Jadikan Hari Kemenangan Tahun Ini Beda dan Lebih Berwarna


Ingat tulisan saya sebelumnya tentang tradisi Osoji di Jepang? Di Indonesia pun sama, di bulan Ramadan ini jadi salah satu momen bebersih rumah oleh mayoritas keluarga muslim Indonesia. Bersih-bersih pun meliputi segala penjuru rumah, bahkan sampai ke temboknya. 

Momen bersih-bersih menjelang hari raya akhirnya juga sekaligus dijadikan momen untuk mengganti warna cat rumah oleh kebanyakan orang, termasuk saya, namun kendalanya, memilih warna cat tak semudah kelihatannya. Dulu saya bahkan pernah mengganti warna cat sampai dua kali hanya dalam satu minggu karena cat yang saya beli ternyata tidak seperti yang saya harapkan. Alhasil tak hanya membuang tenaga, uang, tapi juga waktu.

Nah, minggu lalu tepatnya tanggal 31 Maret 2023, pas banget, nih, saya menjadi salah satu narasumber di acara yang diadakan oleh brand cat favorit saya, Nippon Paint. Acara ini diadakan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan di mana ada banyak tradisi yang biasa dilakukan, mulai dari  buka bersama, mudik ke kampung halaman, tradisi bersilaturahmi dari rumah ke rumah yang kini telah ditunggu-tunggu setelah sebelumnya terkungkung karena pandemi, sampai yang tadi saya bilang, beres-beres rumah dan mengganti warna cat.

Tradisi ini pastinya menimbulkan semangat baru. Semangat menyambut handai taulan, sanak saudara, untuk kembali berkumpul dalam suasana nan hangat. Kehangatan suasana yang didukung dengan dekorasi rumah yang tepat tentunya akan membawa nuansa yang tak terlupakan.

Saya pun, sebagai pemilik rumah senang sekali melakukan makeover sudut-sudut ruangan di rumah. Karena sebagai seorang Content Creator dan Ibu Rumah Tangga tentu memerlukan ruangan estetik yang mendukung kreativitas dan produktivitas saya dalam membuat konten hingga menjadi tempat melakukan berbagai aktivitas rumah tangga lainnya. 

Tahun lalu saya banyak menggunakan warna terang dan mencolok untuk hadirkan suasana yang ceria dan bersemangat. Tapi sekarang, ada sedikit pergeseran konsep rumah, karena semenjak pandemi lalu saya jadi semakin sadar bahwa hunian menjadi kebutuhan utama penghuninya yang dapat berpengaruh pada kesehatan dan kreativitas penghuninya. Maka dari itu, sekarang saya mulai mengubah konsep rumah agar lebih bersih dan sejuk dengan menghadirkan warna-warna dengan kesan lembut serta mampu menampilkan kesan premium pada bangunan.

Jadi, saya tetap punya sudut-sudut rumah yang berwarna terang, namun untuk ruang tamu, ruang keluarga serta beberapa ruangan lainnya saya memilih warna putih bersih alias brillian white. Warna ini adalah salah satu warna dari 11 Warna Ramadan tahun 2023 ini.


Dalam acara tersebut hadir juga mba Linda Kam, Senior Marketing Manager Nippon Paint Indonesia. Ia mengatakan bahwa Nippon Paint telah meluncurkan Tren Warna Ramadan sejak 2018. Selama 5
 tahun terakhir ini, Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint hadirkan nuansa tradisional, yaitu warna hijau. Seperti warna Hijau Telur Asin di tahun 2018/19, Hijau Bolu Pandan di tahun 2020/21, dan Hijau Klepon pada tahun 2022 lalu. Pada tahun 2023 ini, Nippon Paint merayakan Ramadan lebih berwarna namun tetap elegan dengan 11 warna dalam 3 tema.

Apa saja tiga tema warna tersebut?

Tema 1 - Monokrom dengan Brilliant White 1001 sebagai warna utama

Tema 2 - Warm dengan Warm Toast NP YO 1173P sebagai warna utama

Tema 3 - Tropical dengan Green Gauze NP BGG 1619T sebagai warna utama

Mba Linda juga menyampaikan bahwa penentuan Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint ini adalah berdasarkan survei independen Nippon Paint dengan 2000 lebih SPG/B Nippon Paint dan basis data warna dari 4000 lebih Colour Creation Machine yang telah tersebar di toko bangunan seluruh Indonesia. Jadi Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint ini dapat ditemukan di mana pun dengan garansi warna 100% Akurat & Konsisten.

