Tetap Produktif, Sehat, dan Bahagia Saat Bekerja Dari Rumah

Gaya hidup sehat bikin saya hepi dan produktifAdd caption

Saat ini entah sudah hari ke berapa saya (dan mayoritas orang lainnya) harus bekerja dari rumah karena Covid-19. Meski biasanya saya pun memang lebih banyak menghabiskan waktu bekerja dari rumah, tapi jujur saja, tidak bisa keluar rumah dengan bebas seperti dulu sempat membuat saya rasanya ingin teriak, huhuhu...

Namun dengan berjalannya waktu, saya pun menemukan pola di mana saya bisa berdamai dengan situasi ini bahkan kalau bisa saya ingin memaksimalkan situasi ini. Saya ingin menganggap bahwa semua ini adalah blessing in disguise, di mana ada begitu banyak hal positif yang bisa digali dari keadaan yang tidak baik ini.

Benar saja, sudah dua minggu terakhir ini saya begitu menikmati keberadaan saya di rumah. Rumah jadi lebih rapi, proyek menulis buku dan crafting yang dulu sempat terbengkalai karena kesibukan mulai ada perkembangan yang signifikan, saya banyak belajar skills baru lewat kelas-kelas online gratisan mau pun berbayar, dst, dst.

Inilah beberapa hal yang saya lakukan untuk tetap sehat secara fisik dan mental selama berada di rumah :

BEBERES BERAT (DECLUTTER)
Declutter bukan sekedar beres-beres biasa. Ada beberapa bagian di rumah yang sudah lama ingin saya bereskan yaitu lemari besar yang isinya barang-barang gratisan dan endorsement yang sudah terlalu penuh dan berantakan banget, serta gudang kecil di bagian belakang rumah.

Sebenarnya saya bisa menyuruh ART untuk membereskannya, tapi untuk bagian-bagian tertentu, seperti meja kerja dan lemari tersebut, saya meminta si mbak untuk tidak menyentuhnya, karena saya ingin memilah-milah, mana yang mau diberikan pada orang lain, mana yang akan dijadikan giveaway, mana yang akan saya pakai sendiri, dst.

Namun, seperti sudah diduga, karena banyaknya deadlines, dll, lemari ukuran besar tersebut belum sempat saya apa-apakan sampai beberapa hari yang lalu. Nah, akhirnya, saya membulatkan tekad, karena saya lebih punya banyak waktu dibanding biasanya, saya pun akhirnya pelan-pelan membereskan lemari tersebut.

Gudang kecil di bagian belakang rumah yang dulu jarang saya sentuh pun akhirnya beres juga meski saya harus bertahan dengan bau tak sedap dari tikus dan kecoa yang sebelumnya menjadi penghuni di sana. 

Pfiuhhh.., rasanya legaaa sekali saat berhasil membereskan bagian-bagian yang dulu selalu masuk 'to do list' saya namun belum pernah berhasil saya coret. Nikmat banget rasanya...

Cewek kesayangan yang bantuin mamanya beberes ruang kerja.

MENDEKORASI ULANG HOME OFFICE DAN MENAMBAH TANAMAN
Karena tetap harus bekerja setiap hari, saya mendekorasi ulang ruangan atas yang biasa saya jadikan ruang kerja. Ruangan ini biasa saya pakai untuk membuat konten seperti membuat foto produk, bikin video, sampai blogging dan podcasting.

Selain mendekorasi ulang, saya juga menambahkan beberapa tanaman baru di dalam ruang kerja serta di bagian terasnya sehingga saat saya sedang bekerja, pemandangan menjadi lebih cantik dan rasanya juga lebih segar dan sejuk.

Merapikan dan mendekorasi ulang ruang di rumah kita, serta menambahkan tanaman di dalamnya merupakan suatu terapi yang sangat baik tidak hanya bagi fisik tapi juga mental, lho.

