muncul. Sedangkan saham incaran saya HOKI masih dalam proses antrian pembelian.

Saya juga bisa mengecek keuntungan serta kerugian saham-saham saya setiap saat.  Saya tinggal pergi ke portfolio, saya tekan tombol saham yang ingin saya cek profit atau lossnya, dan saya akan langsung mendapatkan laporan rinci mengenai hal tersebut.

Misalnya contoh saham Telkom saya yang ternyata profit 1,6% padahal baru beli kemarin, alhamdulillah…



Berinvestasi saham, sama seperti investasi lainnya pasti bukan soal cuan alias profit saja, tapi juga ada risikonya. Namun dengan bimbingan dari RHB Sekuritas serta informasi real time dari aplikasinya, saya bisa cut loss atau memotong kerugian secepat yang saya mau, jadi kalau pun rugi, ya bisa terukur.

Contoh di bawah ini adalah saham saya yang loss, namun saya tidak panik apalagi sampai menjualnya karena selain saya sudah mulai mengerti pergerakan saham, saya juga mendapat masukan dari RHB Sekuritas tentang saham SIDO ini.



Gitu dulu informasi soal saya yang akhirnya sudah berinvestasi saham dengan menggunakan bantuan aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini. Ayo temen-temen coba download aplikasinya, tinggal scan aja QR code di bawah yaa.


Saya masih akan banyak berbagi insight tentang saham di artikel-artikel selanjutnya, yaa..

Semoga bermanfaat.

#SahamIsEasy #TradeEasier #InvestSmarter #Amanahjadimudah


*********

2 comments