SINERGI SORELLA DAN LOVEPINK DALAM MENGEDUKASI PEREMPUAN INDONESIA SOAL KANKER PAYUDARA

Sorella dan Lovepink bersinergi untuk edukasi perempuan Indonesia soal kanker payudara. (photo by UnicorN Adcom)

Apa reaksi pertamamu saat mendengar kata kanker payudara?. Yes, saya pun begitu. Saya langsung merasa ngeri, takut, dan jeleknya, saya malah sempat berusaha menghindari mencari tahu lebih jauh tentang penyakit ini karena rasa takut tersebut.

Belum lama ini saya mendapat undangan dari Sorella yang mengadakan sharing moment dengan Lovepink Indonesia, sebuah komunitas kanker payudara. Wah, kebetulan, nih, pikir saya waktu itu. Saya akan mendapat pengetahuan tentang kanker payudara dengan cara yang lebih santai namun informatif karena langsung diisi oleh orang-orang yang kompeten dan peduli dengan hal ini, yaitu Lovepink dan Sorella.

Sorella Blogger & Influencer Gathering tersebut diadakan di Segarra Seaside Restaurant, Ancol. Acara itu merupakan lanjutan dari acara Sorella Trunk Show di Skye yang lalu. Baca tulisannya di sini

Gathering ini bertujuan untuk lebih dalam mengenalkan kampanye terbaru Sorella yaitu #SorellaInnerbeauty. Sebagai perempuan Indonesia, kita sebaiknya peduli kepada sesama, apalagi sesama perempuan. Kampanye tersebut diwujudkan salah satunya dengan mendukung komunitas Lovepink Indonesia, sebuah Komunitas Para Penyintas Kanker Payudara.

Dalam kesempatan di sore yang cerah tersebut, hadir mba Madelina Mutia, Co-Founder & Breast Cancer Survivor Lovepink Indonesia serta tentu saja Ibu Agnes Dewi sebagai Marketing Manager PT Megariamas Sentosa. Di acara yang dipandu oleh Jean Girsang ini, datang juga Caca Tengker serta influencer dan para blogger lainnya yang turut meramaikan acara.
Suasana Blogger & Influencer gathering di Segarra Seaside tanggal 13 Agustus 2018 lalu.
Selain dapet ilmu soal kanker payudara, kami juga seseruan bikin topi pantai. Super fun!

LOVEPINK INDONESIA
Sebenarnya sudah lama saya mendengar tentang komunitas Lovepink ini, kalau tidak salah lewat sebuah acara race beberapa tahun lalu. Organisasi nirlaba ini berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dengan cara SADARI atau Periksa Payudara Sendiri, SADANIS atau Periksa Payudara Secara Klinis, dan pendampingan bagi sesama perempuan dengan kanker payudara. 

Lovepink bergerak dengan basis komunitas penyintas yang bekerja secara sukarela untuk mendukung visi dan misi organisasi. Komunitas ini memiliki pusat kegiatan bernama Lovepink Care Center yang menjadi sarana untuk beraktivitas bagi para perempuan dengan kanker payudara. Kegiatannya beragam, mulai dari meditasi, demo masak, demo kecantikan, sampai seminar.

Lovepink memiliki visi menjadikan dunia bebas dari kanker payudara stadium lanjut. Sementara misinya adalah meningkatkan kesadaran dan menghilangkan stigma seputar kanker payudara melalui sosialisasi seputar tanda-tanda dan pengobatan kanker payudara. Selain itu juga tentang pentingnya deteksi dini dan skrining payudara secara berkala. Lovepink juga ingin memberi dukungan moral untuk para pasien kanker payudara dan keluarganya.

Organisasi ini bertujuan untuk menurunkan angka pasien kanker payudara stadium lanjut serta meningkatkan jumlah penyintas yang sadar, tangguh, dan peduli.