Wah, ini pastinya bikin tenang karena salah satu ketakutan saya saat harus mengecat seluruh rumah adalah inkonsistensi warna. Gawat kan kalau setelah selesai mengecat seluruh rumah tahu-tahu warnanya belang-belang tipis, duhh..

Dalam acara ini hadir juga Keneth Sandy, Creative Director KenethSandy Studio dan seorang Interior Architect Consultant. Mas Ken menerangkan tentang tren warna cat di masa new normal era ini. Menurutnya, memasuki new normal era pemilihan warna yang bersih, sejuk yang mudah untuk diterima oleh mata dan mampu menampilkan kesan elegan atau premium menjadi pilihan warna saat ini. Di Indonesia sendiri, warna-warna yang digemari adalah warna-warna pastel, earth tone, serta warna monochrome masih menjadi tren dan digemari.

Seneng banget bisa langsung 'konsultasi gratis' sama mas Ken di acara tersebut. Saya dan tamu lain yang hadir merasa dapat insight baru dan bermanfaat, deh. Mas Ken yang merupakan seorang Arsitek dan Desainer Interior dengan pengalaman lebih dari lima belas tahun, telah banyak merancang rumah-rumah artis Indonesia. Menurutnya, Tren Warna Ramadan Nippon Paint setiap tahunnya selalu menginspirasi. Termasuk Tren Warna Ramadan di 2023 ini. Warna yang dipilih di tahun ini mampu menjawab kebutuhan pasar di masa Ramadan new normal yang dapat memberikan efek psikologis yang bersih, intimate, dan ceria. Tiga tema Tren Warna Ramadan 2023 ini yaitu Monochrome, Warm dan Tropical dirasa mudah untuk diterima oleh mata dan mampu menampilkan kesan elegan atau premium. Yes, saya pun setuju, memang berasa banget premiumnya...

Untuk mendapatkan tampilan elegan pada rumah, Linda mengingatkan pentingnya pemilihan warna. Padu padan warna yang tepat dapat menghasilkan kesan elegan pada ruangan. Kesan tersebut yaitu pertama, dapat memberikan suasana baru dan sebuah identitas baru pada ruangan untuk memberikan kesan yang bersih, sehat, sejuk, positif, dan nyaman. Kedua, memberikan ilusi pada ruangan sehingga tampak lebih luas, tinggi, dan dapat sebagai pemisah atau pembentuk dari ruangan tersebut. Ketiga, penerapan warna aksen pada ruangan dapat mempertegas dan meningkatkan estetika dari ruangan tersebut.

Tak hanya pilihan warna Ramadan, Nippon Paint juga telah menyediakan berbagai produk & service premium yang telah siap digunakan, merupakan bagian komitmen Nippon Paint sebagai BEYOND COATINGS – lebih dari sekedar pengecatan. 

Salah satunya yaitu melalui Colour Scheme Service, layanan konsultasi gratis bersama desainer interior profesional Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat pada bangunan, dengan tiga alternatif kombinasi warna dan rekomendasi produk. Lewat layanan ini nggak ada tuh cerita salah pilih warna sampai nyesel, haha..

Selain warna dan layanan, Nippon Paint juga hadirkan 6 produk premium seperti Nippon Weatherbond Solareflect, Nippon Satin-Glo, Nippon Spot-Less Plus, Nippon Spot-Less, Nippon Flaw-Less dan Nippon Bee Brand 1000 yang dapat digunakan sebagai referensi untuk diaplikasikan pada ruangan atau bangunan yang ingin dilakukan pengecatan. 

Tertarik untuk ganti warna cat rumah tapi masih bingung milih warnanya? Coba, deh, cari inspirasi dengan mengulik Tren Warna Ramadan 2023 lewat web www.ramadan.nipponpaint.id atau bisa searching di Google pakai kata kunci; Tren Warna Ramadan.  Bersama Nippon Paint, #RamadanLebihBerwarna.

Yuk ah, mumpung masih ada waktu sebelum Idul Fitri tiba, mari kita beberes rumah sekaligus mengganti warna cat rumah dengan tiga tren warna dari Nippon Paint ini. Semangat !!

*****

0 comments