Meletakan tanaman di rumah atau di ruang kerja dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Pekerjaan yang dilakukan di ruangan bernuansa natural seperti adanya tanaman-tanaman biasanya lebih berkualitas dan selesai dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada pekerjaan yang dilakukan di tempat yang tidak memiliki unsur natural.

Menurut sebuah penelitian di Universitas Michigan, bekerja di alam terbuka atau memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga dua puluh persen. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja.

Sedangkan menurut sebuah artikel di NBCnews, adanya tanaman di dalam rumah dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15 persen serta mengurangi stress dan meningkatkan mood.

Tuh, kan, cuzz lah dekor ulang rumah plus tambahin tanaman di sekitar rumah terutama di ruang kerja, ya. Dapatkan ide tanamannya di sini.

OLAHRAGA RINGAN SETIAP HARI
Jujur saja, saya menghabiskan waktu dengan rebahan lebih banyak dari biasanya. Maraton nonton serial fox crime, lanjut nonton youtube sambil rebahan, baca buku rebahan lagi, and repeat. Ihhh ngga banget, deh pokoknya. 

Namun saya berusaha untuk bergerak dan berolahraga. Kalau sedang malas paling hanya stretching2 ringan saja saat bangun tidur. Kalau agak rajin saya akan menonton video Strong By Zumba dan video yoga dan mempraktekannya sekitar 20-30 menit. Lumayan banget keringetnya...

Oh iya, kalau mau praktekin yoga yang cocok untuk semua umur serta baik bagi pemula maupun yang sudah sering beryoga, cek videonya di bawah ini, ya...



MENGONSUMSI MAKANAN 'BENERAN' + KONSUMSI SUPLEMEN
Eh.., eh, maksudnya apa? mana ada makanan bohongan yang bisa dikonsumsi?. Maksud saya makanan beneran itu adalah makanan yang nggak banyak diolah alias makanan segar. Misalnya, nih, kita beli sayur dan masak sendiri, beli ayam lalu potong dan masak sendiri. Itu jauh lebih sehat daripada mengonsumsi makanan olahan seperti fast food.

Buah pun sebaiknya kita makan langsung daripada dijus. Namun kalau memang mau mengonsusmi lebih banyak buah dan sayur dalam jumlah besar, dijus dan dibuat menjadi smoothies adalah pilihan yang tepat.

Selain mengonsumsi makanan yang lebih sehat, saya juga menjadikan suplemen Usana sebagai asupan yang wajib saya (dan keluarga) minum setiap hari. Suplemen premium ini terbukti mendukung gaya hidup sehat kami dengan meningkatkan daya tahan tubuh serta banyak hal lainnya seperti kesehatan tulang, kesehatan pencernaan, sampai kesehatan mental! Baca di sini untuk review beberapa produk Usana.

Makanan 'asli' plus Usana untuk mendukung kesehatan fisik dan mental saya.

"NETWORKING"
Yes, meski #DiRumahAja karena pandemi virus Corona ini, ngga berarti kita berhenti berjejaring alias networking. Networking ngga selalu harus bertemu tapi bisa juga lewat telepon, pesan teks, sampai media sosial.

Kegiatan ini, selain secara sosial membuat kita menjadi lebih dikenal, lebih 'hidup' juga bisa menambah penghasilan, lho!.

How so?, ya karena dengan networking kita bisa menjual produk/jasa yang kita punya. Misalnya kita jualan snacks, kita punya produk berupa buku, fashion, produk kesehatan, dll, bisa kita tawarkan juga lewat berjejaring di media sosial. (Cek UPCOMING EVENTS di blog ini untuk mengetahui workshop yang berkaitan dengan bisnis dan networking, ya).

Gimana? Mudah-mudahan usai baca artikel ini kita semua makin semangat bekerja dan berkegiatan dari rumah, yaa..

Sampai ketemu di artikel inspirasi berikutnya! Stay safe and stay productive everyone!

*****

0 comments