B’gen - Botanical Collagen Drink, Bikin Hidup Sehat Lebih Praktis dan Menyenangkan | REVIEW


Sudah sejak lama saya berusaha untuk berusaha hidup lebih sehat dengan cara teratur berolahraga dan mengonsumsi makanan yang lebih alami. Hal ini juga saya tularkan pada keluarga saya terutama anak-anak sehingga mereka pun mulai ikut bergaya hidup sehat.

Bicara soal gaya hidup sehat, selain teratur berolahraga dan memilih makanan yang lebih sehat, sudah dua minggu terakhir ini saya rajin mengonsumsi  B’gen, Botanical Collagen Drink produksi PT Gracia Pharmindo, Bandung.

Sebelum saya mereview produk yang baru saja jadi favorit saya ini, saya ingin bercerita sedikit ya soal PT Gracia Pharmindo ini. Kenapa? Karena saya pribadi, sih, selalu ingin tahu siapa yang memproduksi makanan atau minuman yang saya konsumsi sehari-hari, apalagi PT Gracia Pharmindo ini adalah perusahaan lokal dan menggunakan bahan-bahan lokal juga untuk produk-produknya.

Jadi, PT Gracia Pharmindo adalah sebuah perusahaan farmasi yang didirikan pada tahun 2003 oleh bapak Djoni Tanu. Selain memproduksi produk-produk kesehatan berkualitas tinggi, kini PT Gracia Pharmindo juga mulai memproduksi produk suplemen dan nutrisi, seperti B’gen ini.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi produk ini secara teratur, saya menyempatkan bertemu dan berbincang-bincang panjang dengan mba Fety dan pak David dari PT Gracia Pharmindo. Yes, saya selalu berusaha menggali kelebihan dan manfaat produk yang saya pakai serinci mungkin agar tidak hanya saya saja yang tahu dan merasakan manfaatnya, tapi saya juga bisa berbagi inspirasi dan informasi yang benar buat pembaca blog dan media sosial saya.

Okay, lanjut ke B’gen. Apa, sih, minuman B’gen ini dan kenapa saya suka dan terus mengonsumsinya?. Jadi B’Gen adalah minuman collagen dari bahan-bahan alami yang punya banyak manfaat bagi tubuh secara menyeluruh, tidak hanya bagi kulit seperti yang dipercayai sebagian orang.


MANFAAT COLLAGEN BAGI TUBUH KITA
Collagen merupakan penyusun 30% protein tubuh yang tersebar di berbagai organ. Collagen terbanyak tersebar pada kulit yaitu sekitar 75% pembentukan kulit adalah collagen, dimana pada usia 25 tahun, tubuh mulai mengalami penurunan penurunan collagen sebanyak 1.5% setiap tahun, akibatnya collagen yang rusak tadi tidak mampu memberi dukungan yang baik untuk lapisan kulit teratas, saat itulah kulit menjadi keriput.

Kandungan 17 asam amino dan HA dalam B’gen bermanfaat membantu meremajakan dan mencegah penuaan kulit, karena asam amino pada tubuh akan membentuk suatu rangkaian yang dikenal dengan serat collagen.

B’gen Variant green tea kaya akan kandungan polifenol yang merupakan sumber antioksidan. Green tea polyphenol (GTPP) berperan dalam proses diferensiasi, proliferasi dan perkembangan sel pada kulit serta dapat menurunkan jumlah radikal bebas dalam tubuh sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

Ternyata collagen bukan hanya berguna untuk kulit saja. Protein ini juga bermanfaat bagi kesehatan, kekuatan, serta kefleksibelan tulang.  Collagen juga membantu otot-otot tubuh kita untuk memiliki kekuatan dalam bergerak dan melakukan kegiatan sehari-hari. 

Tak hanya itu, pembuluh darah kita juga sangat memerlukan collagen. Lapisan collagen melindungi pembuluh darah  menjadikannya lebih kuat dan fleksibel sehingga mampu membawa darah ke seluruh bagian tubuh dengan efektif.

