Senin, 05 Desember 2016

Ini Dia 5 Camilan Favorit Saya Selama di Minahasa



Selama menjelajahi Manado, tepatnya Minahasa selama tiga hari dua malam dalam rangka #JelajahGizi bersama Nutrisi Untuk Bangsa dan Detik, saya disuguhi beragam makanan khas Minahasa. Nggak usah ditanya lah ya rasanya, cuma ada dua macam buat saya, enak dan enak banget, hehehe..

Baca juga : #JelajahGiziMinahasa, An Eye Opening Adventure


Nah, selama di sana, selain menikmati makanan berat seperti nasi dengan ikan, daging, udang, kolombi, dan lain-lain, saya juga menikmati banyak sekali camilan yang menggugah selera. Sebagai orang Manado, sebenarnay saya sudah biasa makan camilan-camilan ini, tapi saat makan di Minahasa, bersama teman-teman blogger, media, teman-teman dari Detik dan Sarihusada rasa camilan tersebut jadi dobel enaknya :).

Dari sekian banyak camilan, 5 yang menjadi favorit saya adalahhhh...

5. Tinutuan

Ini saya anggap camilan, lho, hehehe, gak tahu kalo yang lain. Saya suka tinutuan karena saya pecinta sayur. Gabungan sedikit bubur dan sayuran berlimpah, diberi sambal kepala ikan roa, bikin makanan ini tak terlupakan rasanya. Saya sih bisa tiap hari makan tinutuan, malah waktu jaman menyusui anak-anak dulu, tinutuan ini bisa saya 'cemil' sehari lima kali, hihihi..
sehat banget kaaannnn???

4. Klapertart

Sudah pada tahu doong, sama kue khas Manado yang terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa, susu, mentega, dll, ini?. Ini uenakkk banget, tapi sedoyan-doyannya saya, saya nggak bisa makan banyak-banyak karena malah jadi 'neg' kalo makan lebih dari dua cup.

camilan ini mewah banget rasanya...

3. Nasi Jaha'

Ketan di bulu alias ketan yang dimasak di dalam bambu ini adalah makanan yang wajib dicoba saat berada di Manado. Saat ke Minahasa kemarin saya kembali menikmati makanan yang boleh dibilang camilan ini (camilan berat, tepatnya). Rasa nikmat dan gurih dari nasi jaha ini mengingatkan saya akan almarhum papa yang selalu membuat sendiri nasi jaha menjelang Natal dan Lebaran tiba. Ahhh....no further comment, deh...

Eh, btw, nanti saya mau bikin tulisan resep nasi jaha, ditunggu, yaaa ;p

nasi jaha' anyone?

biasa lah ya, difoto dulu baru dimakan ;p

2. Apang Bakar 

Tante saya sering banget bikin kue berbahan dasar terigu dan kenari ini. Saat dibakar, baunya keluar semua, bau campuran gula merah, kenari, dan daun pandan bikin saya ingin cepat-cepat melahapnya... Ini dimakan pagi-pagi atau sore-sore ditemani kopi hitam sambil ngobrol bareng temen sempurna bangettt...

tumpukan apang yang menggoda iman, eh diet...

hmmm..., bau kenarinya kecium bangetttt..

dan yang pertama adalahhhh...

1. PISANG GROHO!

Yes, ini favorit saya banget. Makan pisang groho yang digoreng dan dicolo'/dicocol sambel rasanya gak bisa berhenti!

Pisang groho digoreng dan dimakan dengan sambal, super yum!

ditemani kopi, sempurna...

Makan rame-rame, gak bisa berenti!

*****


RELATED ARTICLES:


Hidangan Laut Perekat Kebersamaan

#JelajahGiziMinahasa, An Eye Opening Adventure ...

Beautiful Minahasa

26 komentar:

  1. Pisang groho ini juara nya, sambel roa nya menggoda banget
    Tapi aku blm pernah nyobain nasi jaha nya, itu kayak lemper yaaa ???

    BalasHapus
  2. Pisang Groho yang susah ditolak, pertama makan aneh kok pisang dimakan sama sambel. Setelah itu? nyandu :D

    BalasHapus
  3. Aduuh...itu, makanannya menggoda semua Kak Zata. Aku pengen nyobain semua...

    BalasHapus
  4. Aku tegoda kue Apang, sampai ngomong sendiri pas baca postingan ini haha. Kayaknya yang pasangannya kopi hitam pasti aku suka nih!

    BalasHapus
  5. Semuanya kesukaan aku.. Ah jadi pengen mudikkkkk #comotnasijahanya

    BalasHapus
  6. Tinutuan ini sm yg sering dibilang bubur manado bukan mba? Aku pernah nyobain bubur manado kayak gitu penampakannya

    BalasHapus
  7. aku suka pisang groho gorengnya gitu aja nggak pake sambel :)

    BalasHapus
  8. @Cumilebay MazToro
    iya enak banget kan mas Cumii.. kalo nasih jaha itu nggak ada isinya, tapi rasanya agak2 asin creamy krn minyak santannya :)

    BalasHapus
  9. @Etty Mulyanti
    benerrrrr banget mba Etty, nyanduuu...

    BalasHapus
  10. @Ruth Nina
    iya Ruthhh, enak banget buat temen ngopi ini dan emang enakan kopi tubruk item daripada kopi cafe hehehe..

    BalasHapus
  11. @Ophi Ziadah
    iyaaa mba Ophii, bubur menado = tinotuan :)

    BalasHapus
  12. @tutyqueen
    iya sih mba, gak pake sambel juga tetep enak menurutku :)

    BalasHapus
  13. @Nonikhairani.wordpress.com
    yuk lah dicoba mba Noni...enak dan ngenyangin bangettt..

    BalasHapus
  14. Ya ampun, postingan ini bikin laper beneran *cari lap iler hahaha.
    Makanannya menggoda semuaaaa *glek

    BalasHapus
  15. kelihatannya enak-enak mbak camilannya, khas banget ya.

    BalasHapus
  16. Wah, asik nih makan pisang dicocol sambel huehe :9

    BalasHapus
  17. Ah, jadi kangen klapertart enaaaak

    BalasHapus
  18. Bikin ngiler makanannya.
    Numpang ngiler ya mbak :D

    BalasHapus
  19. nasi jaha itu bahan dasarnya ketan yaa kak?
    atau semacam lemper gitu?hehhehe
    aku kirain nasi biasa yang diberi bumbu :D
    pagi2 baca postingan ini, langsung keluar rumah beli camilan pagi hari :D

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Sepertinya di Indonesia Timur menu pisangnya memang dicocol pake sambel yah seperti pisang groho.. Di sumbawa juga begitu~ Btw, itu Nasi Jaha' mirip kayak lemper yah?

    BalasHapus