Inspirasi Lari dari Sun Life Resolution Run 2020


Ingat artikel yang saya tulis di sini? tentang concern saya soal diabetes karena latar belakang keluarga serta memang tingkat kematian akibat penyakit ini menurut saya sudah di tahap yang mengkhawatirkan.

Di artikel tersebut saya bercerita juga bahwa saya hadir di acara Hari Diabetes Sedunia bertema “Komitmen Sun Life Meningkatkan Kesadaran Diabetes di Indonesia” yang diadakan di Kantorkuu, Rasuna Said, Jakarta.

Saat itu saya menemui fakta bahwa 68% penduduk Indonesia menilai bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja dan hanya 30% penderita diabetes di Indonesia yang memahami tentang diabetes dan penanganannya. Kebayangkan betapa deg-degannya saya karena latar belakang keluarga saya yang diabetes juga.

Sebagai bagian dari kampaye ‘Live Healthier Lives’, Sun Life meluncurkan Virtual Charity Run bertema #TeamUpAgainstDiabetes yang menjadi upaya untuk meningkatkan kesadaran sekaligus kepedulian masyarakat agar bersama lawan diabetes.

Usai hadir di acara tersebut, jadilah saya teratur berolahraga lagi, terutama lari. Tidak sering, tapi konsisten, minimal seminggu 1-2x. Agar tidak malas lari, saya bergabung dengan beberapa komunitas lari dekat rumah.

Lari bukan sekedar aktivitas fisik bagi saya, ada begitu banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa  manfaat olahraga lari ini:

MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI
Yes, percaya atau tidak, sejak mulai aktif olahraga lagi, termasuk lari, saya merasa kepercayaan diri saya meningkat drastis. Mengapa hal itu terjadi, kalau dari yang saya baca-baca, sih, hal itu terjadi karena saat kita lari dan merasa lebih sehat, otomatis kita pun merasa dapat melakukan lebih banyak hal positif dan punya kendali penuh dalam hidup, hal itulah yang membuat perlahan-lahan kepercayaan diri kita tumbuh.

MEMBANTU KESEHATAN MENTAL
Sebagai ibu-ibu tiga anak, punya beberapa pekerjaan dan bisnis, belum lagi kegiatan-kegiatan lainnya, kadang rasanya kepala saya mau ‘meledak’.  Dengan pola hidup sehat seperti rajin lari, hal ini bisa diseimbangkan. Saya merasa lebih sehat secara mental sejak senang ikut event lari dan olahraga lainnya. 

MENGUATKAN SISTEM IMUN
Ini penting banget, nih, apalagi di saat musim hujan, banyak orang sakit, serta virus Corona yang makin meresahkan. Dengan lari secara teratur dibantu hidup sehat dalam area lainnya, akan membangun ketahanan kita terhadap kuman serta virus dan lain-lain.

MENGUATKAN PARU-PARU
Dengan cara lari yang benar serta teratur, kapasitas paru-paru kita akan terus bertambah sehingga paru-paru kita akan lebih sehat dan kuat. Keren, kannn…

MEMPERTAHANKAN BERAT BADAN IDEAL
Lari tak hanya menurunkan berat badan jika dilakukan sesuai porsinya, juga buat yang sudah bertubuh ideal, lari juga akan mempertahankan berat badan kita karena lari membakar kalori yang cukup banyak.

MEREDAKAN STRESS
Stress bukan sesuatu yang buruk, namun jika terjadi secara berlebihan hingga mengganggu kehidupan, memang harus diredakan dengan segera. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga lari. Lari membuat hormon serotonin dalam otak keluar sehingga memberi efek menenangkan dan santai. Hayo, mulai lari, yuk…

Bicara soal lari, dalam kesempatan ini saya ingin meng-update para pembaca tentang kesusksesan acara Sun Life Resolution Run 2020 kemarin, ya…

Jadi, di awal tahun ini, PT Sun Life Financial Indonesia kembali menggelar ‘Sun Life Resolution Run 2020’ sebagai agenda tahunan sekaligus mengajak masyarakat dan komunitas untuk membangun hidup yang lebih sehat dan melawan diabetes.