Konsumsi collagen ternyata juga memberikan manfaat penting bagi pertumbuhan rambut kita, lho.  Collagen membantu memperkuat rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut sehingga baik sekali bagi kita yang mengalami masalah rambut rontok. 

B'Gen Choco Latte favorit sekeluarga

KANDUNGAN ALAMI B’GEN
B’Gen mengandung tiga bahan utama yaitu Colocasia Esculenta (Satoimo). Satoimo sangat kaya akan asam amino (17 asam amino, L-aspartic Acid, L-Serine, L-Glutamic Acid, Glyserine, L-Histidine HCI, L-Valine, L-Arginine HCI, L-Threonine, L-Alanine, LProline, L-Cystine, L-Tyrosine, L-Methionine, L-Lysine HCL, L-Isoleucine, L-Leucine, L-Phenylalanine, HA (Hyaluronic acid) MCT) dan hyaluronic acid (HA), substansi yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita yang jumlahnya berlimpah ketika kita masih muda. Namun sayang sekali produksinya berkurang seiring dengan bertambahnya usia, sehingga kulit menjadi keriput, bergaris, kusam, dan kering.

Nah, ini dia salah satu alasan saya merasa perlu mengonsumsi B’Gen. Usia saya yang sudah tidak muda lagi memerlukan asam-asam amino ini. Dari konsumsi secara teratur selama hampir dua minggu ini saya merasakan perubahan yang cukup signifikan, nih. Sabar, yah, nanti saya ceritakan di akhir artikel J

Kandungan lainnya adalah MCT. MCT atau medium chain trigliserida mempunyai sifat – sifat istimewa yang dapat memberi banyak manfaat bagi manusia. Bahkan telah banyak ahli dan peneliti memanfaatkan MCT untuk keperluan nutrisional, terapi kesehatan dan teknologi pangan seperti pada slimming formula dan functional food.

MCT juga berfungsi untuk mengontrol berat badan, karena dapat mendorong pembakaran lemak – lemak tubuh dengan cara meningkatkan angka metabolic dan termologis tubuh.

Khusus untuk Varian B'Gen Plus ada tambahan kandungan Haver dalam minuman ini. Haver/Oat mengandung efek yang sangat baik pada saluran pencernaan. Oat/Haver dapat memberikan efek kesehatan yang potensial mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko obesitas dan penyakit kronis.

Konsumsi rutin Oat/Haver dapat berkolerasi dengan penurunan indeks massa tubuh (IMT) dan membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang.

Oat/Haver ini juga sangat bermanfaat bagi pasien diabetes mellitus, hipertensi dan penyakit kardiovaskular lainnya, karena beta glucan pada oat dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL darah.

Beta Glucan dapat juga membantu memperlambat penyerapan gula dari makanan, sehingga membantu mengontrol gula darah.

Karena kandungan-kandungan di atas lah maka saya memasukan B’Gen sebagai salah satu produk andalan selama program menurunkan berat badan yang sedang saya jalankan awal tahun ini.

9 varian B'gen + satu varian baru (belum ada dalam foto)
10 VARIAN B’GEN
Menariknya lagi, B’Gen punya banyak sekali varian yang membuat kita bisa berganti-ganti mengonsumsinya hingga tidak bosan.

Saat ini ada 10 varian B’gen, yaitu B’gen Choco Latte, B’gen Coffee Latte, B’gen Green Tea Latte, B’gen Ginger Latte, B’gen Choco Latte Plus, B’gen Coffee Latte Plus, B’gen Green Tea Latte Plus, B’gen Ginger Latte Plus, B’gen Pro Ginger Latte, dan varian yang paling baru adalah Choco Latte dengan MCT Oil Powder + Colocasia Esculenta yang menggunakan pemanis alami Stevia.

Dari semua varian, hampir semuanya saya suka, namun yang jadi favorit saya nggak jauh-jauh dari rasa kopi, yaitu Coffee Latte. Kemudian rasa Green Tea dan Ginger Latte.