Seperti halnya yang dilakukan bersama Sorella di acara blogger dan influencer gathering yang lalu, Lovepink melakukan sosialisasi dan pelatihan, serta memberi dukungan baik kepada penyintas atau pun kalangan umum yang diajak untuk peduli akan kanker payudara dan deteksi dininya.  

Tak hanya itu, komunitas nirlaba ini bekerja sebagai pusat penyedia informasi, layanan dan dukungan seputar isu kanker payudara kepada komunitas, sekolah, tim medis, dan organisasi lainnya.

Inisiatif kolaborasi dengan berbagai pihak juga dilakukan untuk mewujudkan usaha yang lebih besar dalam rangka mengatasi persoalan seputar kanker payudara. Hal ini dilakukan untuk menggugah lebih banyak perempuan dan penyintas agar tanggap dan peduli pada kesehatan payudara.
Edukasi dari Lovepink dan Sorella benar-benar lebih membuka mata saya tentang kanker payudara dan pencegahan serta deteksi dininya. 

FAKTA TENTANG KANKER PAYUDARA
  • 1 dari 8 perempuan beresiko dan sudah pernah  mengidap kanker payudara.
  • Kanker tertinggi yang terjadi pada perempuan di Indonesia adalah kanker payudara dan kanker serviks.
  • Kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.
  • Semua perempuan beresiko terkena kanker payudara namun faktor keturunan meningkatkan risiko tersebut.
  • Secara nasional penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia tahun 2013 sebesar 1,4% atau diperkirakan sekitar 347.792 orang.
  • Risiko kanker payudara makin meningkat seiring dengan usia.
  • Riset Penyakit Tidak Menular (PTM) Kemenkes 2016 menyatakan perilaku masyarakat dalam deteksi dini kanker payudara masih rendah. 
  • Tercatat 53,7% masyarakat tidak pernah melakukan SADARI, sementara 46,3% pernah melakukan SADARI.
  • 95,6% masyarakat tidak pernah melakukan SADANIS, sementara 4,4% pernah melakukan SADANIS.

GEJALA KANKER PAYUDARA

Pembengkakan atau benjolan pada area payudara dan ketiak
Pembengkakan dan benjolan di dalam payudara adalah salah satu pertanda awal dari kanker payudara. Yang perlu diperhatikan, benjolan tidak selalu terasa sakit. Namun, meski demikian tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara. 

Benjolan ini dapat teraba saat kita melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Pemeriksaan sendiri bisa kita lakukan dengan teknik SADARI di tanggal yang sama setiap bulan. Lakukan pada 7 hari sampai 10 hari sejak hari pertama menstruasi.

Jaringan payudara juga meluas hingga di bawah ketiak, jadi pastikan kita waspada jika ada pembengkakan dan benjolan keras serta tebal yang ada di ketiak kita. Kanker bisa saja menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Sakit pada puting
Pada stadium 1, ciri-ciri yang umum ditemukan adalah rasa sakit atau nyeri di puting dan sekitarnya. Muncul juga perubahan pada area ini misalnya puting melesak ke dalam.

Keluar cairan berupa darah dari puting
Tanda lainnya adalah keluarnya cairan bening atau pun yang mengandung darah dari puting. Jika kita mengalami hal ini, segera konsultasikan dengan dokter.

Perubahan warna kulit di payudara
Jika payudara berwarna kemerahan seperti iritasi, apalagi disertai dengan beberapa gejala lain seperti benjolan dan rasa sakit di puting, hal ini bisa menjadi ciri dari kanker payudara. Perubahan warna ini kadang disalahartikan sebagai infeksi namun tetap saja kita harus waspada. 

Selain warna gelap dan kemerahan biasanya tekstur kulit juga akan terasa seperti kulit jeruk. Permukaan kulit di area payudara yang terkena kanker akan tampak mengkerut-kerut serta terjadi penebalan kulit. Namun ditemukan kasus, pada kanker payudara tipe tertentu yang cukup jarang, perubahan warna tidak terjadi.


