Investasi Saham? Yakin Aman?

Tulisan saya tentang Belajar Investasi Saham menuai cukup banyak keingintahuan teman-teman.
Judul di atas adalah pertanyaan yang sering saya terima sejak pengalaman saya belajar saham dan berinvestasi saham saya posting di blog dan instagram. Baca tulisan saya mulai belajar saham di sini.

Awalnya saya enggan bercerita lebih detail tentang pertumbuhan portfoilio saham saya saat berinvestasi saham karena takut terkesan pamer, hehehe. Tapi dengan banyaknya pertanyaan ingin tahu soal apakah benar berinvestasi saham itu aman?, ya saya pun berusaha mengulas soal ini di blog.
Seperti yang pernah saya dengar dari pak Berlian atau akrab dipanggil pak Ian dari sekuritas tempat saya berinvestasi saham, yaitu RHB, bahwa bisnis apa pun pasti ada risikonya. Dan kalau dihitung-hitung, saham justru menurut saya merupakan salah satu investasi berisiko kecil. Bagaimana bisa? Nanti saya ceritakan, ya…

Bicara soal bisnis, apa pun bisnis kita, pasti kita mengharapkan hasil yang memuaskan, kan ya?  Nah, dalam berinvestasi saham juga saya berharap dapat hasil yang memuaskan, dong, makanya saya memakai aplikasi RHB TradesmartID syariah untuk membantu saya memahami saham dan bagaimana cara berinvestasi Syariah dengan benar untuk memperkecil risiko tentunya.

Ada beberapa hal yang saya pelajari sejauh ini, antara lain, jangan beli saham gorengan apalagi karena saya pribadi niatnya mau investasi, bukan trading. Saham gorengan kurang lebih maksudnya adalah saham perusahaan yang kenaikannya di luar kebiasaan karena pergerakannya sedang direkayasa oleh pelaku pasar dengan tujuan kepentingan tertentu.

Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur beli saham gorengan? Ya harus berani untuk cutloss atau memotong kerugian dengan segera menjual saham tersebut. Nah, saya mendapat banyak insight dari RHB tentang saham-saham apa saja yang sebaiknya saya beli dan saya jual sehingga saya terhindar dari membeli saham gorengan tersebut.

Duhh, kalau mau ngomongin seluk beluk dan teori serta pengalaman bakal panjang banget dan pastinya seru, kapan-kapan kita lanjut ngobrol soal itu ya. Untuk artikel ini saya mau fokus nunjukin soal keuntungan finansial yang saya dapatkan dari berinvestasi saham dengan panduan dari RHB Sekuritas.

Yang saya sukai dari berinvestasi saham adalah berapa pun modal yang kita punya, kita bisa mulai melakukannya, bahkan bisa dimulai dari 100 ribu Rupiah. Kebetulan, karena masih belajar saya tidak terlalu banyak menggunakan dana di investasi ini. Saya mulai dengan jumlah 10 juta Rupiah sekitar sebulan yang lalu. Kalian tidak akan melihat keuntungan yang wah dalam cerita saya, tapi saya ingin menjelaskan bahwa seperti bisnis-bisnis lainnya, investasi saham juga akan menguntungkan jika dijalankan dengan baik dan serius.
Portfolio saham saya. Masih beli sedikit-sedikit dulu dan diversifikasi saham juga.

Hasil tangkapan layar di atas menunjukan portfolio saham saya. Seperti bisa kita lihat, saya menginvestasikan dana saya untuk saham HOKI, SIDO, TLKM, UNVR, dan WIKA. 

Mengapa saya memilih saha-saham tersebut? Pasti ada banyak alasan dan pertimbangan, termasuk dari hasil konsultasi saya dengan RHB Sekuritas pastinya. Kita bahas beberapa saja, ya..

Saya akan mulai dari saham saya di Buyung Poetra Sembada Tbk PT (HOKI). Alasan saya memilih saham ini adalah karena HOKI merupakan produsen beras cap Topi Koki, di mana 99% masyarakat Indonesia mengonsumsi beras setiap hari, dan sebagai ibu-ibu yang tiap hari masak, saya merasa punya ketergantungan pada HOKI, hihihi, emak2 banget, yaa….

Tak hanya itu, HOKI merupakan saham syariah di mana saya memang concern untuk berinvestasi di saham yang syariah. Alhamdulillah, sejak saya beli sekitar sebulan yang lalu, profit yang didapat sudah sebesar hampir 13 persen.

Saham HOKI saya.

Nah, saya juga mau nunjukin yang ruginya, nih. Saat ini saham saya yang loss itu salah satunya adalah SIDO. Bisa dilihat dari gambar di bawah ini bahwa saya mengalami loss sebesar 0.4 persen.

Saham SIDO saya.

Lalu, apakah saya panik dan saya jual? Jawabannya tidak. Alasannya, pertama karena saya percaya pada PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk (SIDO) yang merupakan saham syariah ini. Track record perusahaan ini pun baik dan bagus sehingga sangat bisa dipercaya. Niat saya juga saat ini adalah investasi, bukan trading, jadi saat loss masih ditahap yang aman buat saya, saya tidak akan menjualnya.

Saya juga berkonsultasi dengan pihak RHB tentang saham ini dan apa yang mereka sampaikan sangat masuk akal dan membuat saya merasa aman sehingga menjalankan #AmanahJadiMudah

Sampai di sini dulu ya sharing saya, jangan lupa cari tahu soal investasi saham di www.rhbtradesmart.id dan unduh aplikasi RHB TradesmartID di App Store atau Play Store ya. Registrasinya juga gratis lho… 

Happy investing !

#SahamIsEasy #TradeEasier #InvestSmarter #Amanahjadimudah

0 comments