Di pagi hari saya mengonsumsi Coffee Latte Plus. Kenapa yang plus? Karena pagi-pagi saya wajib ngopi, di satu sisi saya juga butuh sarapan, apalagi kalau akan mengajar yoga dan kelas lainnya di pagi hari, saya menghindari sarapan yang berat-berat. Nah, di Coffee Latte Plus ini sudah ada kandungan oat/havernya yang bikin saya kenyang tapi tetap bisa berolahraga.

Ginger Latte juga favorit banget. Jujur saja, baru kali ini saya menemukan minuman jahe yang benar-benar pas. Karena sering punya masalah perut, apalagi saat menstruasi, sejak remaja saya dibiasakan oleh mama untuk minum minuman jahe. Dulu-dulu, sih, saya bikin sendiri, karena beberapa kali beli rasanya aneh, terlalu manis lah, terlalu pedas, lah, dst. Ternyata, saat nyobain Ginger Latte B’gen ini saya merasa manisnya pas dan rasanya jauh lebih enak dari yang lain. Ya sudah, lebih praktis pakai ini kan dibanding bikin sendiri, apalagi saat sedang sibuk …

Produk B’Gen ini juga aman dikonsumsi oleh segala usia, dari mulai anak-anak sampai orang lanjut usia, bahkan termasuk ibu hamil dan menyusui. B’gen khusus membuatkan varian untuk para ibu hamil yaitu B’gen Pro.

Menurut data yang ada, angka kesakitan ibu hamil dan angka kematian bayi hingga kini masih cukup tinggi di Indonesia, di mana sebagian besar kematian neonatal disebabkan persalinan prematur.
Sebanyak 40% kelahiran prematur berkaitan dengan insiden ketuban pecah dini (KPD) yang dapat menimbulkan komplikasi baik pada ibu maupun bayi sehingga diperlukan tindakan preventif agar dapat meningkat derajat kesehatan ibu dan anak.

Ketuban pecah dini (KPD) adalah pecahnya ketuban sebelum waktu persalinan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya terbukti berdasarkan penelitian dapat disebabkan oleh rendahnya kadar collagen pada amnion di ketuban/ECM (Extra Cellular Matrix).

Collagen sendiri merupakan suatu rangkaian dari berbagai jenis asam amino. B’gen terbukti mengandung 17 asam amino & Hyaluronic Acid (HA) yang dapat mensupport pembentukan serat collagen dalam tubuh.

B’GEN Pro Ginger Latte diformulasikan less sugar dan tanpa menggunakan pemanis buatan sehingga aman dikonsumsi  jangka panjang oleh wanita hamil dan menyusui. B’Gen varian jahe ini dapat membantu mengurangi rasa mual yang biasa terjadi pada pasien yang sedang hamil. Meski tidak sedang hamil, saya juga minum varian ini, lho.

Asupan B’GEN PLUS dapat dilanjutkan setelah melahirkan untuk membantu mencapai berat badan kembali normal dengan mengikuti anjuran konsumsi B’GEN untuk diet.


Oh ya, biar nggak bosen, kadang saya memvariasikan minuman kolagen ini dan ternyata nggak saya aja yang doyan, anak-anak pun suka dan sering minta dibuatkan juga. Berikut ini salah satu resep variasi B’gen yang saya buat buat camilan saat nonton bersama keluarga di rumah (daripada ngemil gorengan atau makanan nggak sehat lainnya, kannnn…)

RESEP GREEN TEA SMOOTHIES

BAHAN :
1 bungkus B’Gen plus green tea latte
1 buah pisang ukuran sedang
5 kotak es batu
2 sdt madu jika suka
½ gelas susu cair non fat (atau ganti air putih jika tak ingin pakai susu)
3 sdm buah potong (pisang, buah naga)
½ sdt Chia seeds

CARA MEMBUAT:
Campur B’Gen Green Tea Latte atau Green Tea Latte Plus air panas seperempat gelas
Masukan green tea latte ke dalam blender, tambahkan air dingin/susu non fat setengah gelas
Masukan pisang, blender sebentar, masukan es batu, blend hingga halus
Tambahkan madu jika suka
Tuang smoothies ke mangkuk atau gelas, tambahkan toping buah-buahan dan chia seeds di atasnya


KESIMPULAN
Trusss.., pada penasaran dong apa pendapat saya soal produk B’gen ini setelah nyobain cukup lama dan teratur?