KIAT MENCEGAH DAN MENDETEKSI KANKER PAYUDARA
Meski menurut mba Muti penyebab kanker payudara belum benar-benar diketahui, namun tidak ada salahnya melakukan pencegahan serta deteksi dini.

Di bawah ini adalah beberapa pedoman pencegahan kanker, termasuk kanker payudara, serta cara mendeteksinya secara dini. Oleh WHO kita juga diajak untuk hidup lebih sehat serta mewaspadai beberapa hal pemicu kanker.

  • Berhenti merokok.  Penelitian membuktikan bahwa kurang lebih 22 persen dari kematian akibat kanker per tahun disebabkan oleh tembakau.
  • Jaga berat badan ideal dan bergaya hidup sehat. Karena ditemukan hubungan antara kelebihan berat badan dan obesitas untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara.
  • Hindari minuman beralkohol. Telah ditemukan juga kaitan alkohol dengan berbagai jenis kanker.
  • Jaga lingkungan kita. Pencemaran lingkungan udara, air, dan tanah dengan bahan kimia karsinogenik menyumbang 1-4 persen dari semua kasus kanker.
  • Pelajari sejarah keluarga. Apakah ada yang pernah mengidap kanker payudara?. 
  • SADANIS atau Periksa Payudara Klinis. Sadanis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan terlatih.  Jadi, jangan lupa untuk melakukan mammograms dan pengecekan payudara secara klinis setiap tahun apalagi setelah berumur 40 tahun.
  • Lakukan SADARI atau perikSA payuDAra sendiRI. Untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara dan memperbesar kesempatan untuk sembuh, lakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri sebulan sekali. 

Berikut video dari Lovepink tentang cara melakukan SADARI.


SORELLA MENDUKUNG PENYINTAS KANKER PAYUDARA

Sekilas Tentang Sorella
SORELLA  adalah merek asal Taiwan yang lahir sejak tahun 1974.  Sampai saat ini, Sorella telah hadir di semua negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darusallam, Philipina, Myanmar, Kamboja  dan Vietnam. Untuk kedepannya, Sorella menargetkan untuk berkembang ke negara-negara Asia lainnya .

Sorella Indonesia sendiri berdiri pada tahun 1985, atas lisensi  di bawah naungan PT. Megariamas Sentosa, yang juga mempunyai berberapa merek pakaian dalam wanita internasional lainnya, seperti PIERRE CARDIN, YOUNG HEARTS, dan FELANCY.

Dengan pengalaman di bidang pakaian dalam selama  40 tahun lebih di Internasional  dan 30 tahun lebih di Indonesia, Sorella memiliki tim R&D khusus di Indonesia. Tim ini selalu berkomunikasi dengan wanita-wanita Indonesia di segala umur  dan terus menerus  menyempurnakan produk-produknya agar mampu menonjolkan feminitas seorang wanita namun tetap memberikan rasa yang nyaman ketika dipakai.

Sebagai bentuk kepeduliannya, Sorella secara nyata mendukung komunitas LOVEPINK Indonesia dengan mengeluarkan Bra Khusus untuk para Penyintas Kanker ini yaitu Bra Mastektomi.


Filososfi Sorella
Sorella percaya bahwa setiap perempuan memiliki kecantikan dari dalam atau dikenal dengan inner beauty.  Kecantikan yang sejati bagi Sorella adalah kecantikan dari dalam diri.  Perempuan Sorella adalah perempuan yang percaya diri yang selalu berpikiran positif, rendah hati  dan peduli terhadap sesama.   

Sesuai dengan filosofinya, maka Sorella peduli dan berkomitmen penuh untuk mendukung dan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan perempuan akan kanker payudara. Karena menurut survei WHO, 1 dari 8 wanita di negara berkembang menderita  kanker payudara. Oleh sebab itu diperlukan kegiatan yang bisa membagikan informasi dan pengetahuan mengenai gejala kanker payudara  dan kesadaran melakukan deteksi sedini mungkin.
Sorella dengan produk-produknya yang sangat memperhatikan perempuan dan kebutuhannya, termasuk bagi penyintas kanker payudara.