Lokasi acara ini adalah di ICE BSD, Tangerang Selatan dan peserta yang ikutan ada lebih dari 2.500 orang dari beragam usia berpartisipasi dan turut berkontribusi mewujudkan resolusi hidup sehat bersama Sun Life Indonesia. 

Keseruan event lari kemarin ternyata tidak hanya sekedar seru-seruan biasa, ternyata pada kesempatan tersebut, Sun Life juga secara simbolis juga menyerahkan donasi senilai Rp850.000.000 yang akan dimanfaatkan untuk mendukung edukasi, pencegahan, dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia. 

Donasi Sun Life Indonesia senilai rp 850.000.000

Dana ini merupakan hasil akumulasi dari kegiatan ‘Sun Life Virtual Charity Run’ yang sebelumnya digelar pada November hingga Desember 2019, biaya pendaftaran ‘Sun Life Resolution Run 2020’, dan juga dana hibah dari perusahaan. 

Simbolisasi donasi ini diberikan oleh Leo Grepin, President Sun Life Financial Asia, kepada dr. Dante S. Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM dan didampingi Paul Joliat, Assistant Vice President, Global Partnership, Global Marketing Sun Life Financial, dan Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia.

Donasi ini menjadi bagian dari komitmen Sun Life secara global untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Di tahun kedua penyelenggaraannya, ajang kompetisi lari Sun Life Resolution Run 2020 merupakan puncak dari rangkaian kampanye #LiveHealthierLives. 

Acara tersebut menjadi lebih istimewa, karena Sun Life Resolution Run hadir dengan skala yang lebih besar, dan membawa dampak positif yang lebih baik bagi masyarakat. Upaya Sun Life dalam melawan diabetes mendapat dukungan dari beragam pihak, yang mana hal ini selaras dengan pesan yang selalu digaungkan perusahaan, yaitu #TeamUpAgainstDiabetes. 

Oleh sebab itu, Sun Life Indonesia akan terus mengajak masyarakat khususnya generasi produktif untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat serta aktif bergerak, untuk mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya, termasuk diabetes.

Sejak tahun 2018, Sun Life berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia meraih masa depan yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial. Komitmen ini dikukuhkan melalui beragam inovasi dan inisiatif yang kami prakarsai kata Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.

Ajang kompetisi lari untuk berdonasi ‘Sun Life Resolution Run 2020’, menjadi salah satu langkah nyata yang diinisiasi Sun Life dengan melibatkan masyarakat dan komunitas, dalam upaya bersama membangun generasi yang lebih sehat dan melawan diabetes - #TeamUpAgainstDiabetes. 

Keterlibatan lebih banyak masyarakat dalam ajang ini turut berkontribusi dalam peningkatan jumlah donasi yang lebih besar dari tahun lalu. Kami berharap, inisiatif dan donasi yang diberikan dapat membantu mewujudkan resolusi masyarakat yang lebih sehat, sekaligus mencegah penyebaran penyakit diabetes, tambah ibu Elin.

Sejak 2015, Sun Life Indonesia bersama Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)/Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), telah aktif memberikan edukasi dan penanganan terbaik bagi para penderita diabetes di Indonesia. Kemitraan ini diawali dengan peresmian klinik edukasi diabetes yang dibangun di RSCM, dan dilanjutkan dengan mengadakan beragam kegiatan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit diabetes. 

Di akhir 2018 lalu, Sun Life juga memberikan dukungan dalam bentuk pembuatan kaki palsu dan sepatu diabetes untuk keberlangsungan dan peningkatan kualitas hidup para penderita kaki diabetic. Ke depan, berbagai inisiatif terkait diabetes akan dijalani, khususnya yang berfokus pada upaya preventif, salah satunya melalui buku edukasi terkait diabetes yang disusun oleh tim dari RSCM. Wah, saya salut banget sama Sun Life yang terus mendukung masyarakat Indonesia untuk tidak hanya sehat secara finansial tapi juga secara fisik. Semoga kegiatan ini berjalan lancar setiap tahunnya, ya.

Semoga pembaca yang lain juga sama terinspirasinya dengan saya, ya. Yuk, ah mulai lari dan bergaya hidup sehat!



******

0 comments