Lalu apa manfaat yang saya rasakan setelah rutin mengonsumsi B’gen ini?. Ada beberapa hal yang saya rasakan sendiri, ada juga yang notice malah orang lain. Di bawah ini beberapa hal yang saya rasakan …

KULIT LEBIH KENYAL DAN GLOWING
Beneran, loh, ini yang ngeh malah adek saya, Lani Ligouw. Saat saya main ke rumah mama tanpa make up sama sekali, Lani bertanya, apakah saya habis perawatan di klinik kecantikan? (maklum, sering terima endorse-an dari beauty clinics, hihihi). Saya bilang ngga dan saya cerita ke dia kalau saya lagi rutin minum B’gen, Botanical Collagen Nutrition dan dia menyimpulkan bahwa kulit saya terlihat lebih glowing karena minuman ini.

Oh ya, saya juga memperhatikan bahwa kerut di dahi saya juga berkurang sekali. Biasanya kalau pakai make up, saya memperbanyak foundation di bagian ini, tapi akhir-akhir ini kok rasanya saya sampai lupa untuk melakukannya, ternyata karena memang kerut yang biasanya ada tiga baris tipis hanya terlihat dua saja itu pun menipis.

Kerut di dahi yang hampir tak terlihat lagi. (Disclaimer - foto diedit utk terang, gelap dan saturasi saja, bukan dengan beauty cam)

RAMBUT RONTOK JAUH BERKURANG
Untuk hasil yang ini jujur saja saya amaze banget,  lho! Jadi, sudah beberapa bulan terakhir ini rambut saya rontok parah, bahkan alopecia areata kembali muncul di kepala saya, yaitu kerontokan dan kebotakan berpola bulat yang dulu pernah saya alami juga. Dulu, usai kelahiran anak bungsu saya, saya mengalami alopecia areata yaitu timbulnya botak-botak kecil bulat di beberapa bagian di kepala.

Untuk mengatasi alopecia areata saat itu, saya melakukan perawatan khusus di dokter kulit. Bentuk perawatannya adalah obat yang diminum, serum khusus rambut, serta SUNTIK di kulit kepala tempat adanya alopecia areata tersebut.

Perawatan yang ketiga tersebut bikin saya trauma, yaiyalahhh, disuntik di kulit kepala gitu loh, kebayangkan rasanya kayak gimana. Makanya saat hal itu terjadi lagi, saya enggan sekali pergi ke dokter. Saya melakukan perawatan sendiri dengan memakai bermacam tonik khusus kulit kepala. Ada, sih, hasilnya tapi belum signifikan.

Nah, saat saya mulai minum B’gen dengan teratur sekitar dua minggu lalu, saya nggak kebayang bahwa salah satu manfaatnya adalah mengurangi kerontokan rambut saya. Saat saya menyadari satu botak kecil saya mulai ditumbuhi rambut serta banyak anak-anak rambut baru mulai tumbuh di dahi saya, saya pun kembali menggali manfaat collagen yang ternyata salah satunya adalah untuk kesehatan rambut.

BERAT BADAN STABIL
Akhir-akhir ini saya sedang agak loss dengan makanan. Maklum musim hujan, jadi saat suami ngajak makan mie ayam, hayukkk.. saat teman ngajak nongkrong sambil ngopi dan makan pisang bakar, hayukkk.. Hihihi, gitu deh, cita-cita kurus tapi hobi makan. Eh, tapi tanpa saya duga, berat badan saya ternyata stabil bahkan cenderung turun meski baru beberapa ons. Semangat !