Produk Sorella Mendukung Kampanye #allaboutinnerbeauty
Kampanye yang sedang gencar dilakukan oleh Sorella adalah #allaboutinnerbeauty. Ini tercermin dari produk Sorella premium class yang tidak hanya mengutamakan nilai estetika tapi juga fungsi kesehatan. Karena Sorella begitu peduli dengan kesehatan wanita Indonesia maka hadirlah apa yang dinamakan Body Contour Wellness Bra dengan beberapa kelebihan antara lain :

Far  Infrared Rays  (mempunyai fungsi detoksifikasi, mencegah radiasi elektromagnetik dan meningkatkan sirkulasi darah) pada bagian payudara.

3D Zero Pressure Wire Bra dibuat dengan mengikuti bentuk payudara dan ketika dipakai tidak ada tekanan kawat  sehingga tidak menyebabkan sakit di sekitar payudara ketika bra dipakai karena kawatnya yang lentur.

Specialty Bra  Bamboo Bra (bahannya mengandung serat bambu dengan fungsi memperlancar peredaran darah, anti bakteri dan menghilangkan bau), Coffee Yarn ( mengandung bahan kopi dalam serat kainnya dengan fungsi membantu mencegah iritasi kulit dan anti oksidan).

Mastectomy Bra untuk wanita yang terkena kanker payudara paska pengangkatan payudara agar masih dapat tampil dengan sempurna.

Beauty Inside ( Post Mastectomy Enchancement breast Padding) sebagai pelengkap bra mastektomi diperlukan padding atau tambalan khusus yaitu pengganti payudara palsu yang lebih dikenal dengan sebutan prothesis. Sorella akan segera mengeluarkan Prothesis Silikon sebagai bentuk kepedulian Sorella dan atas dasar memenuhi  permintaan dari para penyintas kanker payudara tahun lalu di Bali.
Women who empower each other ...
So fun! ibu Dewi ngajak kami wefie ...


Acara gathering cantik yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam itu akhirnya berakhir dan ditutup dengan pembagian hadiah serta doorprize serta tentu saja foto bersama, dong...

Terimakasih kepada Sorella serta pendukung acara lainnya yaitu www.womantalk.com, www.grid.id, www.nova.id  dan www.smartmama.com.

Saya senang sekali bisa menjadi bagian dari kampanye Sorella dan Lovepink ini. Semoga dengan kegiatan-kegiatan edukasi semacam ini, semakin banyak perempuan Indonesia yang terpapar dengan informasi cara pencegahan serta deteksi dini kanker payudara, ya...

********

Posted By

32 comments

  1. Kanker payudara sama mengerikannya dengan kanker serviks. Apalagi sekarang , kanker payudara jadi penyakit pembunuh pertama bagi perempuan. Makin ngeri aja.

    Pola dan gaya hidup yang benar-benar berpengaruh nih dengan kanker. Jadi jaga-jaga buat selalu hidup sehat aja ya kak.

    Infonya lengkap banget, jadi tahu gejala kanker payudara itu kaya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Ci, lebih bagik waspada aja memang, dng tetap bergaya hidup sehat dan lakukan pemeriksaan sendiri di rumah.

      Hapus
  2. Kanker payudara dan kanker serviks makin jadi momok, ya. Semoga makin banyak yang sadar dan bisa mencegah.

    BalasHapus
  3. Thanks Zata informasi edukatifnya. Kanker payudara kadang baru disadari di saat stadium lanjut.Melalui tulisan ini para wanita terbantu untuk lebih aware.
    Aku juga pemakai Sorella loh, good product dan nyaman deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ka, sorella emang kualitasnya terbukti bagus ya...

