Hidup Lebih Indah dengan Galang Dana Online untuk Sesama

galang dana online, peduli sehat

Saat mendengar kata galang dana online, apa yang biasanya kita pikirkan? Kalau saya, sih, langsung terpikir soal kemudahan dalam mengumpulkan dana, terutama jika penyelenggaranya adalah orang atau organisasi yang kompeten dan dipercayai oleh masyarakat.

Aktivitas galang dana ini memang sudah menjadi trend sejak beberapa tahun terakhir, dan mencapai puncaknya tahun 2018 lalu. Tak hanya masyarakat biasa yang melakukan galang dana online tapi juga para tokoh masyarakat sampai selebritas.

Galang dana online pun dilakukan untuk beragam alasan, dari mulai donasi kesehatan, donasi untuk pendidikan, patungan untuk beberapa isu nasional, sampai bantuan untuk para korban bencana seperti yang dilakukan Awkarin untuk korban bencana alam di Palu tahun lalu.

Ya, fenomena selebritas menggalang dana secara online menurut saya merupakan salah satu dampak positif di era revolusi industri 4.0 ini.  Tak hanya artis yang sudah dikenal secara nasional, selebgram pun banyak yang melakukan kegiatan sosial ini. Sebut saja Awkarin dan Rachel Venya. Mereka memanfaatkan popularitasnya di media sosial untuk tujuan yang positif dan hasilnya pun sangat mengagumkan.

Namun, beberapa kali juga saya mendengar tentang hal yang justru tidak berakhir baik soal penggalangan donasi online ini. Misalnya kasus galang dana yang dilakukan oleh Cak Budi sekitar tahun 2017 lalu.  Cak Budi sangat aktif melakukan kegiatan penggalangan dana baik offline maupun online, ia pun terlihat selalu menyalurkan hasil donasinya kepada yang membutuhkan. Secara teratur ia juga meng-update hasil donasi dan laporan lainnya secara informal lewat instagram.

Namun, suatu ketika, ia kedapatan membeli sebuah mobil mewah dan smartphone terkini yang dicurigai oleh netizen sebagai hasil dari uang donasi. Akhirnya ia mengakui bahwa memang mobil dan smartphone tersebut ia beli dari sebagian uang hasil donasi dengan alasan ia butuh kendaraan dan smartphone untuk operasional. Kemudian yang menjadi pertanyaan para penyumbang adalah haruskan mobil bermerek mahal serta smartphone berharga belasan juta yang menjadi alat operasionalnya, toh masih banyak merek mobil dan smartphone yang jauh lebih terjangkau yang bisa ia gunakan.

Singkat cerita, hal tersebut tentu saja sangat mengurangi kepercayaan para donatur terhadap dirinya dan sialnya juga terhadap para penggiat galang dana online lainnya. Tentu saja hal ini sangat merugikan khalayak apalagi yang punya niatan baik untuk menolong sesama.

Saya pribadi sempat malas berdonasi secara online akibat kasus-kasus semacam itu. Dan menurut saya ada banyak orang yang tentunya merasakan hal yang sama seperti saya.

Di satu sisi saya merasa kegiatan galang dana online merupakan suatu solusi yang cepat dan tepat dalam menolong seseorang atau komunitas yang sangat membutuhkan bantuan kita, terutama donasi kesehatan yang berkaitan dengan penyakit serius bagi anak-anak maupun dewasa karena kita berhadapan dengan waktu, tick tock …

Nah, untungnya ada organisasi penggalangan dana online yang kompeten dan bisa dipercaya. Yang tentu saja bisa mengembalikan kepercayaan saya serta banyak orang lainnya untuk kembali berdonasi secara online. Salah satunya adalah tempat galang dana online bernama Peduli Sehat.

galang dana online, peduli sehat
pedulisehat.id yang makin terpercaya

Apa itu Peduli Sehat? Situs www.pedulisehat.id ini merupakan sebuah wadah yang menawarkan layanan galang dana online, secara real time dan transparan. Berfokus kepada Mereka yang menderita penyakit serius dan tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, pengobatan, serta bertahan hidup.

Dengan visi melengkapi setiap keluarga dengan Keberanian dan Kekuatan dalam menghadapi berbagai penyakit serta misi menjadi perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tinggi perihal tanggung jawab sosial, pedulisehat.id berusaha menjangkau donatur dari seluruh Indonesia. 

Peduli Sehat juga memberi banyak kemudahan bagi kita para calon donatur, tak hanya kemudahan soal donasi online tapi juga untuk mengakses informasi terkait dengan program Peduli Sehat. Kita bisa mengakses semua platformnya dari mulai website samapi media sosial dengan satu akses login saja.

Kita juga selalu bisa tahu dengan rinci siapa yang kita bantu, berapa jumlah donasi yang terkumpul, penyalurannya, dsb. Jika kita memiliki pertanyaan, masukan, dsb, kita bisa berkomunikasi secara aktif juga lewat akun sosial media Peduli Sehat di LINE, facebook, hingga instagram.

Metode berdonasi secara online di Peduli Sehat juga sangat umum dan mudah. Kita bisa menggunakan jasa perbankan seperti lewat Bank Sinarmas, BCA, BNI Virtual Account, Danamon Virtual Account, Mandiri Virtual Account, Maybank Virtual Account, dan Permata Virtual Account.

Kita juga bisa menggunakan E wallet sebagai salah satu metodenya. Ada pilihan OVO, Go Pay, serta bisa juga lewat AlfaMart.

Sampai saat ini sudah ada lebih dari 500 campaign di Peduli Sehat, di mana 100 lebih di antaranya sudah berjalan dengan sukses. Dalam satu hari bisa masuk sampai dengan 500 donasi.

Kompetensi galang dana online ini juga terlihat dari para penggunanya yang sudah mencapai angka satu juta users per bulan di mana kebanyakan dari pengguna ini tinggal di kota-kota besar seperi jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, serta Bandung.  60 persen dari users adalah wanita dan sisanya laki-laki.

Mudah-mudahan, dengan adanya galang dana online lewat Peduli Sehat ini, akan makin banyak orang dengan penyakit serius yang terbantu. 

Saya berharap, dengan membantu orang lain, tak hanya orang lain itu saja yang bahagia dan terbantu kesehatannya namun kita juga mendapatkan hal yang sama, berkah sehat dan memiliki hidup yang lebih berarti, sehat fisik, sehat mental, serta bahagia.

galang dana online, peduli sehat

Ingin tahu lebih banyak tentang galang dana online Peduli Sehat, yuk ah meluncur ke websitenya di www.pedulisehat.id serta ke akun instagramnya di @pedulisehatindonesia !

-------------------------------------------

2 comments

  1. Memang, kejadian waktu galang dana online dan disalahgunakan masih membekas ya mba. Malah dipakai buat kepentingan pribadi.
    Perlu lebih teliti kalau ingin melakukan penggalangan dana online. Cari platform yang memang terpercaya dan informasi tentang kegiatan donasinya jelas

    BalasHapus
  2. Membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis.

    BalasHapus