LEBIH FIT DAN MOOD LEBIH BAIK
Menjelang menstruasi biasanya mood saya akan hancur-hancuran banget, ya cranky, mudah kesal dengan ini itu, ternyata saat mens kemarin saya merasa jauh lebih asik, mood tidak sejelek biasanya.

So, secara overall saya sangat merekomendasikan B’gen Botanical Collagen Drink ini. Secara rasa, untuk ukuran minuman kesehatan, B’gen tergolong enak, menurut saya. Secara harga juga sangat terjangkau mengingat khasiatnya yang langsung terasa dari konsumsi teratur selama dua minggu terakhir ini.

BELI DI MANA?
Produk B’gen saat ini cukup mudah ditemukan dan dipesan. Kamu bisa mengunjungi beberapa e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.

Selain itu, kamu juga bisa cek website-nya di https://b-gen.id/ dan akun instagramnya di @bgenindonesia, ya..

Semoga pengalaman saya dengan produk ini bermanfaat yaa. Sampai ketemu di postingan selanjutnya…
B'Gen menemani sore cerah saya :)


*****

54 comments

  1. Wah, aku kok penasaran pengen coba resep green tea smoothies nya yaa. Btw, aku baru denger lho soal produk B'Gen ini... Hahaha.

    BalasHapus
  2. Duh aku perlu banget coba B'Gen niy biar kulitnya kaya mbak Zata masih bagus 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kan, cobain deh, aku pribadi sih ngerasain banget manfaatnya.

      Hapus
  3. Bisa buat Diet juga ya mba. Ada resepnya gitu kah? Campurannya yang maknyus? heheheh banyak nanya ya... abisan penasaran akutu mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget buat diet nih Aie. Resepnya sih gak ada, itu kreasi aku sendiri aja. Bisa dicampur sesuai selera kok..

      Hapus
  4. Ini bisa buat cowo juga minumannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cewek, cowok, tua, muda, anak2, bumil, busui :)

      Hapus
  5. Waah ada BGen, variannya banyak yaa, yang jelas bener minum kopi sehat ini mah yaa, ahh jadi pen nyobain nih.
    Aku juga lagi belajar pola hidup sehat atulah jelita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah cucoklah kita, yuk atuh kita ngopi bareng kapan2...

      Hapus
  6. Aseekk ada bonus resep Green Tea Smoothies juga. Kak ku baru dapat info tentang Bgen yang lengkap ini di sini lho . ternyata variannya banyak banget ya. Dan bisa dikreasikan macam2. ku penasaran mau coba juga ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah kalo bisa ngasih info lengkap. Iya bisa kreasiin sendiri kok Rah :)

      Hapus
  7. hmm menarik.. mau cek cek ah di marketplace.. siapatau cocok

    BalasHapus
  8. Perempuan dan kulit sehat itu mupeng banget deh.

    BalasHapus
  9. kandungannya banyak manfaatnya ternyata ya si B'gen ini ... jd pgn coba in. Eh btw, dirimu natural bgt di dpean kamera, model bangeeet :)

    BalasHapus
  10. Pakai sabun kolagen sih pernah. Tapi kalau diminum...hm...penasaran juga

    BalasHapus
  11. kayaknya enak ya... minum B'gen

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ukuran minuman diet dan kesehatan, ini enak kang ...

      Hapus
  12. Wah selain varian rasanya banyak. Bisa dibuat es juga. Seger da sehat pasti kalo minum ini. Jadi penasaran saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, bisa divariasikan sesuai selera sih kalo menurut aku...

      Hapus
  13. Foto paling atas, kereen banget berasa kak Zata bahagia minim B'gen

    BalasHapus
  14. Oalah ini toh minuman yang bikin mb Zata nambak swperti boneka, fress cute dan cantik hihihi gemas.... jadi pengen nyobain nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. awww bisa aja Cha. Iya nih, cobain deh, udah banyak manfaatnya, enak pula

      Hapus
  15. Pengen nyobain juga nih mba, biar berat badan stabil. Maklum lagi berusaha menguranginya nih.