      Hapus
  4. Lengkap banget ini infonya Mba Zata, aku jadi dapat reminder tentang periksa sendiri, kadang lupa. Hehe. Suka sama produk Sorella yang peduli dengan penyintas kanker payudara sama naksir produk barunya yang bahan bamboo sepertinya nyaman banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Nia, produk2nya Sorella udah cakep, nyaman pula ya, sukaaa...

      Hapus
  5. Aku termasuk yang awalnya menghindari mencari info tentang hal ini loh Ka Zata, karena takut :(. Padahal malah ga boleh yaa. Justru harus paham semua, just in case dibutuhkan ilmunya.

    Terus aku masuk golongan 95,6% yang tidak melakukan SADANIS, hikss..

    Menyenangkan banget hadir di acara ini, dapat ilmu dengan konsep belajar fun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh samaan dong kita Cin, huhuhu.. yuk ah mulai peduli soal kesehatan payudara sejak sekarang...

      Hapus
  6. Dari informasi ini, saya jadi sadar kalau Kanker Payudara itu masih belum banyak yang menyadari. Terus keingetan sama temen, yang bahkan memeriksa payudaranya sendiri saja dia merasa tabu. Ya ampun, sedih jadinya. Semoga semakin banyak orang yang mendapat edukasi mengenai kanker payudara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun ada yang sampe segitunya ya mba?. semoga edukasi macam ini bikin makin banyak wanita sadar dan waspada ya mba...

      Hapus
  7. Penting bangeeet edukasi tentang kanker payudara ini. Karena masih banyak orang yang ngeri kalau berurusan dg dokter. Padahal deteksi dini pengaruh banget terhadap proses penyembuhan. Semoga makin banyak yang peduli yaa. Btw, aku cinta mati sama brand sorella. Nitip dong, ditunggu diskon-diskon hebohnya. Heuheu

    BalasHapus
  8. Wahhh seruuuu banget ya acaranya, beruntung sekali kamuh hehehe. Akupun begitu, ngeri bgt kalau denger tentang kanker payudara, kita hrs aware sama kondisi kesehatan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, nggak ada salahnya untuk waspada ya :)

      Hapus
  9. Mba Zata makasih ya informasinya, jadi mau sadari nih. Nonton mami beha memaparkan jadi mawas diri.

    BalasHapus
  10. Pencegahan bisa di lakukan dengan sadari sebulan sekali, selesai haid. Periksa payudara sendiri agar stadium awal bisa di dekteksi.

    BalasHapus
  11. Semakin terbuka untuk selalu menjaga kesehatan terutama payudara ya Mba setelah mendengar paparan da pengalaman para narasumber di acara ini. Bersyukur kita masih punya asset yang lengkap semoga selalu sehat.
    Saya juga salut sm inovasi2 Sorella

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul teh, semoga makin banyak yang menerima edukasi. Iyes, selalu salut sama Soprella, produknya bagus dan nyaman, CSR-nya juga bikin bangga...

      Hapus
  12. Aku baru tahu ada bra mastektomi seperti ini, Mbak Zata. Kirain disumpal-sumpal asal gitu biar balans. >.< Keren ya inovasi Sorella.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya mba Hay, waktu blom ada bra mastektomi Sorella ini mungkin pada kreatif bikin sumpalan sendiri :)

      Hapus
  13. kalau di pasar-pasar biasa udah ada ga ya, aku mau ah kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya ya nggak merhatiin, coba nanti aku cek ada atau ngga :)

      Hapus
  14. Inovasi Sorella top deh! Jadi pengingat juga nih untuk cek kesehatan

    BalasHapus
  15. Memang perlu banyak pihak mengedukasi kanker payudara

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, harus banyak pihak dan konsisten pula biar terasa manfaatnya buat banyak orang

      Hapus
  16. Ya ampun ini penting banget nih untuk ayu, pengen cek - cek sejak dini di rumah, makasih infonya mbak Zata *kiss

    BalasHapus