    BalasHapus
  16. Aku baru tau ini kak,jadi kepengen liat penampakan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk cobain Ut, ato gak ikutan giveaway di IG aku ya, kalo beruntung bisa dapet B'gen juga :)

      Hapus
  17. Wah, asik nih ada minuman kesehatan yang ada rasa kopinya juga. Udah gitu aman buat busui. Aku makin penasaran pengen nyoba B'gen pro-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Rul, aman nih buat bususi yang doyan ngopi macam dirimu ..

      Hapus
  18. Yak, semacam tergoda abis baca reviewnya.
    Rambut rontok itu masalah aku banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, makanya aku seneng banget nih pas nyobain B'gen ini...

      Hapus
  19. Berat badan naik 5 kg ini ko aku susah ya ka untuk nuruninya hiks.. boleh lah aku juga coba Bgen botanical collagen drik ini.. ngarep banget kulit semakin glowing, rambut rontok berkurang dan yang mau juga berat badan berkurang.. aaminn.. karena cara mengkonsumsinya bisa dengan berbagai cara penyajian.. jadi ngga bikin boring juga ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mirip2 aja ya permasalahan kita ibuk2 hehehe. Betul, gak bosen minumnya Ly..

      Hapus
  20. Wah jadi pingin coba B'Gen biar kulit tetap kenceng nih

    BalasHapus
  21. Wah asik bisa menjaga kekenyalan kulit dengan cara mudah dengan meminum bgen.

    Apalagi bisa di kreasikan dan inilah yang akan membuat kita tidak bosen meminumnya

    BalasHapus
  22. Variasinya ternyata banyak, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Penasaran sama yang mengandung jahe itu deh...Mau glowing juga kan akuh hehe

    BalasHapus
  23. penasaran sama minuman berkolagen udah dari lama.... pengen coba ah!

    BalasHapus
  24. Hallo kak mau nanya nih, untuk umur berapa aja bisa konsumsi kah? belinya bisa di mana aja kak?

    BalasHapus
  25. Ih racun, jadi pengen coba deh kak hihi

    BalasHapus
  26. Kab tadi sy beli bgen di apotik tapi katanya buat nambah berat badan jadi sy beli tapi pas liat cerita dari di atas malah nurunin berat badan.??
    Jadi sy jadi bingun yg betul yg mana sii,sy beli buat nambah berat badan bukan nurunin.
    Minta penjelasannya dong mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya tergantung pemakaian, jadi kalau abis makan trus minum bgen, bisa jadi untuk nambah BB, tapi kalo pake bgen untk ganjel atau pengganti sarapan misalnya, bisa untuk nurunin BB :)

      Hapus
  27. Dulu pas udh lahiran caesar diresp aku selalu ada bgen aku kaget sih kok ada susu yah biasanya kan obat doang klo yg abis lahiran.. (apa aku yg gatau hehe) stlh aku baca baca googe baik untuk tulang pertumuhab kukit jaringan kulit turun berat badan..mngkin supaya caesar aku cpt pulih lg emng bener sih aku cpt jalan.. Dan bb turun drastis 14 kilo tp udh itu aku gakminum lg bb naik lagi krna nyusuin makan banyak laper terus.. Skrng mah coba minum lagi siapa tau bbku turun lumayan dibarengin sm puasa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh iya ya, pasti bagus banget buat abis lahiran...

      yay, seneng ya berat badan turun, aku pun jadi mau konsumsi lagi nih :)

      Hapus
  28. Kaa boleh tahu belinya dimana nggak? Toko offline/online terserah hehe. Trimakasii☺️

    BalasHapus
  29. Kk saya sudah kurus kalau konsumsi B'gen makin kurus ga ya?

    BalasHapus
  30. Aturan minum b gen brpa kali sehari ya kak?

    BalasHapus